3 Perbedaan Rasa Pada Kopi Berdasarkan Jenis Roasting, Dari yang Pahit hingga Keasaman

Minggu, 22 Mei 2022 14:15 Penulis: Jeffrey Winanda
3 Perbedaan Rasa Pada Kopi Berdasarkan Jenis Roasting, Dari yang Pahit hingga Keasaman
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Bagi coffee addict, kopi bukan cuma sekadar minuman di dalam cangkir. Lebih dari itu, terdapat proses yang bisa mempengaruhi kualitas rasa di dalamnya.

Jenis pemanggangan atau roasting pada kopi juga menentukan rasa serta metode yang digunakan untuk penyeduhan. Pada dasarnya, terdapat beberapa jenis roasting pada kopi yang digunakan sebagai tolok ukur proses penyeduhan hingga rasa yang dihasilkan. Seperti apa sih?

1. Dark Roast

Berdasarkan namanya, kopi dark roast memiliki periode pemanggangan yang cukup lama serta suhu 225 deajat celcius hingga membuatnya berwarna hitam pekat. Metode pengolahan ini menjadi yang paling umum di pasaran baik kedai kopi hingga industri kopi instan.

Untuk rasanya sendiri, kopi dark roast memiliki rasa yang kuat. Nggak cuma itu, terdapat sensasi rasa rempah yang dihasilkan.

2. Medium Roast

Medium roast pada kopi merujuk pada proses pemanggangan yang berada pada suhu 210 derajat celcius. Dilihat dari warnanya, medium roast memiliki warna yang sedikit lebih cerah dibanding dengan dark roast. Kopi medium roast memiliki kadar kafein rendah dengan rasa yang seimbang antara citrusy, pahit, serta sedikit manis.

3. Light Roast

Metode pemanggangan kopi light roast adalah menggunakan suhu terendah yaitu 205 derajat celcius, sehingga warna yang dihasilkan pun cenderung coklat terang. Pada tingkatan roasting ini, kopi memiliki kandungan asam yang tinggi. Kombinasi rasa keasaman, citrusy, serta tekstur yang ringan akan kamu dapatkan dengan metode pemanggangan ini.

Ketiga jenis metode pemanggangan ini pun sama-sama nikmat untuk disajikan sebagai morning coffee. Jika kamu menginginkan sedikit pemanis, tambahkan gula rendah kalori secukupnya ke dalam cangkir untuk membuat kopi pagimu semakin nikmat.

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI