15 Kuliner Malam Surabaya yang Lezatnya Menggoda, Ada yang Favorit Artis!

Kamis, 23 Januari 2020 09:27 Penulis: Wuri Anggarini
15 Kuliner Malam Surabaya yang Lezatnya Menggoda, Ada yang Favorit Artis!
©Shutterstock


Kapanlagi Plus - Serunya traveling nggak hanya dirasakan saat mengunjungi tempat baru saja. Berburu kuliner jelas jadi agenda yang nggak boleh terlewatkan. Apalagi tiap daerah wisata di tanah air selalu punya ciri khas kuliner tersendiri yang selalu menarik bagi para traveler yang berkunjung.

Nggak terkecuali di Surabaya. Sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia, wisata di Surabaya nggak hanya menawarkan gemerlap hiburan yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Kulinernya juga nggak bisa dipandang sebelah mata. Beragam masakan khas Jawa Timuran dijamin memanjakan lidah, bahkan ada juga yang pedasnya juara. Terlebih saat malam hari, ada sederet destinasi kuliner malam Surabaya yang wajib diburu. Mau tahu apa saja?

1. Rawon Kalkulator

Jika sedang mencari kuliner yang bisa melawan angin malam hari yang dingin di Surabaya, Rawon Kalkulator adalah salah satu rekomendasinya. Kelezatan rawon legendaris ini sudah terbukti karena kerap menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung di Kota Pahlawan tersebut. Dalam satu porsi rawon, kamu akan menemukan daging empuk dengan bumbu meresap sempurna ditambah kuah rawon gurih yang menggoda selera. Porsinya juga banyak dijamin bikin kamu puas makan deh!

Kuliner malam Surabaya yang sudah berdiri sejak tahun 1975 ini bisa kamu temukan di kawasan kuliner yang ada di sekitar Taman Bungkul. Lokasinya berupa warung tenda yang nggak pernah sepi pengunjung dan buka mulai jam 11 siang hingga jam 3 pagi. Pas banget nih menjadi rekomendasi kuliner setelah capek jalan-jalan malam.

2. Sego Sambel Mak Yeye

Buat pecinta makanan pedas, sego sambel alias nasi sambal adalah kuliner malam Surabaya yang wajib dicobain saat berwisata ke kota tersebut. Sego Sambel Mak Yeye menyediakan kuliner penyetan khas Surabaya yang sudah berdiri sejak tahun 1982. Sekilas mungkin nggak ada bedanya dengan warung penyet yang bisa ditemui di hampir tiap sudut kota Surabaya. Tapi soal rasa jangan salah. Sego Sambel Mak Yeye menyediakan penyetan dengan sambel yang pastinya juara banget.

Kuliner malam Surabaya yang berdiri di atas warung tenda sederhana ini berada di kawasan Wonokromo. Bukanya mulai jam 9 malam sampai jam 4 pagi sehingga cocok jadi rekomendasi waktu perut terasa lapar di malam hari. Jangan kaget kalau kamu bakal menjumpai antrian padat setibanya di lokasi karena memang warung yang satu ini favorit para pemburu kuliner. Biarpun demikian, effort mengantre dijamin nggak bakal sia-sia saat mulai mencicipi nasi hangat dengan lauk ikan pari dan guyuran sambal yang menggugah selera. Dijamin pengen nambah lagi!

3. Bebek Wachid Hasyim

Banyak warung makan di Surabaya yang buka hingga 24 jam, termasuk Bebek Wachid Hasyim. Ini dia salah satu warung bebek yang siaga kapan saja buat mengisi perutmu yang lapar, sehingga cocok menjadi destinasi kuliner malam Surabaya. Bicara soal rasa, sudah pasti tempat ini menghadirkan sensasi yang memanjakan lidah. Bumbu rempah yang digunakan meresap dengan sempurna ke dalam daging bebek sehingga tiap gigitannya terasa istimewa. Ditambah dengan sambal yang pedasnya juara, pastinya bikin sensasi makan jadi terasa membahagiakan.

Warung Bebek Wachid Hasyim berada di kawasan Jemur Wonosari, Surabaya. Catat lokasinya biar kamu nggak perlu kebingungan saat ingin menikmati kuliner malam Surabaya yang satu ini, ya!

4. Nasi Cumi Pasar Atom

Percaya nggak kalau ada kuliner malam Surabaya yang jadi favorit artis? Nasi Cumi Pasar Atom adalah jawabannya. Tempat ini adalah kuliner favorit mendiang Bondan Winarno hingga Baim Wong yang ketagihan dengan cita rasa masakannya. Di sebuah warung tenda sederhana, Nasi Cumi Pasar Atom menyediakan menu Nasi Biasa, Nasi Campur, Nasi Komplit, dan Nasi Rawon Cumi. Buat yang nggak suka cumi-cumi, masih ada pilihan menu lain seperti Nasi Empal, Nasi Paru, Nasi Telur, Nasi Limpa, dan masih banyak lagi.

Kuliner malam Surabaya yang satu ini konon sudah berdiri sejak tahun 1917. Lokasinya tepat berada di kawasan Bongkaran, Surabaya, dekat dengan Pasar Atom. Jika ingin ke sana, pastikan cari dulu tempat parkir yang nyaman untuk kendaraan karena di lokasi warung tidak ada tempar parkir yang memadai. Siapkan diri juga untuk antri menunggu tempat duduk karena warung yang satu ini selalu banjir pengunjung.

5. Penyetan Bang Ali

Surabaya adalah surga kuliner penyetan. Tapi kalau mau mencari kuliner malam Surabaya yang pastinya maknyus dan nendang, Penyetan Bang Ali jadi rekomendasinya. Salah satu keunggulan warung penyet yang satu ini adalah menunya yang beragam, mulai dari ceker ayam, sate usus goreng, sate cumi, dan masih banyak menu lain yang bisa dipilih sesuai selera. Hal lain yang bikin kangen dari warung penyetan ini adalah sambalnya yang maknyus. Dikombinasikan dengan nasi putih hangat dan pilihan lauk favorit, sudah pasti rasanya mantap banget.

Penyetan Bang Ali adalah salah satu kuliner malam Surabaya yang punya dua tempat yang bisa dikunjungi. Lokasi pertama adalah di Jalan Kupang Indah yang buka mulai jam 3 sore sampai jam 12 malam. Sementara yang berlokasi di Jalan Simpang Darmo buka 24 jam.

6. Padin Ikan Goreng Bakar 24 Jam

Satu lagi nih kuliner malam Surabaya yang menawarkan menu sego sambel atau penyetan yang menggugah selera. Dari segi harga mungkin memang sedikit mahal jika dibandingkan dengan warung penyetan lain, tapi soal rasa dijamin nggak bakal rugi. Biarpun namanya adalah Padin Ikan Goreng Bakar, tapi menu yang ditawarkan nggak sebatas itu saja kok. Ada bebek, ayam, paru, dara, limpa, babat, cumi, dan masih banyak lagi. Seluruh menu tersebut disajikan dengan cara digoreng lalu dihidangkan bersama nasi putih dan sambal yang super pedas.

Ingin mencicipi kelezatan menu-menu yang ada di Padin Ikan Bakar Goreng 24 Jam? Datang saja langsung ke Jalan Kranggan, Surabaya. Sesuai namanya, warung ini buka selama 24 jam sehingga pas menjadi pilihan kuliner malam hari Surabaya yang layak dicoba.

7. Nasi Goreng Krengseng Cak Tommy

Nasi goreng pastinya jadi menu idola yang banyak disuka. Saat sedang berburu kuliner malam Surabaya, jangan lupa mampir ke Nasi Goreng Krengseng Cak Tommy deh. Ini dia destinasi nasi goreng yang paling jadi favorit warga Surabaya maupun wisatawan yang datang. Salah satu hal unik yang bisa kamu temukan di sini adalah cara memasak penjualnya yang unik. Dalam satu wajan, seluruh pesanan akan dimasak jadi satu. Soal cita rasa jangan diragukan karena sudah pasti enak banget. Menu yang paling jadi favorit di sini adalah Nasi Goreng Mawut-nya yang wajib banget kamu cobain.

Mulai ngiler dengan kuliner malam Surabaya yang satu ini? Langsung aja datang ke lokasinya yang berada di Taman Apsari. Warung tenda sederhana ini buka mulai jam 8 malam hingga jam 2 dini hari. Pas banget kan jadi destinasi wisata kuliner malam buat yang nggak bisa tidur karena lagi kelaparan!

8. Sate Klopo Ondomohen

Sate mungkin jadi kuliner yang sudah biasa ditemui sehari-hari. Tapi kalau sate klopo pastinya cuma bisa kamu temukan saat liburan di Surabaya deh. Sate Klopo Ondomohen sekilas mirip dengan sate pada umumnya. Bedanya, tiap tusukan daging sapi atau ayam ditaburi kelapa parut saat dibakar sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih unik dan gurih. Cara penyajiannya pun daging sate yang sudah dibakar dilumuri bumbu kacang dan taburan serundeng yang juga terbuat dari kelapa. Unik banget, kan?

Menurut cerita, kuliner malam Surabaya yang satu ini sudah jadi favorit sejak tahun 1945. Kedai satenya buka dari pagi hingga jam 11 malam. Bisa banget nih kamu mampir waktu nggak tahu mau makan apa.

9. Sop Buntut Gelora Pancasila

Sop buntut juga menjadi rekomendasi kuliner yang bisa kamu cari di Surabaya. Jika ingin berburu kuliner malam Surabaya, datang saja ke Sop Buntut Gelora Pancasila yang jadi salah satu rekomendasi utama. Sedikit berbeda dengan warung sop buntut lainnya, di sini kamu akan menemukan kuah sop buntut yang terlihat bening, tapi dengan cita rasa nggak kalah lezat. Begitu menyesap kuahnya, sensasi rempah seperti pala, merica, dan cengkeh membuat kuah sop buntut terasa begitu menggoda.

Tertarik mencari lokasi kuliner malam Surabaya yang satu ini? Langsung saja datang ke lokasinya di Jalan Musi, kawasan Wonokromo, Surabaya. Ada juga cabang yang bisa kamu temukan di kawasan Jalan Mayjend Sungkono, Surabaya Barat. Warung ini buka mulai siang hingga jam 12 dini hari. Pas banget menjadi pilihan kuliner malam saat liburan di Surabaya kan?

10. Pecel Ambulance

Mau menikmati sensasi nasi pecel di tengah malam? Nggak perlu nunggu pagi. Pasalnya kuliner malam Surabaya ada yang menyajikan pecel di malam hari. Yuk, mampir aja langsung ke Pecel Ambulance! Beragam kuliner pendamping tersedia untuk menemani cita rasa pecel yang makin maknyus. Mulai dari empal daging sapi, ayam goreng, ayam bakar, telur bali, sampai cumi yang bisa dipilih buat melengkapi kuliner.

Jika ingin menikmati seporsi Pecel Ambulance untuk menyelamatkan perutmu yang kelaparan, datang saja langsung ke kawasan Kranggan. Warung ini buka mulai pukul 22.30 malam sampai jam 5 pagi. Range harganya sendiri sekitar Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribuan.

11. Rawon Setan Mbak Endang

Berbuku kuliner malam Surabaya, mungkin salah satu rekomendasi yang terbayang dalam pikiran adalah nasi rawon. Di antara sekian banyak pilihan menu nasi rawon yang ada, Rawon Setan Mbak Endang adalah juaranya. Namanya mungkin menyeramkan, tapi soal rasa sungguh wajib banget dicoba. Di sini kamu akan menemukan potongan daging sapi empuk yang diguyur dengan kuah rawon kehitaman dan punya bumbu yang nendang. Nikmati bareng nasi putih dan lauk pelengkap lain seperti tempe goreng atau telur asin, dijamin rasanya bakal makin maksimal.

Rawon Setan Mbak Endang bisa kamu temukan di Jalan Embong Malang, kawasan Surabaya Utara. Jam operasionalnya dari pagi hari yaitu jam 07.30 pagi hingga 10 malam. Sementara pada hari Rabu hingga Sabtu warung ini akan tutup pada pukul 03.30 pagi hari. Penasaran seperti apa cita rasa dari warung rawon yang terkenal ini? Yuk, buruan cicipi selama perjalananmu di Surabaya!

12. Bakso Omen Again

Bakso memang jadi salah satu kuliner yang nggak ada matinya. Kalau kebetulan sedang berburu kuliner malam Surabaya dan lagi ingin bakso, Bakso Omen Again bisa jadi pilihan utamanya nih. Sekilas seperti bakso pada umumnya, tapi keunikannya adalah isiannya yang beragam, seperti keju, jamur, daging, atau telur. Dipadukan dengan kuah bakso yang gurih dan isian lain seperti sayur, kelezatannya dijamin nggak ada bandingannya.

Yang menarik dari kuliner malam Surabaya yang satu ini adalah cara penyajiannya yang self service. Pengunjung dipersilakan mengambil sendiri menu yang mereka inginkan. Buat yang ingin merasakan sendiri Bakso Omen Again, kamu bisa langsung mendatangi lokasinya di Jalan Raya Darmo Permai Timur. Bakso ini buka mulai pukul 8 malam sampai pukul 2 dini hari, kecuali hari Minggu tutup.

13. Pecel Rawon Warung Pojok Moro Seneng

Menikmati kelezatan nasi pecel atau nasi rawon pasti sudah jadi hal yang biasa, terutama saat sedang berburu kuliner malam Surabaya. Tapi, pernah nggak sih kalau merasakan cita rasa keduanya saat bersatu? Nah, kenikmatan ini yang bisa kamu dapatkan di Pecel Rawon Warung Pojok Moro Seneng. Bayangin deh, sambal kacang yang khas saat biasa menikmati nasi pecel disiram dengan kuah rawon yang gurih dan kaya akan rempah. Jadinya menciptakan kelezatan kuliner unik!

Bagi yang penasaran dengan kombinasi nasi pecel rawon di kuliner malam Surabaya satu ini, langsung saja datang ke Pecel Rawon Warung Pojok Moro Seneng. Lokasinya berada di Jalan Pucang Anom dan buka mulai jam 9 malam sampai jam 3 dini hari. Cocok banget kan buat kamu yang hobi wisata kuliner malam hari!

14. Bubur Ayam Mang Dudung

Salah satu pusat kuliner malam Surabaya adalah Kedungdoro, di mana banyak warung tenda berjajaran menyajikan menu terbaiknya. Di antara warung sederhana yang tersebar di kawasan tersebut, Bubur Ayam Mang Dudung jadi salah satu rekomendasi bagi yang ingin mencicipi kelezatan bubur di malam hari.

Ada 4 variasi menu yang bisa dipilih sesuai selera ketika mencicipi kuliner malam Surabaya yang satu ini. Mulai dari bubur ayam biasa, bubur ayam pakai telur, bubur ayam dengan jeroan, dan bubur ayam spesial dengan tambahan telur dan jeroan. Warung ini buka setiap hari mulai jam 11 malam. Jangan kaget jika melihat antrian panjang karena bubur ayam yang satu ini memang jadi favorit di Surabaya.

15. Sego Babat Mbok Lemu

Sudah sampai Surabaya, kurang afdol rasanya jika nggak berburu sego babat yang jadi kuliner khas Jawa Timuran. Ada banyak warung sego babat yang bisa dicoba, tapi yang satu ini jadi rekomendasi kuliner malam Surabaya yang mantap. Yup, datang saja ke Sego Babat Mbok Lemu yang punya cita rasa memanjakan lidah!

Dalam seporsi sego babat kamu akan menjumpai nasi hangat, babat goreng, serundeng, dan sambalnya yang gurih dan pedas mantap. Menu yang bisa dipesan di sini antara lain Nasi Campur Babat dan Nasi Campur Empal. Jika ingin memuaskan rasa penasaran, datang saja langsung ke Sego Babat Mbok Lemu yang berada di Jalan Raya Darmo Permai, Surabaya.

Itu tadi beberapa rekomendasi kuliner malam Surabaya yang layak dicobain selama liburan ke Kota Pahlawan. Mana yang paling ingin kamu cicipi duluan nih, KLovers?

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI