20 Wisata Kuliner di Kota Batu yang Wajib Dicoba, Biar Kebahagiaan Liburan Makin Sempurna

Rabu, 15 Januari 2020 06:44 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
20 Wisata Kuliner di Kota Batu yang Wajib Dicoba, Biar Kebahagiaan Liburan Makin Sempurna
(c) shutterstock


Kapanlagi Plus - Mengunjungi sebuah destinasi wisata rasanya tak lengkap tanpa mencoba kuliner khas daerah tersebut. Akhir tahun kemarin, sebuah kota di Jawa Timur sedang naik daun banget karena memiliki beragam wisata alam dan buatan yang menarik. Kamu tentunya sudah familiar dong sama reputasi Kota Batu yang sukses menarik minat wisatawan dari berbagai kota di Indonesia.

Di Kota Batu memang ada banyak sekali wahana wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan dari segala usia. Kalau memiliki keinginan atau rencana melewatkan quality time di sana bersama keluarga, jangan lupa untuk mencicipi deretan wisata kuliner di Batu yang nikmatnya bikin susah move on. Berikut 20 wisata kuliner di Kota Batu yang wajib dicoba, biar kebahagiaan liburan bareng orang-orang tersayang makin sempurna dan tak terlupakan.

 

1. Mie Soden Selecta

(c) shutterstock(c) shutterstock

Kalau kamu tahu, Selecta termasuk salah satu destinasi wisata paling tua di Kota Batu. Menariknya, di sana terdapat sebuah warung makan yang kini telah menjelma sebagai wisata kuliner wajib di Kota Batu. Namanya adalah Mie Soden yang meski buka hanya pada malam hari, tapi tak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar Kota Batu.

Mie Soden pada dasarnya menjual Indomie yang diracik dengan bumbu tradisional dan dijadikan varian Mie Soden Goreng dan Rebus. Bisa dipilih juga kamu mau porsi yang biasa apa jumbo. Disediakan juga beberapa topping, seperti salah satunya telur puyuh. Lokasinya sendiri berada di dekat wisata Selecta tepatnya di Jl. Raya Selecta, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, dan buka mulai pukul 7 malam. Menikmati Mie Soden dengan sensasi dingin di ketinggian 1100 Mdpl dengan hamparan kelap-kelip Kota Batu bakal jadi pengalaman tak terlupakan. Namun, bersabar dengan antrean yang biasanya cukup panjang, ya.

2. Pos Ketan Legenda

(c) shutterstock(c) shutterstock

Berada di kawasan Alun-Alun, Pos Ketan Legenda termasuk salah satu wisata Kuliner di Kota Batu yang paling ramai dan hits. Buka sore hingga dini hari, lidah bakal dimanjakan dengan varian ketan yang bermacam-macam, seperti Ketan Keju, Ketan Kicir, Ketan Ayam, Ketan Cokelat Keju, Ketan Ayam, dan masih banyak lagi. Harganya juga terjangkau dan nggak perlu khawatir, selain di Alun-Alun Kota Batu, Pos Ketan Legenda juga telah membuka beberapa cabang. Di antaranya di Jalan Ir. Soekarno dan Jalan Pattimura, semuanya masih di daerah Batu.

3. Bakso Bakar Bambu Wulung

Jalan-jalan ke Batu kurang lengkap rasanya kalau tidak mencicipi bakso. Di Kota Batu, ada salah satu warung bakso bakar legendaris yang begitu terkenal berkat cita rasa memanjakan lidah. Terletak di Jl. Raya Sumbersekar, RT.7/RW.3, Banjartengah, Sumbersekar, Kecamatan Dau, bersiap-siap buat bikin perut kenyang dengan kenikmatan luar biasa di Bakso Bakar Bambu Wulung.

Di Bakso Bakar Bambu Wulung kamu bisa memilih deretan menu lezat, seperti Bakso Bakar Campur, Bakso Biasa, Iga Bakar. Sedangkan minumannya bisa dipilih juga, seperti Es Pasundan, teh, kopi, dan lain sebagainya. Bangunan warungnya terbuat dari bambu dan dari sini juga kamu bisa memanjakan mata dengan hamparan sawah hijau berikut pemandangan Kota Malang. Menu bakso bakarnya benar-benar ampuh bikin siapa saja ketagihan. Buktikan sendiri, deh!

4. Depot Susu KUD Ganesha Batu

Kembali ke daerah sekitar Alun-Alun, ada Depot Susu KUD yang juga jadi salah satu wisata kuliner khas di Kota Batu. Di sinilah tempat terbaik untuk merasakan nikmatnya susu sapi murni dengan beragam varian. Misalnya Susu Telor Madu Jahe, Susu Madu, Susu Strawberry, Susu Cokelat, Kopi Susu, hingga aneka olahan susu yang lain. Tak perlu khawatir, kalau mau dibawa pulang sebagai oleh-oleh, ada juga susu dalam kemasan yang disediakan dalam berbagai ukuran.

5. Warung Makan Mesir

Mau ajak keluarga buat makan menu berat dengan cita rasa yang tak perlu diragukan? Coba datang ke Warung Makan Mesir yang terletak di Jl. Diponegoro No.32, Sisir, Kota Batu. Masih berada di area Alun-Alun Kota Batu, di sini kamu dan keluarga akan dimanjakan dengan aneka hidangan ala Timur Tengah. Beberapa menu yang paling sering dipesan seperti Roti Cane, sate, gulai, iga, dan lain sebagainya. Namun yang paling wajib dicoba adalah Kambing Oven, disajikan dari daging kambing yang empuk dan nggak bau sama sekali. Racikan bumbu rempahnya siap bikin wisatawan balik lagi!

6. Warung Sidik

Warung untuk makan berat lain yang wajib dicoba ketika datang ke Kota Batu adalah Warung Sidik. Lokasinya ada di Jl. KH. Agus Salim No. 47, Kota Batu, dan di sana wisatawan bisa menikmati aneka sajian khas Jawa Timur, seperti tahu telur, rujak, rawon, kare, pecel, nasi campur, krengsengan, dan lain sebagainya. Urusan rasa serta porsi nggak perlu diragukan lagi, dijamin kenyang dan ketagihan. Pas banget dikunjungi saat kamu dan keluarga ingin mengisi perut usai berkeliling Kota Batu.

7. Sate Hotplet

Menikmati sajian sate di atas hot plate? Bisa kamu temukan di warung Sate Hotplet Batu yang alamatnya ada di Jl. Patimura No. 40, Temas, Kota Batu. Ada tiga jenis daging yang disajikan sebagai menu utama, yaitu menu daging kambing, sapi, dan ayam. Bumbunya lezat, daging lembut serta potongan yang cukup besar dijamin ampuh bikin pengunjung merasa puas. Range harganya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 75 ribu.

8. Yoenoes STMJ & Roti Bakar

Bicara soal kuliner ada tongkrongan malam di Kota Batu, jangan lewatkan kesyahduan menikmati obrolan hangat bersama kerabat di Yoenoes STMJ & Roti Bakar. Lokasinya cukup strategis karena berada di deretan hotel dan penginapan yang sering dikunjungi, yaitu Jalan Panglima Sudirman di Desa Pesanggrahan.

Buka dari sore jam 4 hingga pukul 2 dini hari, Yoenoes STMJ & Roti Bakar menawarkan beragam menu susu, seperti STMJ, susu cokelat, susu murni, kopi susu, dan lain sebagainya. Selain itu ada juga aneka varian roti bakar yang pas dimakan bersama segelas susu panas. Mau penganan gurih? Pesen aja bermacam mie instan, seperti Indomie telur corned. Ngobrol sampai pagi, nggak masalah!

9. Pupuk Bawang

(c) shutterstock(c) shutterstock

Tak jauh dari Yoenoes STMJ & Roti Bakar, ada sebuah kafe hits yang nggak pernah sepi dikunjungi oleh milenial di Kota Batu dan para wisatawan dari berbagai kota lain. Namanya Pupuk Bawang yang beralamat lengkap di Jl. Panglima Sudirman No.116, Pesanggrahan ini menawarkan suasana menyenangkan. Para pengunjung dapat menikmati aneka makanan nikmat dengan pelayanan kelas satu. Makin istimewa kalau ke sini sore hari karena kamu juga akan dimanjakan pemandangan sawah hijau membentang ditemani sinar matahari sore. Instagramable banget deh!

10. Warunk WOW KWB

Opsi lain kalau mau nongkrong sampai pagi, ajak teman-teman terbaik buat datang ke Warunk WOW KWB yang juga masih berada di kawasan Jalan Panglima Sudirman. Kafe yang satu ini punya beragam menu teh, kopi, dan susu, sedangkan untuk makanan ada penganan berat dan aneka jajanan ringan. Nggak perlu khawatir karena tempat nongkrong hits ini buka 24 jam, lho!

11. Bakso Ganteng

Berencana nongkrong sampai pagi? Ada juga pilihan lain yang bisa kamu datangi. Menikmati dinginnya Kota Batu makin lengkap ditemani semangkuk bakso pedas nikmat. Datang sekalian nongkrong di Bakso Ganteng yuk KLovers, yang berada di Jalan Suropati, Desa Ngaglik. Buka dari jam 6 sore hingga 4 dini hari, pengunjung akan dimanjakan dengan aneka varian bakso daging asli yang empuk dan memanjakan lidah.

Baksonya enak, bumbunya mantap, selain itu di sana disediakan aneka minuman favorit. Tinggal tunjuk aja, nanti langsung dibikin sama pemiliknya. Makin nyaman buat nongkrong juga karena disediakan jaringan Wi-Fi.

12. Kopi Letek

Berpindah lagi ke area sekitar alun-alun, ada sebuah kafe mungil bertingkat yang berada di antara bangunan-bangunan cukup tinggi di sekitarnya. Nongkrong sore hari paling pas sambil menikmati secangkir kopi favorit di Kopi Letek Batu. Datanglah ketika momen Golden Hour dan berburulah foto Instagramable dengan latar belakang deretan pegunungan berikut bianglala raksasa di alun-alun Batu. Cahaya mentari sore hari bakal bikin jepretan kamu makin ciamik! Soal menu, pilih sendiri mana jenis kopi yang jadi favorit.

 

13. Bakso Pak Ajib

(c) shutterstock(c) shutterstock

Masih di sekitar alun-alun, tepatnya di Jalan Semeru seberang Gedung Graha Wangsa ada warung bakso yang nggak pernah sepi oleh pembeli. Bakso Pak Ajib sudah konsisten berjualan sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. Tak mengherankan jika saat ini ada banyak sekali pelanggan yang banyak datang dari luar kota. Kata mereka, “kurang lengkap rasanya kalau ke Batu tapi nggak mampir ke sini.”

14. Warung Amin 2

Mau sarapan pecel dengan kenikmatan bumbu yang tiada tara di Kota Batu? Mampir aja pagi-pagi ke Warung Amin 2 yang ada di Jalan Suropati No.112, Ngaglik, Kota Batu. Yang paling banyak dipesan sih memang nasi pecel dengan bumbu pekat dan pedas sesuai request. Namun di sini juga tersedia hidangan lain seperti rawon dan gulai. Jangan lupa cicipin peyeknya yang super gurih ya.

15. Warung Rujak Bu Any

Craving rujak pas lagi di Batu? Coba datang ke Jalan Sakura No.20. A, Pesanggrahan karena kenikmatan rujak cingur di Warung Rujak Bu Any siap memanjakanmu. Bersiap sedikit antre ya kalau ke sini, apalagi pas jam makan siang karena banyak pengunjung yang rela menunggu demi mencicipi kelezatan rujak cingurnya. Request mau dibikinin pakai sambal berapa juga bisa, tinggal sesuaikan aja sama selera.

16. Warung Wareg

(c) shutterstock(c) shutterstock

Tempat makan dengan konsep keluarga dan aneka menu lezat bisa diperoleh di Warung Wareg yang ada di Jl. Raya Dieng No.9, Sidomulyo dan Jl. Raya Ir. Soekarno No. 7, Mojorejo, Junrejo, Kota Batu. Buka setiap pukul 10 pagi hingga setengah 9 malam, siap-siap dibikin bingung sama deretan menu yang ada. Mulai dari olahan gurami, ayam, bakmie, lalapan, sate, hingga aneka sambal. Tempatnya juga nyaman kok jadi nggak perlu khawatir meski ramai-ramai bareng keluarga bakal tetap enjoy.

17. Bakso Arief

Ini dia salah satu kuliner yang paling dicari wisatawan ketika datang ke Kota Batu. Nggak heran kalau Bakso Arief membuka beberapa kedai sekaligus, demi memudahkan pelanggan yang ingin mencicipi bakso yang nikmat. Yang pertama ada di sekitar alun-alun tepatnya di Jalan Diponegoro sedikit berseberangan dengan Warung Mesir, dan yang kedua masih ada di Jalan yang sama tapi berada tepat di pojokan seberang Lippo Mall. Urusan cita rasa tetap memanjakan lidah dengan banyak varian bakso dan toping yang lain. Harganya? Terjangkau banget!

18. Ria Djenaka Shining Batu

Makan bersama keluarga besar sembari menikmati pemandangan gunung yang indah? Dapatkan di Ria Djenaka Shining Batu yang alamatnya ada di Jalan Raya Beji. Dekat banget sama Jatim Park 3 KLovers, jadi usai seru-seruan di sana kamu bisa langsung berisitirahat sembari menikmati view dan mengisi perut. Setting tempatnya benar-benar diperuntukkan bagi keluarga, tapi muda-mudi pun juga banyak yang ke sini. Menunya bermacam juga, ada salad, beef, gurami, pizza, rice, dan minumannya ada variasi espresso, cappuccinofloatmilkshake, dan masih banyak lagi. Khusus pada hari-hari tertentu, bakal ada live music juga.

19. Bakso Damas Omah Kentang

Warung bakso yang satu ini memiliki konsep unik, di mana setiap weekend pengunjung tak hanya bisa menikmati bakso tapi juga kentang rebus gratis sepuasnya! Yup, that’s why dinamakan Bakso Damas Omah Kentang. Tempatnya begitu bersih, interiornya juga oke, dan porsi bakso lengkap cuma perlu bayar Rp 16.000 aja udah dapet bakso halus, bakso kasar, siomay, tahu, mie, dan lain-lain.

20. Bakso Arema Cak Tono

Masih soal bakso, tepatnya di Jalan Diran ada salah satu bakso yang juga wajib dikunjungi. Bakso Arema Cak Tono yang ternyata menjadi favorit Ibu Walikota Batu, Dewanti Rumpoko. Ada banyak varian bakso yang bisa dipilih, mulai dari bakso urat, telur, kikil, goreng, bakar gunung, dan aneka varian toping seperti goreng, siomay, tahu, mie usus, jamur, dan lain-lain. Menggunakan daging sapi asli, harganya benar-benar terjangkau.

Itu tadi 20 wisata kuliner di Kota Batu yang bakal bikin jalan-jalanmu makin menyenangkan. Biar liburan makin sempurna!

(kpl/zki)



MORE STORIES




REKOMENDASI