2 Jenis Vitamin yang Direkomendasikan untuk Dikonsumsi Selama Pandemi Covid-19

Minggu, 20 September 2020 10:22 Penulis: Dhia Amira
2 Jenis Vitamin yang Direkomendasikan untuk Dikonsumsi Selama Pandemi Covid-19
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Saat ini pandemi covid-19 tidak bisa dihindari, protokol kesehatan sudah banyak diterapkan oleh masyarakat di berbagai dunia termasuk Indonesia. Selain mengenakan masker dan mencuci tangan, kita juga bisa mengonsumsi vitamin yang direkomendasikan selama pandemi covid-19.

Karena daya tahan tubuh yang kuat juga menjadi salah satu hal yang penting untuk tidak terjangkit virus covid-19. Kira-kira apa saja ya vitamin yang direkomendasikan tersebut? Dilansir dari Liputan6, yuk simak 2 jenis vitamin yang direkomendasikan dan manfaatnya.

1. Vitamin D

Ternyata jenis vitamin pertama yang direkomendasikan saat pandemi covid-19 yaitu ada vitamin D. Yup! Vitamin D ternyata memiliki manfaat untuk membantu melawan infeksi pada tubuh, salah satunya infeksi pernafasan.

Dilansir dari Liputan6, Direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID), Anthony Fauci, MD dalam Instagram Live dengan Jennifer Garner belum lama ini berkata,

"Jika kalian kekurangan vitamin D, itu akan berdampak pada kerentanan terhadap infeksi. Saya tidak keberatan merekomendasikannya, karena saya sendiri juga melakukannya, mengonsumsi suplemen vitamin D."

2. Vitamin C

Selain vitamin D ternyata Anthony Fauci, MD juga menyarankan untuk mengonsumsi vitamin C untuk memberikan daya tahan tubuh. Hal ini karena vitamin C memiliki antioksidan yang baik untuk tubuh, sehingga mampu menangkal radikal bebas.

Selain itu ia juga berkata bahwa, "Tidak masalah jika orang ingin mengonsumsi satu gram atau lebih vitamin C, itu tidak masalah," seperti dikutip Health.

Jadi tidak ada salahnya mengonsumsi vitamin C untuk memberikan kesehatan pada tubuh. Tetapi untuk seseorang yang cukup vitamin, vitamin C tidak mempengaruhi daya tahan tubuh, tetapi tidak masalah bila dikonsumsi secara rutin.

3. Manfaat Vitamin D

Dan inilah beberapa manfaat dari vitamin D yang menjadi salah satu vitamin yang direkomendasikan saat pandemi covid-19. Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak yang secara alami. Vitamin D diproduksi di tubuh ketika sinar UV dari matahari mengenai kulit dan memicu sintesis vitamin D.

Menurut NIH, vitamin D memiliki banyak manfaat termasuk memperkuat tulang, mengurangi peradangan, dan membantu fungsi kekebalan. Sedangkan menurut Dr. Adalja mengapa vitamin D sangat bermanfaat sebagai suplemen yaitu karena beberapa orang memiliki risiko kekurangan vitamin D.

Dan menurut tinjauan sistematis dan meta analisis lain dari 5.660 orang yang diterbitkan di PLOS One menemukan bahwa, suplemen vitamin D memiliki efek perlindungan paling efektif terhadap infeksi saluran pernapasan, jika dikonsumsi harian.

4. Manfaat Vitamin C

Kemudian manfaat vitamin C yang menjadi vitamin rekomendasi selanjutnya yaitu, dapat menjadi sebuah suplemen. Yup! Para peneliti di Cochrane menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen vitamin C ketika mereka sedang flu mengalami penurunan infeksi sebesar 8% pada orang dewasa, dan 14% pada anak-anak.

Suplemen vitamin C akan semakin membantu meningkatkan kekebalan tubuh jika dibarengi dengan rutinitas olahraga. Ulasan Cochrane melihat data pada 642 pelari maraton, pemain ski, dan tentara yang mengonsumsi suplemen vitamin C, menemukan bahwa mengonsumsi 250 miligram hingga 1 gram vitamin sehari mengurangi risiko terkena flu hingga 50%.

Itulah mengapa vitamin C menjadi salah satu vitamin yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat pandemi virus covid-19. Kalian juga bisa mengonsumsi rutin vitamin C, tetapi juga baiknya dibarengi dengan olahraga.

5. Makanan yang Memiliki Vitamin D dan C

Dan inilah beberapa makanan yang memiliki kandungan vitamin C dan juga D. Kalian bisa mengonsumsi makanan ini dengan baik agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk vitamin D kalian bisa mengonsumsi makanan berupa ikan berlemak, hati sapi, keju, kuning telur, kacang-kacangan, alpukat, dan masih banyak lagi. Kemudian untuk vitamin C kalian bisa mengonsumsi makanan berupa jeruk, stroberi, brokoli, tomat, Kiwi, dan masih banyak lagi.

Selain makanan, kalian juga bisa langsung mengonsumsi suplemen, tetapi perlu diingat bahwa suplemen dapat kalian konsumsi dengan berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Agar dapat mengonsumsi suplemen dengan tepat dan takaran yang pas.

Itulah 2 jenis vitamin yang baik dan direkomendasikan saat pandemi virus covid-19. Bukan hanya menaati protokol kesehatan saja, kalian juga wajib mengonsumsi makanan sehat, olahraga, dan dibantu dengan suplemen berupa vitamin.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI