11 Penyebab Sariawan yang Jarang Disadari, Salah Satunya Konsumsi Makanan Pedas

Selasa, 17 November 2020 20:11 Penulis: Nurul Wahida
11 Penyebab Sariawan yang Jarang Disadari, Salah Satunya Konsumsi Makanan Pedas
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Sariawan sering dialami secara tiba-tiba oleh sejumlah orang akibat faktor tertentu. Beragam penyebab sariawan yang kerap terjadi bisa dirasakan pengidapnya karena cedera pada mulut baik saat makan ataupun ketika membersihkan gigi. Alhasil mulut menjadi luka hingga timbulkan sariawan yang dengan gejala rasa nyeri.

Sariawan merupakan gangguan kesehatan yang menyerang bagian mulut dan gigi. Sariawan juga dapat disebut dengan istilah lain sebagai stomatitis. Dimana sariawan menyebabkan pengidapnya mengalami peradangan pada area mulut hingga menimbulkan rasa nyeri. Sariawan tersebut biasanya memiliki bentuk seperti bercak putih, kuning, kemerahan serta sedikit berlubang.

Kondisi ini akan berlangsung dalam beberapa hari hingga memakan cukup lama tergantung tingkat keparahan sariawan. Selain itu sariawan membuat penderita mengalami kesulitan saat makan, minum, hingga berbicara.

Sebab rasa nyeri pada mulut akibat peradangan tersebut memang cukup mengganggu yang umumnya timbul pada sekitar mulut, dinding gusi serta bibir atau bahkan sekitar pipi bagian dalam. Ada beragam penyebab sariawan yang dapat menyerang siapa saja tanpa batas usia. Mulai dari karena faktor makanan hingga efek obat tertentu bisa memicu sariawan di mulut.

Lalu apa saja penyebab sariawan?

Adapun penyebab sariawan yang kerap diabaikan terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan berikut terkait penyebab sariawan yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Luka Pada Mulut

Penyebab sariawan yang pertama adalah terjadi karena luka pada mulut. Luka pada mulut ini bisa timbul karena aktivitas tertentu seperti makan, menggosok gigi bahkan karena cedera lainnya. Luka pada mulut saat makan bisa terjadi ketika mengunyah namun tiba-tiba lidah ataupun bibir tergigit.

Sedangkan ketika menggosok gigi bisa terjadi pada mulut yang secara tidak sengaja melukai bibir. Sehingga karena beberapa faktor tersebut menyebabkan luka pada mulut hingga mengakibatkan sariawan.

 

2. Konsumsi Makanan Pedas

Penyebab sariawan selanjutnya adalah karena konsumsi makanan pedas. Makanan pedas tersebut bagi sejumlah orang mungkin berpotensi menyebabkan sariawan karena bisa memicu bibir menjadi kering bahkan luka di mulut. Selain makanan pedas, sejumlah makanan lainnya seperti makanan berminyak, berlemak, dan terlalu asam juga memiliki efek serupa dapat memicu sariawan.

 

3. Mengidap Anemia

Penyebab sariawan lainnya yang dapat dialami setiap orang adalah lebih rentan terhadap mereka yang mengidap sakit anemia. Anemia sendiri merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terjadi karena kekurangan zat besi. Saat tubuh kekurangan zat besi, bisa mengakibatkan seringnya timbul luka pada tubuh termasuk bagian mulur dan gigi.

Salah satu cara mudah mengatasi anemia secara alami adalah dengan konsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin b12 dan folat. Meski begitu konsultasi dengan dokter kesehatan perlu dilakukan untuk mengetahui secara pasti penyebab sariawan.

 

4. Kurang Nutrisi Dan Vitamin

Nutrisi dan vitamin dapat diperoleh dengan mudah dan murah dari aneka macam buah dan sayur. Apabila tubuh kekurangan nutrisi dan vitamin tersebut secara tidak langsung akan menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan tertentu salah satunya sariawan. Diantara nutrisi dan vitamin penting yang dibutuhkan agar tak menyebabkan sariawan seperti vitamin c, vitamin b12, serta zat besi.

 

5. Imunitas Tubuh Lemah

Lemahnya imunitas tubuh atau kekebalan tubuh bisa menyebabkan seseorang rentan terhadap serangan penyakit dan virus. Akibatnya tubuh mengalami gangguan kesehatan tertentu salah satunya sariawan. Melansir dari mayoclinic.org, sistem kekebalan tubuh yang lemah rentan menyebabkan sariawan pada mulut. Cara paling mudah meningkatkan sistem kekebalan tubuh diantaranya bisa dilakukan dengan menambah asupan mengandung vitamin dan nutrisi yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh baik buah dan sayur.

 

6. Infeksi Virus

Penyebab sariawan selanjutnya adalah terjadi karena infeksi virus. Infeksi virus tersebut salah satunya bisa ditularkan melalui ciuman, penggunaan bersama barang pribadi, serta konsumsi makan dalam satu piring sama dengan mereka yang memiliki riwayat penyakit herpes. Dalam hal ini jika kekebalan tubuh lemah tentunya akan dengan mudah tertular hingga sebabkan gangguan kesehatan salah satunya sariawan.

 

7. Pemasangan Kawat Gigi

Penggunaan kawat gigi juga bisa memicu mulut dan bibir terkena sariawan. Penggunaan kawat gigi sendiri menjadi pilihan sejumlah orang untuk memperbaiki struktur gigi yang tidak rata. Namun sayangnya saat penggunaan awal kawat gigi justru bisa menimbulkan sejumlah masalah pada mulut seperti sariawan. Dimana kawat gigi tersebut dapat menyebabkan gesekan secara langsung dengan bibir atau mulut bagian dalam gigi yang memicu sariawan. Untuk meredakannya kalian bisa menggunakan air dingin atau kompres es batu.

 

8. Mulut Kering

Mulut kering juga bisa memicu rentan terhadap sariawan karena menyebabkan kuman dan bakteri lebih mudah menumpuk. Kondisi ini juga bisa menyebabkan bau mulut, bibir pecah-pecah termasuk sariawan. Untuk mengatasinya kalian dapat memperbanyak minum air putih, menjaga kebersihan mulut, serta menghindari penggunaan obat-obatan tertentu.

 

9. Perubahan Hormon

Perubahan hormon juga dapat memicu mulut rentan terhadap sariawan. Kondisi tersebut bisa terjadi pada masa-masa saat memasuki menopause atau menstruasi, dan kehamilan bagi perempuan. Perubahan hormon menyebabkan sariawan hingga masalah pada area mulut dan gigi dengan berbagai gejala dan tanda lainnya.

 

10. Efek Obat Tertentu

Penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa memicu terjadinya sariawan seperti melansir dari mayoclinic.org. Diantara jenis obat-obatan tersebut seperti prednisone, kortikosteroid, inhalasi, serta antibiotik yang justru bisa mengganggu secara alami mikroorganisme dalam tubuh hingga meningkatkan sariawan.

 

11. Riwayat Diabetes

Penyebab sariawan selanjutnya juga bisa terjadi jika memiliki riwayat penyakit diabetes. Penyakit ini lebih rentan untuk memicu sariawan pada area mulut. Sebab diabetes dapat menimbulkan air liur yang mengandung banyak gula hingga mendorong bertumbuhnya candida semacam jamur yang menyebabkan masalah pada mulut dan gigi. Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengatasi sariawan yang terjadi di sekitar mulut dan gigi.

Nah itulah 11 penyebab sariawan yang jarang disadari, salah satunya konsumsi makanan pedas. Apabila kalian mengalami sariawan dengan durasi waktu cukup lama serta berkepanjangan, konsultasi dengan dokter kesehatan diperlukan untuk mendapat penanganan tepat dan segera.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI