10 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Simpel Tanpa Efek Samping

Minggu, 25 Oktober 2020 13:11 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Simpel Tanpa Efek Samping
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Mempunyai gigi putih, bersih merupakan dambaan semua orang. Bahkan, seseorang juga akan percaya diri ketika memiliki senyuman yang manis dengan memamerkan gigi putih. Namun, masih banyak juga orang yang memiliki masalah warna gigi seperti gigi kuning tentu saja membuat seseorang jadi malu ketika ingin tersenyum lebar maupun pada saat berbicara. Tentu saja, situasi seperti ini tidak menyenangkan. Maka. Tak heran jika cara memutihkan gigi masih banyak dicari oleh orang yang peduli dengan kesehatan gigi mereka.

Pada dasarnya, masalah perubahan warna pada gigi bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti merokok, sering minum kopi, atau malas menggosok dan merawat gigi. Karena masalah warna gigi yang membuat tidak PD tersebut, membuat banyak orang memilih cara memutihkan gigi dengan instan menggunakan produk pemutih gigi yang justru akan merusak gigi. Ada baiknya, kalian menggunakan bahan alami untuk memutihkan gigi tanpa efek samping. Berikut ini cara memutihkan gigi secara alami yang bisa kalian terapkan.

1. Daun Sirih

Daun sirih terbukti sebagai cara memutihkan gigi secara alami, simpel, tanpa efek samping. Bahkan, sejak jaman dulu, daun sirih sudah digunakan nenek moyang untuk perawatan gigi. Daun sirih selain untuk memutihkan gigi secara alami, ternyata juga bisa membuat gigi lebih kuat, menghentikan gusi yang berdarah, dan menghilangkan bau mulut.

Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk memutihkan gigi menggunakan sirih. Pertama menggunakan cara tradisional dengan dikunyah. Kedua, direbus terlebih dahulu kemudian airnya digunakan untuk berkumur. Dan yang ketiga, ditumbuk sampai halus, lalu oleskan pada gigi.

2. Daun Salam

Selain daun sirih, ternyata daun salam juga memiliki manfaat untuk memutihkan gigi. Kandungan minyak atsiri, sitral, flanovoid, tannin, metal kavikol juga mengandung vitamin A,B,C, D, kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium inilah yang dipercaya mampu membantu memutihkan gigi.

Cara memutihkan gigi secara alami ini pun sangat mudah dilakukan. Pertama, tumbuh halus daun salam, campurkan dengan air hingga membentuk pasta, lalu gunakan sebagai pasta gigi.

3. Kulit Jeruk

Setelah makan buah jeruk, kalian jangan keburu untuk membuangnya ya. Kulit jeruk terbukti mampu memutihkan gigi lho. Hal ini lantaran zat pektin dan juga minyak atsiri yang terdapat pada kulit jeruk. Untuk menggunakan bahan alami kali ini untuk memutihkan gigi, pertama-tama keringkan kulit jeruk hingga benar-benar kering di bawah sinar matahari.

Setelah itu tumbuk hingga halus dan campurkan sedikit air hingga membentuk pasta. Selanjutnya, kalian bisa menggunakannya sebagai pasta gigi.

4. Kulit Pisang

Tak hanya kulit jeruk, cara memutihkan gigi secara alami juga bisa menggunakan kulit pisang. Kandungan magnesium pada kulit pisang lah yang dapat membantu memutihkan gigi. Cara penggunaannya, gosok bagian dalam kulit pisang ke seluruh gigi kalian selama beberapa menit. Setelah itu biarkan selama 10 menit, dan sikat gigi seperti biasa. Lalu bilas mulut kalian dengan air. Gunakan cara ini dua kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

5. Jahe

Rempah-rempah yang satu ini ternyata bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Selain harganya yang murah, jahe juga sangat mudah untuk di dapatkan nih. Jahe juga mengandung antibakteri yang berfungsi menghilangkan noda tersisa pada gigi penyebab gigi kuning. Caranya, parut 1 buah jahe terlebih dahulu, peras airnya, lalu gunakan air perasan jahe untuk berkumur. Cukup mudah bukan?

6. Siwak

Sejak jaman dulu, siwak memang sudah digunakan untuk perawatan gigi. Bahkan, mungkin sekarang kalian juga menjumpai bahan dasar siwak yang digunakan sebagai pasta gigi atau obat kumur yang di jual di pasaran. Selain membersihkan gigi, siwak memiliki manfaat sebagai memutihkan gigi. Caranya pun terbilang sangat mudah. Kalian cukup gosokkan batang siwak secara merata dan lakukan 2 hingga 3 kali dalam sehari.

7. Lemon

Buah yang memiliki rasa asam satu ini seringkali digunakan untuk perawatan jerawat. Namun, ternyata lemon juga dapat digunakan untuk merawat kesehatan mulut dan gigi lho. Kandungan asam pada lemon dapat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan pH mulut. Selain itu, lemon dapat berfungsi sebagai antibakteri untuk mencegah pembentukan bakteri penyebab gigi kuning. Cara penggunaannya, kalian dapat berkumur-kumur menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan lemon secara rutin tiga kali sehari.

8. Baking Soda

Baking soda yang dikenal sebagai bahan pembuat kue ini ternyata memiliki manfaat tersembunyi yaitu dapat memutihkan gigi kuning secara alami. Baking soda memiliki kemampuan untuk menghilangkan noda penyebab gigi kuning. Cara memutihkan gigi dengan baking soda cukup digosokkan ke bagian gigi. Kemudian diamkan sekitar 3 - 5 menit setelah itu kalian bisa berkumur-kumur.

9. Cuka Apel

Cuka apel memang mempunyai banyak manfaat untuk perawatan kesehatan, salah satunya membantu memutihkan gigi. Bahkan, caranya pun terbilang sangat muda dan sederhana. Pertama-tama, siapkan 1 sdm cuka apel dan gelas berisi air. Selanjutnya, campur kedua bahan tersebut sampai merata. Setelahnya, kalian bisa menggunakan cutton but untuk mengoleskannya pada gigi.

10. Garam

Cara memutihkan gigi yang satu ini terbilang sangat simpel. Kalian hanya perlu menggunakan larutan garam untuk berkumur-kumur setiap harinya. Bahkan kandungan antibakteri yang terdapat di dalam garam juga dapat membunuh kuman penyebab gigi berlubang. Cara ini bisa kalian lakukan tanpa harus merogoh kocek yang mahal.

Itulah sederet cara memutihkan gigi secara alami, simpel, tanpa efek samping. Selain cara di atas, kalian juga perlu untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan gigi agar terhindar dari masalah perubahan warna gigi. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI