12 Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Beserta Teks dan Sejarahnya

Senin, 16 Agustus 2021 13:45 Penulis: Dhia Amira
12 Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Beserta Teks dan Sejarahnya
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Proklamasi Kemerdekaan Indonesia menjadi sebuah awal bangsa Indonesia terlepas dari penjajahan dan menjadi bangsa yang mandiri. Ada banyak usaha, perjuangan, keringat, air mata, dan darah yang tumpah untuk menuju kemerdekaan ini. Bahkan secarik kertas proklamasi, menjadi sebuah makna yang penuh manfaat dan dapat kita rasakan hingga saat ini. Makna proklamasi kemerdekaan Indonesia inilah yang wajib kita ketahui.

Bagaimana sejarah perjuangan yang luar biasa untuk mencapai kemerdekaan ini, sehingga Indonesia menjadi sebuah negara yang diakui. Bahkan bisa eksis hingga saat ini dengan sebuah proklamasi kemerdekaan. Teks proklamasi menjadi sebuah teks yang tidak boleh dilupakan oleh masyarakat Indonesia. Ada banyak sekali makna yang terdapat pada dua alinea singkat yang membuat Indonesia merdeka secara nyata dan secara hukum Internasional.

Untuk itu dilansir berbagai sumber, berikut ini 12 makna proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang perlu kalian ketahui, beserta dengan sejarah proklamasi terjadi. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Teks Proklamasi

Sebelum mengetahui apa makna proklamasi kemerdekaan Indonesia, kalian wajib mengetahui isi teks proklamasi kemerdekaan RI tersebut. Teks proklamasi terdiri dari dua alinea saja. Naskah proklamasi merupakan sebuah pemikiran yang singkat dari Soekarno, M. Hatta, dan Achmad Soebardjo.

Konsep Naskah Proklamasi sendiri ditulis tangan oleh Soekarno pada secarik kertas di tanggal 17 Agustus 1945 dini hari. Naskah tersebut kemudian diketik dengan mesin ketik oleh Sayuti Melik dan ditandatangani oleh Soekarno dan Hatta. Lalu dibaca langsung oleh Soekarno di hadapan beberapa rakyat Indonesia secara langsung, dan disiarkan melalui radio ke beberapa wilayah di Indonesia. Berikut isi teks proklamasi tersebut:

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Atas nama bangsa Indonesia.

Soekarno/Hatta

 

2. Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Untuk lebih mengerti dalam makna teks proklamasi kemerdekaan Indonesia, kalian juga harus mengetahui sejarah dari pembuatan teks proklamasi yang menjadi cikal bakal Indonesia merdeka dari penjajahan. Sebelum Indonesia benar-benar merdeka, Indonesia dijajah oleh Belanda yang kemudian direbut kekuasaan oleh Jepang Kemudian perpindahan kekuasaan tersebut, membuat masyarakat Indonesia terutama tokoh yang berpengaruh bagi kemerdekaan Indonesia mulai bergerak untuk mencari cela dalam kemerdekaan Indonesia.

Tak disangka, pada tanggal 6 Agustus tahun 1945, bom atom meledak di kota Hisroshima dan Nagasaki, Jepang kala itu. Sehari kemudian, Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (disingkat BPUPKI) langsung berganti nama menjadi Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (disingkat PPKI). Ya, pembentukan BPUPKI dilakukan untuk membuat Indonesia merdeka, dengan dikumpulkannya pemuda Indonesia dari berbagai provinsi di Indonesia.

Kemudian, setelah Jepang pergi dari Indonesia karena ledakan bom atom tersebut, barulah para pemuda Indonesia mengganti nama menjadi PPKI. Hal itu bertujuan untuk lebih menegaskan keinginan dan tujuan mencapai kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 9 Agustus 1945, bom atom kedua dijatuhkan di atas Nagasaki sehingga menyebabkan Jepang menyerah kepada Amerika Serikat dan sekutunya. Momen ini pun dimanfaatkan oleh Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya.

Pada tanggal 12 Agustus 1945, Jepang melalui Marsekal Terauchi di Dalat, Vietnam, mengatakan kepada Soekarno, Hatta, dan Radjiman bahwa pemerintah Jepang akan segera memberikan kemerdekaan kepada Indonesia dan proklamasi kemerdekaan dapat dilaksanakan dalam beberapa hari, berdasarkan tim PPKI. Namun, Sutan Sjahrir, Wikana, Darwis, dan Chaerul Saleh mendengar kabar melalui radio BBC, bahwa Jepang secara resmi menyerah kepada Sekutu di kapal USS Missouri.

Sehingga Jepang berjanji akan mengembalikan kekuasaan di Indonesia ke tangan Sekutu. Setelah mendengar desas-desus Jepang bakal bertekuk lutut, golongan muda mendesak golongan tua untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Setelah melakukan banyak sekali negosiasi, hingga usaha yang alot untuk Indonesia mendapatkan kemerdekaan secara total.

Pada 16 Agustus 1945 Sukarno-Hatta menuju rumah Laksamana Maeda (kini Jalan Imam Bonjol No. 1) diiringi oleh Shunkichiro Miyoshi guna melakukan rapat untuk menyiapkan teks Proklamasi. Penyusunan teks Proklamasi dilakukan oleh Soekarno, Hatta, dan Soebardjo, serta disaksikan oleh Soekarni, B.M. Diah, Sudiro (Mbah) dan Sayuti Melik. Setelah konsep selesai disepakati, Sayuti Melik menyalin dan mengetik naskah tersebut Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur 56 telah hadir antara lain Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani, dan Trimurti.

Acara dimulai pada pukul 10.00 pagi hari dengan pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih, yang telah dijahit oleh Ibu Fatmawati dikibarkan, disusul dengan sambutan oleh Soewirjo, wakil wali kota Jakarta saat itu dan Moewardi, pimpinan Barisan Pelopor.

 

3. Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Setelah mengetahui sejarah luar biasa bagaimana Indonesia merdeka, berikut ini beberapa makna proklamasi kemerdekaan Indonesia. Berikut beberapa makna proklamasi Kemerdekaan Indonesia tersebut:

1. Proklamasi kemerdekaan Indonesia menjadi awal kemerdekaan untuk bangsa Indonesia, dan akhir dari penjajahan yang diterima oleh masyarakat Indonesia.

2. Kemudian proklamasi kemerdekaan Indonesia menjadi awal Indonesia di akui oleh bangsa-bangsa lainnya, atas kebebasan dari penjajahan.

3. Proklamasi kemerdekaan Indonesia juga menjadi sebuah pernyataan resmi yang menyatakan bahwa, bangsa Indonesia mempunyai kedudukan yang sama dengan bangsa lainnya. Dan berdiri sendiri tanpa ada penjajahan dari negara manapun.

4. Proklamasi juga menjadi sebuah pernyataan kemampuan bangsa Indonesia dalam menyatakan diri sebagai negara yang merdeka dan mampu menentukan nasib bangsa dan rakyatnya sendiri tanpa ada campur tangan dari kekuasaan negara lain.

 

4. Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Masih ada beberapa makna proklamasi kemerdekaan Indonesia yang penuh makna tersebut. Berikut beberapa makna proklamasi kemerdekaan Indonesia yang bisa kalian ketahui:

5. Proklamasi dideklarasikan sebagai awal bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk membangun kehidupan yang baru, secara demokrasi yang adil, makmur, bersatu, dan berdaulat.

6. Kemudian makna proklamasi kemerdekaan Indonesia yang lainnya yaitu, menjadi sumber tertib hukum nasional. Hukum tersebut mengandung makna bahwa, hukum kolonial dan imperial berakhir dan digantikan dengan tata hukum nasional milik bangsa Indonesia sendiri.

7. Proklamasi kemerdekaan Indonesia juga menjadi sebuah arahan dan kewenangan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadi sebuah masyarakat yang sejahtera. Dengan memberikan kekuasaan untuk mengolah sumber daya alam dan manusia secara mandiri.

8. Proklamasi kemerdekaan Indonesia juga menjadi sebuah kewenangan untuk seluruh masyarakat Indonesia dalam menjaga, melindungi, dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

 

5. Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Dan inilah beberapa makna proklamasi kemerdekaan Indonesia yang terakhir, yang dapat kalian ketahui. Berikut beberapa makna proklamasi kemerdekaan Indonesia tersebut:

9. Proklamasi menjadi sebuah kesempatan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadi masyarakat yang mandiri dan cerdas, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan serta norma bangsa Indonesia.

10. Proklamasi juga menjadi alat hukum untuk bangsa Indonesia ketika melakukan hubungan dan kerja sama secara internasional. Karena Indonesia sudah merdeka dan mandiri.

11. Makna proklamasi kemerdekaan Indonesia juga menjadi sebuah tanda kemerdekaan secara De Facto, yaitu kemerdekaan Indonesia dapat dibuktikan secara nyata. Lalu Setelah pengakuan De Facto, Indonesia kemudian mendapatkan pengakuan De Jure atau pengakuan secara hukum tentang status kemerdekaannya. Sehingga membuat Indonesia menjadi negara yang semakin kuat dan mandiri.

12. Makna proklamasi kemerdekaan Indonesia yang lainnya yaitu, menjadi sebuah bentuk dari martabat bangsa Indonesia itu sendiri. Makna proklamasi yaitu, Indonesia menjadi negara bebas dengan martabat yang sama dengan bangsa-bangsa merdeka lainnya. Makna proklamasi inilah yang menjadi wujud dari eksistensi bangsa sesungguhnya.

Itulah 12 makna proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dapat kalian ketahui bagi masyarakat Indonesia. Semoga kita semua semakin menghargai negara Indonesia yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan dengan sekuat tenaga.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI