31 Manfaat Bawang Putih, Obati Jerawat Sampai Dongkrak Imunitas

Jum'at, 16 November 2018 14:05 Penulis: Editor KapanLagi.com
31 Manfaat Bawang Putih, Obati Jerawat Sampai Dongkrak Imunitas
newvision.co.ug

Kapanlagi Plus - Bawang putih barangkali bukanlah sesuatu yang menarik perhatian KLovers. Pasalnya, bahan dapur satu ini miliki aroma kuat yang menyengat. Selain itu, dalam mitologi Rumania, bawang putih identik dengan cerita vampir. Duh, masih mau deket-deket sama bawang putih?

Namun siapa sangka, di balik itu semua bawang putih punya seabrek manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Yup, kandungan antioksidannya yang tinggi bagus banget untuk cegah kanker. Selain itu bawang putih juga ampuh atasi jerawat serta dongkrak imunitas. Yuk langsung aja kepoin 32 manfaat bawah putih di bawah ini!

1. Mencegah kanker

Nggak cuma daun sirsak yang berkhasiat cegah kanker, bawang putih pun nggak kalah ampuh. Yup, bawang putih mengandung senyawa sulfur bioaktif yang menghambat proses pembentukan sel kanker.

2. Meningkatkan imunitas

Kalau KLovers lagi sering-seringnya sakit gegara cuaca yang tak menentu ini, wajib banget banyak-banyak kunyah bawang putih. Pasalnya, bawang putih mengandung vitamin C yang menguatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Mengobati keputihan

Keputihan memang masalah yang selalu harus dihadapi kaum hawa. Selain timbulkan rasa nggak nyaman, keputihan juga kadang bikin gatal. Namun itu semua bisa diatasi dengan bawang putih. Pasalnya, sudah sejak lama bawang putih dikenal dengan kandungannya yang antibakteri dan antijamur. Cara obatinya? Tinggal rutin konsumsi aja kok.

4. Membasmi kolesterol jahat

Kolesterol selalu jadi momok bagi siapapun. Namun bagi bawang putih, kolesterol bukanlah senyawa yang sulit dihadapi. Pasalnya, dengan mengkonsumsi bawang putih secara teratur koleserol dapat dipangkas hingga 15%.

5. Mengobati infeksi paru-paru

Kandungan antibakteri dan antimikroba dalam bawang putih mampu melawan bakteri, mikroba dan kuman yang biasa sebabkan infeksi paru-paru.

6. Ringankan sakit sinusitis

Siapa sih mau menderita gegara sinusitis? Bawang putih bisa banget membantu ringankan radang di rongga hidung serta kurangi sakit kepala yang disebabkan sinusitis.

7. Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan Allicin dan aktioksidannya yang tinggi bikin bawang putih punya kemampuan untuk turunkan tekanan darah dan lancarkan sistem peredaran darah. Kalau KLovers lagi tersiksa banget dengan tekanan darah yang lagi naik gila-gilaan, bisa langsung konsumsi bawang putih.

8. Mencegah alzheimer dan demensia

Dua penyakit ini jadi ancaman serius bagi siapapun, terutama mereka yang mulai beranjak tua. Namun dengan mengkonsumsi bawang putih secara teratur, bikin produksi enzim antioksidan dalam tubuh meningkat. Hal itu jelas menekan tingkat kerusakan oksidatif dalam tubuh dong, sehingga ancaman alzheimer dan demensia bisa diminimalisir.

9. Ringankan sakit gigi

Nggak salah memang kalau ada yang bilang lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Sakitnya itu memang luar biasa sampai bikin susah tidur. Bawang putih bisa banget atasi itu. Yup, kandungan analgesiknya ampuh banget ringankan rasa nyeri akibat sakit gigi.

10. Menyuburkan rambut

Buat KLovers yang lagi sedih gegara alami kerontokan rambut yang hebat, bawang putih wajib banget dicoba. Yup, dengan menjadikannya sebagai masker rambut, bawang putih berkhasiat untuk memperkuat akar rambut dan mengurangi rontok.

11. Membantu menurunkan berat badan

Buat KLovers yang lagi pengen turunkan berat badan, bawang putih wajib banget untuk dipertimbangkan. Pasalnya, dengan kemampuannya tingkatkan metabolisme tubuh itu bikin lemak-lemak jadi berkurang.

12. Meningkatkan metabolisme tubuh

Enzim alami yang dikandung bawang putih ampuh juga lho untuk tingkatkan metabolisme tubuh. Yup, dengan metabolisme yang baik, maka tubuh pun jadi makin sehat!

13. Menambah gairah seksualitas bagi pria

Seksualitas jadi sesuatu yang nggak bisa di sepelekan, terutama bagi kaum adam. Tentunya bawang putih juga nggak bisa diremehkan dalam pekara ini, pasalnya bawang putih mengandung aliccin, yaitu zat yang berfungsi melancarkan peredaran darah pada organ seksual.

14. Mengobati flu

Flu bukanlah penyakit yang serius, tapi siapa sih yang suka dengan serangan flu? Namun dengan konsumsi bawang, flu bisa diatasi. Bawang putih mengandung antibakteri dan antivirus yang ampuh banget redakan flu.

15. Mengobati psoriasis

Barangkali KLovers agak nggak familiar dengan penyakit yang satu ini. Psoriasis merupakan penyakit kulit yang terjadi karena peradangan seperti kulit mengelupas, gatal, dan disertai nyeri. Bawang putih yang bersifat anti inflamasi bisa atasi itu semua. Caranya tinggal dioleskan saja pada daerah kulit yang radang.

16. Mengobati jamur kaki

Sifat anti inflamasi yang dimiliki bawang putih juga berkhasiat untuk obati jamur kaki. Nggak cuma obati, bawang putih juga bantu samarkan luka bekas jamurnya.

17. Mengurangi tumbuhnya jerawat

Jerawat memang jadi super momok bagi siapa saja, terlebih bagi wanita di hari-hari dekati menstruasi. Siapa sangka, bawang putih yang biasa ada di dekat kita itu bisa atasi ini. Dengan memakan 1-2 siung setiap hari, konon katanya jerawat bakal berkurang.

18. Mengurangi Gula Darah

Bagi penderita diabetes, bawang putih bisa dipertimbangkan untuk turunkan gula darah. Pasalnya, bawang putih bisa menurunkan kadar trigliserida dan juga kadar glukosa.

19. Mengurangi Reumatik

Mencari obat untuk sembuhkan reumatik bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, penyakit ini berhubungan dengan otot dan sendi sekaligus. Kandungan dalam bawang putih ternyata bisa banget obati reumatik jika dikonsumsi rutin sebelum tidur.

20. Mengobati Penderita Anemia

Untuk KLovers yang selama ini tersiksa dengan anemia, bawang putih boleh dicoba. Kandungan vitamin C, vitamin B1, zat besi dan nutrisi lain dalam bawang putih ampuh banget hilangkan anemia secara permanen.

21. Obat untuk Masalah Pernafasan

Meski miliki aroma yang menyengat dan nggak sedap, bawang putih ternyata bisa atasi berbagai masalah pernafasan lho. Yup, kandungan allicin dalam bawang putih bisa memberikan sensasi yang cukup tajam pada penciuman seseorang, sehingga juga bisa meredakan sakit atau radang pada paru-paru.

22. Melancarkan pencernaan

Bawang putih mengandung allicin yang merangsang dinding perut dan dan usus untuk melancarkan pencernaan. Demi tujuan ini cara konsumsinya pun mudah. KLovers tinggal merebus bawang putih terlebih dahulu.

23. Merangsang Sel Saraf

Senyawa saltivine yang dikandung bawang putih membantu sel syaraf untuk bekerja lebih baik dan lebih cepat. Namun khasiat itu hanya bisa dirasakan kalau KLovers rajin mengkonsumsinya ya!

24. Menjadi Anti Penuaan

Buat KLovers yang pengen terus awet muda, bawang putih wajib dikonsumsi dengan rajin. Pasalnya, bawang putih mengandung itamin B1 dan C yang sangat baik untuk meremajakan kulit kembali.

25. Mengobati Penyakit Hati

Antioksidan yang dikandung bawang putih ternyata bisa mengatasi penyakit hati. Terlebih untuk untuk obati peradangan hati.

26. Mengobati Maag

Saat maag menyerang, sakitnya sungguh luar biasa. Kini, Klovers bisa langsung konsumsi bawang putih saat maag.

27. Menghilangkan Bekas Selulit

Siapa sih yang sukai selulit? Semua orang pasti berusaha usir bekas selulit. Kandungan vitamin C, B, E dan juga K dalam bawang putih ampuh remajakan kulit, sehingga selulit pun bisa diusir.

28. Mengobati Kutil

Munculnya kutil memang bikin sebel abis. Secara estetik, kutil beneran mengganggu. Nah, bawang putih bisa banget dicoba atasi kutil. Caranya, bawang putih yang sudah dihaluskan tinggal ditempelkan pada kutil dengan bantuan plester.

29. Menghilangkan Varises

Varises yang biasanya muncul di bagian belakang lutut dan kaki itu, tentu sangat mengganggu. Namun ternyata bawang putih ampuh atasi itu. Caranya tinggal dikonsumsi secara rutin saja. Untuk lebih cepat, KLovers bisa mengoleskan bawang putih yang sudah dihaluskan pada kulit yang varises.

30. Mengobati demam

Nggak seorangpun mau terserang demam. Sekalinya kena, pasti pengen lekas sembuh. Bawang putih bisa jadi pilihan lho, pasalnya kemampuan bawang putih untuk kuatkan sistem imun itu bikin suhu tubuh kembali normal.

31. Menghilangkan iritasi pada mata

Iritasi mata kerap kali menyerang tak terduga. KLovers bisa manfaatkan bawang putih untuk obati iritasi mata. Caranya cuci bersih bawang putih dan potong hingga tampak bagian dalamnya yang basah. Gosokkan perlahan bagian dalam yang basah pada kelopak mata bagian bawah.

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI