30 Makanan Indonesia Populer yang Selalu Sukses Bikin Ngiler

Selasa, 22 Januari 2019 15:46 Penulis: Wuri Anggarini
30 Makanan Indonesia Populer yang Selalu Sukses Bikin Ngiler
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Buat KLovers yang doyan ngemil, nyobain makanan Indonesia yang khas dari berbagai daerah pasti sebuah agenda yang nggak boleh terlewatkan saat traveling ke luar kota. Nggak bisa dipungkiri bahwa kekayaan budaya yang beragam mewariskan menu-menu paten dan diakui kelezatannya. Bahkan nggak cuma warga asli negeri ini, wisatawan dan pendatang dari negara lain pun mengakui kelezatan masakan Indonesia yang terkenal jempolan.

Ada ratusan, atau bahkan ribuan resep masakan Indonesia, masing-masing membawa kelezatan unik, khas dari daerah-daerah pembuatnya. Sebagai permulaan, ketahui 30 makanan Indonesia di bawah ini. Siapa tahu, ada beberapa yang belum kamu coba kelezatannya.

1. Rawon

©Instagram/Winda Carmelita©Instagram/Winda Carmelita

Makanan Indonesia yang satu ini sangat khas berkat kuahnya yang hitam pekat. Warna tersebut didapatkan dari teknik pengolahan dengan memakai buah keluak (kluwek). Sebagai campurannya digunakan daging sapi, air, daun salam, lengkuas, dan beberapa bumbu-bumbu dapur lainnya. Daerah utama penghasil rawon adalah Jawa Timur dan ada beberapa macam, khas dari kota masing-masing yang membuat katalog rawon kaya akan variasi.

2. Sop Buntut

Nggak boleh ada yang terbuang! Kira-kira seperti itulah prinsip orang Indonesia saat mengolah makanan, khususnya daging hewan. Mulai dari ujung kepala sampai kaki, luar hingga dalam tubuh dimanfaatkan sebagai menu makanan Indonesia yang bikin ngiler. Bahkan bagian buntut (ekor) pun bisa diubah menjadi sop yang lezat. Salah satu cara populer mengolah sop buntut adalah daging sapi dibakar terlebih dahulu. Baru kemudian dicampurkan dengan kuah sop.

Karena kelezatannya yang melegenda, nggak heran kalau salah satu bintang film TRANSFORMERS: AGE OF EXTINCTION sampai ketagihan. Dia adalah Michael Wong yang selalu mencari makanan Indonesia yang satu ini setiap kali punya kesempatan ke Indonesia.

3. Rendang

Yang pertama dan utama harus yang paling mendunia. Apalagi kalau bukan rendang? Makanan Indonesia yang khas dari Tanah Minang ini berkali-kali diakui dunia sebagai menu paling lezat, mengalahkan hidangan-hidangan populer dari Amerika, Eropa, hingga Afrika.

Makanan Indonesia tersebut dibikin melalui proses memasak yang sangat lama. Nggak hanya membutuhkan teknik yang sempurna, tapi juga kesabaran dan ketelatenan agar rendang berasa lezat saat dimakan. Dengan kandungan rempah-rempah yang sangat kaya, setiap gigitan dari olahan daging sapi ini bakal terasa eksplosif! Beruntung kamu hidup di Indonesia karena bisa menikmati rendang setiap hari dengan harga yang terjangkau kantong. Karena kelezatannya yang mendunia, rendang juga menjadi makanan yang paling diincar oleh para personel boyband Korea, BTS.

4. Mie Instan

Mie instan memang bukan produk asli Indonesia. Tapi merek-merek mie instan buatan Indonesia selalu sukses mencuri perhatian, baik dari dalam sampai luar negeri. Baik yang goreng mau pun kuah, mie instan sukses jadi makanan populer karena harganya yang murah dan rasa lezat dari bumbu-bumbu serbuknya. Bahkan sekarang pun ada mie goreng dengan varian salted egg. Selain itu mie instan juga banyak dijajakan oleh warung-warung hingga restoran, paling sering ditemui disajikan dengan level kepedasan yang beragam. Mie instan juga jadi salah satu produk yang merakyat sehingga nggak heran jika menjadi salah satu makanan Indonesia paling populer.

5. Ketoprak

Ketoprak jadi bukti bahwa orang-orang Tanah Air itu kreatif. Bisa mengubah bahan-bahan seadanya menjadi menu makanan Indonesia yang menawan. Bahan utama ketoprak adalah toge, bihun, lontong, telur, tahu, dan kerupuk yang disiram dengan bumbu kacang. Makin jempolan bikin bumbu kacangnya, makin tinggi pula level kenikmatan ketopraknya.

6. Gado-Gado

©Instagram/nengbiker©Instagram/nengbiker

Gado-gado pernah nge-hits karena tiba-tiba diangkat sebagai tema masakan oleh chef kondang asal Inggris, Jamie Oliver. Makanan Indonesia ini bisa dibilang sebagai salad karena memiliki banyak campuran sayuran, mulai dari mentimun, kacang panjang, daun kol, toge, selada, kentang, kemudian diperkaya dengan tahu, tempe, telur, serta disiram kuah kacang.

7. Pecel

Hampir mirip gado-gado tapi pecel punya rasa yang lebih berempah dan pedas. Pecel merupakan paduan sayuran, seperti bayam, kacang panjang, toge, dan kubis, disiram dengan kuah kacang yang pekat. Makanan Indonesia khas Jawa Timur ini punya banyak varian, mulai dari Pecel Tumpang, Pecel Blitar, Pecel Pincuk Madiun, Pecel Daun Jati Ponorogo, dan masih banyak lagi lainnya. Bakal makin lezat kalau makannya ditemani peyek. 

8. Ayam Betutu

Ayam Betutu merupakan makanan Indonesia khas Bali. Dalam memasak ayam betutu ini, satu ayam utuh dibalur dengan aneka bumbu dan rempah. Setelah merata, daging ayam tersebut lalu dipanggang api sekam hingga matang. Seorang koki ayam betutu yang handal selalu menyajikan menu ini dengan daging yang empuk seperti dikukus.

9. Empek-empek Palembang

Sering disebut juga dengan nama pempek, makanan Indonesia khas Palembang ini memanfaatkan kekayaan alam bahari, yaitu ikan. Proses pembuatannya, daging ikan yang sudah dibersihkan kemudian dihaluskan bareng tepung kanji, air, dan garam menjadi semacam adonan. Nah, adonan itu kemudian direbus supaya padat.

Pempek yang enak biasanya dikenal karena punya aroma dan rasa ikan yang kuat. Nggak heran kalau banyak pengusaha pempek yang menggunakan ikan tengiri sebagai bahan utama pembuat makanan ini. Makanan Indonesia yang satu ini disajikan bareng saus cuko (cuka) berwarna coklat pekat dengan rasa sedikit pedas, manis, dan asam.

10. Soto

©Shutterstock©Shutterstock

Jadi salah satu makanan Indonesia yang banyak digemari, soto punya banyak varian. Beberapa yang populer adalah Soto Lamongan, Soto Betawi, dan Soto Medan. Masing-masing punya perbedaan rasa dan tekstur. Soto Lamongan cenderung memiliki kuah kuning bening, sementara Soto Betawi dan Soto Medan menggunakan kuah yang pekat. Soto Betawi lebih putih, sementara Soto Medan cenderung kekuningan.

11. Ayam Taliwang

Usai puas jalan-jalan menyisiri Sengigi nan panjang, mampir dulu ke restoran di Lombok untuk menikmati lezatnya Ayam Taliwang. Makanan Indonesia khas Lombok ini punya rasa segar menggelegar karena menggunakan banyak rempah-rempah sebagai bumbunya. Bahan utamanya menggunakan ayam kampung sehingga bumbu lebih meresap. Ayam kemudian dipanggang, lalu disajikan bareng sepiring nasi panas.

12. Bubur Manado

Bubur Manado adalah menu sarapan sederhana yang membangkitkan selera. Sesuai dengan namanya, bubur ini memang khas dari Manado, Sulawesi Utara. Bedanya dengan bubur nasi biasa adalah bahan-bahan yang dicampur aduk dalam bubur tersebut, mulai dari daun-daun sayur, daging ikan, hingga tempe dan tahu yang membuatnya jadi salah satu makanan Indonesia populer yang punya rasa otentik.

13. Gohu Ikan

Makanan Indonesia ini datangnya dari Maluku, pulau yang dikenal sebagai penghasil ikan tuna terbaik di Nusantara. Cara membuat Gohu Ikan ini membutuhkan daging tuna segar dari laut yang kemudian dipotong kecil-kecil, dicuci, lalu dilumuri dengan garam dan perasan lemon.

Sebagai bumbu pelengkapnya menggunakan daun balakama (kemangi), bawang merah, dan cabe rawit yang ditumis dalam minyak kelapa. Lalu tumisan tersebut disiramkan ke daging tuna. Daging tunanya nggak dimasak? Memang tidak. Karena itu juga makanya Gohu Ikan ini dikenal masyarakat luas sebagai Sashimi Ternate.

14. Papeda

Dari ujung timur Nusantara, Papua, ada makanan Indonesia yang sangat melegenda, yaitu Papeda. Menu ini memanfaatkan kekayaan alam Tanah Papua berupa bubur sagu yang disajikan bareng ikan tongkol kuah kuning. Paling pas untuk dinikmati sebagai makan siang, setelah lelah menjelajahi Papua.

15. Gudeg

©Winda Carmelita©Winda Carmelita

Gudeg adalah salah satu bukti bahwa makanan Indonesia itu beragam. Kalau orang Sumatera lebih suka asin, masyarakat Jawa Tengah, lewat gudeg membuktikan bahwa mereka doyan yang manis-manis. Kayak cewek Yogyakarta yang juga dikenal kalem dan manis.

Bahan utama gudeg adalah daging nangka muda yang disuwir kecil-kecil, kemudian dimasak bareng santan, gula aren, daging (biasanya daging ayam), serta bawang putih. Paling nikmati disajikan bareng nasi panas dan sambal pedas. Konon, makin lama umur gudeg, makin lezat pula rasanya. Nggak percaya? Cicipi sendiri kalau jalan-jalan ke Yogyakarta.

16. Mie Aceh

©Pexels/Luthfi Ramaditya©Pexels/Luthfi Ramaditya

Namanya juga Mie Aceh, pasti asalnya dari Aceh. Makanan Indonesia ini sudah tersebar ke berbagai penjuru Nusantara dengan variasi yang beragam. Mie yang digunakan lebih tebal dibandingkan mie-mie yang biasa digunakan pada menu-menu lain dengan warna khas jingga (oranye). Sebagai isiannya, dipakai daun bawang, potongan daging sapi atau kambing. Bisa juga kamu pesan mie aceh seafood yang pakai daging cumi-cumi, kepiting, atau udang.

17. Bika Ambon

Namanya Bika Ambon, tapi makanan ini populer di Medan. Makanan Indonesia ini memang merupakan oleh-oleh khas ibukota Sumatera Utara tersebut. Menu ini terbuat dari gula, santan, dan telur, dengan rasa yang legit dan aroma wangi menggoda.

18. Gulai Ikan Patin Jambi

Ini gulai bukan sembarang gulai. Meski namanya Gulai Ikan Patin tapi masaknya pakai fermentasi buah durian, lho. Jadi kalau pengen makan Gulai Ikan Patin Jambi yang asli wajib doyan durian biar seru makannya. Kalau nggak suka durian mungkin kamu bakal menghindarinya. Tapi dalam perkembangannya makin banyak juru masak yang mengganti buah durian dengan santan supaya aromanya lebih ‘bisa diterima.'

19. Nasi Goreng

©Instagram/nengbiker©Instagram/nengbiker

Nasi goreng adalah favorit bagi siapa pun, terutama mereka yang menggunakan nasi sebagai menu utama. Setiap kali ada sisa nasi kemarin, sarapan pagi sudah pasti pakai nasi goreng. Menu makanan Indonesia ini memang menjadi idola bagi siapa saja karena mudah dibuat dan punya rasa aduhai. Apalagi ketika dinikmati, beberapa detik setelah diangkat dari wajan penggorengan.

Setiap orang pasti punya variasi memasak nasi goreng ala mereka sendiri. Ada yang hanya menggunakan tumisan bawang merah dan bawang putih plus garam, hingga yang paling istimewa, dengan berbagai suwiran daging dan aneka bumbu penyedap.

20. Pendap Bengkulu

Kalau jalan-jalan ke Bengkulu, wajib bawa pulang oleh-oleh bernama pendap. Menu ini semacam lemper dengan bungkusan daun pisangnya. Tapi di dalamnya adalah olahan parutan kelapa muda yang dimasak bareng bumbu dan rempah-rempah, seperti cabe giling, kencur, serta bawang putih.

21. Gulai Belacan Riau

Belacan kalau di Pulau Jawa dikenal dengan nama terasi. Sesuai dengan namanya, makanan Indonesia yang satu ini memang menggunakan terasi sebagai salah satu bahan utamanya. Biar rasanya makin bikin selera, gulai menggunakan daging-dagingan, udang, atau ikan.

22. Mie Bangka

Bicara soal Pulau Bangka pasti nggak lepas olahan seafood sebagai makanan Indonesia yang khas. Karena itu jangan heran kalau Mie Bangka juga memiliki rasa sari laut yang sangat kuat. Kuahnya dibuat dari campuran ikan, udang, cumi-cumi, atau kepiting, lalu disiramkan di atas mie basah, toge, timun, dan kerupuk yang sudah menunggu di dalam mangkok. Rasanya? Hmm.. wajib coba!

23. Tempe

Siapa yang nggak kenal tempe? Makanan Indonesia yang terbuat dari olahan kedelai ini sudah dikenal di berbagai negara. Cara masak yang paling sederhana adalah dengan digoreng. Selain itu, tempe juga bisa dibacem, dibikin oseng-oseng, disambal penyet, dan masih banyak lagi lainnya. Yang pasti, tempe adalah menu jagoan dari negeri ini.

24. Bakso

Instagram/nengbikerInstagram/nengbiker

Kalau makanan Indonesia yang satu ini pasti nggak ada yang nggak kenal. Dari Sabang sampai Merauke, kota sampai ujung desa, pasti ada warung bakso. Sebuah menu sederhana dengan bahan utama daging sapi yang digiling, lalu dibentuk bulat. Selain itu ada juga menu pelengkap lainnya, seperti gorengan pangsit, tahu, mie bihun atau kuning. Kunci kelezatan bakso ada pada kaldunya. Semakin lezat kaldu bikinan abang bakso, makin nikmat pula semangkok bakso. Bahkan mantan Presiden AS, Barack Obama pun merindukan kelezatan bakso saat kunjungan diplomasi yang disebutnya ‘pulang kampung.'

25. Seruit Lampung

Seruit merupakan makanan Indonesia yang wajib dicicipi saat jalan-jalan ke Lampung. Menu ini cukup unik, di mana ikan goreng atau bakar diolah bareng terasi, fermentasi durian, dan mangga. Biar makin seger, makan seruit harus dibarengi lalapan sayur, seperti timun atau tomat.

26. Kerak Telor

Eksistensi kerak telor di ibukota makin terpinggirkan, bersamaan dengan semakin majunya Jakarta. Nggak heran kalau menu ini mungkin hanya kamu temui di festival-festival atau pekan raya. Padahal makanan ini adalah salah satu simbol dari Suku Betawi.

27. Mie Kocok

©Pexels/Calvin Hanson©Pexels/Calvin Hanson

Jakarta punya kerak telor, Bandung ada mie kocok. Sekilas, makanan Indonesia ini seperti mie kuah kental dengan isian yang mengundang selera, yaitu kikil. Paling enak dinikmati sambil merasakan musim penghujan di Jawa Barat.

28. Bandeng Presto

Selain lumpia, makanan Indonesia paling dicari di Semarang adalah bandeng presto. Sebenarnya bukan menu legendaris karena dimasak dengan teknik modern. Meski begitu, Semarang makin lekat dengan image bandeng presto. Mungkin karena makin banyak gerai oleh-oleh yang menawarkan menu ini.

Cara membautnya, ikan bandeng di-presto agar durinya jadi lunak dan lebih nikmat saat dimakan. Soalnya tahu sendiri, kan, kalau duri ikan bandeng itu selalu bikin sebal? Kalau cara makannya, tinggal goreng dulu bandeng presto, kemudian nikmati bareng sambal dan nasi panas. Dijamin ketagihan!

29. Coto Makasar

Iya, kamu nggak salah kalau Coto adalah soto khas Makassar. Secara tampilan dan cara menyajikan memang nggak jauh beda dengan soto-soto yang lain. Isian daging dalam mangkok disiram dengan kuah santan yang lezat. Bedanya, coto punya rasa beda karena menggunakan kacang tanah halus.

30. Sate

©Instagram/nengbiker©Instagram/nengbiker

Last but not least, makanan Indonesia yang populer di dunia adalah sate. Sebenarnya sate adalah menu yang mendunia. Masing-masing negara punya variasi sate dengan satu kesamaan, yaitu dimasak dengan cara dibakar. Sementara itu, Indonesia punya persepsi beda soal sate, yaitu disiram dengan kuah kacang.

Secara umum, sate punya tiga varian daging, yaitu sate ayam, sate kambing, dan sate kelinci. Tapi sebenarnya daging apa pun bisa dibikin sate, seperti sate hiu, sate kalkun, hingga sate kuda pun ada. Ada juga sate komoh, yang merupakan sate dengan daging sapi dan dimasak dengan baluran bumbu dan rempah.
Bagaimana rasanya? Wajib kamu coba!

Itulah 30 makanan Indonesia yang sangat dikenal dunia. Ada yang belum kamu cicipi? Catat di buku agenda sebagai target kuliner untuk liburan di tahun 2019 ini.

(kpl/xap)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI