7 Manfaat Konsumsi Air Jeruk Nipis Hangat Sebelum Tidur, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Rabu, 14 Oktober 2020 19:11 Penulis: Dita Tamara
7 Manfaat Konsumsi Air Jeruk Nipis Hangat Sebelum Tidur, Salah Satunya Turunkan Kolesterol
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Kebiasaan baik yang sering dilakukan tentu akan mempunyai segudang manfaat. Salah satu kebiasaan yang bisa kalian terapkan yaitu dengan membiasakan diri mengonsumsi air jeruk nipis hangat sebelum tidur. Sebab, kebiasaan ini akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

Selain mudah untuk ditemukan, harga jeruk nipis juga sangat terjangkau. Nah, setelah melakukan sederet aktivitas sehari-hari, biasanya tubuh akan mudah lelah, berpotensi terserang virus maupun bakteri, hingga menyebabkan sistem imun tubuh seseorang melemah.

Tentu saja, tubuh akan memerlukan asupan vitamin. Untuk mengatasinya, kalian bisa menjaga tubuh kalian dengan membiasakan minum air jeruk nipis hangat sebelum tidur. Jeruk nipis terkenal dengan kandungan vitamin C yang melimpah. Kandungan vitamin C yang tinggi inilah juga terdapat beragam manfaat dalam menunjang kesehatan tubuh.

Lalu, apa saja manfaat mengonsumsi air jeruk nipis sebelum tidur? Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Menurunkan Berat Badan

Apabila kalian sedang menjalani program diet, mengonsumsi air jeruk nipis hangat sebelum tidur menjadi solusi yang tepat untuk kalian yang ingin mempunyai bentuk tubuh ideal. Kandungan vitamin C yang tinggi, potassium, dan asam folat akan membantu mengurangi lemak di tubuh. Tentu butuh ketelatenan dengan rutin mengonsumsi air jeruk nipis dan rutin berolahraga. Dengan begitu, kalian akan cepat mendapatkan berat badan yang sesuai keinginan kalian.

2. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Kebiasaan meminum air jeruk nipis hangat sebelum tidur akan membantu mengeluarkan tubuh dari racun. Air jeruk nipis ini mengandung zat aktif dan juga vitamin yang mampu mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu, tubuh yang telah lelah seharian bekerja dapat menambah nutrisi dan membuat lebih segar ketika bangun pagi hari.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh seseorang seringkali rentan terpapar virus maupun bakteri penyebab suatu penyakit. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh kalian, ada baiknya untuk rutin mengonsumsi air jeruk nipis hangat sebelum tidur. Hal ini lantaran air jeruk nipis dapat menunjang kinerja sistem imun sehingga tubuh tidak terserang penyakit. Selain itu, kandungan vitamin B seperti vitamin B6, Tiamin, Niacin serta Asam Pantotenat juga membantu kinerja sistem saraf untuk membantu sistem kekebalan tubuh itu sendiri.

4. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol pada dasarnya lemak yang berguna bagi tubuh, namun bila kadarnya terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah. Kebiasaan pola hidup yang tak sehat seringkali membuat kolesterol naik. Untuk menurunkannya, kalian bisa mengonsumsi air jeruk nipis hangat sebelum tidur. Kandungan zat dalam jeruk nipis dapat menekan kolesterol jahat dalam tubuh yang kemudian digantikan dengan kolesterol baik.

5. Menenangkan Pikiran

Terkadang, seseorang akan mengalami kesulitan tidur di malam hari akibat banyaknya pikiran. Hal tersebut bisa berdampak pada insomnia. Untuk itu, tidak ada salahnya membiasakan diri mengonsumsi jeruk nipis hangat sebelum tidur. Aroma yang khas dari jeruk nipis inilah dipercaya dapat membantu menenangkan pikiran. Selain itu, di pagi hari tubuh akan merasakan lebih segar dan badan menjadi lebih ringan serta rileks setelah mengonsumsi air jeruk nipis hangat.

6. Mencegah Tumor

Tumor menjadi salah satu penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Supaya diri terhindar dari tumor, tentu saja perlu adanya cara pencegahan dengan rutin mengonsumsi air jeruk nipis hangat sebelum tidur. Hal ini karena jeruk nipis mengandung zat naringenin yang dapat mencegah pertumbuhan tumor. Meski begitu, kalian juga tetap harus menerapkan pola hidup yang sehat.

7. Melancarkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang lancar juga menandakan tubuh dalam keadaan sehat. Namun, apabila sistem pencernaan seseorang tidak bekerja secara maksimal dapat berpotensi terserang gangguan kesehatan pada usus dan lambung. Jeruk nipis terdapat kandungan aktif yang membuat kinerja usus semakin baik. selain itu, kandungan serat pada jeruk nipis juga dapat melancarkan kinerja usus besar untuk mendorong feses keluar dan tidak mengalami susah buang air besar.

Itulah sederet manfaat air jeruk nipis hangat sebelum tidur. Mengingat banyaknya manfaat yang diperoleh, kalian bisa menjadikannya sebagai kebiasaan baru yang berdampak baik bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI