Memahami Arti Tafakur, Cara Melakukan Hingga Keutamaan dan Manfaatnya

Selasa, 10 Mei 2022 16:33
Memahami Arti Tafakur, Cara Melakukan Hingga Keutamaan dan Manfaatnya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Tafakur merupakan anjuran yang tertulis dalam Alquran. Sebagai umat Islam, sudah seharusnya kalian mengetahui arti tafakur. Terlebih, hal ini juga menjadi salah satu amalan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Arti tafakur sendiri dapat dipahami sebagai perenungan. Kegiatan memikirkan kebesaran Allah merupakan hal terpuji yang bisa mendatangkan banyak manfaat. Dengan begitu, manusia juga bisa menemukan hikmah di balik segala ciptaan Allah SWT.

Nah, bagi kalian yang ingin tahu lebih lanjut mengenai arti tafakur, cara melakukan, beserta manfaatnya, langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

 

1. Arti Tafakur

Istilah tafakur mungkin bukan hal asing lagi bagi umat Islam. Anjuran untuk melakukannya pun bisa ditemukan dalam Al Quran. Arti tafakur adalah memikirkan, merenungkan, mengingat Allah melalui segala ciptaanNya, termasuk segala hal yang ada di dalam diri manusia itu sendiri. Secara singkat, arti tafakur dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah renungan, memikirkan, atau menimbang dengan sungguh-sungguh.

Istilah tafakur sendiri berasal dari kata kerja tafakkara yang artinya mempertimbangkan atau memikirkan. Sebagai umat Islam, tentu kalian perlu tahu bahwa tafakur merupakan salah satu amalan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai usaha mengenal Allah SWT secara mendalam. Bukan hanya untuk meningkatkan tauhid, cara ini juga bisa digunakan untuk merenungkan dan mengkaji semua peristiwa atau masalah yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari-hari.

 

2. Cara Tafakur

Bagi kalian yang baru mengetahui arti tafakur melalui penjelasan di atas, mungkin kini juga mulai penasaran dengan cara melakukannya. Cara tafakur bisa kalian lakukan dengan berbagai hal. Sebelum masuk ke penjelasan lebih lanjut, silakan simak surat Ali Imran ayat 191 berikut ini,

"Allaziina yazkuruunal laaha qiyaamaiw-wa qu'uudanw-wa 'alaa juno obihim wa yatafakkaruuna fii khalqis samaawaati wal ardi Rabbanaa maa khalaqta haaza baatilan Subhaanak faqinaa 'azaaban Naar"

Artinya: (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), "Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.

Menurut ayat di atas, orang yang berakal yang senantiasa memikirkan ciptaan Allah dan mengingatnya dalam keadaan berdiri, berjalan, dan melakukan aktivitas kehidupan. Ia juga akan berzikir kepada-Nya seraya duduk di majelis-majelis zikir atau masjid, atau berzikir kepada-Nya dalam keadaan berbaring menjelang tidur dan saat istirahat setelah beraktivitas.

Dengan melakukan hal itu, berarti ia sedang bertafakur untuk memperkuat iman dan menjadikan hati lebih lembut. Jika kalian masih kesulitan melakukannya, bisa mulai membiasakan diri melalui beberapa cara tafakur berikut ini.

1. Merenungi Ayat-Ayat Allah

Merenungi ayat-ayat Allah, mencari tahu tentang sebab turunnya, dan kisah yang melatar belakanginya akan membuat manusia jadi lebih mudah memahami ajaran Rasulullah dan perintah Allah.

2. Merenungi Nikmat Allah

Kebiasaan merenungi nikmat hidup, nikmat iman, nikmat berupa fasilitas dan kemudahan hidup, dan sebagainya akan membuat seorang hamba semakin mencinta Allah SWT sebagai pemberi nikmat.

3. Merenungi Janji-Janji Allah

Allah SWT memberikan banyak janji kebaikan dunia akhirat yang bisa diraih dengan mengikuti perintah-perintah-Nya. Merenungi janji Allah akan membuat seseorang semakin yakin dan bersemangat untuk beramal saleh.

4. Merenungi Peringatan Allah

Allah memperingatkan hambanya agar tak melampaui batas. Dengan bertafakur, seorang hamba akan merasa takut terhadap siksaan dan itu akan membuatnya semakin beriman dan bertaqwa.

 

3. Manfaat Tafakur

Tak hanya mempelajari arti tafakur, kalian juga perlu mengetahui manfaatnya agar semakin semangat untuk membiasakan diri. Berikut ini terdapat manfaat tafakur yang bisa didapatkan oleh manusia.

1. Semakin Rajin Beribadah

Tak sedikit orang yang beribadah dengan rasa terpaksa. Namun, dengan bertafakur orang bisa mulai beribadah karena cinta kepada Allah. Bukan karena siksaan neraka.

2. Menjadi Seorang yang Dermawan

Tafakur bisa menjadikan seseorang menyadari bahwa segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT merupakan titipan. Hal itu akan menumbuhkan rasa syukur dan mendorong keinginan untuk bersedekah.

3. Meningkatkan Ketaqwaan

Tafakur juga bisa menumbuhkan kesadaran akan kekuasaan Allah SWT sebagai zat yang mengatur alam semesta. Rasa taqwa pun akan tumbuh karena orang tersebut senantiasa menginginkan kedekatan dengan Tuhannya.

4. Memperbanyak Kebaikan

Seseorang yang telah melakukan tafakur akan mendorong dirinya untuk terus memperbanyak kebaikan dan amal saleh pada dirinya.

5. Dapat Menstabilkan Emosi

Saat seseorang sudah biasa bertafakur, ia akan memiliki emosi yang lebih stabil. Hal itu bisa terjadi karena emosi negatif akan dikalahkan oleh ketenangan yang tumbuh dalam hatinya.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti tafakur beserta cara dan manfaatnya yang perlu kalian ketahui.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI