26 Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Mudah, Tanpa Modal Besar

Penulis: Anik Setiyaningrum

Diterbitkan:

26 Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Mudah, Tanpa Modal Besar
Ilustrasi (Credit: Pixabay)

Kapanlagi.com - Persaingan di dunia kerja makin tinggi. Sebagian orang harus lebih banyak bergerak agar tetap punya penghasilan. Berbagai cara mendapat uang pun bermunculan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Salah satunya, yaitu cara mendapatkan uang dari internet.

Cara tersebut bisa dilakukan dengan memanfaatkan keterampilan yang kalian punya. Cara mendapatkan uang dari internet sekarang ini tak hanya lewat pekerjaan-pekerjaan konvensional atau yang sudah ada sejak dulu. Kini, bahkan kalian bisa mendapatkan uang meski hanya di rumah.

Cara mendapatkan uang dari internet sudah menjadi hal lazim di mata masyarakat. Banyak orang yang mulai membangun usaha bermodal keterampilan dan keberanian, memanfaatkan media sosial untuk menggelar dagangan. Tak hanya berjualan, masih banyak model pekerjaan yang bisa kalian lakukan. Untuk mengetahuinya, simak informasi yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

 

1. Cara Mendapatkan Uang dari Internet dan Media Sosial

Media sosial merupakan tempat kalian saling sapa dengan sanak keluarga. Mengingat fungsinya sebagai tempat berkumpul, kalian bisa mulai membuka bisnis melalui media sosial, seperti berikut ini.

1. Konten Kreator TikTok

Salah satu platform yang tak disangka bisa menjadi sumber penghasilan adalah TikTok. Ingatkah kalian dengan Bowo TikTok yang sempat dihujat netizen karena kegemarannya membuat video singkat? Nah, fitur TikTok kini makin beragam, kreativitas penggunanya pun makin tinggi, sehingga banyak perusahaan yang memanfaatkan platform ini sebagai cara pemasaran. Nah, kalian juga bisa menjadi salah satu konten kreator yang berpeluang mendapat endorsement dari klien.

2. Menjadi Blogger

Cara mendapatkan uang dari internet juga bisa kalian tempuh melalui blog. Blog atau website yang sudah aktif memuat berbagai hasil karya kalian bisa didaftarkan dalam program Google Adsense. Dengan begitu, kalian bisa mendapat penghasilan dari klik iklan yang ada blog. Program yang disebut Pay Per Click (PPC) ini memungkinkan publisher mendapat penghasilan melalui setiap klik yang dilakukan visitor.

3. Menjadi Youtuber

Youtuber menjadi salah satu profesi impian yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. Profesi ini booming dan menjadi impian banyak orang karena tampak potensial sebagai cara mendapatkan uang dari internet. Bermodal perangkat kamera dan koneksi internet, kalian bisa menjual kreativitas untuk mendapat adsense Youtube.

4. Layanan Live Streaming

Bagi kalian yang hobi main game, coba manfaatkan hal tersebut untuk menghasilkan uang. Hanya dengan merekam kegiatan bermain game dan menyiarkannya secara langsung, kalian bisa mendapat hadiah dari para penonton. Kalian juga bisa membuat sistem berlanggan dalam live stream ini.

5. Membuka Toko Online

Jika membuka jasa titip kurang menarik bagi kalian karena lebih suka menjual produk sendiri, cobalah untu membuka toko online. Kemaslah barang atau jasa yang kalian punya dengan semenarik mungkin untuk bisa mendapat pelanggan dan tentu saja penghasilan.

6. Membuka Jasa Titip

Jastip atau jasa titip bisa kalian lakukan untuk memberikan fasilitas kepada orang yang kesulitan berbelanja di tempat tertentu. Dengan mematok tarif pada setiap barang yang ingin dibeli kalian bisa mengantongi keuntungan yang cukup besar. Biasanya orang kesulitan berbelanja di toko online luar negeri, seperti Amazon, IndieGogo, atau Ebay karena terkendala kartu kredit atau akun PayPal. Nah, kalian bisa memanfaatkan ini sebagai cara mendapatkan uang dari internet.

7. Menjadi Selebgram

Selain menjadi youtuber, selebriti instagram atau selebgram bisa disebut sebagai salah satu profesi idaman kiwari. Pasalnya, siapa saja seolah bisa menjadi selebgram. Tak peduli latar belakang, jika kalian mampu menghasilkan kualitas konten yang tinggi untuk menghimpun follower, pada saat itulah kalian berpeluang mendapat endorsement. Jangan lupa untuk terus meningkatkan engagement, agar klien terus mempercayakan produk pada kalian.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Mudah

8. Menjual Karya Foto

Kalian punya stok foto yang hanya menumpuk di penyimpanan? Mengapa tak coba jual hasil foto tersebut ke basis penyuplai foto? Kegiatan yang mungkin bersifat hobi tersebut bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet, lho, KLovers!

9. Menjadi Kontributor Media

Jika kalian punya kemampuan menulis yang bagus, coba beranikan diri untuk mengirimkan hasil tulisan ke sebuah media. Kini, semakin banyak media cetak maupun online yang membuka kesempatan bagi siapa saja untuk menjadi kontributor. Ini bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet, bahkan tak sedikit media yang memberikan honorarium cukup tinggi untuk tulisan yang memenuhi kriteria.

Tak hanya itu, kalian juga bisa menawarkan jasa menulis sebagai freelancer. Terdapat situs berbentuk seperti agensi yang bisa menjembatani kalian dengan klien untuk mendapat pekerjaan lepas tersebut. Biasanya akan ada pembagian komisi yang bervariatif, tergantung kesepakatan kalian sejak awal.

10. Menjadi Podcaster

Saat orang lain bisa menemukan cara mendapatkan uang dari internetmelalui tulisan, foto, atau gambar, kalian juga bisa menghasilkan karya dalam format audio untuk "dijual". "Penjualan" di sini bukan bermakna sebenarnya. Kalian bisa mendapat sponsor untuk mendapat iklan yang disisipkan dalam perbincangan kalian. Itu berarti, kalian harus punya massa terlebih dahulu.

11. Menjual Desain

Tak jauh dengan pekerja lepas sebagai penulis atau fotografer, kalian bisa menawarkan jasa desain pada situs jual beli desain. Untuk memperluas pasar, kalian bisa masuk ke grup desain yang ada di berbagai platform. Dengan begitu, kesempatan kalian untuk mendapat klien yang berlangganan akan semakin besar.

12. Menjadi Tutor Online

Kini, makin banyak bidang yang bisa dikerjakan secara online, salah satunya pendidikan. Jika kalian punya kemampuan sebagai pengajar, coba buka kelas online sesuai dengan fokus keahlian. Ini merupakan cara mendapatkan uang dari internet yang bisa dilakukan dengan membuat lembaga kursus atau secara pribadi. Kemampuan seperti bahasa asing, desain, menulis, bisa kalian ubah menjadi penghasilan dengan cara ini.

13. Mengikuti Survei Berbayar

Terdapat perusahaan survei yang memberi komisi berupa poin yang bisa diuangkan. Poin tersebut bisa kalian dapat setiap kali selesai mengisi survei. Bukankah ini kegiatan yang terdengar cukup familiar? Kalian hanya perlu menjawab pertanyaan survei yang diberikan dan bisa mendapatkan penghasilan.

14. Trading Saham

Meski trading saham sering dibayangkan sebagai cara mendapatkan uang dari internet, proses yang perlu kalian jalani untuk mendapat keuntungan cukup rumit, lho, KLovers! Trading saham memang cara yang lazim, tapi kalian perlu mengasah skill, belajar, dan terus up date pengetahuan agar tak merugi. Jika kalian melewatkan proses tersebut, keuntungan yang dibayangkan tak akan tercapai.

 

3. Cara Mendapatkan Uang dari Internetdengan Modal Kecil

15. Bisnis Thrift Shop

Thrift berarti hemat dan shop berarti belanja, thrift shop bisa diartikan sebagi bisnis yang memungkinkan konsumen melakukan belanja dengan hemat. Hal tersebut bisa terjadi karena produknya merupakan barang fashion bekas yang tentu saja bermerk dan sangat layak pakai. Bisnis ini jelas lebih hemat modal daripada bisnis barang baru.

16. Jual Minuman dan Makanan Online

Kini, sudah banyak sekali perusahaan yang bergerak di bidang platform jual beli makanan secara online. Jika kalian punya keterampilan meramu makanan dan minuman, coba tawarkan saja produk kalian di berbagai platform tersebut. Tanpa perlu buka kedai offline, kalian tetap punya cara mendapatkan uang kan?

17. Bisnis Barang Pre-Order

Barang seperti kaos, tas, sepatu, dan sebagainya bisa kalian tawarkan kepada pelanggan lewat sistem pre-order. Kalian bisa memanfaatkan ini sebagai cara mendapatkan uang dari internet dengan modal kecil karena sudah mendapat uang muka dari calon pembeli.

18. Dropshipper

Dropship merupakan bisnis yang tak membutuhkan banya modal. Kalian hanya perlu membuat iklan, menarik pelanggan, dan biarkan proses pengiriman barang dilakukan secara langsung oleh produsen. Kalian tak perlu menyediakan stok, mengemas, dan mengirimkan produk kepada pelanggan.

19. Jual Aksesori Handmade

Nah, ini dia bisnis kecil yang asal ditekuni bisa menjadi cara mendapatkan uang mudah. Apalagi jika kalian punya tangan ajaib yang bisa menghasilkan asesoris yang unik dan tidak pasaran. Pamerkan hasil karya kalian dan susun strategi pemasaran menjadi semenarik mungkin untuk menarik pelanggan.

20. Event Organizer

Tak banyak orang yang punya kemampuan mengorganisir suatu acara, sekalipun itu merupakan acara kecil dan sederhana bagi beberapa orang. Nah, hal ini menjadi peluang bagi kalian yang kreatif untuk mengemas acara tersebut. Kalian bisa menggandeng pengusaha di bidang dekorasi, ketring, hingga hiburan untuk mewujudkan acara yang terorganisir dengan baik. Entah itu, pernikahan, ulang tahun, atau pesta syukuran, sikat saja!

21. Jual Buket Bunga/Bingkisan

Dalam momen perayaan seperti pernikahan, ulang tahun, dan wisuda, jasa ini jelas sangat diperlukan. Apalagi, acara-acara besar seolah terus ada sepanjang tahun. Artinya, kalian bisa terus mendapat penghasilan lewat jasa membuat buket atau dekorasi bunga yang modalnya pun tak harus besar saat memulainya.

22. Jasa Cuci Sepatu

Meski terkesan sepele, mencuci sepatu merupakan pekerjaan yang belum tentu bisa dilakukan semua orang. Sebagian orang lebih memilih memakai jasa cuci sepatu karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan risiko kesalahan yang akan mereka lakukan saat mencuci sendiri. Nah, kalian bisa coba mempelajari cara mencuci sepatu sebagai ladang penghasilan baru, lho, KLovers!

23. Jasa Gambar/Lukis Wajah

Apa kalian pernah melihat iklan jasa gambar atau lukis wajah yang bertebaran di media sosial? Nah, sebenarnya kalian juga bisa melakukan hal itu jika memang kemampuan sudah mumpuni. Apalagi jika itu merupakan hobi, coba lihat hal itu sebagai kesempatan untuk menghasilkan. Pasalnya, hasil gambar atau lukis wajah selalu cocok dijadikan sebagai bingkisan untuk orang lain atau self reward, iya kan?

24. Investasi

Investasi merupakan cara mendapatkan uang mudah bagi kalian yang punya rencana jangka panjang. Kalian bisa berinvestasi sesuai dengan kebutuhan dan tujuan. Reksadana merupakan salah satu investasi online yang sering digunakan, kalian bisa mencobanya.

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari internet. Kalian juga bisa memanfaatkan berbagai platform di dalamnya sebagai lapak iklan dan jualan untuk menghasilkan keuntungan.

25. Jasa penitipan Hewan Peliharaan

Cara mendapatkan uang dengan membuka jasa penitipan hewan peliharaan ini tak kalah menggiurkan. Apalagi jika pada dasarnya kalian penyuka hewan dan punya ruang untuk tempat tinggal sementara hewan yang dititipkan. Dengan mematok sejumlah uang jasa, kalian bisa mendapat keuntungan, terlebih pada hari-hari besar seperti hari saya yang memungkinkan banyak orang berpergian dan terpaksa meninggalkan hewan peliharaannya.

26. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan cara mendapatkan uang dari komisi dalam sebuah pemasaran. Misalnya, ketika penjual online akan memberikan komisi kepada kalian setiap kali ada orang yang berbelanja menggunakan nomor referensi kalian.

Nah, KLovers, itulah beberapa cara mendapatkan uang dari internet. Kalian bisa memanfaatkannya untuk menaruh iklan dan jualan di berbagai platform di dalamnya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending