3 Cara Membuat Mayonaise Untuk Salad Buah Yang Enak & Yummy, Cobain Yuk!

Senin, 10 Juni 2019 14:57 Penulis: Editor KapanLagi.com
3 Cara Membuat Mayonaise Untuk Salad Buah Yang Enak & Yummy, Cobain Yuk!
Ilustrasi salad buah mayo (Credit: Shutterstock)

Kapanlagi Plus - Mayonaise adalah saus pelengkap yang biasanya menjadi teman makan kita. Beberapa orang bahkan menganggap bahwa dengan mayonaise mereka jadi lebih lahap dan berselera untuk makan. Nah salah satu makanan yang ditemani mayonaise adalah salad buah. Salad buah terkenal sebagai camilan sehat dengan gizi yang tinggi. Hal ini karena salad buah disajikan dengan bermacam-macam buah yang segar dan yang pasti mengandung bermacam-macam jenis vitamin. Sehingga bisa dikatakan sangat baik untuk kamu konsumsi. Jadi buat kamu yang suka bergaya hidup yang sehat jangan lupa terus konsumsi camilan sehat alami dan bergizi ini. Nggak cuman salad buah dong pastinya, kamu juga bisa mengonsumsi salad sayur. Biasanya salad buah disajikan dengan yoghurt atau dengan mayonaise. Nah, kamu juga bisa kok membuat mayonaise sendiri. Salah satu keuntungan membuat salad buah sendiri adalah kamu bisa cocok kan rasanya sesuai selera kamu dan kamu juga bisa berkreasi sendiri.

1. Mayonaise Salad Buah Sehat

Cara membuat mayonaise untuk salad buah yang pertama ini menggunakan minyak zaitun sebagai bahan campuran. Langsung aja bahan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu adalah 2 sendok makan saus mustard, 300 ml minyak zaitun, 2 butir kuning telur, 1 sendok makan air perasan jeruk nipis, dan 1 sendok teh garam. Langkah pertama tuangkan saus mustard dan kuning telur ke dalam sebuah wadah. Kocok (bisa menggunakan mixer atau spatula) sampai lembut dan tercampur secara merata. Setelah itu tambahkan garam, kocok kembali. Selanjutnya jangan lupa tambahan minyak zaitun secara perlahan sambil terus dikocok. Terakhir tambahkan air perasan jeruk nipis, jangan lupa kocok lagi. Nah, mayonaise salad buah yang pertama siap disajikan. Apabila teksturnya terasa terlalu kental, kamu bisa tambahkan air secukupnya.

Atau kamu juga bisa membuat resep mayonaise dengan bahan yang lebih lengkap seperti berikut ini dilansir dari hellosehat.com.

Bahan:

• 4 butir kening telur
• 1 sendok makan sari buah lemon atau cuka apel
• 1 sendok teh mustard Dijon
• ½ sendok teh merica
• ¼ sendok teh garam
• 190 ml minyak zaitun
• 190 ml minyak kelapa hangat

Langkah pertama siapkan blender dan masukkan kuning telur, sari buah lemon/cuka apel, mustard, garam, dan lada. Kemudian kecilkan kecepatan blender lalu tambahkan minyak zaitun kemudian minyak kelapa hangat. Setelah itu tuang ke dalam sebuah wadah tertutup dan masukkan ke dalam kulkas. Tada, mayonnaise kamu siap disajikan. Ingat mayonaise yang diletakkan di dalam kulkas hanya akan tahan selama satu minggu.

2. Mayonaise Salad Buah Manis

Jika kamu kurang suka dengan resep mayonaise salad buah yang pertama, kamu bisa membuat mayonaise manis seperti yang satu ini. Memang ada beberapa orang yang tidak suka mayonaise, namun jika rasanya manis mungkin saja bisa menjadi alternatif bagi mereka yang picky untuk dimakan bersama dengan salad buah. Bahan yang perlu kalian siapkan antara lain 4 lembar roti tawar, 300 ml air, 200 ml minyak selada, 1 sendok makan mustard Dijon, 2 sendok makan gula pasir, 1 sendok makan garam, sendok makan sari buah lemon dan 2 sendok makan susu kental manis. Cara membuat mayonaise untuk salad buah rasa manis ini sendiri sebenarnya tidak ribet. Pertama, panaskan air lalu masukkan roti tawar (dipotong kecil-kecil) ke dalamnya, rebus sampai roti melembek. Setelah itu blender roti yang direbus tadi dengan semua bahan, blender sampai halus. Yaps, mayonaise manis untuk salad buah siap disajikan.

3. Mayonaise Salad Buah Alpukat

Cara membuat mayonaise untuk salad buah kali ini kamu bisa gunakan alpukat sebagai bahan utama pembuatnya. Langsung saja persiapkan bahan seperti 2 buah alpukat segar, ¼ cangkir minyak zaitun, 1 sendok teh sari jeruk nipis atau cuka apel, ½ sendok teh bubuk bawang putih, 1 sendok teh garam, 1 sendok makan mustard Dijon, serta ½ sendok teh bubuk lada hitam. Cara membuatnya yaitu pertama masukkan daging buah alpukat yang telah dikupas dan semua bahan tanpa terkecuali ke dalam blender. Blender dengan kecepatan sedang sampai halus dan tercampur rata. Tada, mayonaise salad buah alpukat sudah jadi. jangan lupa simpan di dalam wadah tertutup dan masukkan ke dalam kulkas.

Nah itulah tadi tiga cara membuat mayonaise untuk salad buah yang bisa kamu coba. Nggak hanya sekedar toping, mayonaise juga membuat salad buah kamu menjadi lebih enak dan sedap untuk disantap.

 

Penulis: Eva Nur Fauziyah

 

 

(kpl/mag/evv)



MORE STORIES




REKOMENDASI