115 Kata-Kata Istiqomah di Jalan Allah, Berisi Nasihat Bijak Islami Penuntun Hidup

Jum'at, 13 Agustus 2021 10:33 Penulis: Anik Setiyaningrum
115 Kata-Kata Istiqomah di Jalan Allah, Berisi Nasihat Bijak Islami Penuntun Hidup
Ilustrasi (Credit: Shutterstock)


Kapanlagi Plus - Tak semua orang punya kisah cemerlang sepanjang hidupnya. Jika kalian punya masa lalu yang kelam, itu bukan masalah asal mau langsung bertaubat. Kata-kata istiqomah di jalan Allah mungkin bisa sedikit membantu kalian dalam menentukan langkah.

Pelajaran yang terdapat dalam kata-kata istiqomah di jalan Allah bisa membuka hati dan pikiran kalian mengenai pentingnya berpihak pada kebaikan. Tak hanya peduli pada diri sendiri, tapi juga memikirkan nasib orang di sekitar setiap kali mengambil keputusan.

Memahami kata-kata istiqomah di jalan Allah akan mendukung kalian menuju kemaslahatan. Bisa jadi penuntun hidup dari masa lalu yang kelam ke masa depan yang lebih cemerlang. Maka, coba simak informasi mengenai kata-kata istiqomah di jalan Allah yang penuh petuah bijak islami berikut ini.

 

1. Kata-Kata Istiqomah Di Jalan Allah

Konsisten pada jalan kebaikan sudah menjadi hal yang harus dilakukan setiap orang. Sebagai penyemangat, kalian bisa membaca kata-kata istiqomah di jalan Allah berikut ini. Dengan begitu, kalian bisa mengambil pelajaran di dalamnya.

1. Tetaplah istiqomah pasti akan indah pada waktunya. (Anonim)

2. Jalan Allah itu Panjang, akan tetapi Kita Menempuhnya layaknya Kura-Kura. Dan tujuannya bukanlah dengan engkau sampai pada ujung jalannya, tetapi tujuannya ialah dengan engkau mati di atas jalan tersebut. (Syaikh al-Albaniy)

3. Jangan asal berubah, tetapi perhatikan juga arahnya. Arah perubahan yang terbaik adalah menuju ke jalan yang lebih baik. (Anonim)

4. Dalam kita berubah ke arah lebih baik, jangan lupakan istighfar yang menjadi kunci pembersih hati. Semoga kita cantik luar dan dalam. (Anonim)

5. Biarlah kita terlihat jahat oleh orang lain, asalkan kita tak berpura-pura menjadi baik walaupun masa silam kita gelap. Sekurangnya kita ada usaha untuk berubah. (Anonim) Berubah menjadi pribadi yang baik, yang menguntungkan diri sendiri dan orang lain, jangan besarkan egomu. (Anonim)

6. Shalihah, selipkan doa untukku dan para muslimah pejuang tangguh, agar tetap istiqomah bersama-sama menggapai jannahNya. (Anonim)

7. Betapa banyak kegetiran dan kesulitan yang dialami, yang bisa memalingkan jalan ibadah. Kecuali untuk orang-orang yang bersabar dan selalu istiqomah. (Erickyusuf)

8. Hijrah dulu, istqomah kemudian. Memang berat tapi coba saja dulu. Toh, nanti jika sudah merasakan pasti ketagihan. (Anonim)

9. Siapa pun kita di masa lalu bukan berarti kita tidak berhak menjadi muslim/muslimah yang lebih baik berhijrahlah, berubahlah, walau sejengkal demi sejengkal jangan tunggu hari esok. (Anonim)

10. Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan, "Rabb kami ialah Allah" kemudian mereka istiqomah pada pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan)," Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu." (QS Fushilat: 30)

11. Jadi diri sendiri memang baik, tapi berubah menjadi lebih baik dari kita yang dulu mungkin akan jauh lebih baik. (Anonim)

12. Bersyukur masih dikasih waktu oleh Allah. Tidak semua orang diberikan cukup waktu untuk berubah menjadi lebih baik. (Anonim)

13. Di balik kata istiqomah ada perjuangan yang kuat, pengorbanan yang banyak, dan doa yang tidak pernah berhenti. (Anonim)

14. Seseorang mungkin saja berubah tanpa kau sadari, itu jauh lebih baik daripada kau yang memintanya. (Anonim)

15. Berubahlah untuk masa depanmu yang lebih baik, bukan untuk menyenangkan orang lain. Kepalsuan tidak akan bertahan lama. (Anonim)

16. Berpikir positif dan bersyukur atas apa yang sudah kamu miliki, perlahan tapi pasti hidup kamu akan berubah menjadi lebih baik. (Anonim)

17. Terkadang, Tuhan menghilangkan sesuatu yang sangat berarti dari genggamanmu, agar kamu menyadari kesalahan dan berubah menjadi lebih baik. (Anonim)

18. Berubah bukan untuk menjadi yang terbaik , namun berubah untuk menjadi yang lebih baik. (Anonim)

19. Kalau kita ingin berubah menjadi lebih baik karena Allah maka Allah akan menghantar orang-orang baik untuk kita. (Anonim)

20. Wahai diri, istiqomahlah. Biar pelan yang penting konstan. Biar sedikit, yang penting rutin. (Anonim)

 

2. Kata-Kata Istiqomah Di Jalan Allah Berisi Nasihat

Terkadang, seseorang merasa butuh asupan nasihat yang menguatkan batin. Secara fisik mungkin kalian sudah mendapat asupan yang cukup maka terdapat kata-kata istiqomah di jalan Allah yang penuh nasihat untuk batin kalian, seperti berikut ini.

21. Karena seseorang, kita bisa berubah, maka dari itu bergaulah dengan orang orang baik. (Anonim) Aku tidak berusaha menjadi lebih baik dari orang lain, aku berusaha menjadi lebih baik dari diriku yang dulu. (Anonim)

22. Istiqomah itu berat, yang ringan namanya istirahat. (Anonim)

23. Jangan puji aku sholehah cukup doakan istiqomah karena iman sifatnya naik turun begitu pula dengan hati mudah berbolak-balik. (Yannie_gisselya)

24. Teruslah berlari, teruslah berjalan, teruslah merangkak karena setiap usah kita Allah selalu melihatnya. (Anna)

25. Kalau mulai lelah, ingatlah Allah. Ingat bagaimana awal mula ingin hijrah dulu. (Anonim)

26. Berbuat salah itu wajar, karena mereka yang tak pernah berbuat salah adalah mereka yang tak pernah mencoba sesuatu yang baru. (Anonim)

27. Hidup adalah proses, hidup adalah belajar, tanpa ada batas umur, tanpa ada kata tua. Jatuh berdiri lagi, kalah mencoba lagi, gagal bangkit lagi. " Never give up and keep istiqomah" sampai Allah berkata " Waktunya pulang" . (Anonim)

28. Kita gagal mendidik diri istiqomah kerana terlalu banyak perkara yang telah menghitamkan hati. (Anonim)

29. Hijrah karena Allah akan menumbuhkan rasa istiqomah perlahan-lahan. (Anonim)

30. Berubah itu sukar, tapi yang lebih sukar adalah beristiqomah dengan perubahan diri, hanya yang berkeazaman kukuh teguh meneruskan. (Anonim)

31. Istiqomah itu sulit. Ikhlas itu berat. Kenapa? Karena balasannya surga, sebab itulah iman yang terbaik. (Fiqihcinta)

32. Hidupmu akan berubah lebih baik jika kamu bersedia untuk mengubah dirimu terlebih dahulu. Hanya orang baik yang akan mendapat yang terbaik. (Anonim)

33. Seiring waktu, semua orang akan berubah, dan mereka yang dewasa akan berubah menjadi lebih baik. (Anonim)

34. Dewasa tak selalu menuntut kita untuk berubah, tapi perubahan yang baik selalu menuntut kita untuk lebih dewasa. (Anonim)

35. Anda tidak akan sanggup mengikuti perubahan jika tidak memulai perubahan dari diri sendiri. Berubah menjadi yang lebih baik. (Anonim)

36. Jika kita salah, cobalah perbaiki karena kita masih mempunyai kesempatan untuk berbuat dan berubah menjadi lebih baik. (Anonim)

37. Biarlah kita terlihat jahat oleh orang lain, asalkan kita tak berpura-pura menjadi baik walaupun masa silam kita gelap. Sekurangnya kita ada usaha untuk berubah. (Anonim)

38. Bulatkan tekadmu untuk berubah menjadi lebih baik, terus belajar dan hilangkan rasa malasmu. (Anonim)

39. Faktanya, sakit akan merubah seseorang. Entah menjadi buruk atau lebih baik. Tetapi kebanyakan bengubah menjadi lebih baik. (Anonim)

40. Hidup selalu soal perjuangan dan perubahan, dan di saat kau berhenti berjuang dan berubah menjadi lebih baik, ada yang salah dalam hidupmu. (Anonim)

 

3. Kata-Kata Istiqomah Di Jalan Allah Bijak

Saat kalian merasa khawatir dan tak percaya diri dalam hidup, cobalah ingat Tuhan lagi. Pahami kata-kata istiqomah di jalan Allah yang penuh nasihat bijak berikut ini untuk mendapat ketenangan hati.

41. Kamu tidak harus menunggu tahun berganti untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Kamu memiliki kemampuan untuk berubah, kapanpun kamu mau. (Anonim)

42. Jangan terlalu memikirkan perkataan orang lain, tentang hijrahmu. karena sedikit pun mereka tak membantu menjawab pertanyaan di dalam kuburmu. (Soraya Balwed)

43. Perubahan butuh proses, lakukan sekarang sebelum waktumu habis. (Anonim)

44. Hijrah itu bukan berlomba-lomba mencari popularitas, demi mendapatkan pujian semata. Tetapi mutlak mencari ridhonya ilahi. (Anonim)

45. Meminta maaf tidak akan menyelesaikan masalah, maka berubahlah menjadi lebih baik lagi. (Anonim)

46. Jangan menghina dan patahkan semangat orang yang sedang berhijrah tapi bimbinglah dia dan dukunglah karena dia sedang berjalan mendekat kepada Allah. (Anonim)

47. Tetap melangkah walau jalan itu berliku. Tetap berlari walau jalan itu sepi. Tetap semangat dalam hijrahmu, walau banyak rintangan yang harus dihadapi. (Ukh)

48. Jangan berubah hanya karena khawatir tentang apa yang orang katakan. Berubahlah karena kamu ingin menjadi lebih baik. (Anonim)

49. Kesempatan adalah mengubah keadaan agar menjadi lebih baik. Menyebarkan kebaikan untuk menginspirasi perubahan, dan peluang untuk berubah. (Anonim)

50. Tak ada yang lebih romantis dari sujudnya hamba pada Tuhannya. Menyesal, berdoa, dan bertekad untuk berubah menjadi lebih baik lagi. (Anonim)

51. Ketika kita mengambil keputusan dengan melibatkan-Nya lalu melepaskan sesuatu yang kita senangi karena alasan syar'i. Jangan takut! Karena Allah akan menggantinya untukmu, bahkan lebih, percayalah. (Akm)

52. Berubah untuk jadi lebih baik lagi itu bukan karena keinginan orang lain melainkan keinginan diri sendiri. (Anonim)

53. Hijrahmu tidak menunggu kesiangan dan kematian tidak menunggu kamu sampai siap maka hijrahlah. (Nuraiisy)

54. Kebanyakan orang menunggu krisis baru mau berubah, sedangkan orang sukses berubah ke arah yang lebih baik karena punya kesadaran diri. (Anonim)

55. Jangan menyia-nyiakan kesempatan yang Allah berikan kepadamu untuk memperbaiki diri. Selalu berjanji kepada diri sendiri, bahwa hari ini lebih baik dibandingkan kemarin. Begitu juga besok dan lusa. (Anonim)

56. Hijrah dengan hati, lakukan sampai kita mati. Karena tidak ada kata cukup, untuk berubah menjadi lebih baik. (Tausiyah cinta)

57. Hijrah dan Istiqomah terkadang membuat kita ditinggalkan oleh orang orang yang kita cintai. Percayalah, itu adalah ujian, Allah akan gantikan dengan orang yang lebih tepat mengisi kehidupan kita. (Anonim)

58. Akan tiba saatnya kamu merasa lelah dengan urusan dunia, dan ingin benar benar mencari kenikmatan akhirat. Dan salah satunya dengan cara hijrah, ukhti. (Anonim) Tidak ada kenikmatan yang sebenarnya selain berada dijalan yang benar, hijrah bersama teman dan keluarga yang kita cintai. (Anonim)

59. Hijrah itu tidak mudah. Ukhti membutuhkan pengorbanan yang berat untuk melakukannya. Terkadang dijauhi teman dalam kemaksiatan. Bersabarlah, jadikan hal tersebut sebagai ujian yang akan menaikkan derajat mu di sisi-Nya. (Anonim)

 

4. Kata-Kata Istiqomah Di Jalan Allah Penuntun Hidupmu

Setiap orang memerlukan kesadaran dalam menjalani hidup agar tak salah memilih jalan. Nah, sebagai penuntun hidup, kalian bisa membaca kata-kata istiqomah di jalan Allah yang penuh petuah berikut ini.

60. "Aku percaya, takdir Allah pastilah yang terbaik untukku, dan untukmu juga."

61. "Jodoh tidak serta merta menjadi dekat karena kamu pacaran, juga tidak akan menjadi sangat jauh hanya gara-gara kamu jomblo."

62. "Dalamnya cinta bukan dilihat seberapa lama kamu berhubungan, tapi seberapa tulus kamu untuk mencintainya. Buktikan dengan menikahinya."

63. "Hijrah adalah tentang benci dan cinta. Meninggalkan yang dibenci dan menuju kepada yang dicinta."

64. "Mencintai Allah adalah setinggi-tingginya cinta. Sempurnakan cintamu pada Allah sebelum engkau melabuhkan cintamu pada makhluk-Nya."

65. "Segala sesuatu menjadi indah karena awalnya telah terjaga. Peliharalah hati ini, hingga nanti pada masanya, kita persembahkan untuk sebuah jiwa yang juga menjaga, lagi diridhoi-Nya."

66. "Satu satunya pacaran yang diperbolehkan dalam islam adalah pacaran setelah menikah. Kuy, halalin doi dengan mendatangi ayahnya!"

67. "Jika kita berhijrah untuk mendapatkan jodoh terbaik, hijrah kita terbatas, hanya akan berhenti setelah bertemu dan menikahinya. Namun jika kita berhijrah untuk Allah, karena mengharap ridha Allah, maka hijrah kita tak akan mengenal batas.

68. "Menjaga hati, menjaga jarak, karena sejauh apapun jika berjodoh akan disatukan Allah. Dan sedekat apapun jika tidak berjodoh tidak akan pernah bersatu."

69. "Sabar dalam penantian, benahi diri, dekatkan diri pada Allah. Cintai Allah, persiapkan diri menjadi sebaik-baiknya wanita. Hijrah Cinta!"

70. "Cinta karena nyaman akan kalah dengan cinta yang karena iman."

71. "Allah akan berikan derajat yang tinggi kepada lelaki yang berhijrah. Menjaga kehormatannya dan berbakti kepada kedua orang tuanya."

72. "Agar cinta tak menghadirkan derita, dekatlah dengan Sang Pemilik Cinta, Allah."

73. "Datangnya kematian tidak menunggu kamu istiqomah. Namun, istiqomahlah sambil menunggu datangnya kematian."

74. "Tak ada kata lelah, yang ada hanya lillah. Takkan menyerah, tersebab billah. Ringanlah masalah, teringat ada Allah. Teruslah melangkah, semata-mata fillah."

75. "Makin kamu berusaha menjadi orang baik, maka makin menjauh orang-orang yang tak pantas di hidupmu. Tetaplah istiqomah atas tujuan awal, hijrah."

76. "Jangan berputus asa, Allah tak akan mengecewakan hamba-Nya yang ingin memperbaiki diri. - Ust. Hanan Attaki

77. "Seringkali pilihan Tuhan untuk kita tidak seperti yang kita inginkan. Baru belakangan kita ketahui bahwa pilihan Nya lah yang terbaik." -KH. A. Mustofa Bisri

78. "Istiqomah itu tidak mudah untuk menjaganya, bahkan tak jarang engkau harus mengeluarkan air mata."

79. "Tidak ada gunanya seluruh kesuksesan kita di dunia jika kita tidak selamat dari neraka."

80. "Daripada jatuh cinta pada lelaki menelan kecewa dan sakit hati, mending jatuh hati pada sang Ilahi agar hati senantiasa dilindungi oleh sang pemilik hati hingga dapat jodoh yang baik dan di berkahi sang Ilahi."

 

5. Kata-Kata Istiqomah Di Jalan Allah Tentang Cinta

Cinta merupakan bagian penting dalam kehidupan. Oleh karena itu, kalian juga perlu mengetahui kata-kata istiqomah di jalan Allah tentang cinta seperti berikut ini.

81. "Cinta kita adalah yang terbaik karena imanku bertambah. Kamu membantuku di dunia dan karena itu aku ingin kembali bertemu denganmu di surga."

82. "Kau tidak akan pernah menemukan cinta sejati sampai kau belajar mencintai Allah terlebih dahulu." - Boona Mohammed

83. "Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Qs. Al-baqarah 2:218)

84. "Hijrah kadang membuat kita ditinggalkan banyak orang. Harusnya tidak mengapa, karena hijrah hanya butuh Allah, bukan tepuk tangan gempita dan apresiasi atas perubahan."

85. "Bukan ingin menjadi lebih baik dari orang lain, tapi aku hanya ingin lebih baik dari diriku yang dulu."

86. "Muslimah berhijrah bukan Malaikat, namun ia sedang proses menuju taat."

87. "Hijrah tidak akan terhenti hingga tertutupnya pintu taubat. Dan pintu taubat tidak akan terhenti hingga matahari terbit dari barat." - (HR. Abu Dawud)

88. "Jatuh cinta sebelum menikah itu adalah ujian."

89. "Tak usah bingung seperti apa jodohmu kelak, Insyaallah dia tidak akan jauh daripada sifatmu saat ini."

90. "Tanda taubat adalah bersedih dengan maksiat yang telah dilakukan, khawatir terjerumus dalam dosa yang sama lagi, menjauhi teman yang buruk dan bergaul dengan teman yang baik."

91. "Untukmu yang bertahan tetap memilih suci dalam penantian. Semoga Allah segerakan jodoh yang datang untukmu."

92. "Jika tidak meletakkan Allah SWT di hati, jangan tanya kenapa tiada ketenangan dalam diri."

93. "Memang di hadapanmu aku malu memandangmu, tetapi di hadapan-Nya, aku terang-terangan meminta agar dijodohkan denganmu."

94. "Takkan datang rida Allah pada hubungan yang melanggar larangan Allah."

95. "Jika ingin berubah menjadi lebih baik, bismillah dan berubahlah. Tak perlu tergesa-gesa, karena semua ada prosesnya. Sedikit demi sedikit pun tak apa, yang terpenting istiqamah."

96. "Dunia yang kau kejar hanya sementara, saudaraku. Lihat saja, begitu cepat waktu berganti. Sungguh tak ada arti sama sekali, jika tak ada amalan langit yang kau tunai. Bersegeralah, sebelum waktu berganti lagi."

97. "Kesepian itu datang ketika kita lupa bahwa Allah bersama kita. La tahzan, innallah ma'anaa. Jangan bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita. Semangat Jomblo!"

98. "Kutitipkan cinta ini hanya pada-Mu, jagalah hatiku dan hatinya dari rasa kecewa hingga waktu itu tiba. Persatukanlah kami dalam restu dan rida-Mu."

99. "Dulu aku senang untuk berbicara berdua bersamamu. Namun kini aku lebih senang untuk berdua bersama Allah di sepertiga malam, untuk berbicara tentang kamu." - Aldilla dharma

100. "Jika wajah yang membuatmu jatuh cinta, bagaimana caramu mencintai Tuhan yang tak berupa?"

101. "Jomblo dalam ketaatan itu lebih indah daripada bersama dalam kemaksiatan." - Khaidir Alfatih

102. "Karena yang sudah sah akan menjadi ibadah, sudah pasti lebih indah, makanya hijrah setelah istiqomah."

103. "Menjadi pribadi yang ingin banyak tahu dengan banyak bertanya itu sejatinya lebih beruntung dari pada pribadi yang segan bertanya karena merasa banyak tahu."

104. "Kamu harus tegaskan pada mereka yang terbiasa mencibirmu, bahwa jomblo bukan berarti sok suci. Jomblo itu sikap diri untuk taat pada Allah."

105. "Karena yang hanya pamer foto mesra di sosial media akan kalah dengan yang cantumin foto di buku nikah."

106. "Bukan Allah tak tahu betapa sepinya hatimu, Allah juga tahu kau mampu untuk bertahan dalam ketaatan hingga datang seorang manusia membawamu terbang ke pulau impian."

107. "Cinta kepada Allah adalah puncaknya cinta. Lembahnya adalah cinta kepada sesama." - Nabi Muhammad SAW

108. "Orang yang tepat tidak akan menjauhkanmu dari Allah. Jika ia melakukannya, berarti ia adalah orang yang salah." - Abdul Bary Yahya

109. "Jodoh tidak serta merta menjadi dekat karena kamu pacaran, juga tidak akan menjadi sangat jauh hanya gara-gara kamu jomblo.

110. "Tidak usah mengharap sesuatu yang lebih dari seseorang yang kamu cintai karena cinta yang lebih datangnya karena hal yang natural atau alamiah."

111. "Hijrah itu bukan sekedar niat tapi dibuktikan dengan taat."

112. "Mencintai Allah adalah setinggi-tingginya cinta. Sempurnakan cintamu pada Allah sebelum engkau melabuhkan cintamu pada makhluk-Nya."

113. "Ya Allah, jika aku jatuh cinta. Cintakanlah aku pada seseorang yang melabuhkan cintanya pada-Mu, agar bertambah kekuatanku untuk mencintai-Mu."

114. "Jika jatuh cinta, jadikanlah itu sebagai bentuk ibadah kepada Allah karena cinta-Nya lah di atas segala-galanya."

115. "Bila ada orang yang menyayangimu karena sesuatu, maka dia akan berpaling di saat sesuatu tersebut hilang dari dirimu." - Ibnul Qayyim Al Jauziyah

KLovers, itulah kata-kata istiqomah di jalan Allah yang bisa kalian baca untuk mendapat nasihat terbaik bagi kehidupan.

(Sumber: Dream.co.id)

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI