10 Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Belanda untuk Pemula dan Level Intermediate

Senin, 14 November 2022 20:44
10 Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Belanda untuk Pemula dan Level Intermediate
(Credit: Shopee/Tokopedia)


Kapanlagi Plus - Bagi beberapa orang, belajar bahasa asing menjadi hal yang menyenangkan. Salah satu bahasa yang cukup banyak diminati adalah bahasa Belanda. Selain metode, seseorang juga memerlukan rekomendasi buku belajar bahasa Belanda sebagai referensi.

Terlebih, bahasa Belanda cukup sulit karena memiliki bunyi dan bentuk yang berbeda dengan bahasa Inggris. Menemukan rekomendasi buku belajar bahasa Belanda yang tepat, jelas akan mempermudah proses belajar.

Nah, jika kalian sedang mencari rekomendasi buku belajar bahasa Belanda bagi pemula maupun level intermediate, tak ada salahnya untuk menyimak ulasan berikut ini.

 

1. Gramatika Ringkas Bahasa Belanda - Dr. Sugeng Riyanto, M.A.

Jika kalian mencari rekomendasi buku belajar bahasa Belanda untuk pemula, silakan pelajari buku Gramatika Ringkas Bahasa Belanda. Buku yang ditulis oleh Dr. Sugeng Riyanto, M.A. ini cocok bagi kalian yang masih berada di level dasar.

Penulisnya sendiri merupakan dosen bahasa Belanda di FIB UI. Isi buku ini juga mudah dipahami karena sangat sistematis, sederhana, dan akurat. Cocok bagi kalian yang baru pertama kali mempelajari tata bahasa Belanda.

 

2. Spreekt U Nederlands? - Sofia Thrion

Jika kalian sedang mencari rekomendasi buku belajar bahasa Belanda, tak ada salahnya untuk membaca Spreekt U Nederlands?: Menguasai Bahasa Belanda Secara Mudah dan Cepat. Buku yang ditulis oleh Sofia Thrion ini cocok bagi kalian yang sudah mulai mengenal bahasa Belanda.

Artinya, kalian sudah bukan pemula. Pasalnya, isi dari buku ini lebih berfokus pada percakapan dan penggunaan bahasa Belanda yang tepat. Tentu, buku ini akan membantu kalian dalam meningkatkan kemampuan.

 

3. Nederlands voor Beginners - Dra. Tien Surtini Linaksana

Masih bagi kalian yang berada di tingkat pemula, berikut ini ada rekomendasi buku belajar bahasa Belanda yang berjudul Nederlands voor Beginners. Buku yang ditulis oleh Dra. Tien Surtini Linaksana ini memiliki ukuran yang cukup kecil. Cocok dibawa oleh orang-orang yang antusias mempelajari bahasa Belanda untuk kali pertama.

 

4. B-3: Belajar Bahasa Belanda Kursus Dasar

Bagi kalian yang belajar secara otodidak, ada rekomendasi buku belajar bahasa Belanda yang berjudul B-3: Belajar Bahasa Belanda Kursus Dasar. Buku yang sudah terbilang lawas ini cocok untuk kalian yang sedang berada di level dasar, tapi mulai ingin naik ke level intermediate.

Buku yang ditulis oleh N. van den Toorn ini juga dilengkapi dengan berbagai latihan dan bahan bacaan. Keunggulannya terletak pada isi yang tersusun secara sistematis.

 

5. Kamus Saku Belanda-Indonesia, Indonesia-Belanda

Sebagai orang yang tertarik untuk mempelajari bahasa asing, kamus merupakan salah satu hal penting. Nah, ada Kamus Saku Belanda-Indonesia, Indonesia-Belanda sebagai rekomendasi buku belajar bahasa Belanda yang perlu kalian miliki.

Buku yang ditulis oleh Sofia Thrion dan Steven Patty cocok bagi kalian yang ingin meningkatkan jumlah kosakata. Perbendaharaan kata di kamus ini cukup memadai bagi kalian yang berada di tingkat pemula.

 

6. Kamus Belanda - Indonesia

Selanjutnya, ada Kamus Belanda - Indonesia sebagai rekomendasi buku belajar bahasa Belanda yang perlu kalian punya. Kamus yang disusun oleh Susi Moeimam dan Hein Steinhauer ini memiliki banyak keunggulan.

Keunggulannya antara lain, memuat hampir 50.000 entri yang diseleksi berdasarkan frekuensinya dalam pemakaian bahasa Belanda masa kini, menguraikan lebih dari 60.000 makna yang dilengkapi dengan lebih dari 55.000 contoh pemakaian, ungkapan, dan idiom.

 

7. van Dale. Groot Woordenboek van de Nederlandse Taal

Jika kalian yang mencari kamus sebagai rekomendasi buku belajar bahasa Belanda, tiga jilid van Dale. Groot Woordenboek van de Nederlandse Taal ini juga penting untuk dimiliki. Jika bahasa Indonesia punya KBBI, bahasa Indonesia punya punya van Dale ini. Jika dilihat dari fungsi dalam berbahasa, keberadaan kamus besar memang sangat diperlukan ya, KLovers!

 

8. Basis Woordenboek Nederlands - P. de Kleijn dan E. Nieuwborg.

Jika kalian sudah cukup lama mempelajari bahasa Belanda, tak ada salahnya untuk lebih serius dalam memperbanyak kosakata beserta idiom dan penggunaannya. Basis Woordenboek Nederlands bisa menjadi salah satu rekomendasi buku belajar bahasa Belanda yang bisa kalian baca.

Kamus yang disusun oleh P. de Kleijn dan E. Nieuwborg ini memuat entri umum kata-kata bahasa Belanda beserta contoh idiom dan penggunaan. Buku ini memang diperuntukan bagi pemula, tapi melihat isinya yang full bahasa Belanda, buku ini tampaknya lebih cocok bagi kalian yang berada di level intermediate.

 

9. Tata Bahasa Belanda lengkap, Mudah, dan Praktis - Lilie Suratminto

Belajar bahasa bukan hanya tentang kosakata, tapi juga tata bahasa. Nah, dalam hal ini ada rekomendasi buku belajar bahasa Belanda yang berjudul Tata Bahasa Belanda Lengkap, Mudah, dan Praktis untuk kalian baca.

Buku yang ditulis oleh Lilie Suratminto ini cocok bagi kalian yang sudah berada di level intermediate ke atas. Keunggulannya terletak pada jumlah contoh-contoh yang sangat banyak dan tentu saja akan mempermudah proses kalian dalam belajar.

 

10. het Groene Boekje: Woordenlijst Nederlandse Taal

Saat mempelajari bahasa asing, kalian juga perlu memperhatikan ejaan baku bahasa tersebut, tak terkecuali dalam bahasa Belanda. Jika Indonesia memiliki EYD, bahasa Belanda juga punya aturan yang bisa kalian pelajari dalam het Groene Boekje: Woordenlijst Nederlandse Taal.

Rekomendasi buku belajar bahasa Belanda berupa glosarium ini berisi aturan mengenai struktur ejaan dan penulisan baku.

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi buku belajar bahasa Belanda yang bisa kalian pelajari.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI