10 Olahraga yang Cepat Turunkan Berat Badan dan Mampu Membakar Kalori dengan Efektif

Jum'at, 23 Juli 2021 10:22 Penulis: Anik Setiyaningrum
10 Olahraga yang Cepat Turunkan Berat Badan dan Mampu Membakar Kalori dengan Efektif
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Olahraga merupakan hal yang penting saat kalian sedang menjalankan program diet untuk penurunan berat badan. Oleh karena itu, selain menentukan jenis diet, kalian perlu mencari tahu tentang olahraga cepat turunkan berat badan. Jenis olahraga yang kalian pilih akan berdampak pada tujuan yang ingin dicapai.

Gerakan aktif dalam olahraga hampir selalu bisa membakar kalori, tapi terdapat beberapa jenis olahraga yang menghasilkan dampak lebih besar pada penurunan berat badan. Olahraga yang cepat turunkan berat badan biasanya merupakan jenis olahraga yang bisa membakar kalori secara tepat dan cepat. Dengan begitu, kalian bisa mendapat manfaat dari penurunan berat badan berupa kesehatan dan kebugaran yang tetap terjaga.

Selain itu, olahraga juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap prima. Nah, untuk mendapat berbagai manfaat dan mengimbangi diet yang sedang kalian jalankan, langsung saja simak beberapa olahraga yang cepat turunkan berat badan yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini. Lakukan secara rutin dan pilihlah jenis olahraga yang paling kalian sukai.

 

1. Olahraga yang Cepat Turunkan Berat Badan

1. High Intensity Interval Training (HIIT)

High Intensity Interval Training (HIIT) atau juga biasa disebut latihan interval merupakan olahraga dengan intensitas tinggi ke rendah dan memberi jeda pada pengulangan gerakannya. Olahraga yang cepat turunkan berat badan ini efektif dilakukan karena berpotensi untuk membakar lemak di perut.

Kalian bisa melakukan HIIT dengan lari lambat sebagai pemanasan, lalu dilanjutkan dengan lari cepat selama 15 detik. Ulangi lagi lari lambat selama 1-2 menit dan seterusnya. Lakukan latihan ini selama 10-20 menit.

2. Pilates

Pilates merupakan olahraga yang cepat turunkan berat badan yang bisa membakar 350-450 kalori per jam. Olahraga ini dikembangkan dari yoga dan memfokuskan latihan pada kekuatan otot.

Selain potensial untuk melangsingkan dan menurunkan berat badan, pilates juga bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap prima.

3. Lompat Tali

Siapa sangka bahwa lompat tali yang biasanya dimainkan oleh anak-anak ternyata bisa dijadikan sebagai olahraga yang cepat turunkan berat badan. Hal tersebut karena olahraga ini bisa membakar 750-850 kalori per jam.

Kalian hanya perlu menyiapkan tali, pegang kedua ujungnya, dan putar melewati badan kalian dengan cara melompatinya.

2. Olahraga yang Cepat Membakar Kalori

4. Tinju

Tinju merupakan salah satu olahraga yang cepat turunkan berat badan karena bisa membakar hingga 800 kalori per jam. Selain dibutuhkan kelincahan dalam geraknya, tinju juga mengandalkan kekuatan seluruh tubuh. Tak heran jika olahraga ini cocok bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan.

5. Berenang

Berdasarkan informasi dari sehatq.com, kalori seseorang yang berat badannya 70 kilogram akan terbakar hingga 233 kalori saat berenang selama 30 menit. Selain itu, berenang juga bisa membakar lemak sehingga bisa membentuk tubuh jadi lebih atraktif.

Gaya renang pun juga bisa mempengaruhi jumlah kalori yang bisa terbakar. Gaya kupu-kupu merupakan gaya renang yang paling potensial, lalu gaya treading water, gaya dada, dan gaya punggung. Karena potensi tersebut, gaya renang bisa dianggap sebagai olahraga yang cepat turunkan berat badan.

6. Bersepeda

Akhir-akhir ini, bersepeda menjadi olahraga yang banyak penggemarnya. Tak hanya populer dan menyenangkan, bersepeda merupakan salah satu olahraga yang cepat turunkan berat badan karena mampu membakar hingga 1.000 kalori per jam.

Apalagi jika kalian menempuh jalur yang cukup menantang, energi yang dikeluarkan akan semakin besar. Hal itu membuat kalori yang terbakar juga akan bertambah.

3. Olahraga yang Cepat Turunkan Berat Badan Lainnya

7. Berlari

Lari bisa membakar kalori sekitar 900-1.500 per jam. Oleh karena ini, lari menjadi olahraga yang cepat turunkan berat badan secara efektif.

Hal yang perlu kalian perhatikan, lari untuk menurunkan berat badan berbeda dengan jogging. Diperlukan kecepatan untuk mendapat pembakaran lemak yang lebih efektif. Lakukan olahraga ini saat pagi atau sore, untuk menghindari sengatan matahari yang terlalu terik.

8. Zumba

Zumba merupakan olahraga yang menuntut kalian untuk bisa lebih atraktif karena dipadukan dengan tarian. Satu sesi zumba selama satu jam bisa membakar sekitar 400 hingga 700 kalori. Tak heran jika zumba masuk dalam daftar olahraga yang cepat turunkan berat badan.

9. Angkat Beban

Latihan angkat beban bisa kalian pilih sebagai olahraga yang cepat turunkan berat badan. Olahraga ini akan membantu kalian menyingkirkan lemak berlebih pada tubuh, menguatkan, dan meningkatkan pertumbuhan otot yang kemudian akan berefek pada peningkatan laju metabolik istirahat (RMR).

RMR merupakan jumlah kalori yang terbakar saat kalian istirahat setelah olahraga. Itu berarti, angkat beban bisa terus memberi efek pembakaran kalori selama beberapa saat setelah kalian berhenti melakukannya.

10. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang identik dengan pernapasan untuk memperoleh ketenangan. Namun ternyata, yoga merupakan salah satu olahraga yang cepat turunkan berat badan juga lho, KLovers!

Seseorang dengan berat badan 70 kilogram bisa membakar hingga 149 kalori dengan yoga selama 30 menit. Yoga juga efektif untuk mewujudkan mindfulness yang akan mencegah konsumsi berlebih. Hal ini akan mendukung diet yang sedang kalian jalankan.

Nah, itulah beberapa olahraga yang cepat turunkan berat badan untuk mengimbangi diet yang sedang kalian jalankan. Jadikan aktivitas ini sebagai rutinitas dan ketahui kebutuhan kalori harian kalian untuk mendapatkan hasil maksimal.

(Sumber: Merdeka.com, Sehatq.com, Popmama.com)

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI