10 Street Food Hits Indonesia di 2018, Sudah Pernah Mencoba?

Senin, 31 Desember 2018 02:19 Penulis: Editor KapanLagi.com
10 Street Food Hits Indonesia di 2018, Sudah Pernah Mencoba?
(credit: instagram.com/donutpapi)

Kapanlagi Plus - Meskipun street food dijual di pinggir jalan, bukan berarti makanan tersebut tidak memiliki penggemarnya. Justru jajanan pinggir jalan alias street food menjadi surganya para penikmat kuliner. Sepanjang tahun 2018, ternyata pamor makanan pinggir jalan justru melejit. kulineran ini terkenal melalui internet seperti YouTube, Instagram, dan lain-lain.

1. Tahu Bulat

Tahu goreng dengan bentuk bulat ini sempat menjadi makanan yang viral pada tahun 2018. Setelah digoreng, tahu bulat ini diberi bumbu-bumbu rasa pedas, asin, dan pilihan lainnya. Biasanya, tahu bulat dijual keliling atau mangkal di atas mobil pick up. Cara berjualan nya cukup menarik perhatian, yaitu penjual tahu bulat berkeliling dengan memutar lagu khas dari tahu bulat.

2. Leker

Jajanan yang sudah ada sejak lama ini di 2018 kembali hits lagi. Kalau dulu isian leker paling umum adalah meses coklat, keju, pisang, atau kacang gula. Sekarang leker sudah dimodifikasi jadi lebih modern, yaitu topping dan isian-nya misalnya adalah kombinasi telur, sosis, kornet, dan keju mozzarella.

3. Jaring Laba-laba

Kue jaring laba-laba sekarang banyak varian-nya. Ada kue jaring rasa pandan, coklat, red velvet, hingga rainbow. Topping-nya juga ada banyak, mulai dari susu kental manis, meses, hingga keju.

4. Telur Gulung

Meskipun jajanan ini sudah ada sejak lama, namun setahun belakangan ini telur gulung kembali populer dengan beragam inovasi. Tidak hanya menggunakan saus sambal saja, telur gulung kini juga disajikan dengan tambahan mayonais hingga bumbu aneka rasa.

5. Ceker Mercon

Makanan pedas ternyata masih memiliki tempat di hati masyarakat. Jika sebelumnya seblak, untuk makanan pedas kali ini yang begitu happening di 2018 adalah ceker mercon. Ceker pun hanya diolah dengan bumbu pedas.

6. Sostel

Jajanan satu ini bisa dibilang unik banget. Sostel biasa dibuat dengan mesin khusus berdaya listrik untuk memasakan adonan. Setelah matang sosis telur akan keluar dengan sendirinya. Untuk bahannya biasanya terdiri dari telur, sosis dan ditambah sayur-sayuran lain. Bahan-bahan tinggal dimasukkan ke dalam lubang dan kalian tinggal menunggu sostel matang.

7. Banana Nugget

Salah satu olahan pisang yang hits di 2018 adalah banana nugget. Seperti namanya, cara pembuatan banana nugget tidak jauh berbeda dengan ayam nugget yang perlu dihaluskan terlebih dahulu. Banana nugget tidak dihidangkan biasa-biasa saja. Jajanan ini disajikan dengan aneka topping yang menarik seperti lelehan coklat, keju, bubuk oreo, bubuk macha dan masih banyak lagi.

8. Bola Ubi Kopong

Jika biasanya olahan dari ubi punya isi gula merah yang lumer, namun jajanan satu ini malah kosong pada bagian tengahnya. Meski sudah ada sejak lama, bola ubi kopong mulai populer lagi tahun 2018 ini.

9. Donat Indomie

Sebelumnya sebuah toko donut di Australia yakni Donut Papi mengeluarkan varian baru yang dipasarkan terbatas, hanya pada 25-27 Mei 2018. Varian tersebut merupakan kolaborasi bersama Indomie Australia yang diberi nama "May-Goreng". Kabar tersebut ternyata terdengar hingga ke Indonesia. Banyak masyarakat yang akhirnya penasaran dengan rasa donat tersebut. Para pemilik usaha kuliner pun berlomba-lomba menyajikan donat indomie yang serupa.

10. Corn Dog

Corn dog adalah makanan dengan bahan utama sosis yang dibalur dengan tepung jagung. Biasanya juga ditambah dengan keju mozarella dan di atasnya ditambah dengan saus sambal serta mayonaise.

Sudah ngiler belum? Dari sepuluh makanan yang telah dibahas diatas, mana nih street food yang sudah pernah kalian coba?

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI