15 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Mudah

Penulis: Editor Kapanlagi.com

Diperbarui: Diterbitkan:

15 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Mudah ilustrasi gigi putih (credit: shutterstock)

Kapanlagi.com - Gigi yang putih merupakan salah satu elemen penting untuk menunjang penampilan. Terlebih, saat kita sedang tersenyum. Selain itu, dengan memiliki gigi yang putih dapat meningkatkan rasa percaya diri. Namun, ada beberapa hal yang tanpa kita sadari dapat menyebabkan gigi menguning seperti mengonsumsi teh, kopi, wine, permen, dan juga rokok.

Bagi kalian yang ingin memutihkan gigi ada banyak cara yang bisa kalian lakukan. Salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti di bawah ini. Selain lebih terjangkau dan mudah, memutihkan gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami juga memberikan manfaat yang lain bagi tubuh. Apa saja bahan-bahan alami tersebut dan bagaimana caranya? Yuk simak berbagai caranya di bawah ini.

1. Lemon

Cara pertama untuk memutihkan gigi yaitu dengan menggunakan lemon. Lemon yang mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi, mampu memutihkan gigi yang menguning. Selain itu, kadar PH yang seimbang dalam buah lemon bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Caranya cukup sederhana yakni:

  1. Ambil 1 buah lemon segar
  2. Peras buah lemon hingga sekitar 2-3 sendok teh
  3. Campurkan air perasan lemon dengan 1 sendok teh garam halus
  4. Gosokkan campuran keduanya ke gigi menggunakan sikat gigi

2. Kulit Pisang

Kulit pisang ternyata juga dipercaya mampu memutihkan gigi yang menguning. Selain itu, kulit pisang juga dapat membantu menguatkan email gigi karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Cara pemakaiannya pun sangat mudah. Kalian cukup menggosok-gosokkan kulit pisang yang telah dicuci bersih sebelumnya pada gigi.
Jadi, mulai sekarang jika kalian memakan buah pisang, jangan buang kulitnya ya!

3. Strawberry

Strawberry (Credit: Shutterstock)

Cara selanjutnya yakni menggunakan strawberry. Buah berwarna merah yang satu ini juga terkenal akan khasiatnya yang dapat memutihkan gigi. Kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalam strawberry, diyakini dapat mengangkat dan menghambat bakteri penyebab plak gigi yang biasanya menyebabkan gigi menjadi kuning. Bagaimana caranya?

  1. Ambil 1 buah strawberry dan cuci bersih
  2. Gosokkan bagian luar strawberry ke gigi

Cara diatas juga cukup efektif untuk mengangkat noda sekaligus kotoran di gigi.

4. Garam

Garam menjadi bahan alami selanjutnya yang bisa kalian coba. Bumbu dapur yang satu ini juga cukup efektif untuk memutihkan gigi selain dapat membunuh kuman penyebab gigi berlubang. Caranya pun juga sederhana:

  1. Larutkan garam secukupnya dengan segelas air
  2. Kumur dengan air garam tersebut

Namun, penggunaan garam sebagai pemutih gigi sebaiknya tidak digunakan setiap hari karena garam sendiri meiliki sifat abrasif sehingga mampu menghilangkan stain dari gigi.

5. Daun Sirih

Daun sirih memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat membantu memutihkan gigi yang menguning. Daun sirih sendiri juga sudah dipakai sebagai pembersih gigi secara alami sejak nenek moyang dulu. Selain itu, daun sirih juga memiliki efek yang hampir sama seperti obat kumur dan yang pasti lebih murah karena kalian bisa membuatnya sendiri di rumah. Ada 2 cara yang bisa kalian coba yakni:

Cara 1

  1. Ambil 1-2 helai daun sirih segar
  2. Gosokkan daun sirih secara merata ke seluruh bagian gigi

Cara 2

  1. Ambil 3-4 helai daun sirih
  2. Rebus daun sirih
  3. Gunakan air rebusannya untuk berkumur

6. Siwak

Sama halnya dengan daun sirih, siwak juga sudah digunakan sejak dulu. Siwak sendiri berfungsi sebagai alat tradisional untuk membersihkan gigi. Selain sebagai pembersih gigi, siwak juga bermanfaat sebagai pemutih gigi alami. Bagaimana caranya?

  1. Ambil seutas batang siwak
  2. Tumbuk siwak sampai halus
  3. Gosokkan siwak yang telah menjadi bubuk ke gigi secara merata

Kalian bisa melakukan cara diatas sebanyak 2-3 kali sehari.

7. Daun Salam

daun salam (credit: shutterstock)

Cara selanjutnya, kalian juga bisa menggunakan daun salam untuk memutihkan gigi.

Ada 2 cara yang bisa kalian coba yakni:

  1. Rebus beberapa helai daun salam dengan air secukupnya
  2. Kumur menggunakan air rebusan daun salam tersebut

Atau kalian juga bisa menggunakan cara yang lainnya yaitu:

  1. Siapkan 6 lembar daun salam dan kulit jeruk
  2. Jemur daun salam dan kulit jeruk hingga benar-benar kering
  3. Haluskan keduanya hingga menjadi bubuk
  4. Gosokkan campuran keduannya pada gigi setiap hari

8. Jeruk Nipis dan Lemon

Campuran jeruk nipis dan lemon juga dapat dimanfaatkan sebagai pemutih gigi secara alami. Seperti yang kita tau, keduanya sama-sama mengandung anti oksidan dan vitamin C yang tinggi yang mampu memutihkan gigi. Lalu, bagaimana caranya?

  1. Peras jeruk nipis hingga sebanyak satu sendok makan
  2. Lakukan hal yang sama pada lemon
  3. Campur keduanya secara merata
  4. Tambahkan sedikit garam, lalu aduk hingga rata
  5. Gunakan campuran diatas untuk menyikat gigi
  6. Kumur hingga bersih 

9. Jahe

Jahe juga bisa menjadi pilihan yang lain bagi kalian yang ingin memutihkan gigi secara alami. Kandungan antibakterian yang terdapat pada jahe dapat membersihkan noda kuning pada gigi. Terlebih, antibakterian pada jahe juga mampu untuk membuat gigi semakin putih dan bersih. Bagaimana caranya?

  1. Ambil 1 batang jahe dan kupas
  2. Gosokkan jahe secara merata ke seluruh bagian gigi

10. Kulit Jeruk

kulit jeruk (credit: shutterstock)

Jika kalian memakan buah jeruk, jangan buru-buru untuk membuang kulitnya lebih dulu. Kulit jeruk bisa digunakan sebagai pemutih gigi secara alami. Dalam kulit jeruk sendiri terkandung zat pectin dan minyak atsiri yang berguna untuk memutihkan gigi. Selain itu, kulit jeruk juga mampu untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Caranya yakni:

  1. Keringkan kulit jeruk hingga benar-benar kering
  2. Tumbuk halus kulit jeruk yang sudah dikeringkan
  3. Campurkan dengan air hingga menyerupai pasta
  4. Gunakan pasta tersebut sebagai pasta gigi

11. Baking Soda

Bahan yang satu ini memiliki banyak manfaat, salah satunya memutihkan gigi kuning secara alami. Baking soda juga mampu mengangkat noda penyebab gigi kuning. Langkah-langkahnya yakni:

  1. Ambil baking soda secukupnya
  2. Gosokkan baking soda ke bagian gigi secara merata
  3. Biarkan sekitar 3-5 menit
  4. Kumur menggunakan air bersih

12. Arang Kayu

Kandungan alkali yang terdapat di arang kayu dapat berfungsi untuk membersihkan sekaligus mengikis noda kuning yang menempel pada gigi. Namun, disarankan tidak
menggunakannya secara berlebihan karena jika digunakan terlalu sering justru dapat mengikis lapisan enamel gigi. Lalu, bagaimana caranya?

  1. Ambil secuil arang kayu dan haluskan
  2. Tambahkan perasan air lemon
  3. Gunakan campuran keduanya untuk menyikat gigi

13. Cengkeh

Selain dapat mengatasi gigi berlubang dan menguatkan gigi, minyak cengkeh juga dapat digunakan untk memutihkan gigi. Cengkeh sendiri juga mengandung banyak nutrisi diantaranya zat besi, karbohidrat, fosfor, dan kalium. Terlebih, caranya pun sangat mudah. Kalian cukup mengoleskan minyak cengkeh pada gigi secara merata atau kalian juga bisa menjadikan bubuk cengkeh sebagai pengganti pasta gigi.

14. Apel

apel (credit: shutterstock)

Cara lain yang bisa kalian coba yakni dengan menggunakan buah apel. Selain berfungsi untuk menjaga pencernaan, apel juga dapat memutihkan gigi secara alami karena kandungan asam malat yang terkandung di dalamnya. Ada 2 cara yang bisa kalian lakukan yakni:

  1. Cuci buah apel hingga bersih
  2. Potong buah apel menjadi 4 bagian
  3. Gosokkan buah apel secara langsung ke gigi

Atau selain cara di atas, kalian bisa langsung mengonsumsi buah apel secara rutin setiap hari.

15. Cuka Apel

Cara terakhir yang bisa kalian coba untuk memutihkan gigi yaitu menggunakan cuka apel. Cuka apel sendiri bermanfaat untuk membuat gigi terlihat lebih putih sekaligus bersih. Caranya pun cukup praktis,

  1. Ambil 1 sendok cuka apel
  2. Gosok-gosokkan cuka apel tersebut pada seluruh bagian gigi secara merata

Atau juga bisa dengan cara yang lain yakni:

  1. Campurkan setengah sendok teh cuka apel dengan secangkir air
  2. Kumur selama 1-2 menit setiap pagi
  3. Setelah berkumur, sikatlah gigi seperti biasa

Itulah 15 cara memutihkan gigi secara alami yang bisa kalian coba. Memutihkan gigi secara alami memang tak bisa secara instan seperti jika kalian melakukan bleaching. Namun, jika kalian konsisten dan melakukannya secara rutin, bukan tidak mungkin untuk mendapatkan gigi yang putih dan sehat. Selamat mencoba.

 

Penulis: Devi Puspita

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/mag/dev)

Rekomendasi
Trending