13 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Wanita, Jarang Diketahui

Sabtu, 24 Oktober 2020 14:22 Penulis: Dhia Amira
13 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Wanita, Jarang Diketahui
Manfaat Jeruk Nipis (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Jeruk nipis memang menjadi salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh saja, nyatanya manfaat jeruk nipis juga baik untuk kecantikan wanita. Tidak heran bila saat ini sudah banyak sekali produk kecantikan yang menjadikan jeruk nipis sebagai bahan utama untuk produk mereka.

Selain itu, jeruk nipis juga menjadi salah satu buah yang dapat memberikan rasa segar pada makanan loh. Tidak hanya populer di dunia kecantikan, namun jeruk nipis juga sangat populer di dunia kuliner sebagai buah yang memberi rasa segar pada makanan.

Dan kira-kira apa saja ya manfaat jeruk nipis bila digunakan untuk bahan alami kecantikan wanita? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Mengobati Jerawat

Manfaat jeruk nipis yang pertama yaitu dapat mengobati jerawat. Bukan menjadi hal yang baru lagi bila jeruk nipis merupakan salah satu obat jerawat alami yang ampuh banget. Dan tentu saja cara tersebut berhasil untuk dilakukan, dan membuat wajah menjadi bersih.

Jerawat umumnya muncul karena kotoran, minyak dan sel kulit mati yang menyumbang pori-pori. Bakteri yang terjebak di permukaan kulit menyebabkan peradangan sehingga timbul jerawat. Dan jeruk nipis mengandung antibiotik yang dapat mencegah berkembangnya bakteri penyebab jerawat.

Sehingga jerawat bisa kering dan menghilang dengan menggunakan buah asam yang satu ini. Caranya mudah kok, siapkan perasan jeruk nipis setengah sendok teh, campurkan dengan satu sendok teh madu murni dan aduk rata hingga terbentuk pasta. Oleskan ke seluruh bagian wajah yang berjerawat hingga rata dan diamkan 10 menit. Terakhir bilas dengan air bersih.

2. Mengatasi Flek Hitam

Tidak hanya jerawat saja, nyatanya manfaat jeruk nipis yang lainnya yaitu dapat mengatasi flek hitam. Flek hitam memang menjadi hal yang sangat mengganggu penampilan. Biasanya flek hitam di wajah terjadi karena banyak hal.

Flek hitam timbul karena kalian sering terpapar sinar matahari atau banyak melakukan kegiatan di luar ruangan. Sehingga ini dapat meningkatkan produksi melanin di kulit. Dan untuk menghilangkan hal tersebut kalian bisa kok menggunakan manfaat jeruk nipis.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu peras air jeruk nipis, kemudian celupkan pada kapas, lalu oleskan pada bagian wajah yang memiliki flek hitam. Setelah itu diamkan selama 30 menit, kemudian bilas wajah sampai bersih.

3. Mencerahkan Ketiak

Memiliki ketiak yang hitam memang menjadi salah satu hal yang mengganggu penampilan banget. Bahkan ketiak hitam bisa membuat kita kehilangan percaya diri. Tapi tidak perlu khawatir ya KLovers, karena kalian nggak perlu perawatan mahal untuk mendapatkan hal tersebut, hanya cukup menggunakan manfaat jeruk nipis saja sudah mampu membuat ketiak cerah.

Kalian hanya perlu menyiapkan satu buah jeruk nipis ukuran sedang. Kemudian potong menjadi dua bagian, lalu gosokkan pada ketiak yang gelap selama 2-3 menit. Biarkan selama 10 menit, dan bilas dengan air sampai bersih. Lakukan perawatan rutin ini selama 3-4 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mencerahkan Wajah

Memiliki wajah cerah memang menjadi dambaan setiap orang. Namun tidak perlu menggunakan cara mahal, kalian bisa kok mencerahkan wajah hanya dengan menggunakan bahan-bahan alami, salah satunya yaitu jeruk nipis.

Sel-sel kulit mati yang masih tertinggal pada wajah sering kali menjadi penyebab wajah kusam. Dan kandungan asam sitrat pada kulit jeruk nipis bisa mengelupaskan sel-sel kulit mati tersebut. Selain itu jeruk nipis juga kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang bisa mencerahkan kulit wajah serta dapat meregenerasi sel kulit.

Bahkan kandungan AHA atau antioksidan dalam jeruk nipis ini banyak dipakai oleh beberapa kosmetik sebagai bahan utama untuk pencerah wajah. Dengan mengangkat sel kulit mati, jeruk nipis dipercaya dapat mencerahkan wajah secara alami. Kalian cukup menggunakan air perasan jeruk nipis sebagai masker seminggu dua kali, maka kamu sudah bisa mendapatkan wajah yang lebih cerah.

5. Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Pori-Pori di wajah memang menjadi salah satu hal yang membuat wajah lebih berminyak, berkomedo, hingga menimbulkan jerawat. Sehingga untuk mendapatkan wajah yang lebih bersih dan halus, kalian bisa mengecilkan pori-pori dengan menggunakan manfaat jeruk nipis.

Jeruk nipis memiliki sifat astringent sehingga mampu mengencangkan pori-pori dan menekan produksi kelenjar minyak pada wajah. Hasilnya kulit wajah lebih halus dan tidak berminyak, serta komedo pun tidak banyak yang timbul.

6. Menghilangkan Bau Badan

Memiliki bau yang tidak sedap di tubuh memang menjadi salah satu hal yang bikin kita nggak percaya diri. Bau badan biasanya terjadi karena kelenjar keringat di dalam tubuh timbul lebih banyak, sehingga mampu menimbulkan bau tidak sedap di dalam tubuh.

Tidak cukup hanya menggunakan parfum atau deodoran, kalian juga harus mengenakan bahan alami loh untuk mengatasi hal tersebut. Dan bahan alami itu antara lain yaitu jeruk nipis. Memiliki kandungan antioksidan, disinfektan dan antibiotik, jeruk nipis mampu menghilangkan bau badan yang tidak sedap.

Selain itu kandungan vitamin C dalam jeruk nipis serta flavonoid mampu mengurangi bau badan karena keringat berlebih. Caranya gampang kok, kalian hanya perlu campurkan jus jeruk nipis ke dalam air yang digunakan untuk mandi. Lakukan perawatan ini secara rutin, niscaya manfaat jeruk nipis akan mampu mengusir jauh-jauh aroma tak sedap di badan kalian.

7. Menghilangkan Ketombe

Ketombe merupakan masalah rambut yang memang sangat mengganggu. Selain membuat tidak percaya diri ketika ketombe terlihat di pakaian, ketombe juga bisa membuat kulit kepala sangat gatal. Hingga membuat kita sering menggaruk dan membuat orang sekeliling merasa tidak nyaman.

Itulah mengapa kalian bisa kok menggunakan manfaat jeruk nipis untuk membantu mengobati ketombe. Itu karena jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat. Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis ini terbukti efektif mengobati ketombe.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu gosokkan jeruk nipis langsung pada kulit kepala. Setelah itu bilas rambut dengan air yang telah diberi campuran sari jeruk nipis menggunakan air dingin.

8. Mengatasi Rambut Berminyak

Tidak hanya mampu mengatasi ketombe di rambut saja, nyatanya jeruk nipis juga mampu mengatasi masalah rambut berminyak loh KLovers. Rambut berminyak memang bikin penampilan jadi tidak segar dan optimal.

Dan untuk mengatasi hal tersebut kalian hanya perlu sebuah jeruk nipis ukuran sedang, lalu gosokkan pada kulit kepala sebelum keramas. Rambut berminyak dan lepek disebabkan karena kelenjar minyak yang diproduksi terlalu banyak. Itulah mengapa kalian bisa menggunakan manfaat jeruk nipis sebagai penyerap minyak, sehingga kulit kepala terasa lebih bersih serta segar.

9. Menebalkan Rambut

Ingin memiliki rambut yang tebal dan sehat? Kalian bisa kok menggunakan manfaat jeruk nipis untuk hal tersebut. Itu karena sari jeruk nipis bermanfaat menumbuhkan hingga membuat rambut lebih bervolume.

Dan nyatanya ramuan jeruk nipis ini sudah digunakan sejak zaman dulu untuk mengatasi kebotakan, menebalkan rambut, serta menumbuhkan rambut. Ini dikarenakan kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan sangat baik.

10. Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan yang ideal memang menjadi idaman setiap orang, terutama wanita. Dan menggunakan manfaat jeruk nipis memang menjadi salah satu hal yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal tersebut. Kalian bisa mengonsumsi air jeruk nipis atau teh jeruk nipis.

Ini karena jeruk nipis dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh. Selain itu bila kalian mengonsumsi teh jeruk nipis, maka kandungan antioksidan-nya dapat mencegah kanker serta menurunkan kadar kolesterol jahat LDL di dalam tubuh.

11. Mengatasi Penuaan Dini

Manfaat jeruk nipis lainnya untuk kulit wajah yaitu dapat mengatasi penuaan dini. Berbagai faktor dapat menyebabkan wajah semakin cepat terlihat menua, seperti polusi, paparan sinar matahari, dan makanan sehari-hari. Apalagi gejala penuaan dini seperti keriput, noda hitam, dan lainnya tentunya sangat tidak ingin terlihat pada wajah kalian.

Itulah mengapa kalian bisa menggunakan jeruk nipis sebagai bahan alami anti aging, dan menggantikan berbagai krim yang biasa digunakan dengan kandungan zat kimia. Kalian hanya perlu menggosokkan kulit jeruk nipis pada wajah, atau menggunakan masker yang terbuat dari kulit jeruk nipis untuk mengatasi penuaan dini pada wajah.

12. Memutihkan Gigi

Bukan hal yang asing lagi bila jeruk nipis mampu membuat gigi nampak lebih putih. Bahkan bukan itu saja, jeruk nipis juga mampu membuat mulut lebih segar dan sehat. Sehingga terhindar dari bakteri bau mulut yang sangat mengganggu. Tidak heran bila banyak produk pasta gigi yang membuat jeruk nipis sebagai salah satu bahan utama untuk membantu memberi nutrisi pada mulut.

Itu karena jeruk nipis memiliki kandungan sifat astringent yang ampuh menyembuhkan sakit gigi serta memperkuat gusi. Selain itu kandungan antiseptik pada jeruk nipis juga mampu memberikan kesehatan mulut kalian dari bakteri.

13. Menghilangkan Panu

Dan manfaat jeruk nipis yang terakhir yaitu dapat menghilangkan panu. Memiliki panu di tubuh memang akan menjadi salah satu hal yang memalukan. Panu disebabkan oleh jamu yang berkembang pada kulit, sehingga membuat kulit terlihat belang dan mengganggu penampilan.

Bila sudah begini, maka kalian bisa kok menggunakan manfaat jeruk nipis untuk mengatasinya. kandungan asam sitrat yang ada pada jeruk nipis memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang handal. Selain itu senyawa lain yang ampuh untuk membasmi panu yaitu ada vitamin C. Sehingga dengan kandungan ini kalian bisa menghilangkan panu di kulit dengan cepat serta efektif.

Itulah 13 manfaat jeruk nipis untuk kecantikan wanita yang dapat kalian gunakan sendiri di rumah. Tidak perlu perawatan mahal untuk memiliki tubuh cantik serta sehat, nyatanya kalian hanya perlu menggunakan manfaat jeruk nipis sebagai bahan utama untuk tampil lebih cantik serta sehat tersebut. Selamat mencoba.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI