19 Cara Mengatasi Rambut Mengembang, Kenali Juga Penyebabnya

Rabu, 30 Juni 2021 18:33 Penulis: Anik Setiyaningrum
19 Cara Mengatasi Rambut Mengembang, Kenali Juga Penyebabnya
Ilustrasi (Credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Memiliki rambut yang sehat dan mudah diatur merupakan impian banyak orang. Namun sayangnya, ada saja masalah yang menyebabkan rambut mengembang atau acak-acakan. Hal itu akan menjadi hal yang menyebalkan saat kalian harus menghadiri suatu acara penting. Jika sudah seperti itu, kalian perlu mencari cara mengatasi rambut mengembang agar masalah tak makin panjang.

Sebenarnya, cara mengatasi rambut mengembang bergantung pada kebiasaan sehari-hari yang kalian jalani. Penerapan hidup bersih seperti mandi dan keramas secara rutin dan memakai serangkaian produk perawatan rambut bisa menjadi solusi.

Nah, jika rambut sudah terlanjur mengalami kerusakan, kalian perlu mengatasinya dengan usaha ekstra. Sebelum mengetahui cara mengatasi rambut mengembang selengkapnya, simak dahulu informasi mengenai penyebabnya berikut ini.

 

1. Penyebab Rambut Mengembang

Menurut dr. Caecilia Haryu Aryapti yang dilansir dari Alodokter, kulit kepala (folikel rambut/lubang tempat tumbuh rambut) memproduksi minyak/sebum yang berfungsi untuk melembabkan kulit kepala dan rambut. Nah, jika kondisi permukaan kulit kepala ini kering, bisa jadi menyebabkan rambut mengembang. Pada kondisi tertentu, produksi minyak di kulit kepala secara alamiah ini bisa terganggu atau berkurang.

Penyebabnya antara lain, jadwal keramas yang terlalu sering atau lebih dari 4 kali dalam seminggu. Jika kalian tak melakukan kegiatan yang membuat produksi keringat berlebih, seperti olahraga atau kegiatan di luar rumah lainnya, jadwal keramas cukup dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Selain keramas yang terlalu sering, paparan sinar matahari secara langsung dan terlalu sering pada rambut juga bisa menyebabkan rambut mengembang. Hal ini bisa terjadi karena sinar matahari dapat merusak keratin rambut. Senyawa tiol pada rambut akan teroksidasi dan menjadi asam sulfonat. Dengan begitu, rambut kalian akan kering dan tak sehat.

Kalian juga perlu memperhatikan penggunaan produk seperti cat rambut, obat pelurus, juga pengeriting rambut yang bisa menyebabkan iritasi. Belum lagi ditambah dengan penggunaan alat pengering dan pelurus rambut yang menghasilkan angin dan efek panas yang mungkin terlalu berlebihan sehingga menyebabkan rambut dan kulit kepala menjadi lebih kering dari yang seharusnya.

Beberapa penyebab di atas perlu kalian kurangi dan imbangi dengan cara mengatasi rambut mengembang melalui berbagai perawatan serta kebiasaan baik yang harus dilakukan. Cara mengatasi rambut mengembang selengkapnya bisa kalian simak pada informasi yang dihimpun dari berbagai sumber berikut ini.

 

2. Cara Mengatasi Rambut Mengembang dengan Masker

1. Minyak Kelapa

Mengoleskan minyak kelapa ke rambut dan kulit kepala bisa meningkatkan kelembaban rambut. Sifat minyak kelapa yang mudah diserap rambut bisa menjaga kadar protein yang ada di dalamnya.

Hal ini membuat minyak kepala sangat potensial untuk mengatasi rambut yang kering dan mengembang. Cara mengatasi rambut mengembang dengan minyak kelapa bisa dilakukan dengan mengoleskan dan mendiamkannya selama 15 menit sebelum keramas.

2. Minyak Argan

Minyak argan dipercaya dapat menjaga kelembaban dan menyehatkan rambut karena mengandung asam aleat, asam linoleat, dan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan.

Cara mengatasi rambut mengembang dengan minyak argan mirip dengan pemakaian leave on conditioner. Kalian hanya perlu mengoleskannya sebelum menyisir rambut dan perlu membilasnya. Dengan memakai sedikit minyak argan dan dilakukan secara rutin, kalian bisa mendapatkan rambut lembut dan mudah diatur.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan bahan alami yang berkhasiat menjaga kelembaban rambut. Menggunakannya sebagai masker merupakan cara mengatasi rambut mengembang yang ampuh. Selain mengatasi rambut kering dan mengembang, minyak zaitun juga bisa menambah kilau rambut.

Kandungan vitamin A dan antioksidan di dalamnya berguna untuk melindungi keratin rambut. Dengan menggunakannya secara rutin sebelum keramas, kalian bisa mendapat manfaat berupa rambut sehat dan berkilau setiap hari.

4. Cuka Apel

Jika kondisi rambut terlalu basa, kutikula rambut menjadi terbuka dan membuat rambut terlihat mengembang. Cuka apel yang asam akan membantu mengatasi masalah tersebut. Tuangkan cuka apel ke dalam segelas air.

Siramkan campuran itu ke rambut secara perlahan, pastikan membasahi semua bagian rambut secara merata, kemudian diamkan selama 1-3 menit dan bilas hingga bersih. Kalian bisa melakukan ini dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut yang sehat dan bersinar karena cuka apel juga berguna untuk menyingkirkan residu pada rambut, lho, KLovers.

5. Pasta Alpukat

Cara mengatasi rambut mengembang bisa kalian tempuh dengan menggunakan pasta alpukat sebagai masker. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam alpukat, seperti vitamin A dan E bisa menyehatkan rambut secara alami.

Kalian bisa membuat sendiri masker rambut alpukat dengan menghaluskan satu buah alpukat dan dicampur dengan 2 sendok minyak kelapa. Oleskan merata pasta tersebut ke rambut dan kulit kepala. Kemudian bungkus dan diamkan selama 20-30 menit dan cuci sampai bersih menggunakan shampo.

6.Telur

Kandungan nutrisi pada telur, seperti biotin (vitamin B7) dan lemak jenuh bisa bermanfaat bagi rambut kalian. Cara mengatasi rambut mengembang dengan telur ini pun cukup simpel. Kalian perlu menyiapkan 2 butir telur, mengocoknya, kemudian oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala.

Tutup rambut dengan shower cap dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, cuci rambut sampai bersih untuk menghilangkan aroma amis telur. Kalian bisa melakukan perawatan ini 1-2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut sehat dan mudah diatur.

7. Madu

Madu dipercaya sebagai bahan alami yang memiliki banyak khasiat termasuk untuk mengatasi rambut mengembang yang kalian alami. Cara mengatasi rambut mengembang menggunakan madu cukup mudah. Kalian hanya perlu menyiapkan dua sendok madu dan minyak kelapa.

Campurkan dua bahan tersebut dan panaskan sebentar. Setelah dingin, kalian bisa mengoleskannya pada helaian rambut, diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

8. Produk Masker Rambut

Selain bahan alami yang sudah dijelaskan di atas, kalian juga bisa menggunakan produk masker rambut yang dijual di pasaran sebagai cara mengatasi rambut mengembang. Pilih masker rambut yang sesuai dengan kondisi rambut kalian. Nutrisi yang ada di dalamnya bisa melembabkan, menutrisi, dan membuat rambut tak mudah kusut.

Lakukan hal ini minimal satu kali dalam seminggu agar memperoleh hasil secara maksimal.

3. Cara Mengatasi Rambut Mengembang Melalui Kebiasaan

Kebiasaan kalian dalam memperlakukan rambut sehari-hari sangat menentukan kondisinya. Oleh karena itu, kalian perlu memperhatikan cara mengatasi rambut mengembang melalui penerapan kebiasaan berikut ini.

9. Menyisir Rambut dengan Tangan Basah

Memaksakan untuk menyisir rambut yang kusut hanya akan memperburuk kondisi rambut kalian. Hal itu bisa mengganggu kutikula rambut sehingga berisiko membuatnya rusak, seperti patah dan rontok.

Oleh karena itu, lebih baik kalian menyisir rambut dalam keadaan basah setelah keramas menggunakan tangan. Selain itu, kalian juga bisa membasahi tangan untuk menyisir rambut kusut dalam keadaan kering agar mempermudah mengurainya.

10. Gunakan Kondisioner

Menggunakan kondisioner saat keramas bisa menjadi salah satu cara mengatasi rambut mengembang yang cukup efektif. Kalian bisa memilih kondisioner yang mengandung protein karena dapat mengontrol rambut yang sudah diatur serta membuat rambut tampak lebih bersinar.

Selain itu, penggunaan kondisioner secara rutin juga bisa memberi efek lemas dan halus pada rambut. Hal itu akan memudahkan kalian dalam mengaturnya setiap hari.

11. Batasi Penggunaan Hair Dryer dan Catok

Kebiasaan kalian menggunakan hairdyer dan catokan untuk tujuan memperindah rambut ternyata bisa memberi efek buruk. Tak jauh beda dengan kulit, rambut juga bisa mengalami kerusakan sebab paparan panas secara terus-menerus.

Lebih baik, kalian menggunakan kipas angin atau hair dryer bersuhu rendah jika ingin mengeringkan rambut. Jika terpaksa menggunakan catokan, pengeriting, atau hair dryer, kalian bisa mengoleskan produk rambut yang mampu melindungi suhu panas yang berlebihan.

12. Hindari Produk Beralkohol

Produk yang mengandung alkohol tinggi bisa membuat rambut makin kering dan mengembang. Cara mengatasi rambut mengembang bisa kalian tempuh dengan memilih produk rambut yang rendah atau tanpa alkohol sama sekali.

13. Gunakan Detangler Rambut Anak

Kalian bisa menggunakan detangler rambut anak sebagai cara mengatasi rambut mengembang. Hal ini bisa kalian lakukan dengan menyemprotkan sedikit ke tangan, lalu oleskan pada rambut dari bagian tengah ke ujung.

Detangler rambut anak bisa kalian gunakan karena kandungan di dalamnya lebih ringan, sehingga tak membuat rambut terlihat berminyak.

14. Serum Rambut

Serum rambut tidak digunakan untuk memulihkan rambut yang rusak. Namun, serum bisa digunakan sebagai cara mengatasi rambut mengembang sebagai rangkaian perawatan sehari-hari.

Hal itu penting dilakukan karena serum berfungsi melindungi rambut dan mempertahankan kelembaban agar tak mudah kusut.

15. Jangan Terlalu Sering Keramas

Mungkin, kalian berpikir bahwa sering keramas merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap kebersihan rambut. Namun, perlu kalian ketahui, hal tersebut justru bisa jadi bumerang bagi rambut kalian.

Terlalu sering keramas bisa menyebabkan minyak alami pada rambut berkurang sehingga rambut tampak kering dan mengembang. Oleh karena itu, kalian perlu menentukan jadwal ideal keramas sebanyak tiga kali dalam seminggu sebagai cara mengatasi rambut mengembang.

16. Gunakan Handuk Microfiber

Penggunaan handuk microfiber bisa kalian pilih sebagai cara mengatasi rambut mengembang karena seratnya dapat menyerap air dengan lebih cepat. Rambut pun jadi lebih cepat kering.

Kalian tak perlu lagi 'mengorbankan' rambut dengan menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya, kalian bisa coba alternatif ini. Teksturnya pun lembut, aman dan tak akan menggores kutikula rambut.

17. Pilih Sarung Bantal Satin

Sarung bantal merupakan benda yang bergesekan dengan rambut saat kalian tidur. Meski terdengar sepele, kalian perlu memperhatikan hal ini sebagai cara mengatasi rambut mengembang.

Bahan satin dapat mencegah gesekan antar batang rambut sehingga tak kusut setelah bangun tidur.

18. Hindarkan Rambut dari Paparan Sinar Matahari

Matahari bisa memancarkan sinar UV yang menyumbang kerusakan pada rambut. Maka dari itu, kalian tak boleh membiarkan rambut terpapar sinar matahari terlalu sering.

Kerusakan yang disebabkan UV A ditandai dengan memudarnya warna asli rambut. Sedangkan UV B bisa menghilangkan protein rambut sehingga tampak kering dan mengembang.

Cara mengatasi rambut mengembang dalam hal ini bisa kalian lakukan dengan memakai topi atau kerudung saat berada di luar ruangan. Selain itu, kalian juga bisa memakai produk perawatan dengan filter UV agar rambut tetap terlindungi.

19. Jalankan Pola Hidup Sehat

Mengonsumsi makanan bergizi seimbang, berolahraga rutin, beristirahat cukup di malam hari (6 sampai 8 jam semalam) dan mengelola stress dengan bijaksana bisa menjadi cara mengatasi rambut mengembang.

Hal tersebut penting dilakukan karena pada dasarnya, pola hidup sehat adalah kunci kesehatan kulit dan rambut.

KLovers, itulah cara mengatasi rambut mengembang yang bisa kalian terapkan agar rambut sehat, indah, dan mudah diatur. Dengan begitu, tingkat kepercayaan diri kalian meningkat dan mendapat kenyamanan.

(Sumber: sehatq.com, alodokter.com)

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI