7 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Olahraga Yang Efektif, Yakin Nggak Mau Nyoba?

Sabtu, 22 Juni 2019 17:40 Penulis: Editor KapanLagi.com
7 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Olahraga Yang Efektif, Yakin Nggak Mau Nyoba?
ilustrasi cara menurunkan berat badan dengan olahraga (credit: shutterstock)

Kapanlagi Plus - Dilansir dari cermati.com, cara-cara yang biasa digunakan orang untuk menurunkan berat badan yaitu dengan mengatur pola makan, diet karbohidrat, dan juga olahraga. Olahraga banyak dilakukan karena beberapa orang menganggap ini efektif untuk menurunkan berat badan, sekaligus menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Kalori pada tubuh akan terbakar saat melakukan gerakan-gerakan saat olahraga. Beberapa olahraga yang dapat kamu lakukan secara rutin untuk menurunkan berat badan sebagai berikut.


1. Jogging


Jogging merupakan salah satu olahraga yang paling diminati karena sederhana dan mudah dilakukan di mana saja. Walaupun begitu, jogging memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, seperti menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, kamu harus melakukannya secara rutin ya, KLovers! Kamu bisa rutin melakukan jogging setiap tiga kali dalam seminggu dengan durasi 30 sampai 60 menit, tapi sesuaikan sama kemampuanmu dulu juga, ya!


2. Bersepeda


Kalau kamu gak punya sepeda di rumah, jangan khawatir, ya! Kamu bisa mendatangi tempat gym setempat untuk bisa bersepeda. Bersepeda adalah pilihan yang bagus untuk menurunkan badan. Karena, bersepeda akan membuat tubuhmu bergerak aktif, terutama bagian betis dan paha, sehingga efektif untuk menurunkan berat badan. Untuk hasil yang maksimal, bersepedalah setiap dua sampai tiga kali dalam seminggu.


3. Lompat tali


Lompat tali memang dulunya menjadi permainan tradisional untuk anak-anak, tapi ternyata ini bisa menjadi olahraga yang efektif untuk membantu cara menurunkan berat badan, lho! Olahraga yang memiliki nama lain, yaitu skipping ini juga mudah dilakukan di mana saja. Bahkan kamu dapat melakukannya sendiri di rumah.


4. Yoga


Tidak perlu gerakan yang aktif seperti olahraga yang sudah disebutkan sebelumnya, ternyata melakukan yoga juga dapat menurunkan berat badan secara efektif! Walaupun sederhana dan hanya terdiri dari beberapa gerakan yang dilakukan dengan lambat, yoga dapat ampuh bekerja untuk membakar kalori pada tubuh. Cobain, yuk!


5. Berenang


Nah, buat kamu yang memiliki hobby berenang, olahraga ini juga bisa menurunkan berat badan, lho! Gerakan-gerakan yang dilakukan saat berenang akan membantu membakar kalori pada tubuh. Berenang pun dapat membentuk otot-otot menjadi lebih baik, otot-otot tersebut yaitu pada punggung, paha, lengan, dada, dan lain-lain. Selain seru, berenang ternyata punya banyak sekali manfaat ya!


6. Senam aerobik atau zumba


Kalau yang satu ini, peminatnya kebanyakan adalah perempuan. Sudah pasti olahraga ini akan membantu menurunkan berat badan dengan sangat efektif. Ciri khas dari senam aerobik dan zumba yaitu melakukan gerakan yang lincah dan bersemangat. Saat melakukan gerakan senam, tubuh akan aktif bergerak dan menghasilkan banyak keringat. Ini berarti tubuh sudah mengeluarkan kalori secara maksimal, sehingga, berat badan akan turun dengan cepat! Untuk kamu yang juga memiliki perut buncit, senam juga dapat membantu untuk membuat perutmu lebih rata, lho! Cobain deh!


7. Kick boxing


Olahraga yang satu ini sudah mulai populer nih saat ini! Olahraga yang merupakan perpaduan antara muay thai dan tinju ini memiliki banyak peminat mulai dari laki-laki sampai perempuan. Kick boxing aktif menggerakan tubuh, terutama tangan dan kaki, sehingga dapat membantu membakar kalori pada tubuh. Otot-otot juga akan terbentuk dengan baik jika rutin melakukan olahraga ini. Namun, olahraga ini memerlukan banyak energi dan tenaga yang kuat, usahakan sarapan dulu, ya, KLovers, sebelum memulai olahraga kick boxing!


Nah, usai sudah 7 informasi tentang cara menurunkan berat badan dengan olahraga secara efektif yang dapat kamu lakukan sesuai minat kamu. Usahakan rutin melakukannya agar berat badan akan turun dengan cepat. Selain melakukan olahraga, kamu juga dapat mengimbanginya dengan cara menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat. Semangat!


Penulis: Shahfara Raida Utami

 

 

(kpl/mag/fff)



MORE STORIES




REKOMENDASI