12 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi, Yuk Rasakan Sendiri Hasilnya

Selasa, 04 Juni 2019 11:48 Penulis: Wuri Anggarini
12 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi, Yuk Rasakan Sendiri Hasilnya
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Selama ini pasta gigi sering dikenal sebagai bahan untuk membersihkan sekaligus menjaga kesehatan gigi. Ternyata benda yang sering disebut sebagai odol ini punya ‘kekuatan rahasia' lainnya. Cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi juga ampuh, lho!

Harus diakui bahwa punya muka berminyak itu memang menyebalkan. Selain nggak bisa dijadikan sebagai bahan bakar mobil untuk pulang kampung, kelebihan minyak pada wajah juga sering kali menimbulkan masalah berupa tonjolan-tonjolan merah bernama jerawat.

Yang bikin bete, jerawat ini nggak hanya mengganggu penampilan. Lebih dari itu, benjolan-benjolan tersebut bikin gemas. Sayangnya, kalau dipencet malah kerasa sakitnya dan bisa menimbulkan bekas, serta infeksi.

Jerawat itu ada penyebabnya dan kamu nggak boleh abai kalau nggak pengen tertular penyakit ini. Ada yang disebabkan oleh faktor hormon, yaitu kondisi tubuh yang membuat wajah berminyak lebih banyak dari biasanya.

Jerawat juga bisa muncul akibat terjadinya alergi makanan, penggunaan air yang kurang bersih untuk membersihkan muka, pengaplikasian obat-obatan yang membuat wajah jadi kurang lembap, penggunaan produk rambut, deterjen yang menempel pada sarung bantal, hingga multivitamin yang dikonsumsi tubuh.

Nah, ngomongin soal pasta gigi dan jerawat, ketimbang susah-susah cari obat penyembuhnya, kenapa nggak mencoba cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi? Siapa tahu, ternyata cocok dan bikin wajahmu kembali menarik.
Berikut adalah 12 cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi.

1. Pakai Pasta Gigi Tersendiri, Jangan yang Biasa Digunakan untuk Sikat Gigi

©Shutterstock©Shutterstock

Langkah pertama dari cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi pastinya adalah dengan memiliki odol tersendiri. Gimana nggak? Jemarimu bakal sering menyentuh pasta gigi, mengambilnya untuk dioleskan pada kulit wajah. Padahal jari-jari tangan, kan, kotor dan berpotensi membawa bakteri-bakteri penyebab penyakit.

Supaya nggak ada infeksi kuman yang memperparah jerawatan, sediakan pasta gigi tersendiri untuk dijadikan obat anti jerawatmu.

2. Pakai Pasta Gigi Warna Putih

Saat ini ada banyak jenis pasta gigi dengan berbagai manfaatnya. Mulai dari yang putih polos, putih dengan kombinasi warna lain, hingga yang berwarna hitam karena mengandung charcoal. Ada sebab kenapa sebaiknya menghindari pasta gigi berwarna, yaitu karena diyakini ada zat yang bisa bikin kulit mengalami iritasi.

Lalu untuk cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi sebaiknya pilih yang varian mana? Sangat dianjurkan menggunakan odol dengan warna putih polos. Ada alasan kenapa harus pilih varian putih ini karena punya kandungan zat aktif baking soda, peroksida, dan triclosan yang dibutuhkan untuk membuat jerawat jadi kering.

3. Jangan Pakai Pasta Gigi yang Mengandung Pemutih

©Pexels©Pexels

Hal lain yang harus diingat dari cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi ini adalah menghindari produk-produk yang punya kandungan whitening, atau zat pemutih gigi. Pasalnya, bahan ini bisa membahayakan kulitmu dengan menimbulkan iritasi dan sensasi panas. Bahkan untuk yang memiliki tampilan wajah cerah, efek pemutihnya bisa menyebabkan warna kulit jadi nggak merata. Waduh, gawat, ya!

4. Hindari Menggunakan Pasta Gigi Gel

Hal lain yang harus diperhatikan dari cara-cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi adalah menghindari penggunaan odol dalam bentuk gel. Sesuai dengan yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, jarang, atau hampir nggak ada pasta gigi gel berwarna putih. Kebanyakan punya warna hijau atau biru. Selain itu, formulasi odol berbentuk gel beda banget dengan yang pasta gigi biasa, yang dikhawatirkan malah nggak punya khasiat untuk mengeringkan jerawat.

5. Sebelum Pilih, Lihat Dulu Kadar Fluoride Pasta Gigi

©Pexels©Pexels

Pasta gigi berwarna putih kebanyakan mengandung fluoride yang berfungsi menjaga kekuatan gusi, membersihkan plak, dan mencegah karang gigi. Nah, untuk pengobatan jerawat, sebaiknya pilih pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride rendah. Soalnya zat ini bisa bereaksi saat dioleskan di kulit. Kandungan fluoride yang terlalu tinggi bisa menimbulkan reaksi alergi berupa ruam merah. Jadi sebaiknya cari informasi dulu untuk menemukan pasta gigi berkadar fluoride rendah sebelum menentukan pilihan untuk ‘obat' jerawatmu.

6. Lebih Aman Pakai Pasta Gigi Organik

Pengen cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi yang terjamin keamanan dan kesehatannya bagi kulit wajah? Secara logika, bahan-bahan organik pasti lebih aman kalau dibandingkan dengan kimiawi.

Oleh karena itu mengobati jerawat dengan pasta gigi yang dibuat secara organik bakal lebih aman dan nyaman. Pasta gigi organik biasanya memiliki kandungan baking soda dan minyak batang teh yang ampuh melawan dan mengeringkan jerawat.

7. Pastikan Wajah Bersih Sebelum Oleskan Pasta Gigi

©Pexels©Pexels

Setelah memiliki pasta gigi organik atau rendah fluoride untuk mengobati jerawatmu, langkah yang harus dilakukan adalah membersihkan bagian wajah terlebih dahulu. Cara ini dilakukan supaya minyak dan kotoran pada bagian muka terbilas, sekaligus memudahkan pasta gigi untuk mengobati jerawat. Untuk membersihkan wajah dari minyak dan kotoran gunakan pembersih wajah dan basuh dengan air hangat. Yang penting, jangan sampai melakukan pengobatan alternatif ini saat wajah masih kotor. Dikhawatirkan, kotoran di dalam wajah tersebut justru malah memperparah keadaan. Bukannya sembuh, jerawatan malah merata ke seluruh muka.

8. Oleskan Pasta Gigi pada Jerawat Secara Tepat

Yang harus diingat ketika menggunakan pasta gigi untuk tanggulangi jerawat adalah dioleskan tepat pada bagian yang akan diobati. Balurkan tipis-tipis pada benjolan saja. Yang harus diingat, minimalisir kemungkinan pasta gigi mengenai bagian kulit yang sehat untuk menghindari terjadinya kulit merah, kering, atau bahkan kulit iritasi. Selain itu mengoleskan pasta gigi pada jerawat secara tepat juga nggak buang-buang odol sehingga lebih efisien.

9. Aplikasikan Malam Hari Sebelum Tidur, Diamkan Hingga Pagi

©Pexels©Pexels

Terkadang, hari terlalu lelah untuk dilewati. Berangkat pagi, kerja hingga sore, bahkan lembur. Sampai di rumah langit sudah gelap dan mata udah pengen banget terpejam. Pengobatan pasta gigi untuk jerawat juga bisa kamu lakukan di malam hari sebelum tidur. Saat beristirahat, pasta gigi akan bekerja mengeringkan jerawat.

Tapi harus diingat pula bahwa metode ini nggak cocok buat kamu yang memiliki kulit sensitif. Untuk yang punya problem ini sebaiknya nggak membiarkan pasta gigi menempel di wajah terlalu lama. Setelah 15 menit, bilaslah pasta gigi di wajah dengan menggunakan air hingga bersih. Perlu dicatat, kalau terjadi sensasi perih disertai kemerahan pada wajah, segera hentikan pengobatan alternatif ini.

10. Bersihkan Wajah dengan Kain Lembut

Nah, lanjut lagi untuk kamu yang punya kulit normal. Kalau pengobatan jerawat dengan pasta gigi nggak menimbulkan masalah, ‘masker' odol ini bisa kamu gunakan di malam hari dan biarkan sampai pagi. Setelah bangun, bersihkan sisa-sisa pasta gigi di wajah dengan menggunakan air hangat dan kain lembut. Tinggal celupkan kain tersebut pada air, lalu usap-usap wajah secara lembut dengan gerakan memutar agar bagian muka benar-benar bersih dari pasta gigi.

11. Bila Kulit Terasa Kering, Pakai Pelembap

©Pexels©Pexels

Lalu bagaimana bila cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi malah bikin kulit jadi terasa kering? Untungnya di jaman sekarang ada banyak jenis moisturizer dan produk skincare yang bisa kamu andalkan untuk melawan kulit kering. Aplikasikan pelembap yang cocok dengan kulit wajah untuk mengembalikan kondisinya. Oleskan secara merata agar wajah jadi terasa segar kembali.

12. Pasta Gigi Sebagai Cara Menghilangkan Jerawat Secara Berkala

Mengingat kandungan fluoride dalam pasta gigi yang bisa mengakibatkan iritasi pada kulit, pengobatan pasta gigi untuk cara menghilangkan jerawat sebaiknya dilakukan secara berkala. Untuk hasil yang lebih baik, lakukan metode ini setiap dua atau tiga hari sekali. Selain itu, hentikan penggunaan pasta gigi jika jerawat sudah mulai mengering.

Pasta gigi memang banyak digunakan masyarakat sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat. Tapi metode pengobatan ini sebaiknya nggak dijadikan sebagai rekomendasi utama. Untuk menghindari risiko, seperti iritasi kulit dan ruam merah, sebaiknya gunakan krim yang direkomendasikan secara medis, seperti krim peeling, krim perawatan, atau krim antibiotik.

Jangan lupa untuk segera menghentikan pengobatan bila dampak negatif timbul ketika menggunakan pasta gigi sebagai cara menghilangkan jerawat. Selain itu, kalau pengobatan jerawat dengan pasta gigi nggak memberikan hasil, saatnya untuk menghubungi dokter kulit untuk menemukan solusi dan pengobatan yang lebih profesional.

 

 

 

(kpl/xap)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI