3 Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri dengan Mudah dan Terjamin Kemurniannya

Kamis, 12 November 2020 12:33 Penulis: Nurul Wahida
3 Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri dengan Mudah dan Terjamin Kemurniannya
Cara membuat minyak kelapa (credit: freepik.com/)


Kapanlagi Plus - Minyak kelapa menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan dalam beragam bidang baik kecantikan, kesehatan, memasak bahkan kehidupan sehari-hari. Jika biasanya kalian dengan mudah bisa menggunakan minyak kelapa secara instan dalam bentuk produk kemasan. Ternyata cara membuat minyak kelapa sendiri cukup mudah dipraktikkan dan bakal terjamin kemurniannya.

Minyak kelapa murni atau dikenal juga dengan nama virgin coconut oil (vco) merupakan minyak yang dibuat dari daging buah kelapa yang diekstrak lalu diambil sari minyaknya. Proses pembuatan minyak kelapa hingga menjadi minyak tersebut dilakukan melalui pemanasan, fermentasi, penyulingan, serta pengolahan dingin.

Melewati beberapa tahap pembuatan, kandungan dalam minyak kelapa murni diketahui mengandung sifat antibiotik, anti bakteri, dan jamur yang memberikan manfaat bagi berbagai hal. Tak heran apabila dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk perawatan peralatan rumah tangga, minyak kelapa bisa membantu membersihkan perabot hingga menjaga keawetannya.

Sedangkan bagi kesehatan manfaat minyak kelapa menawarkan khasiat untuk membantu menurunkan berat badan, menyehatkan tulang, sumber energi, serta menyehatkan jantung. Begitu pula dengan manfaatnya bagi kecantikan tubuh baik kulit ataupun rambut yang kerap dijadikan bahan alami tambahan perawatan mudah di rumah.

Namun terlepas dari manfaat minyak kelapa tersebut, ternyata cara membuat minyak kelapa sendiri cukup mudah dipraktikkan. Sebab bahannya sangat terjangkau, tanpa banyak peralatan serta proses pembuatan yang mudah anti rumit.

Untuk lebih lengkapnya mengenai cara membuat minyak kelapa sendiri di rumah sebagai berikut telah dirangkum Kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Cara Membuat Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni dapat kalian buat sendiri di rumah dengan cara mudah dan bahan terjangkau. Kandungan dalam minyak kelapa murni ini tentunya juga berkhasiat lebih baik dan terjamin kualitasnya. Adapun resep dan cara membuat minyak kelapa murni sebagai berikut dilansir dari cookpad.com.

Bahan minyak kelapa:

-4 buah kelapa tua.

-3,5 liter air bersih.

Cara membuat minyak kelapa:

-Adapun cara pertama membuat minyak kelapa yakni dengan menghaluskan daging kelapa lalu ambil sari santan kelapa.

-Setelah itu saring santan dan diamkan selama 30 menit. Selanjutnya tuang santan ke dalam wajan untuk proses merebus dan saring lagi menggunakan saringan halus.

-Rebus santan dengan api sedang sambil aduk terus agar santan tidak pecah. Masak hingg air santan mulai menyusut dan berwarna kecoklatan. Aduk terus santan yang sudah menyusut sampai menjadi minyak berwarna bening.

-Lalu angkat dan dinginkan. Selanjutnya saring minyak.

-Minyak kelapa murni siap digunakan.

 

2. Cara Membuat Minyak Kelapa Murni dengan Fermentasi

Seperti diketahui sebelumnya, minyak kelapa juga bisa dibuat dengan melalui proses fermentasi yang sama-sama menghasilkan minyak kelapa murni. Adapun cara membuat minyak kelapa murni dengan proses fermentasi sebagai berikut dilansir dari liputan6.com.

Bahan:

-Kelapa tua kualitas baik dan segar.

-Air secukupnya.

-Saringan.

-Parutan.

Cara membuat minyak kelapa:

-Proses pertama membuat minyak kelapa adalah dengan membersihkan kelapa lalu menghaluskan kelapa dengan parutan atau alat lainnya.

-Campurkan dengan air matang lalu peras untuk diambil santannya.

-Selanjutnya tuang ke dalam botol atau wadah diamkan selama 24 jam dalam ruangan. Dari proses peyimpanan tersebut akan menghasilkan minyak yang terpisah dari airnya secara alami.

-Setelah itu kalian bisa menyaring minyak secara terpisah dari air. Minyak yang dihasilkan nantinya akan berwarna putih pucat.

 

3. Cara Membuat Minyak Kelapa Murni dengan Merebus

Setelah sebelumnya diketahui cara membuat minyak kelapa murni melalui pemanasan dan fermentasi, kali ini kalian juga bisa membuat sendiri minyak kelapa dengan proses merebus. Perebusan ini akan menghasilkan minyak kelapa yang murni dengan cara hampir serupa seperti sebelumnya. Adapun cara membuat minyak kelapa murni sendiri sebagai berikut dilansir dari liputan6.com.

Bahan minyak kelapa:

-Kelapa tua kualitas baik dan segar.

-Air secukupnya.

-Saringan.

-Parutan.

Cara membuat minyak kelapa:

-Proses pertama membuat minyak kelapa yakni dengan mencuci bersih 2 buah kelapa lalu menghaluskannya.

-Siapkan empat gelas air lalu panaskan hingga muncul uap.

-Selanjutnya campurkan parutan kelapa dengan air panas lalu blender hingga benar-benar halus.

-Saring air kelapa dan ambil santannya. Setelah itu rebus santan kelapa dengan suhu sedang dan aduk terus sampai air santan mendidih dan beruap.

-Setelah air santan agak menyusut dan berwarna kecoklatan, minyak kelapa murni tersebut akan terpisah dari sari santannya.

-Biasanya proses ini memerlukan waktu hingga sat jam sambil aduk terus sampai mengering untuk mendapatkan minyak kelapa.

 

4. Cara Menggunakan Minyak Kelapa Murni

Setelah memahami proses membuat minyak kelapa murni, penting juga untuk memahami cara menggunakan minyak kelapa murni dengan tepat dan bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Adapun cara menggunakan minyak kelapa murni tersebut sebagai berikut:

-Jika menggunakannya untuk perawatan rambut minyak kelapa bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami perawatan sebelum keramas, setelah keramas, sebagai masker, serta kondisioner.

-Begitu pula dengan memanfaatkan minyak kelapa untuk kecantikan yang bisa kalian gunakan sebagai pelembab alami kulit, membersihkan make up, ataupun membantu mengatasi peradangan kulit.

-Cara menggunakan minyak kelapa dalam makanan, kalian bisa menambahkan langsung dalam makanan ataupun resep olahan tertentu. Pastikan untuk menggunakan minyak kelapa dengan takaran tepat agar dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Nah itulah cara membuat minyak kelapa sendiri dengan mudah dan terjamin kemurniannya. Selamat mencoba KLovers.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI