25 Cara Dapat Uang dari Internet, Bisa Dilakukan dengan Modal yang Minim

Penulis: Puput Saputro

Diperbarui: Diterbitkan:

25 Cara Dapat Uang dari Internet, Bisa Dilakukan dengan Modal yang Minim
Cara dapat uang dari internet (credit: pixabay)

Kapanlagi.com - Kehadiran internet telah membawa banyak manfaat di kehidupan saat ini. Internet sering jadi rujukan banyak orang menyelesaikan masalah. Dengan memanfaatkan bakat dan peluang yang ada, internet bisa jadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Karenanya, tak heran jika kemudian banyak orang yang mencari cara dapat uang dari internet.

Saat ini, banyak orang yang memanfaatkan internet sebagai ladang pencarian. Malahan, seperti yang kita tahu belakangan kita mengenal sejumlah profesi khusus yang berkaitan erat dengan internet. Tak tanggung-tanggung, beragam profesi yang memanfaatkan internet diketahui bisa mempunyai penghasilan fantastis. Tak heran, belakangan makin banyak orang yang berupaya mencari penghasilan lebih lewat internet.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari internet. Apa sajakah itu? Langsung saja, simak beberapa ulasannya berikut ini.

 

1. Cara Dapat Uang dari Internet Lewat Media Sosial

Media sosial muncul sebagai satu fenomena di era internet. Semula, media sosial menjadi satu wadah untuk berkomunikasi, mencari informasi, dan mengekspresikan diri. Namun kini media sosial juga bisa jadi jalan yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan uang. Berikut beberapa cara dapat uang dari internet, khususnya media sosial.

1. Menjadi Selebgram

Selebgram atau selebriti instagram kini sudah dipandang sebagai salah satu profesi. Dengan menjadi selebgram, kalian bisa memperoleh penghasilan dari endorsement. Tapi menjadi selebgram kalian harus bisa mendapatkan banyak followers membuat postingan yang menarik.

2. Menjadi Youtuber

Sama seperti selebgram, youtuber juga tengah jadi profesi idaman banyak orang. Youtuber memperoleh penghasilannya dari adsense berdasarkan video yang ditonton berulang kali. Untuk menjadi youtuber, kalian harus bermodalkan perangkat kamera, koneksi internet, tentunya konsep video yang menarik dan fresh. Terlebih saat ini beragam konten yang bisa dibuat di youtube, mulai dari kuliner, game, dan masih banyak lainnya.

3. Menjadi Blogger

Jika kalian hobi menulis, mungkin menjadi blogger bisa jadi cara dapat uang dari internet yang tepat. Pasalnya, blog atau website yang sudah aktif juga bisa bisa didaftarkan untuk memperoleh Google Adsense. Di blog, kalian bisa membuat konten yang sesuai hobi sehingga akan terasa lebih menyenangkan dan mudah dikerjakan.

4. Konten Kreator TikTok

Selain instagram, kini tiktok juga jadi satu media sosial yang cukup digemari. Karenanya, menjadi konten kreator tiktok juga bisa jadi ladang penghasilan menjanjikan. Ada banyak pilihan konten tiktok yang bisa kalian buat, mulai dari yang menghibur hingga edukatif.

5. Menjadi Podcaster

Konten podcast juga tengah digandrungi belakangan ini. Dengan membuat obrolan seputar topik yang menarik, kalian bisa menghasilkan sejumlah uang. Apalagi, saat ini ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan untuk membuat podcast. Mulai dari youtube, spotify, dan sebagainya.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Cara Dapat Uang dari Internet dengan Berjualan

Internet juga seringkali dimanfaatkan untuk membesarkan usaha. Kalian bisa memasarkan dagangan di internet melalui website atau media sosial. Dengan memanfaatkan internet, kalian tak saja akan mengembangkan usaha tapi juga akan mendapat penghasilan yang berlipat. Berikut beberapa cara dapat uang dari internet dengan cara berjualan.

6. Membuka Toko Online

Dengan membuka toko online, kalian bisa menjual produk sendiri. Apalagi, saat ini sudah banyak platform e-commerce sehingga membuka toko online juga bisa dilakukan dengan lebih mudah.

7. Menjual Karya Foto

Untuk yang hobi fotografi, kalian juga bisa menjual hasil foto kalian di internet. Kegiatan yang mungkin bersifat hobi tersebut bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet. Jadi, dengan mencoba cara ini hasil foto kalian tak akan sekadar menuhin memori.

8. Menjual Hasil Desain

Kalian yang passion di bidang desain, juga bisa menjual hasil desain kalian di internet. Di internet, hasil karya desain kalian akan dikenal luas. Tak saja laku di pasaran, kalian juga bisa mendapatkan klien yang lebih banyak ke depannya.

9. Bisnis Thrift Shop

Menjalankan bisnis thrift shop juga bisa jadi peluang bisnis menjanjikan di era internet ini. Thrift shop bisa diartikan sebagai bisnis yang memungkinkan konsumen tetap tampil trendy dengan belanja hemat. Sehingga, tak heran jika thrift shop juga begitu digemari. Karenanya, bisnis ini tentu sangat layak kalian coba.

10. Bisnis Barang Pre-Order

Salah satu yang menarik dari berbisnis atau berjualan di internet, kalian bisa menjalankannya dengan sistem pre-order. Sehingga, akan meminimalisir kerugian mdoal. Paslanya, dengan sistem ini kalian bisa mendapatkan uang dengan modal kecil karena sudah diperoleh dari calon pembeli.

11. Jual Aksesori Handmade

Kalian yang kreatif dan gemar menghasilkan karya seni, seperti aksesori unik. Kalian bisa menyusun strategi untuk memasarkannya di internet. Dengan begitu, hasil karya kalian akan banyak pelanggan.

12. Dropshipper

Jika tak sanggup menjual barang dagangan sendiri, kalian juga bisa berjualan dengan sistem dropshipper. Dropship merupakan bisnis yang tak membutuhkan banyak modal. Artinya, kalian hanya perlu membuat iklan, menarik pelanggan, dan biarkan proses pengiriman barang dilakukan secara langsung oleh produsen.

13. Jual Buket Bunga/Bingkisan

Yang tak kalah populer dan cukup menjanjikan di era media sosial ini adalah berjualan buket bunga atau bingkisan lainnya. Bisnis ini biasanya akan ramai pada momen perayaan tertentu seperti pernikahan, ulang tahun, dan wisuda, jasa ini jelas sangat diperlukan. Menarik, bukan?

14. Jual Minuman dan Makanan Online

Kalian yang hobi masak atau punya keterampilan meracik minuman, kalian bisa coba bisnis jual beli makanan secara online. Tanpa perlu buka kedai offline, kalian tetap punya cara mendapatkan uang kan. Itu artinya, usaha ini bisa dijalankan dengan modal yang minim tapi cukup menjanjikan.

 

3. Cara Dapat Uang dari Internet Menawarkan Jasa

Selain menjual barang dagangan, kalian juga bisa menawarkan jasa atau kemampuan yang kalian miliki di internet. Berikut beberapa cara dapat uang dari internet dengan menawarkan jasa.

15. Menjadi Kontributor Media

Untuk kalian yang punya kemampuan menulis yang bagus, coba beranikan diri untuk menjadi kontributor dengan mengirimkan hasil tulisan ke sebuah media. Biasanya, dari tulisan yang berhasil diterbitkan, kalian akan mendapatkan semacam honorarium.

16. Menjadi Penulis Freelance

Selain menjadi kontributor, kalian juga bisa menjadi seorang penulis freelance. Kalian bisa menulis untuk suatu media atau menulis sesuai dengan pesanan klien. Di masa sekarang ini, ada beragam jenis tulisan yang bisa kalian tawarkan, mulai dari konten edukasi, konten marketing, bahkan caption foto yang menarik sekalipun.

17. Menjadi Tutor Online

Jika kalian seorang yang tertarik dengan pendidikan dan punya kemampuan mengajar, kalian bisa coba buka kelas online sesuai dengan fokus keahlian. Cara dapat uang dari internet ini juga bisa lakukan dengan membuat lembaga kursus atau secara pribadi. Seperti bahasa asing, desain, menulis, bisa kalian ubah menjadi penghasilan dengan cara ini.

18. Membuka Jasa Titip

Jastip atau jasa titip tentu sudah jadi satu istilah yang sudah tak asing lagi. Pemilik usaha jastip bisa menawarkan fasilitas kepada orang yang kesulitan berbelanja di tempat tertentu. Dari jasa atau fasilitas tersebut, kalian bisa mengajukan sejumlah tarif sebagai upah atau ongkos membelanjakan. Agar mendapatkan banyak pelanggan, kalian bisa memasarkan jastip kalian di media sosial atau internet.

19. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan cara mendapatkan uang dari komisi dalam sebuah pemasaran. Misalnya, ketika penjual online akan memberikan komisi kepada kalian setiap kali ada orang yang berbelanja menggunakan nomor referensi kalian.

20. Event Organizer

Membuka jasa event organizer juga bisa menjadi peluang di era internet ini. Terutama, bagi kalian yang kreatif untuk mengemas acara tersebut. Kalian bisa menggandeng pengusaha di bidang dekorasi, catering, hingga hiburan untuk mewujudkan acara yang terorganisir dengan baik.

21. Jasa Cuci Sepatu

Meski terkesan sepele, mencuci sepatu merupakan pekerjaan yang belum tentu bisa dilakukan semua orang. Sebagian orang lebih memilih memakai jasa cuci sepatu karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan risiko kesalahan yang akan mereka lakukan saat mencuci sendiri. Nah, kalian bisa coba mempelajari cara mencuci sepatu sebagai ladang penghasilan baru, lho, KLovers!

22. Jasa penitipan Hewan Peliharaan

Usaha jasa lain yang tak kalah menarik adalah jasa penitipan hewan peliharaan. Jasa ini bisa jadi satu solusi bagi kalian saat harus meninggalkan hewan peliharaan sendirian di rumah. Dengan mematok sejumlah uang jasa, kalian bisa mendapat keuntungan, terlebih pada hari-hari besar seperti hari saya yang memungkinkan banyak orang berpergian dan terpaksa meninggalkan hewan peliharaannya.

 

4. Cara Dapat Uang dari Internet Lainnya

Selain dengan memanfaatkan media sosial, berjualan, dan menawarkan jasa, masih ada beberapa cara dapat uang dari internet lainnya. Apa sajakah itu?

23. Investasi

Investasi merupakan cara mendapatkan uang mudah bagi kalian yang punya rencana jangka panjang. Kalian bisa berinvestasi sesuai dengan kebutuhan dan tujuan. Reksadana merupakan salah satu investasi online yang sering digunakan, kalian bisa mencobanya.

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari internet. Kalian juga bisa memanfaatkan berbagai platform di dalamnya sebagai lapak iklan dan jualan untuk menghasilkan keuntungan.

24. Trading Saham

Meski trading saham sering dibayangkan sebagai cara mendapatkan uang dari internet, proses yang perlu kalian jalani untuk mendapat keuntungan cukup rumit, lho, KLovers! Trading saham memang cara yang lazim, tapi kalian perlu mengasah skill, belajar, dan terus up date pengetahuan agar tak merugi. Jika kalian melewatkan proses tersebut, keuntungan yang dibayangkan tak akan tercapai.

25. Mengikuti Survei Berbayar

Terdapat perusahaan survei yang memberi komisi berupa poin yang bisa diuangkan. Poin tersebut bisa kalian dapat setiap kali selesai mengisi survei. Bukankah ini kegiatan yang terdengar cukup familiar? Kalian hanya perlu menjawab pertanyaan survei yang diberikan dan bisa mendapatkan penghasilan.

Itulah di antaranya 25 cara dapat uang dari internet. Gimana, tertarik coba yang mana?

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending