10 Manfaat Bawang Putih, Dari Mencegah Kolesterol Hingga Mengobati Jerawat

Selasa, 22 Januari 2019 14:37 Penulis: Winda Carmelita
10 Manfaat Bawang Putih, Dari Mencegah Kolesterol Hingga Mengobati Jerawat
© Pexels.com/@nickcollins

Kapanlagi Plus - Bawang putih merupakan salah satu rempah-rempah yang lazim digunakan dalam berbagai resep masakan dunia. Terutama untuk masakan Indonesia dan Chinese food yang banyak menyertakan rempah beraroma menyengat ini sebagai bahan bumbu. Tapi ternyata nggak hanya enak untuk masakan saja, manfaat bawang putih buat kesehatan dan kecantikan juga tak bisa diremehkan begitu saja lho.

Bawang putih merupakan penyedap alami yang juga berguna untuk menangkal dan juga mengobati berbagai jenis penyakit. Apa saja sih manfaa bawang putih?

1. Menurunkan kadar kolesterol

© pexels.com/@buenosia-carol-116286© pexels.com/@buenosia-carol-116286

Kolesterol merupakan momok penyakit bagi masyarakat modern karena gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Seperti yang pernah dialami oleh penyanyi Isyana Sarasvati dan Kunto Aji ini.

Berdasarkan data dari berbagai studi dan jurnal-jurnal kesehatan, ditemukan bahwa bawang putih dapat menekan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh sekitar 10 hingga 15 persen. Ini setara dengan konsumsi 10 gram bawang putih mentah selama 42 hari berturut-turut.

Dengan menekan kadar kolesterol dalam darah, maka berbagai risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke, bisa dicegah.

2. Mengontrol tekanan darah

Manfaat bawang putih juga terbukti dapat mengontrol tekanan darah berkat kandungan polisulfida. Polisulfida inilah yang membuka pembuluh darah sehingga aliran darah lebih lancar. Tekanan darah tinggi pun dapat terkendali.

3. Merangsang sel-sel saraf

© pexels.com/@freeimages9© pexels.com/@freeimages9

Sel-sel saraf dalam tubuh manusia harus senantiasa diregenerasi. Untuk itu perlu pemicu untuk merangsang regenerasinya ini. Bawang putih mengandung senyawa saltivine yang dapat merangsang susunan sel saraf agar bisa tumbuh baru dan bekerja dengan lebih baik. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk para pasien yang memiliki gangguan pada sarafnya.

4. Mengobati jerawat

Jerawat bisa jadi hal yang sangat merisaukan kala muncul di wajah, apalagi bagi kaum perempuan. Tapi hal ini sangat wajar kok, artis Kendall Jenner pun pernah mengalaminya.

Kabar baiknya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang dokter kulit bernama Doris Day, M.D, menemukan bahwa bawang putih bisa melawan peradangan akibat jerawat.

Bawang putih mengandung bahan kimia alami bernama allicin. Kandungan allicin dalam bawang putih ini ampuh membunuh banyak virus dan bakteri berbahaya, termasuk penyebab jerawat. Kandungan antioksidan dan sifat antiradang yang ada pada bawang putih mampu mengempeskan jerawat sebelum sempat tumbuh.

Bagaimana caranya mengaplikasikan bawang putih sebagai obat jerawat? Mudah kok. Siapkan 2-4 siung bawang putih kemudian blender dengan sedikit air. Setelah teksturnya menyerupai pasta, oleskan pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama 10 sampai 30 menit. Ingat, jangan dioleskan pada daerah di sekitaran mata ya karena rasanya akan sangat pedih. Setelah dirasa cukup, bilas wajahmu dengan air hangat lalu keringkan. Jerawat akan mengempis dalam waktu tiga hingga lima hari.

Jika kamu suka mengonsumsi bawang putih dalam berbagai masakan, justru ini lebih baik lagi lho, Klovers, karena manfaatnya bukan hanya untuk kulit tapi juga seluruh tubuh. Jadi, nggak ada salahnya bukan mengonsumsi bawang putih demi kulit yang lebih sehat dan mulus?

5. Mencegah sakit jantung

Sakit jantung bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena jalur pembuluh darah yang kurang lancar dalam memompa darah ke jantung. Penyebabnya bisa dikarenakan plak pada arteri koroner yang menumpuk sehingga menghambat laju peredaran darah.

The Journal of Nutrition memuat fakta bahwa bawang putih dapat mencegah penumpukan plak yang ada para arteri koroner. Dengan rutin mengonsumsi bawang putih mentah, gangguan pada jantung pun bisa dicegah.

6. Mencegah pembentukan sel kanker

© pexels.com/@skitterphoto© pexels.com/@skitterphoto

Bawang putih mentah mengandung banyak sekali senyawa aktif yang menyehatkan bagi tubuh, misalnya senyawa sulfur bioaktif. Senyawa ini powerful banget untuk mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh.

Sulfur bioaktif bekerja dengan memperbaiki atau membunuh sel tubuh yang rusak. Selain itu, kandungan antioksidan tinggi dalam bawang putih dapat melindungi tubuh dari zat-zat yang bersifat karsinogen.

Khasiat makan bawang putih mentah akan menghambat penyebaran sel yang tidak sehat untuk tubuh sehingga kanker pun dapat dicegah.

7. Mencegah kebotakan

Buat yang memiliki masalah kebotakan, rasanya jadi nggak pede ya dengan rambut yang terus-menerus rontok dan mengganggu penampilan. Kebotakan, atau dalam bahasa medisnya disebut alopecia, merupakan kondisi yang disebabkan oleh autoimun.

Ada banyak terapi yang bisa dilakukan, misalnya dengan obat-obatan oles tertentu. Namun jika kamu ingin cara yang sekaligus menyehatkan tubuh, konsumsi bawang putih mentah bisa dicoba. Manfaat bawang putih dipercaya mampu mendorong pertumbuhan rambut, menambah sekresi hormon dan meregenerasi sel kulit kepala sehingga rambut pun bisa tumbuh subur.

Selain terapi dengan cara mengonsumsi bawang, rutin mengoleskan bawang putih ke kulit kepala juga dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut. Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan 1-2 siung bawang putih dan sedikit minyak kelapa. Iris bawang putih yang sudah dipotong lalu celupkan pada minyak kelapa. Gosok-gosokkan pada kulit kepala selama 5 menit hingga sari bawang putih dan minyak kelapa meresap ke dalam rambut. Tunggu sekitar 30 menit hingga 1 jam, cuci rambut seperti biasanya dengan shampoo sambil dipijat-pijat lembut.

Lakukan perawatan ini sekali sehari selama tujuh hingga sepuluh hari dan lihat perbedaannya pada rambutmu. Benar-benar manfaat bawang putih yang ajaib bukan?

8. Mengatasi infeksi dan flu

Seperti yang sudah disinggung di atas, bawang putih mentah kaya akan kandungan allicin. Kandungan ini berfungsi sebagai antivirus, antimikroba dan antijamur sehingga ampuh mengobati sakit akibat peradangan.

9. Mengendalikan kadar gula dalam darah

© pexels.com/@wdnet© pexels.com/@wdnet

Lima siung bawang putih mentah yang dikonsumsi secara rutin sebelum makan, dapat meningkatkan kadar insulin dalam darah. Jika kadar insulin meningkat secara alami, tentu akan menekan kadar gula darah bagi para penderita diabetes.

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tahukah kamu manfaat bawang putih lainnya? Bawang putih mengandung antifungal alias anti jamur. Kandungan yang dimiliki bawang putih ini dipercaya dapat memperkuat imunitas. Dengan konsumsi rutin bawang putih mentah, baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Selain anti jamur, bawang putih juga mengandung vitamin C, B1 dan B6. Vitamin-vitamin inilah yang mampu mencegah demam, sakit batu dan infeksi saluran pernafasan. Selain itu kandungan mineral (fosfor dan zat besi) juga berfungsi meningkatkan kesehatan pada tubuh.

Itu dia serangkaian manfaat bawang putih yang baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan ya! Tak hanya enak sebagai penyedap masakan alami, tanaman dari genus Allium ini juga punya banyak kandungan menyehatkan yang tak bisa disepelekan begitu saja bukan? Jika tidak suka makan bawang putih mentah, kamu tetap bisa menyantapnya setelah dipadukan dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah lainnya atau pun digoreng kering. Rasanya sedap, manfaatnya memikat. Nggak salah memang kalau food vlogger Ria SW suka banget makan rempah yang satu ini. Yuk rajin makan bawang putih dari sekarang, Klovers.

(kpl/wnd)

Reporter:

Winda Carmelita



MORE STORIES




REKOMENDASI