6 Tips Mengatasi Rambut Rusak dengan Benar dan Praktis

Kamis, 13 Agustus 2020 12:11 Penulis: Dhia Amira
6 Tips Mengatasi Rambut Rusak dengan Benar dan Praktis
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Rambut sehat dan juga indah memang menjadi idaman setiap wanita, tetapi tidak semua wanita memiliki rambut tersebut. Hal ini biasanya terjadi karena kebiasaan seperti mewarnai rambut, mencuci rambut yang berlebihan, hingga terlalu sering diikat.

Tentu saja selain alasan di atas, masih banyak lagi alasan lain yang membuat rambut kalian menjadi rusak dan terlihat tidak indah. Tetapi jangan khawatir, karena ada kok tips mengatasi rambut rusak dengan cara yang benar dan juga praktis.

Kira-kira apa saja ya cara tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 tips mengatasi rambut rusak dengan benar dan juga praktis, yang bisa jadi aktivitas rutin kalian. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Jangan Terlalu Sering Mencuci Rambut

Tips mengatasi rambut rusak yang pertama yaitu jangan terlalu sering mencuci rambut kalian. Hal ini karena shampo yang kita gunakan merupakan bahan-bahan kimia, dan bila sering dikenakan akan membuat rambut rusak dan tidak sehat lagi.

Selain itu rambut akan cepat dengan mudah kering dan juga mengembang. Dan hal ini tentu tidak baik bagi rambut kalian. Ada baiknya kalian mencuci rambut 1 hingga 2 kali dalam seminggu, atau mencucinya saat rambut sudah terasa kotor.

2. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Tips mengatasi rambut rusak yang kedua yaitu dengan memperbanyak mengonsumsi air putih. Hal itu karena air putih dapat memberikan kelembapan alami pada rambut, dan membuat rambut tetap sehat, serta tidak mudah kering dan rontok.

Selain itu air putih juga sangat baik untuk kesehatan kulit dan juga pencernaan kalian. Jadi tidak ada salahnya mengonsumsi air putih yang banyak, karena dapat memberikan kesehatan lain selain rambut kalian.

3. Jangan Menutup dengan Bahan Katun

Ternyata menutup atau membungkus rambut dengan bahan katun setelah keramas bukanlah hal yang baik ya KLovers. Itu karena bahan katun akan menyerap kelembaban kulit dan rambut kalian, sehingga rambut akan cepat kering.

Hal ini tentu sudah dibuktikan dengan penelitian oleh Mark Townsend yang merupakan seorang ahli rambut. Mark juga menyarankan ada baiknya kita tidak tidur di atas alas katun, dan bisa memilih bahan satin yang lebih lembut, serta tidak membuat rambut kusut saat kita tidur.

4. Oles dengan Minyak Alami

Tips mengatasi rambut rusak yang selanjutnya yaitu dengan mengoleskan rambut menggunakan minyak alami. Bila rambut kalian benar-benar rusak dan kering, maka kalian bisa kok memberikan minyak alami untuk memperbaiki kembali rambut kalian yang rusak.

Kalian bisa menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa murni, dan juga minyak urang-aring untuk memperbaiki rambut kalian yang rusak. Kalian bisa mengoleskan minyak ini sebelum tidur secara merata, dan biarkan saja hingga esok pagi.

Selain dapat memberikan kelembapan rambut, nyatanya minyak-minyak tadi juga dapat memperkuat akar rambut, dan membuat rambut menjadi hitam serta indah. Kalian bisa mengoleskan minyak tersebut secara rutin atau 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

5. Masker Alami

Selain mengoleskan dengan minyak alami, tips mengatasi rambut rusak selanjutnya yaitu dengan menggunakan masker alami. Kalian bisa secara rutin merawat rambut kalian dengan menggunakan masker alami sebelum mencuci rambut.

Masker alami tersebut seperti putih telur, buah alpukat, yoghurt, susu madu, dan masih banyak lagi. Selain cara ini praktis dan tidak mahal, bahan yang digunakan juga alami dan aman untuk rambut kalian.

6. Ubah Cara Menyisir

Dan tips mengatasi rambut rusak yang terakhir yaitu dengan mengubah cara kalian menyisir. Di sini pasti banyak dari para KLovers yang menyisir dalam keadaan rambut basah setelah mencuci rambut. Tetapi ternyata cara ini salah ya KLovers, karena hal ini akan merusak rambut.

Mengapa begitu? Karena rambut yang basah ada dalam keadaan yang sedang rapuh, sehingga bila kalian paksa menyisir maka akan terjadi kerontokan yang berlebih.

Ada baiknya bila kalian menyisir rambut setelah rambut kering ya KLovers. Selain itu, biasakan untuk menyisir rambut dari bagian bawah lalu dilanjutkan ke bagian atas. Hal ini juga untuk mengurangi kerontokan rambut yang berlebihan.

Itulah 6 tips mengatasi rambut rusak dengan benar dan juga praktis. Selain cara di atas, ada baiknya untuk kalian mengurangi dan tidak melakukan kegiatan seperti mewarnai rambut, dan hal-hal lain yang semakin memperburuk keadaan rambut kalian.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI