3 Cara Membuka Pola HP Oppo yang Terlupa, Jangan Buru-Buru Melakukan Reset

Kamis, 12 Mei 2022 17:11
3 Cara Membuka Pola HP Oppo yang Terlupa, Jangan Buru-Buru Melakukan Reset
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Oppo jadi salah satu merek favorit dan banyak dipakai saat ini. Pengguna hp oppo juga banyak yang memasang sandi pola untuk menjaga privasi dan keamanan. Untuk alasan tingkat keamanan, kebanyakan orang yang membuat pola rumit agar tak mudah ditebak. Sayangnya, terkadang pola yang rumit justru sulit diingat, bahkan oleh pembuatnya. Terbukti, tak sedikit orang yang mencari cara membuka pola hp oppo yang terlupa.

Lupa sandi pola hp oppo memang bisa jadi masalah serius. Tak jarang, orang yang mengalami lupa pola hp oppo langsung panik. Wajar saja sebab, tanpa sandi tersebut kita tidak bisa mengakses data dan menggunakan hp. Beruntung, memang ada beberapa cara membuka pola hp oppo yang terlupa. Bagaimanakah caranya?

Daripada penasaran, langsung saja simak beberapa ulasan cara membuka pola hp oppo yang terlupa berikut ini, yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Cara Membuka Pola HP Oppo dengan Opsi Lupa Password

Salah satu cara membuka pola hp oppo yang terlupa bisa dilakukan dengan menggunakan tombol 'Lupa Pasword' atau 'Forgot Password'. Namun untuk melakukan cara ini, terlebih dahulu harus dipastikan bahwa hp telah terhubung dengan akun gmail. Hal ini berguna untuk mengurangi risiko hilangnya data. Jika sudah dipastikan, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

- Pertama, pastikan hp oppo kalian terhubung dengan koneksi internet yang stabil. Sebab proses tersebut akan berjalan secara online.

- Nyalakan hp lalu tekan Lupa Sandi atau Forgot Pattern.

- Kalian akan diminta untuk memasukkan pola, coba lakukan beberapa kali.

- Setelah beberapa kali salah, kalian akan di minta untuk masuk akun gmail yang terpasang di hp tersebut.

- Langsung saja login menggunakan akun gmail dan password. Pastikan akun dan password tersebut sesuai dengan yang terpasang di hp.

- Setelah itu, secara otomatis kalian akan dapat mengakses hp oppo kalian seperti sedia kala.

 

2. Melakukan Panggilan Telepon

Cara membuka pola hp oppo terlupa yang kedua juga tak kalah mudah. Kalian bisa mencoba membuka pola hp oppo yang terlupa tersebut dengan melakukan panggilan telepon. Kalian hanya perlu menelpon hp yang lupa sandi pola tersebut. Untuk melakukannya, tentu saja kalian membutuhkan hp lain yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon. 

Berikut cara membuka pola hp oppo yang terlupa dengan melakukan panggilan telepon.

- Siapkan hp yang akan digunakan untuk menelpon.

- Langsung saja lakukan panggilan telepon ke hp oppo yang lupa pasword polanya.

- Jika sudah, kalian bisa angkat panggilan telepon yang masuk tersebut.

- Sembari tetap membiarkan panggilan berlangsung, kalian bisa akses menu home di hp oppo.

- Jika sudah, masuk ke menu setting atau pengaturan.

- Kemudian, langsung aktifkan koneksi internet dan login ke akun google. Setelah berhasil, kalian akan dapat mengakses hp oppo tersebut kembali. Kalian bisa mematikan panggilan telepon yang terhubung.

 

3. Mengaktifkan Mode Recovery

Selain dua cara membuka pola hp oppo yang lupa pola di atas, kalian juga bisa coba cara yang ketiga. Kalian bisa mencoba mengaktifkan mode recovery. Cara untuk melakukannya juga sangatlah mudah dan simple.

Namun perlu diketahui, bahwa metode ini berisiko akan menghapus data yang tersimpan pada hp oppo kalian. Oleh karena itu, sebelum melakukannya pastikan bahwa kalian telah melakukan pencadangan data, khususnya data-data yang penting.

Jika sudah yakin untuk melakukan cara membuka pola hp oppo yang terlupa dengan mode recovery, berikut langkah-langkah yang bisa kalian ikuti.

- Langkah pertama, matikan ponsel dengan menekan tombol power. 

- Untuk masuk ke mode recovery, tekan dan tahan tombol volume turun dan tombol power secara bersamaan. Lakukan kira-kira antara 8 detik hingga 12 detik. 

- Setelah berhasil masuk ke mode recovery, pilih opsi Factory Data Reset. Proses akan berjalan beberapa saat, tunggu hingga benar-benar selesai.

- Apabila sudah selesai ditandai dengan munculnya notifikasi, pilih opsi Reboot System Now. 

- Tunggu lagi hingga ponsel menyala kembali dan layar kunci pun akan tiada.

- Selesai, kalian bisa menggunakan hp oppo kalian yang lupa pola kembali.

 

4. Cara Mengubah Sandi Pola

Lupa pola hp oppo memang termasuk hal yang cukup sering terjadi. Agar tak harus repot-repot melakukan cara membuka hp oppo yang terlupa, ada tips yang bisa dilakukan. Salah satu tips tersebut adalah dengan mengganti pola hp oppo secara rutin dan berkala. Berikut langkah-langkah untuk mengganti pola hp oppo yang bisa dilakukan dengan mudah.

- Pertama, silakan masuk ke menu pengaturan di hp oppo kalian.

- Kemudian pilih opsi Sidik Jari, Wajah dan Kode Sandi.

- Jika sudah, pilih Kunci Kode Sandi Layar.

- Kemudian, masukkan pola atau kode sandi saat ini.

- Lanjutkan dengan memasukkan pola atau kode sandi saat ini sekali lagi.

- Jika sudah, masukkan pola atau kode sandi baru.

- Ulangi masukkan pola atau kode sandi baru dan selesai. Secara otomatis, pola sandi kalian akan diperbarui.

Itulah beberapa ulasan cara membuka pola hp oppo yang terlupa. Apabila cara di atas gagal, kalian bisa langsung membawa hp oppo tersebut ke tempat service agar segera diperbaiki oleh yang lebih profesional. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI