15 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Tanpa Biaya Mahal

Senin, 20 Mei 2019 18:31 Penulis: Iwan Tantomi
15 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Tanpa Biaya Mahal
© Shutterstock

Kapanlagi Plus - Jerawat menjadi salah satu problem pada kulit wajah yang menyebalkan. Selain membuat wajah jadi kurang menarik, jerawat juga bisa mengikis percaya diri. Belum lagi jika jumlah jerawat ini bukan hanya satu, melainkan ada beberapa pada wajah, tentunya tak hanya bikin gemas, tetapi juga cemas untuk segera menemukan cara ampuh menghilangkannya.

Lebih lanjut, jerawat bisa menyerang siapapun, baik perempuan maupun laki-laki. Umumnya, remaja pada rentang usia 14-19 tahun paling gampang mengalami jerawat ini, lantaran perubahan hormone selama masa pubertas. Hal tersebut memengaruhi peningkatan produksi sebum pada wajah. Tumpukan sebum tersebut lantas bercampur dengan kotoran dan sel kulit mati. Akibatnya pori-pori kulit menjadi tersumbat, sehingga mengundang bakteri Propionobacterium acnes berkembang biak dan menciptakan jerawat pada kulit wajah.

Menyebalkannya lagi, setelah jerawat berlalu masalah tak lantas hilang sepenuhnya. Sebab, jerawat ternyata meninggalkan bekas yang kadang butuh usaha lebih untuk menghilangkannya. Meski begitu, masih ada beberapa cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang cukup mudah dilakukan. Bahkan, kamu tak perlu sampai mengeluarkan biaya mahal untuk melakukannya. Kira-kira apa saja? Berikut ini ulasan selengkapnya!

1. Sejuta Manfaat Minyak Kelapa

Bahan pertama yang bisa kamu manfaatkan sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya adalah minyak kelapa. Hal ini karena kulit membentuk lapisan sel kulit mati setiap hari, dan bekas jerawat biasanya muncul pada bagian tersebut, sehingga kamu perlu membersihkannya secara rutin lewat eksfoliasi. Manfaatkan bahan ini untuk eksfoliasi alami, karena bekas jerawat biasanya membentuk lapisan sel kulit mati. Untuk memanfaatkannya, campurkan minyak kelapa dengan garam atau gula. Oleskan pada wajah, diamkan selama beberapa saat. Setelah itu basuh wajah menggunakan air sampai bersih.

2. Atasi dengan Teh Hijau

Teh hijau diketahui kaya zat anti-oksidan yang bagus untuk menunjang kesehatan tubuh, termasuk untuk perawatan kulit. Selain menyegarkan, bahan ini juga cukup efektif untuk menghilangkan bekas jerawat. Bahkan, manfaatnya jauh lebih besar, yaitu mencegah jerawat muncul kembali. Tinggal rendam kantung teh hijau dalam air panas. Biarkan sampai dingin, lalu gunakan untuk cuci muka. Lakukan secara rutin, agar hasilnya maksimal.

3. Cobalah Manfaatkan Minyak Jojoba

Namanya mungkin terdengar kurang familier, tetapi tahukah kamu jika minyak jojoba ternyata memiliki manfaat alami untuk menghilangkan bekas jerawat? Bahan ini mengandung seabuckthorn yang berfungsi mengurangi inflamasi akibat jerawat, sekaligus menyamarkan noda hitam pada kulit wajah, termasuk akibat bekas jerawat. Kamu bisa mendapatkan minyak jojoba ini di toko bahan organik, herbal, maupun apotek. Oleskan di bagian bekas jerawat yang ada pada kulit wajah. Diamkan selama beberapa saat, kemudian bilas menggunakan air bersih.

4. Gunakan Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis sangat mudah ditemukan. Selain untuk keperluan memasak atau membuat minuman, jeruk nipis juga memiliki peran yang bagus untuk mengatasi problem kulit berminyak hingga menghilangkan bekas jerawat secara alami. Kandungan vitamin C-nya yang besar, dapat membantu mengoptimalkan regenerasi sel-sel kulit pada wajah, termasuk sel menghilangkan bekas jerawat. Cukup siapkan 1-2 buah jeruk nipis. Peras airnya, kemudian oleskan perasan air jeruk nipis ke bagian bekas jerawat. Diamkan selama 20-30 menit. Kemudian, bilas dan bersihkan wajah menggunakan air hangat.

5. Pakai Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki segudang manfaat untuk kulit, sehingga dapat membuat kesehatan kulit tetap terjaga. Selain itu, minyak zaitun juga kaya kandungan vitamin E dan antioksidan yang cukup tinggi. Kedua zat tersebut efektif memperbaiki sel kulit, termasuk menghilangkan bekas jerawat. Untuk mengaplikasikannya amatlah mudah. Tinggal oleskan pada bekas jerawat, diamkan selama 15-20 menit, kemudian basuh wajah sampai bersih. Gunakan secara rutin, karena minyak zaitun juga dapat menjaga kelembapan kulit wajah.

6. Manfaatkan Kesegaran Buah Tomat

Buah satu ini bukan saja menyegarkan, tetapi juga menyimpan banyak sekali manfaat kesehatan. Salah satunya adalah kandungan vitamin A dan C di dalamnya yang cukup berguna bagi kesehatan kulit. Zat-zat dalam tomat tersebut berguna untuk mengencangkan kulit, sekaligus menghilangkan bekas jerawat. Meski begitu, tidaklah sulit memanfaatkan buah berair ini sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat pada kulit wajah. Kamu hanya perlu mengiris tomat tipis-tipis. Kemudian, tempelkan pada bagian bekas jerawat. Diamkan selama 10-15 menit, baru bilas dengan air bersih.

7. Pilih Bawang Putih Sebagai Solusinya

Bukan hanya menyedapkan beragam masakan, bawang putih juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Salah satunya, rempah dapur ini efektif menghilangkan bekas jerawat, karena kandungan senyawa thiacremonon sulfur di dalamnya. Zat tersebut berperan sebagai anti-bakteri yang mampu menghilangkan bekas jerawat. Untuk memanfaatkannya, siapkan bawang putih beberapa siung. Haluskan bawang putih menggunakan blender. Setelah itu, oleskan adonan bawang putih tersebut pada bekas jerawat di kulit wajah. Diamkan selama 2 menit, lalu akhirnya dengan membasuh wajah menggunakan air hangat.

8. Manfaatkan Khasiat Madu

Madu mengandung antibiotik yang dapat mencegah terjadinya infeksi akibat jerawat. Madu juga mengandung banyak zat nutrisi, seperti vitamin C. Zat tersebut bermanfaat menghilangkan bekas jerawat. Tinggal siapkan madu murni, seperti raw manuka honey yang juga dikenal sebagai salah satu jenis madu yang efektif menghilangkan bekas jerawat. Oleskan madu tersebut pada bekas jerawat. Biarkan madu mengering selama beberapa menit, kemudian bilas dan bersihkan wajah menggunakan air hangat.

9. Pilih Buah Bengkuang

Bengkuang telah dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan kulit. Bahkan, bengkuang juga dipercaya dapat membantu membuat wajah menjadi terlihat lebih segar dan putih. Nah, selain manfaat tersebut, bengkuang juga ampuh menghilangkan bekas jerawat secara alami.

Hal ini karena bengkuang kaya kandungan vitamin C yang daoat mempercepat proses penyembuhan luka lebih cepat, seperti inflamasi akibat jerawat. Selain itu, senyawa beta-karoten dan juga vitamin A-nya dapat berperan sebagai antioksidan. Untuk memanfaatkannya, tumbuk atau haluaskan bengkuang secukupnya. Tempelkan secara merata pada bekas jerawat di bagian wajah, kemudian diamkan selama 15 menit. Jika sudah, bilas sampai bersih.

10. Jangan Sia-Siakan Fungsi Gula

Selain menjadi pemanis, gula yang terbuat dari tebu ternyata memiliki fungsi yang baik bagi kulit. Ini karena tebu mengandung asam glikolat dan asam alfa hidroksi yang efektif membersihkan kulit mati dan meningkatkan pembentukan sel baru. Supaya fungsinya optimal, gunakan gula dan minyak zaitun dengan takaran 2:1. Tambahkan 5 tetes jus lemon, campur sampai rata. Aplikasikan campuran tesebut sebagai masker sekaligus scrub pada bekas jerawat yang terdapat pada kulit wajah. Diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat dan pilih pelembap alami. Lakukan 2-3 kali sehari, untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

11. Gunakan Tanaman Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya biasa digunakan untuk perawatan rambut, menariknya kandungan zat aloesin pada tanaman ini bermanfaat menghambat pembentukan melanin yang bisa membuat kulit menjadi gelap, seperti bekas jerawat. Dengan gel tanaman lidah buaya, kamu bisa menghilangkan bekas jerawat maupun flek hitam bekas jerawat secara alami. Untuk menggunakan tanaman lidah buaya ini, potong beberapa bagian dulu bagian daunnya. Kemudian, ambil bagian gelnya dan haluskan. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas menggunakan air hangat sampai bersih.

12. Manfaatkan Kesegaran Buah Lemon

Bukan hanya rasa asam, lemon juga mengandung asam alfa-hidroksi alami (AHA) yang mampu menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Lemon juga kaya kandungan vitamin C, sekaligus memiliki agen kolagen yang sangat baik untuk kulit wajah. Selain itu, buah ini juga bermanfaat mempercepat penyembuhan dan peremajaan kulit. Cara memanfaatkannya, tinggal belah lemon menjadi dua bagian dan peras airnya. Setelah itu, oleskan air perasan lemon pada bekas jerawat. Diamkan sampai kering. Bilas wajah dengan air bersih, dan pungkasi dengan pelembap agar kelembapan kulit tetap terjaga.

13. Ulik Khasiat Buah Mentimun

Mentimun kaya kandungan vitamin A, vitamin C dan magnesium yang bermanfaat bagi kulit. Vitamin dan mineral esensial tersebut berguna untuk pembentukan sel kulit baru. Nah, lapisan sel kulit baru ini nantinya akan menggantikan sel kulit lama yang sudah rusak, sebagaimana yang dijumpai pada bekas jerawat. Selain itu, mentimun juga mampu menghidrasi kulit, sehingga membuat wajah lebih segar. Untuk mengaplikasikannya, iris mentimun tipis-tipis secukupnya. Letakkan di atas kulit wajah yang ada bekas jerawatnya. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas wajah dengan air dingin.

14. Jangan Remehkan Manfaat Baking Soda

Selain banyak dimanfaatkan untuk pembuatan adonan kue, baking soda efektif menghilangkan bekas jerawat, termasuk noda hitam. Tak heran jika bahan ini kerap dimanfaatkan untuk produk kesehatan maupun kecantikan. Hal ini karena baking soda mengandung kristal sodium bicarbonate yang mampu mengangkat kulit mati, terutama saat digunakan sebagai scrub pembersih wajah. Nah, untuk memanfaatkannya, siapkan 1-2 sendok teh baking soda. Campurkan dengan air secukupnya hingga kental. Oleskan pada area bekas jerawat lalu pijat-pijat perlahan. Diamkan selama 2 menit. Kemudian, basuh wajah dengan air hangat, pungkasi dengan mengoleskan pelembap alami, seperti minyak zaitun.

15. Manfaatkan Kentang di Rumah

Ada kentang di kulkas atau dapur rumah? Kamu bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel pada kulit wajah. Umbi satu ini kaya kandungan vitamin A, C dan B, yang berguna untuk menghindarkan keriput sekaligus pigmentasi pada kulit, termasuk salah satunya flek hitam akibat bekas jerawat. Sebaliknya, kentang mengandung enzim khusus yang justru dapat membuat pigmen kulit menjadi lebih cerah.

Itulah kenapa bahan ini dipilih sebagai salah satu bahan ampuh menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami. Terlebih kamu bisa memanfaatkan kentang yang tersedia di rumah. Apalagi untuk memanfaatkannya tidaklah terlalu sulit. Kamu hanya perlu mengiris kentang tipis-tipis dan tempelkan pada bekas jerawat yang ada pada wajah. Biarkan selama 10 menit. Kemudian, cuci wajah menggunakan air bersih. Cobalah melakukannya 3 kali seminggu untuk hasil optimal.

Setelah mengetahui bahan-bahan alami tersebut, sekarang kamu bisa yakin bukan jika mengatasi problem kulit wajah, seperti menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami tidaklah sulit dilakukan. Kamu hanya perlu menemukan atau membeli bahan-bahan tersebut, tentunya dengan harga yang boleh dibilang sangat tidak mahal. Barulah kemudian menerapkannya secara rutin dan konsisten. Dengan begitu, kulit bersih bebas jerawat maupun bekasnya, benar-benar bisa kamu miliki dan tak lagi sekadar jadi mimpi belaka, KLovers.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI