15 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga, Efektif Bikin Perut Ramping!

Senin, 10 Juni 2019 12:30 Penulis: Editor KapanLagi.com
15 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga, Efektif Bikin Perut Ramping!
ilustrasi mengecilkan perut (credit: shutterstock)

Kapanlagi Plus - Tak hanya masalah berat badan, perut yang buncit juga merupakan salah satu masalah yang banyak dialami sebagian besar orang. Terlebih, sekarang ini banyak sekali bermunculan berbagai jenis makanan yang tak hanya dapat meningkatkan berat badan, namun juga menyebabkan perut buncit jika kita tidak bisa mengontrolnya. Memiliki perut yang ramping dan ideal pastilah diharapkan sebagian besar orang, baik cewek maupun cowok atau mungkin juga kamu salah satunya. Maka dari itu, banyak sekali orang yang berusaha mendapatkan perut yang ramping dan ideal. Perut buncit sendiri dapat disebabkan banyak hal antara lain seperti mengonsumsi alkohol, kurang tidur dan juga malas berolahraga.

Banyak sekali cara yang biasanya dilakukan untuk mengecilkan perut yang buncit, dari yang alami hingga menggunakan obat-obatan. Tak sedikit juga yang menjadikan olah raga sebagai salah satu pilihan karena memang dengan berolahraga seperti jogging ataupun senam aerobik juga mampu untuk mengecilkan perut dengan efektif.

Tapi, untuk kamu yang tidak suka atau malas berolahraga tak perlu khawatir. Masih banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut tanpa harus berolahraga. Hasilnya tentu saja juga tak kalah efektif jika kamu melakukannya secara maksimal dan konsisten. Apa saja caranya? Dirangkum dalam beberapa sumber, berikut ini berbagai cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga yang bisa kamu coba.

1. Mengonsumsi Buah dan Sayur yang Kaya Serat

ilustrasi mengonsumsi sayur dan buah (credit: shutterstock)ilustrasi mengonsumsi sayur dan buah (credit: shutterstock)

Sayur dan buah yang kaya akan serat dan rendah lemak merupakan salah satu makanan yang sangat pas untuk kamu yang sedang berdiet maupun mengecilkan perut. Kandungan serat yang tinggi dalam buah dan sayur akan membuatmu merasa kenyang lebih lama selain juga baik untuk pencernaan dan metabolisme tubuh. Selain kamu bisa memakannya secara langsung atau diolah terlebih dulu, kamu juga bisa lho membuatnya menjadi jus segar. Usahakan untuk tidak menambahkan gula ya. Kamu bisa menggunakan buah maupun sayur yang berserat tinggi seperti misalnya bayam, brokoli, mangga, pisang dan juga buah beri.

2. Minum Campuran Jahe dan Perasan Air Lemon

Sejak dulu, kita mengenal jahe sebagai rempah yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh, tak hanya itu ternyata jahe juga memiliki fungsi yang lainnya, salah satunya dapat membakar lemak dalam tubuh sehingga dapat menjadi salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengecilkan perut. Selain itu, seperti halnya air putih, jahe juga dapat membantu proses detoksifikasi dan mengatasi masalah pencernaan.

Kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan air perasan lemon. Lemon sendiri kaya akan vitamin C dan juga serat yang sangat baik untuk kamu yang sedang ingin mengecilkan perut buncit. Seperti yang dilansir dalam liputan6, caranya yakni dengan mencampurkan satu ruas jahe yang telah dipotong-potong dan dibersihkan sebelumnya atau kamu juga bisa menggunakan jahe bubuk secukupnya dengan 2 potongan lemon ke dalam panci yang berisi 4 gelas air atau secukupnya. Lalu, masak air yang telah dicampur keduanya hingga mendidih. Nah, kamu bisa mengonsumsinya secara rutin setiap hari.

3. Minum Teh dengan Campuran Jeruk Nipis

Teh yang dicampur dengan jeruk nipis juga tak kalah efektif sebagai salah satu cara mengecilkan perut buncit tanpa harus berolahraga. Caranya cukup mudah yakni dengan menyeduh satu kantong teh bersama dengan air perasan jeruk nipis dan meminumnya secara rutin setiap hari. Jeruk nipis, seperti halnya lemon kaya akan kandungan vitamin C yang tak hanya baik untuk sistem kekebalan tubuh namun juga mampu mengurangi penumpukan lemak sehingga campuran teh dan juga jeruk nipis sangat efektif untuk mengecilkan perut yang buncit.

4. Mengonsumsi Teh Hijau Secara Rutin

teh hijau (credit: shutterstock)teh hijau (credit: shutterstock)

Cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga yang selanjutnya yakni dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin. Kamu bisa mengonsumsinya tanpa gula setiap sebelum makan. Seperti yang kita tau, jenis teh yang satu ini tak hanya baik untuk kulit, namun juga efektif untuk mengecilkan perut buncit. Tak hanya itu, dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin juga dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh. Terlebih, seperti yang dilansir dalam halosehat, teh hijau juga mengandung kafein yang dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

5. Hindari Makan Sebelum Tidur

Cara yang lainnya untuk mengecilkan perut buncit yaitu dengan menghindari makan sebelum tidur, terutama makanan berat yang tinggi kalori dan lemak. Tunggulah setidaknya 3 sampai 4 jam jika kamu ingin tidur agar makanan dapat dicerna tubuh secara baik terlebih dulu dan juga untuk menghindari penumpukan lemak dalam tubuh. Sembari menunggu, kamu bisa melakukan aktifitas santai atau produktif lainnya.

6. Hindari Mengonsumsi Makanan Dengan Kadar Gula yang Tinggi

Makanan dengan kadar gula yang tinggi sepatutnya perlu dihindari bagi kamu yang ingin mengecilkan perut. Pasalnya, jenis makanan yang satu ini malah bisa membuat lemak semakin menumpuk di perut alih-alih mengecilkan karena hati tidak bisa memproses seluruh fruktosa yang terkandung dalam makanan yang mengandung gula tinggi dan hanya mengubahnya menjadi lemak di perut. Nah, jadi sebisa mungkin hindari mengonsumsinya secara berlebihan ya.

7. Minum Air Hangat dengan Lemon

minuman campuran air dengan lemon (credit: shutterstock)minuman campuran air dengan lemon (credit: shutterstock)

Selanjutnya, untuk mengatasi perut buncitmu kamu bisa meminum air hangat dengan menambahkan potongan buah lemon di dalamnya. Selain dapat mengecilkan perut, dengan meminum air hangat yang dicampur dengan buah lemon dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh dan juga mencegah sembelit. Selain itu buah lemon yang kaya serat dan rendah lemak juga efektif untuk mengecilkan perut dan sangat cocok untuk kamu yang juga sedang berdiet. Kamu bisa meminum campuran keduanya di pagi hari sebelum makan.

8. Tidur yang Berkualitas dan Cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas juga diperlukan jika kamu ingin mengecilkan perut yang membuncit. Meskipun terlihat sepele, kurang tidur sebenarnya dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut karena meningkatnya hormon kartisol dalam tubuh yang salah satu fungsinya adalah meningkatkan metabolisme lemak dan karbohidrat. Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan hormon grelin atau rasa lapar sehingga membuatmu cenderung makan secara berlebih. Jadi, sebisa mungkin tidurlah dengan waktu yang cukup perharinya. Kamu bisa melihat durasi tidur yang ideal sesuai umurmu di hellosehat sehingga kamu bisa mendapatkan tidur yang cukup secara tepat.

9. Minum Kombinasi Daun Parsley dan Lemon

lemon dan daun parsley (credit: shutterstock)lemon dan daun parsley (credit: shutterstock)

Selain cara di atas, ada cara lainnya yang bisa kamu coba dalam menggunakan lemon untuk mengecilkan perut. Salah satunya dengan mengkombinasikannya bersama daun parsley. Daun yang biasanya dimasak bersama sup ini selain dapat mengecilkan perut dan menurunkan berat badan, juga bisa membersihkan ginjal dan hati. Caranya yakni blender daun parsley yang sudah dihaluskan bersama dengan sari lemon dan sedikit air hingga tercampur rata. Kamu bisa mengonsumsi minuman ini rutin selama 5 hari, kemudian berhentilah selama 10 hari sebelum mengonsumsinya lagi.

10. Minum Campuran Air Hangat dan Madu

Selain dengan lemon, kamu juga bisa menggunakan madu yang dicampur dengan air hangat untuk mengatasi perut buncit. Seperti yang dilansir dalam fimela, caranya yakni cukup dengan mencampurkan 1 sdm madu dalam segelas air hangat. Kamu juga bisa menambahkan 2 sdm sari lemon untuk hasil yang lebih maksimal. Minum campuran tersebut secara rutin di pagi hari saat perut masih kosong.

11. Mengonsumsi Air Putih yang Banyak

Tak hanya sehat, mengonsumsi air putih yang banyak juga bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengecilkan perut lho. Dengan mengonsumsi air putih sebanyak 2 gelas setiap 30 menit sebelum makan, akan membuatmu merasa lebih kenyang sehingga kamu tidak akan makan secara berlebihan. Selain itu, mengonsumsi air putih secara cukup dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi dan juga membantu detoksifikasi dalam tubuh.

12. Sarapan Secara Teratur

makanan sarapan (credit: shutterstock)makanan sarapan (credit: shutterstock)

Sarapan yang teratur juga tak kalah pentingnya untuk program mengecilkan perut buncitmu. Biasakan selalu menyempatkan sarapan di pagi hari untuk menghindari makan secara berlebihan di siang harinya. Biasanya, jika kita melewatkan hal yang satu ini, karena lapar kita akan cenderung makan dalam porsi yang banyak saat makan siang. Tentu saja kita nggak mau kan kalau tiba-tiba berat badan kita malah tambah naik dan perut semakin buncit? Karena itu, jangan lewatkan sarapan di pagi hari dengan tetap memperhatikan asupan kalori kita ya.

13. Mengunyah Makanan dengan Baik dan Perlahan

Cara mengecilkan perut buncit yang selanjutnya, kamu bisa menerapkan cara sederhana yang satu ini yaitu dengan mengunyah makanan secara baik dan perlahan sebelum menelannya. Selain dapat terhindar dari masalah pencernaan, dengan mengunyah makanan secara perlahan juga dapat membuat kita merasa cepat kenyang sehingga mencegah kita untuk makan dalam porsi yang besar. Seperti yang dilansir dalam fimela, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics juga menemukan bahwa dengan mengunyah makanan secara perlahan dan tenang dapat mengurangi kalori dan porsi makan secara alami sehingga hal ini sangat disarankan untuk kamu yang ingin mengecilkan perut dengan mudah.

14. Minum Jus Buah Cranberry

cranberry (credit: shutterstock)cranberry (credit: shutterstock)

Jus buah cranberry juga bisa kamu gunakan untuk mengecilkan perut buncit yang mengganggu. Buah berwarna merah yang mengandung antioksidan yang melimpah ini bisa membantu untuk mengecilkan perut karena selain kaya nutrisi, namun juga rendah kalori. Caranya juga cukup mudah yakni dengan menyampurkan 2,5 sendok makan jus cranberry dengan secangkir air hangat. Kamu bisa meminumnya secara rutin sebelum makan.

15. Hindari Junkfood dan Minuman Bersoda

Terakhir, hindari mengonsumsi junkfood atau makanan cepat saji. Meskipun rasanya menggoda, mengonsumsi junkfood akan semakain menambah tumpukan lemak di perutmu. Selain junkfood, minuman bersoda juga sebisa mungkin kamu hindari karena dalam minuman bersoda sendiri mengandung kadar gula yang tinggi. Nah, untuk itu, mulai sekarang kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi makanan yang sehat, seperti makanan olahan rumah atau sayur dan buah misalnya. Dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi seimbang tak hanya dapat mengecilkan perut yang buncit, tapi juga dapat menjaga berat badan tubuh tetap ideal.

Seperti itulah berbagai cara untuk mengecilkan perut buncit tanpa olah raga yang bisa kamu terapkan sehari-hari. Mengecilkan perut buncit tanpa olahraga bukanlah hal yang tidak mungkin, dengan kesabaran dan juga konsisten bukan tidak mungkin untuk kamu mendapatkan bentuk perut yang ramping dan ideal. Jadi, jangan cepat menyerah dulu ya. Selamat mencoba.

Penulis: Devi Puspita

 

(kpl/mag/dev)



MORE STORIES




REKOMENDASI