25 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan dan Perawatan Kecantikan

Rabu, 23 Januari 2019 12:09 Penulis: Winda Carmelita
25 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan dan Perawatan Kecantikan
© Pexels.com/@pixabay

Kapanlagi Plus - Manfaat jeruk nipis tentunya sudah tak diragukan lagi. Jeruk nipis merupakan keluarga dari tanaman citrus yang mudah sekali dijumpai di Indonesia. Selain rasanya yang asam, aroma jeruk nipis menyegarkan sehingga menjadi favorit untuk campuran minuman atau pun masakan untuk menambah cita rasa. Tak heran jika buah yang satu ini familiar digunakan di Indonesia.

Tak hanya disukai karena rasa dan aromanya, manfaat jeruk nipis ternyata juga bisa dilihat dari kandungan senyawa dan vitaminnya yang baik untuk kesehatan tubuh maupun perawatan kecantikan. Jeruk nipis dominan akan vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga vitalitas tubuh dan mencegah sariawan. Tak hanya itu jeruk nipis juga mengandung vitamin-vitamin lainnya seperti B1, B2, B3, B5, kalsium, zat besi, magnesium dan juga serat. Dalam setiap 30 ml sari jeruk nipis mengandung 9,2 mg vitamin C. Angka yang cukup tinggi untuk memenuhi gizi setiap hari bukan?

Lalu, apa saja manfaat jeruk nipis bagi kesehatan dan perawatan kecantikan? Ini dia daftarnya:

Manfaat jeruk nipis untuk perawatan kecantikan

© Pexels.com/@rawpixel© Pexels.com/@rawpixel

1. Mengobati jerawat

Jerawat umumnya muncul karena kotoran, minyak dan sel kulit mati yang menyumbang pori-pori. Bakteri yang terjebak di permukaan kulit menyebabkan peradangan sehingga timbullah jerawat. Jeruk nipis mengandung antibiotik yang dapat mencegah berkembangnya bakteri penyebab jerawat.

Caranya mudah kok. Siapkan perasan jeruk nipis sebanyak setengah sendok teh, campurkan dengan satu sendok teh madu murni dan aduk rata hingga terbentuk pasta. Oleskan ke seluruh bagian wajah yang berjerawat hingga rata dan diamkan 10 menit. Bilas dengan air bersih.

Madu berfungsi untuk melembutkan kulit sementara sifat asam jeruk nipis akan mengontrol kelebihan minyal di wajah dan mencerahkan kulit bekas jerawat. Manfaat jeruk nipis yang menakjubkan bukan?

2. Mengatasi flek hitam pada wajah

Manfaat jeruk nipis bagi wajah yang tak kalah hebat adalah kemampuannya mengatasi flek hitam pada wajah. Seperti yang kita tahu, jeruk nipis merupakan bahan bleaching yang mampu mencerahkan noda pada wajah.

Caranya: peras air jeruk nipis, celupkan kapas, oleskan pada bagian wajah yang memiliki flek hitam. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas wajah sampai bersih.

Pastikan selama melakukan perawatan ini kamu tidak terpapar sinar matahari langsung ya karena perawatan dengan jeruk nipis ini membuat kulitmu sensitif terhadap sinar matahari sementara waktu. Untuk mencegah terjadinya efek yang tidak diinginkan, kamu wajib mengaplikasikan sunscreen sebelum berkontak langsung dengan sinar matahari.

3. Mencerahkan ketiak hitam

Ketiak hitam pasti bikin nggak pede. Apalagi buat perempuan yang suka menggunakan baju tanpa lengan. Nah, ketimbang merawatnya di salon kecantikan dengan biaya mahal, kenapa tidak mencoba manfaat jeruk nipis yang mampu mencerahkan?

Kamu hanya perlu menyiapkan satu buah jeruk nipis ukuran sedang. Potong menjadi dua bagian lalu gosokkan pada ketiak yang gelap selama 2-3 menit. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Lakukan perawatan rutin ini selama 3-4 kali dalam seminggu.

Oh iya, yang perlu kamu ingat, jangan lakukan perawatan ini jika ketiak sedang luka ya karena rasanya bakal pedih sekali.

4. Mengembalikan warna kulit yang gosong

Habis berlibur dari pantai? Oleh-oleh yang nggak diharapkan biasanya adalah kulit yang belang karena gosong. Nah, manfaat jeruk nipis untuk perawatan kulit ini jangan disia-siakan. Murah banget kok bahannya.

Campurkan air perasan setengah buah jeruk nipis dengan sedikit tepung jagung atau tepung maizena. Aduk sampai berbentuk pasta. Oleskan pada kulit yang belang hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini selama seminggu dan lihat perubahannya pada kulitmu.

5. Mengecilkan pori-pori wajah

Manfaat jeruk nipis lainnya untuk wajah adalah untuk mengecilkan pori-pori wajah. Jeruk nipis memiliki sifat astringent sehingga mampu mengencangkan pori-pori dan menekan produksi kelenjar minyak pada wajah. Hasilnya kulit wajah lebih halus dan tidak berminyak.

6. Mengangkat sel kulit mati

Kandungan asam sitrat pada kulit jeruk nipis dapat mengelupas sel-sel kulit mati. Karena manfaat jeruk nipis inilah sering digunakan dalam perawatan kecantikan di spa-spa serta perawatan alami rumahan yang murah meriah namun bermanfaat.

7. Mengurangi bau badan tak sedap

Jeruk nipis membantu meremajakan kulit dan melindungi dari infeksi. Ini berkat sifat antioksidan, disinfektan dan antibiotiknya. Kandungan vitamin C dan flavonoid yang tinggi dalam jeruk nipis mengurangi bau badan karena keringat berlebih. Caranya gampang kok. Campurkan jus jeruk nipis ke dalam air yang digunakan untuk mandi. Lakukan perawatan ini secara rutin, niscaya manfaat jeruk nipis akan mengusir jauh-jauh aroma tak sedap di badanmu. Tips ini tentunya sangat berfaedah untuk para public figure seperti Ifan Govinda ini.

8. Membuat wajah jadi lebih glowing

Percaya nggak, manfaat jeruk nipis yang ini dijamin membuatmu tak lagi perlu skincare mahal lho. Caranya gampang banget. Campurkan segelas air hangat (suam-suam kuku) dengan madu dan perasan jeruk nipis. Campuran inilah yang nantinya digunakan untuk mencuci wajah secara rutin setiap pagi. Dijamin, kulitmu bakal jadi lebih glowing, sehat dan merona seperti Song Hye Kyo.

9. Mengobati ketombe

© pexels.com/@pixabay© pexels.com/@pixabay

Ketombe merupakan masalah rambut yang mengganggu. Selain membuat malu jika serpihan-serpihannya berguguran, ketombe juga membuat kulit kepala sangat gatal dan nggak nyaman.

Jeruk nipis dapat membantu mengobati ketombe berkat kandungan asam sitratnya. Asam sitrat dalam jeruk nipis ini terbukti efektif mengobati ketombe. Gosokkan jeruk nipis langsung pada kulit kepala. Bilas rambut dengan air yang telah diberi campuran sari jeruk nipis.

Setelah melakukan perawatan ini, mungkin saja kulit kepala terasa kering. Oleh karena itu, disarankan mencampurkannya dengan minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak almond agar efeknya tidak terlalu keras pada kulit kepala.

10. Mengatasi rambut berminyak

Rambut berminyak bikin penampilan jadi lecek. Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu sebuah jeruk nipis ukuran sedang lalu gosokkan pada kulit kepala sebelum keramas. Bilas dan lanjutkan mencuci rambut seperti biasanya.

Rambut berminyak disebabkan karena kelenjar minyak yang memproduksi minyak terlalu banyak. Di sinilah manfaat jeruk nipis berperan sebagai penyerap minyak sehingga kulit kepala terasa lebih bersih serta segar.

11. Menumbuhkan rambut

Sari jeruk nipis bermanfaat untuk menumbuhkan rambut. Orang-orang zaman dulu menggunakan sari jeruk nipis untuk mengatasi kebotakan, menebalkan rambut serta menumbuhkan rambut. Ini dikarenakan kandungan vitamin C pada jeruk nipis yang merangsang pertumbuhan rambut dengan baik.

12. Mengobati arthritis

Arthritis merupakan penyakit akibat akumulasi asam urat berlebih dalam tubuh. Asam urat ini adalah produk limbah tubuh yang dibuang melalui air seni. Tapi jika asam urat bertumpuk dan tidak bisa dibuang maksimal, maka akan menyebabkan rasa sakit dan peradangan pada sendi.

Asam sitrat pada jeruk nipis berfungsi untuk melarutkan asam urat dan membuangnya melalui ais seni. Jeruk nipis pun dapat membantu meringankan rasa sakit dan peradangan.

13. Mencegah dehidrasi

© pexels.com/@rawpixel© pexels.com/@rawpixel

Jangan disepelekan lho. Dehidrasi tak hanya membuat tubuh terasa lemas, tapi juga bisa menyebabkan kematian. Manfaat jeruk nipis untuk mengatasi dehidrasi bukan sekedar membuat tubuh segar, tetapi juga kaya akan vitamin C yang mengatasi rasa mual.

14. Menurunkan kolesterol

Manfaat jeruk nipis yang satu ini sangat berguna untuk dewasa muda dan orang tua. Jeruk nipis mengandung flavonoid yang disebut hesperidin, yang telah terbukti klinis menurunkan kolesterol dan level triglyceride dalam tubuh. Jika kolesterol dalam tubuh meningkat, sangat disarankan menambah level hesperidin dengan mengonsumsi lebih banyak jeruk nipis. Obat yang murah meriah dan menyegarkan bukan?

15. Menurunkan berat badan

Jeruk nipis memiliki rasa asam dan manis yang alami, tetapi sangat rendah kalori sehingga cocok sebagai minuman untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Mengandung asam sitrat, jeruk nipis merupakan pembakar lemak yang hebat.

Untuk menurunkan berat badan, konsumsi 1-2 sendok teh madu organik dengan setengah buah jeruk nipis segar. Campurkan ke dalam segelas air hangat. Minum secara teratur di pagi hari saat perut masih kosong untuk mendapatkan hasil maksimal dalam seminggu. Penjelasan selengkapnya tentang manfaat jeruk nipis untuk menurunkan berat badan, bisa dibaca di sini.

16. Mengatasi masalah pernafasan

Minyak yang terkandung dalam ekstrak jeruk nipis umum digunakan sebagai bahan dalam obat-obatan anti-kongestif seperti alat penguap, balsem dan inhaler. Ini karena kandungan kaempherol yang memberikan kelegaan pada nafas dan mengurangi rasa mual. Selain itu, manfaat jeruk nipis juga baik untuk para penyanyi seperti Iwan Fals untuk menjaga vokal tetap prima.

17. Mencegah terbentuknya batu ginjal

Sekali lagi manfaat jeruk nipis yang menyehatkan berkat kandungan asam sitrat di dalamnya, yaitu mencegah terbentuknya batu ginjal. Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis lebih tinggi ketimbang pada jeruk mandarin. Secara alami, asam sitrat menghambat pembentukan batu ginjal yang terbuat dari kalsium yang mengkristal.

Disarankan mengonsumsi jeruk nipis segar yang diperas dan dicampurkan ke dalam air untuk mendapatkan manfaat maksimal ketimbang jeruk nipis botolan buatan pabrik.

18. Mencegah diabetes

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Diabetes Association, buah citrus seperti jeruk lemon sangat bermanfaat untuk mencegah diabetes. Pertama, karena serat larut yang dikandung jeruk nipis membantu mempermudah penyerapan gula pada tubuh dalam aliran darah. Hal ini akan mencegah lonjakan gula darah yang berisiko bagi pasien diabetes.

Kedua, seperti buah-buah jeruk pada umumnya, jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak menaikkan kadar gula darah pasien diabetes.

19. Membantu melancarkan pencernaan

Aroma segar dari jeruk nipis merangsang nafu makan bukan? Selain itu, asam yang terkandung di dalamnya memfasilitasi pencernaan yang lebih lancar dengan cara memecah molekul makro makanan.

Flavonoid merupakan senyawa merangsang sistem pencernaan dengan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu dan asam.

20. Mencegah penyakit jantung

© pexels.com/@rawpixel© pexels.com/@rawpixel

Jeruk nipis mengandung serat larut yang bermanfaat menurunkan tekanan darah dan juga kadar LDL (kolesterol jahat). Serat larut ini juga mengobati peradangan pada pembuluh darah sehingga efektif mencegah serangan jantung, stroke dan penyakit jantung lainnya.

21. Mencegah kanker

Senyawa limonoid dalam jeruk nipis mengandung sifat anti-karsinogenik. Senyawa inilah yang efektif mencegah kanker usus besar, kanker darah dan kanker lambung. Meskipun para ilmuwan belum bisa memastikan efeknya, namun penelitian menunjukkan hasil bahwa antioksidan limonoid dapat mematikan sel kanker. Selain itu, limonoid akan tetap aktif dalam sel darah sehingga mampu menangkal radikal bebas, lebih daripada konsumsi teh hijau atau dark chocolate.

22. Mencegah penyebaran virus musiman

Jeruk nipis membantu melawan dan menjaga tubuh dari virus musiman penyebab pilek, gondok, campak, cacar dan sebagainya. Selain itu jeruk nipis efektif menyembuhkan infeksi tenggorokan, mulut, lambung, usus dan kandung kemih.

23. Sebagai antiseptik alami

Ada luka pada tubuh? Bersihkan saja dengan air yang telah dicampurkan dengan sedikit jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung sifat antiseptik sehingga ampuh menyembuhkan infeksi kulit dan luka luar, seperti gigitan serangga. Selain itu, jeruk nipis juga dapat menyembuhkan luka, gangren, bisul, ruam dan masalah gatal-gatal serupa.

24. Mengobati sakit gigi

Sifat astringent pada jeruk juga ampuh menyembuhkan sakit gigi serta memperkuat gusi.

25. Mengobati infeksi kandung kemih

Sisistis (cystitis), atau juga dikenal sebagai infeksi saluran kemih merupakan peradangan yang disebabkan kurangnya kebersihan atau reaksi alergi terhadap obat-obatan dan terapi radiasi. Kandungan kalium pada jeruk nipis membantu menghilangkan zat beracun yang mengendap dan terakumulasi di ginjal dan kandung kemih.

Jeruk nipis juga memiliki sifat disinfektan yang membantu menyembuhkan infeksi dalam sistem kemih. Dengan konsumsi jus jeruk nipis teratur, maka penyumbatan urin yang disebabkan oleh deposit kalsium di saluran kemih bisa diatasi.

Itu dia 25 manfaat jeruk nipis bagi kesehatan dan perawatan kecantikan. Mendapatkan jeruk nipis di negara tropis seperti Indonesia sangatlah mudah, harganya pun terjangkau. Selamat mencoba!

(kpl/wnd)

Reporter:

Winda Carmelita



MORE STORIES




REKOMENDASI