10 Wisata Kuliner Paling Hits Dan Legendaris Di Bandung, Yakin Nggak Mau Coba?

Rabu, 10 Juli 2019 03:22 Penulis: Editor KapanLagi.com
10 Wisata Kuliner Paling Hits Dan Legendaris Di Bandung, Yakin Nggak Mau Coba?
Instagram.com/MartabakMertua, Diambil pada 10 Juli 2019


Kapanlagi Plus - Jalan-jalan berlibur menjelajahi indahnya Bandung rasanya kurang lengkap kalau belum berwisata kuliner mencicipi makanan legendaris dan hits yang ada. Wisata kuliner yang ada di Bandung memang nggak pernah bikin bosan karena selalu ada inovasi baru dari waktu ke waktu. Tak heran jika wisata kuliner yang sedang hits di Bandung ini ramai pengunjung karena rasanya yang terkenal enak dan lezat.

Selain menyiapkan perut yang bakal kalap melihat berbagai makanan yang menggoda, jangan lupa siapkan uang saku ya KLovers. Karena rasa penasaran untuk mencoba banyaknya macam makanan lezat di Bandung bakal bikin kamu pengen beli lagi dan lagi! Tunggu apalagi? Yuk simak wisata kuliner paling hits dan legendaries yang ada di Bandung seperti yang dilansir pada Liputan6.com berikut ini!

 

 

 

1. Batagor Hanjuang

Kuliner Bandung nggak pernah lepas dari Batagor. Cemilan yang kini bisa kamu temukan di berbagai kota di penjuru Nusantara ini memang aslinya berasal dari kota ini, dibawa oleh para perantau yang kemudian membuka warung-warung batagor.

Kalau pengen merasakan kenikmatan batagor asli Bandung, datang saja ke Batagor Hanjuang. Kelezatannya terkenal banget sampai harus antri kalau kamu datang ke tempatnya, yaitu di Jalan Astina, Cicendo, tepatnya di belakang Plaza Istana. Batagor Hanjuang banyak disukai pecinta kuliner karena dibuat dari ikan tenggiri yang sangat terasa enaknya di lidah. Gurihnya batagor dipadukan dengan bumbu kacang yang nikmat. Waktu bukanya dari pukul 07.00-17.00 WIB. Jadi kamu bisa sarapan dulu di sini sebelum melanjutkan petualangan kuliner Bandung lainnya. Untuk satu porsi Batagor Hanjuang, hanha dihargai Rp 10.000 saja , dengan porsi 6 potong.

2. Kuliner khas Pasundan di Kampung Daun Bandung

Kalau petualangan ini kamu mengajak pasangan, saatnya untuk membahagiakan dirinya dengan makan enak di tempat kuliner Bandung paling romantis, Kampung Daun KLovers. Waktu yang paling pas adalah musim panas, menjelang senja. Biar kamu dan si dia bisa menikmati indahnya pemandangan saat langit berganti warna.

Selain itu, waktu malam tiba, lampu-lampu kota Bandung dari kejauhan bakal membuat dinner kamu jadi terasa sangat istimewa. Kampung Daun menyajikan menu-menu yang beragam, dari Indonesia hingga Eropa. Selain itu, jangan lupa mencicipi asyiknya kudapan tradisional nan bersahaja, seperti gulali, kembang gula, hingga dodol. Harga makanan dan minuman yang ada di sini juga beragam KLovers, mulai dari Rp 8.000-Rp 110.000.

Buat kamu yang penasaran dengan Kampung Daun, restoran ini berada di Perumahan Villa Triniti Blok RR1 Jl. Sersan Bajuri no.88 Km.4,7, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Berbagai sajian bisa kamu dapatkan di tempat ini, dari yang lokal hingga internasional. Mulai dari Nasi Liwet Parahyangan, gurame goreng atau bakar, nasi tutug oncom, pepes daun kemanggi, sop gurame, nasi timbel komplit, bebek bakar bumbu Bali, nasi goreng kampung daun, nasi bakar belut, sop Iga Sapi , serta sop buntut bagar. Sementara untuk menu luar negeri, tersedia Chicken Steaks, Blackpepper Beef, Beef Ribs, dan Tenderloin Steak.

Kalau cuma pengen ngemil, pesan saja Batagor, Surabi Kinca, Tahu Goreng, Pisang Goreng, Colenak , atau Poffertjes. Selain itu kamu juga bisa usir dingin dengan minuman hangat tradisional, seperti bajigur atau bandrek.

3. Bakmi di Rumah Makan Linggarjati

Instagram.com/Bakmi, Diambil pada 10 Juli 2019Instagram.com/Bakmi, Diambil pada 10 Juli 2019

Alternatif lain untuk menikmati kuliner Bandung di pusat kota adalah Bakmi Linggarjati. Berada di Jalan Balonggede no. 1, Bakmi Linggarjati nggak hanya menyajikan menu khas mie, tapi juga keunikan di setiap santapannya.

Mi yamin merupakan salah satu makanan enak dan banyak digemari di Bandung. Kamu bisa menyantap makanan enak tersebut di Rumah Makan Linggarjati. Rumah makan khusus menyediakan aneka jenis mi ini terkenal karena menu yamin yang melegenda. Ada dua jenis menu kuliner Bandung yang ditawarkan, yaitu Yamin Manis dan Yamin Asin. Sementara untuk bahan pelengkapnya bisa minta ditambahkan kikil, bakso, babat, atau ayam. Dengan porsi yang tergolong jumbo, perut bakal bersyukur kegirangan menikmati lezatnya Bakmi Linggarjati. Biar makin komplit, lengkapi acara makanmu dengan minuman es alpukat Linggarjati.

Harga mi yamin ini juga masih terjangkau kok KLovers, hanya Rp 35.000/ porsi kamu bisa menikmati lezatnya mi yg melegenda ini. Kalian tahu nggak KLovers? Ternyata tempat ini disebut sebagai sesepuhnya mi yamin bakso di Kota Bandung. Berdiri sejak 1950, rumah makan ini berada di Jalan Balong Gede No 1.

4. Cuanki Serayu

Instagram.com/CuankiSerayu, Diambil pada 10 Juli 2019Instagram.com/CuankiSerayu, Diambil pada 10 Juli 2019

Dari tadi makan-makan melulu, sekarang saatnya ngemil dulu KLovers. Rekomendasi yang pas buat kudapan adalah Cuanki Serayu yang sudah memeriahkan kuliner Bandung sejak era 90-an. Yang menarik dari Cuanki Serayu ini adalah antriannya yang panjang dan ramai bikin penasaran. Pembeli selalu berjubel demi mendapatkan kenikmatan semangkok cuanki.

Apa sih cuanki? Jajanan ini ternyata lumayan mirip dengan bakso, lengkap dengan mi, tahu, dan taburan bawang gorengnya. Konon, masyarakat Tionghoa yang memperkenalkan jajanan ini kepada masyarakat Jawa Barat hingga akhirnya populer di masa kini. Aneka menu di Cuanki Serayu Bandung ini dapat kamu coba dari jam 11. Untuk harga cuanki juga terjangkau, hanya Rp17.000. Kamu juga bisa memesan setengah porsi, yang tetap mengenyangkan. Cuanki yang paling banyak direkomendasikan di Bandung adalah Cuanki Serayu yang ada di Jalan Serayu No. 2, Cihapit.

5. Nasi Kalong

Instagram.com/NasiKalong, Diambil pada 10 Juli 2019Instagram.com/NasiKalong, Diambil pada 10 Juli 2019

Ini bukan nasi dengan lauk kalong, binatang yang mirip kelelawar. Nasi Kalong adalah kuliner Bandung yang bisa kamu nikmati saat kelaparan di larut malam. Berlokasi di Jalan R.E. Martadinata No.102, Cihapit, Bandung Wetan, Nasi Kalong mulai buka warungnya sejak pukul tujuh malam hingga dini hari. Biarpun buka malam hari, tapi pemandangan antrian pengunjung bakal terlihat setiap hari.

Menu utamanya adalah nasi kalong dengan buncis mentah. Asal tahu saja KLovers, nasi kalong adalah nasi berwarna hitam. Keunikan ini didapatkan dengan meramu antara nasi merah dan keluak yang juga dipakai buat bikin menu rawon. Setelah itu, ditambahkan bumbu-bumbu lain, seperti cabai, bawang merah, daun salam, kelapa parut, dan masih banyak lagi yang membuat kuliner Bandung ini punya kelezatan otentik.

Harga Nasi Kalong dibanderol kurang lebih Rp 50.000 saja dan sudah pasti mengenyangkan lho. Lauk pelengkap untuk menemani wisata kuliner Bandung ini bisa kamu pilih sendiri, mulai dari ayam goreng, dendeng ayam, sambal goreng ati, dan masih banyak lagi. Harga yang harus dibayar tentunya disesuaikan dengan lauk yang kamu nikmati. Untuk bisa menikmati menu lezat ini, kalian bisa datang ke Jalan RE Martadinata, Bandung.

6. Roti manis dari Toko Roti Sumber Hidangan

Roti buatan Toko Roti Sumber Hidangan merupakan makanan enak di Bandung yang wajib kamu cicipi. Berdiri sejak 1929, toko roti yang menjual aneka jenis kue Belanda dan roti ini berada di Jalan Braga No 22-22, Kota Bandung. Tetap mempertahankan rasa dan kualitasnya serta suasana yang masih dipertahankan seperti dulu membuat para pelanggannya bagai terseret lorong waktu dan kembali ke zaman sebelum tahun 45-an. Harga rotinya juga bervariasi KLovers, mulai dari Rp 7.000 saja.

Toko ini merupakan salah satu perusahaan pembuat roti, kue dan aneka kudapan serba manis lainnya. Selain itu, tempat ini juga menjual es krim homemade dengan citarasa yang berbeda dengan es krim yang ada di zaman sekarang. Di sini, kamu masih bisa menemukan makanan enak khas Belanda. Ada Moorkoppen, Bokkepootjes, dan Tompoesjes.

7. Batagor Riri

Instagram.com/BatagorRiri, Diambil pada 10 Juli 2019Instagram.com/BatagorRiri, Diambil pada 10 Juli 2019

Salah satu makanan enak di Bandung paling enak dan terkenal adalah Batagor Riri. Tempat wisata di Bandung ini sudah ada sejak 1985. Dengan bumbu kacang yang spesial, batagor Riri menjadi idaman para wisatawan. Tidak hanya batagor, ditempat ini juga menyediakan jenis makanan enak lainnya seperti siomay, mi, bubur ayam dan aneka minuman jus. Batagor Riri ini sudah memiliki bebeapa cabang yang tersebar di kota Bandung. Salah satunya ada di Jalan Burangrang No. 41, Bandung. Jam bukanya mulai dari pukul 07.00-20.00 WIB KLovers. Harga Batagor Riri ini mulai dari Rp 10.000-Rp 25.000 saja. Murah sekali bukan?

8. Roti Bakar Cari Rasa Kosambi

Roti Bakar Cari Rasa Kosambi merupakan makanan enak di Bandung yang legendaris yang sudah mengisi perut warga Bandung lebih dari 60 tahun. Dikenal dengan sebutan roti bumbu, roti isi ini sering jadi camilan dan oleh-oleh warga Bandung sejak tahun 1950. Bahkan Roti Cari Rasa diklaim sebagai roti bakar pertama di Bandung. Toko Roti ini berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani No148 (Kosambi) Kota Bandung dan menyediakan lima varian menu dengan berbagai macam ukuran. Di antaranya adalah roti bumbu biasa, roti rasa cokelat, roti campur keju, roti keju, dan roti kornet.

Keseluruhan menu roti yang ditawarkan di Toko Roti Bumbu Bakar Cari Rasa, masing-masingnya dipatok dengan harga yang berbeda, yakni mulai dari Rp 5.000-Rp 48.000 tergantung dari ukuran dan rasa yang kamu pilih. Toko ini buka setiap hari pada pukul 06.00-00.00 WIB.

9. Pisang Bolen

Makanan enak satu ini merupakan oleh-oleh dari bandung yang paling dicari. Kue pisang berbalut pastry ini memang memiliki rasa yang empuk dan lezat. Tak heran makanan enak di Bandung ini disukai banyak orang mulai dari dewasa dampai anak-anak. Beberapa tempat yang menyajikan makanan enak di Bandung ini adalah Kartika Sari dan Mayasari. Harga pisang bolen yang dijual di Kartika Sari yakni mulai dari Rp 47.000/porsi. Selain pisang bolen, toko ini juga menjual berbagai macam kue lainnya yang tak kalah enak lho KLovers.

10. Martabak Mertua

Instagram.com/MartabakMertua, Diambil pada 10 Juli 2019Instagram.com/MartabakMertua, Diambil pada 10 Juli 2019

Kedai Martabak Mertua merupakan tempat makanan enak di Bandung yang hits karena menyajikan martabak dengan topping keju melimpah dan rasa telur asin yang jadi favorit banyak orang. Selain itu, tempat ini juga menyediakan banyak varian rasa tambahan untuk menghasilkan cita rasa martabak yang enak sesuai dengan keinginan kalian KLovers. Harga martabak di sini juga beragam, menyesuaikan dengan varian rasa dan toping yang kalian pilih, yakni mulai dari Rp 50.000-an saja. Jika ingin menyantap makanan enak ini jangan lupa untuk mengunjungi Martabak Mertua yang ada di Jalan Dipati Ukur saat sedang pergi ke Bandung.

Bagaimana KLovers? Apa kalian sudah tahu wisata kuliner mana yang akan kalian cicipi terlebih dahulu? Selain harus sabar karena harus mengantri panjang, saat mampir untuk mencicipi makanan di atas, jangan lupa bawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah ya. Agar kalian tidak hanya merasakan lezatnya sendirian, dijamin semua makanan di atas bakal bikin ketagihan!

 

Penulis : Artamevia Faberta Elvanda

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI