14 Manfaat Jus Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh, Beserta Dengan Kandungan Nutrisinya

Jum'at, 08 Januari 2021 15:00 Penulis: Dhia Amira
14 Manfaat Jus Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh, Beserta Dengan Kandungan Nutrisinya
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Jus sirsak memang menjadi salah satu minuman yang cukup menyegarkan. Hal ini karena buah sirsak memiliki rasa asam yang segar. Buah sirsak memiliki kulit luar yang berduri dan tekstur daging buah yang sangat lembut. Sehingga tidak heran bila buah yang satu ini menjadi salah satu jenis buah yang sangat favorit. Bahkan selain menyegarkan, nyatanya manfaat jus sirsak sangat luar biasa loh untuk kesehatan tubuh KLovers.

Buah yang satu ini juga tergolong salah satu buah yang memiliki aroma harum yang segar. Buah sirsak merupakan buah yang bukan termasuk dalam golongan buah sejati, karena hampir mirip seperti buah nangka. Buah sirsak juga memiliki sebutan lain seperti nangka Belanda atau durian Belanda.

Tidak hanya itu saja, buah sirsak memiliki banyak kandungan karbohidrat terutama fluktosa, lalu kandungan vitamin C, vitamin B1, dan juga vitamin B2. Dengan kandungan yang luar biasa tersebut, tidak heran bila manfaat jus sirsak untuk kesehatan tubuh pun sangat luar biasa. Bahkan dapat mengatasi berbagai macam penyakit yang cukup serius.

Penasaran apa saja kira-kira manfaat jus sirsak? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 14 manfaat jus sirsak bagi kesehatan tubuh yang wajib kalian ketahui.

 

1. Kandungan Nutrisi Buah Sirsak

Sebelum kalian mengetahui apa saja manfaat jus sirsak, maka kalian wajib mengetahui apa saja kandungan dalam buah sirsak. Dan berikut ini beberapa kandungan dalam seporsi buah sirsak (sekitar 200 gram) yang memiliki 110-130 kalori. Selain itu, buah sirsak juga memiliki sejumlah kandungan nutrisi berikut ini:

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Vitamin C
  • Vitamin B
  • Kalium
  • Magnesium
  • Kalsium
Selain beragam nutrisi di atas, buah sirsak juga mengandung nutrisi lain, seperti zat besi, folat, zinc, serta antioksidan. Dengan kandungan yang luar biasa ini tidak heran bila manfaat jus sirsak juga sangat luar biasa.

 

2. Anti Kanker

Manfaat jus sirsak yang pertama yaitu sebagai anti kanker. Dalam jus sirsak terdapat kandungan anti kanker dan juga antioksidan yang baik dalam mencegah dan mengurangi penyebaran kanker. Antioksidan berfungsi sebagai zat yang dapat melindungi sel dari zat berbahaya yang dapat merusak sel-sel di dalam tubuh.

Zat tersebut seperti radikal bebas, virus, serta bakteri. Bila radikal bebas masuk ke dalam sel dalam tubuh maka hal tersebut dapat menimbulkan berbagai macam penyakit salah satunya adalah kanker. Jadi, bila kalian ingin mencegah diri dari penyakit kanker kalian bisa menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi buah sirsak.

 

3. Mengobati Asam Urat

Kemudian manfaat jus sirsak yang yang kedua yaitu dapat mengobati asam urat. Hal ini karena di dalam buah sirsak terdapat kandungan acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat yang dimanfaatkan untuk mengobati asam urat.

Tidak hanya buahnya saja daun buah sirsak juga sangat baik untuk mengobati asam urat. Kalian hanya perlu merebus daun buah sirsak sebanyak 10 lembar, carilah daun yang sudah tua lalu direbus dengan 3 gelas air. Setelah itu rebus daun hingga air menyusut menjadi 1 gelas saja. Kemudian minum setiap pagi agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

4. Memperlancar Pencernaan

Selain mengobati asam urat, ternyata manfaat jus sirsak juga baik untuk memperlancar pencernaan loh KLovers. Hal tersebut karena di dalam 100 gram daging buah sirsak mengandung 3,3 gram serat yang dapat memenuhi 13% kebutuhan serat dalam sehari untuk orang dewasa.

Dan dengan adanya kandungan serat yang baik ini dapat merawat pencernaan dan menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Selain itu manfaat jus sirsak ternyata dapat dijadikan sebagai obat jika kalian mengalami rasa sakit ketika buang air kecil.

Kalian bisa menjadikan buah sirsak sebagai jus untuk mempercepat penyebaran nutrisi di dalam tubuh dan dapat mempermudah pencernaan. Kalian bisa mengonsumsi minuman ini secara rutin hingga rasa sakit saat buang air kecil menghilang.

 

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi kalian yang menderita diabetes, manfaat jus sirsak yang satu ini ternyata berguna loh. Diabetes memang menjadi salah satu penyakit yang cukup berbahaya, bahkan penyakit ini harus membuat penderitanya memilih makanan apa yang harus mereka makan, agar kadar gula dalam darah tidak meningkat. Dan salah satu makanan yang aman yaitu ada buah sirsak.

Yup! Dalam sebuah studi yang meneliti buah sirsak menunjukkan bahwa, mengonsumsi jus sirsak secara rutin dapat mengurangi kadar glukosa dalam darah secara signifikan, sekalipun kalian makan atau minum lebih sedikit dari biasanya.

 

6. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Sama seperti buah yang lainnya, nyatanya sirsak juga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh loh KLovers. Sistem kekebalan tubuh memang sangat penting untuk tubuh kalian, karena sistem kekebalan tubuh yang lemah akan membuat tubuh gampang terkena penyakit.

Penelitian dari BioMed Research International yang dilansir dari liputan6.com menunjukkan bahwa, kandungan vitamin C yang ada pada buah sirsak mampu meminimalkan flu. Dengan mengonsumsi buah sirsak secara rutin dipercaya mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh sehingga kalian tidak mudah jatuh sakit.

 

7. Memperkuat Tulang

Tidak hanya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh saja, nyatanya buah sirsak juga mampu memperkuat tulang di dalam tubuh kita loh. Hal itu karena di dalam buah sirsak terdapat kandungan kalsium serta fosfor yang dapat membantu pertumbuhan tulang serta mencegah terjadinya osteoporosis.

Buah sirsak dalam bentuk jus juga baik dikonsumsi untuk anak yang sedang mengalami pertumbuhan tulang, tetapi jangan diberikan terlalu berlebihan ya KLovers. Buah sirsak baik dikonsumsi untuk wanita, hal tersebut karena wanita cepat sekali terkena osteoporosis saat menopause atau setelah melahirkan. Ini karena buah sirsak dapat melindungi tulang dari penipisan estrogen secara alami.

 

8. Mengobati Hipertensi

Nyatanya manfaat jus sirsak juga sangat baik dalam mengobati hipertensi loh KLovers. Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi akan sangat berbahaya bagi tubuh, dan akan menjadi penyakit yang menyebabkan stroke hingga jantung. Untuk mengobati hipertensi, maka kalian bisa mengonsumsi jus buah sirsak.

Nyatanya buah sirsak sudah sejak lama dipercaya dalam mengatasi hipertensi. Berdasarkan penelitian pada tahun 2012 menyebutkan bahwa, ekstrak buah sirsak bisa mengurangi tekanan darah dengan mekanisme yang alami. Dan dengan hal tersebut tidak heran bila, kalian yang mengalami masalah hipertensi dapat mengonsumsi jus buah sirsak.

 

9. Mengobati Herpes

Herpes adalah infeksi virus pada area kelamin atau mulut yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Selain menjalani pengobatan dengan konsumsi obat dari dokter, kalian juga dapat membantu proses pengobatan dengan meminum jus sirsak secara rutin.

Perlu diketahui bahwa herpes tipe 2 tidak dapat sembuh, namun dengan konsumsi sirsak dapat mengurangi potensi munculnya kekambuhan. Manfaat jus sirsak ini disebabkan oleh adanya zat antivirus, terutama anti herpes untuk jenis virus herpes simpleks 2 alias HSV-2.

 

10. Meredakan Peradangan

Peradangan dapat menimpa siapa saja di dalam tubuh, dan tentu saja peradangan ini memiliki beragam masalah. Dan salah satu masalahnya yaitu peradangan sendi. Untuk mengatasi peradangan tersebut, nyatanya kalian bisa kok menggunakan manfaat buah sirsak KLovers.

Dalam sebuah penelitian di Amerika Selatan menemukan bahwa tanaman sirsak memiliki sifat anti inflamasi. Dan kandungan ini mampu mengatasi peradangan yang terjadi di tubuh kalian dengan sangat efektif. Tidak hanya itu, sifat analgesik dalam buah sirsak juga mampu meredakan nyeri saat peradangan.

 

11. Membunuh Parasit

Infeksi parasit adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit, misalnya cacing atau kutu. Infeksi parasit terjadi ketika parasit masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, gigitan serangga, atau kontak langsung dan tidak langsung dengan penderita infeksi parasit.

Parasit adalah mikro organisme yang hidup dan menggantungkan hidup dari organisme lain. Sebagian parasit tidak berbahaya, sedangkan sebagian lain dapat hidup dan berkembang di dalam tubuh manusia kemudian menyebabkan infeksi.

Namun jangan khawatir KLovers, nyatanya kalian bisa loh mengatasi parasit dengan menggunakan manfaat jus sirsak. Ini karena ternyata sirsak telah lama populer menjadi pengobatan tradisional di daerah Amerika Latin dan Amerika Selatan. Kandungan anti parasit dan anti bakterinya dapat melindungi tubuh dari infeksi parasit, karena sirsak mengandung vitamin C yang tinggi.

 

12. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat jus sirsak yang selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Yup! Ternyata buah yang satu ini memiliki kehebatan dalam menutrisi mata kalian dengan sangat baik loh KLovers.

Hal ini karena di dalam buah sirsak terdapat kandungan berupa vitamin A, vitamin E, serta betakaroten. Kandungan ini dipercaya efektif mengurangi risiko penyakit mata. Tidak hanya itu saja, ketiga kandungan ini juga mampu mengurangi stres oksidatif yang memicu katarak dan degenerasi makula terkait usia.

Dan tentu saja khasiat ini sama seperti kita mengonsumsi wortel yang kaya akan vitamin A. Jadi tidak heran bila mengonsumsi jus sirsak sangat baik dalam menjaga kesehatan mata.

 

13. Meredakan Saluran Pernapasan

Kalian sedang batuk dan sulit bernafas? Maka kalian bisa loh menggunakan manfaat jus sirsak. Buah sirsak menjadi makanan yang cocok dimakan saat kalian sedang berjuang melawan batuk, flu, atau gangguan pernapasan lainnya. Sirsak juga memiliki sifat ekspektoran, yang bisa diandalkan untuk menghilangkan dahak dan lendir, di mana banyak patogen atau virus dapat hidup.

Buah sirsak mengandung asam askorbat yang dapat membantu melawan radikal bebas dan infeksi. Dengan mengurangi infeksi bakteri dan virus, kalian dapat mempercepat penyembuhan flu dan batuk. Selain buahnya yang dibuat jus, kalian juga bisa memakai rebusan daun sirsak untuk membantu menyembuhkan sinus dan meredakan tenggorokan.

 

14. Meningkatkan Kesehatan Lambung

Walaupun memiliki rasa yang asam, namun ternyata manfaat jus sirsak dapat meningkatkan kesehatan lambung loh KLovers. Hal ini karena, di dalam buah sirsak terdapat kandungan berupa sifat antiulcer yang berfungsi menekan kerusakan oksidatif di lambung. Bahkan buah sirsak juga dapat menjaga kondisi lendir dinding lambung. Sehingga lambung tidak mudah terluka.

 

15. Mengatasi Stres

Dan manfaat jus alpukat yang terakhir yaitu dapat mengatasi stress. Setiap orang pasti merasakan yang namanya stres, dengan berbagai macam alasan. Bila sudah begini, maka harus cepat diatasi. Karena stres yang berlebih juga akan tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Dan salah satu hal dalam mengatasi stres yaitu dengan mengonsumsi jus sirsak. Hal ini karena, dalam sebuah laporan dari University of Connecticut menunjukkan bahwa, buah sirsak memiliki kandungan yang bermanfaat mengurangi rasa cemas.

Bahkan, ekstraknya bisa digunakan sebagai salah satu solusi masalah depresi. Jadi bila kalian mudah merasa cemas dan stres, kalian bisa mengonsumsi buah sirsak untuk mengatasinya.

Itulah 15 manfaat jus sirsak bagi kesehatan tubuh kalian. Bukan hanya menjadi minuman segar saja, nyatanya jus sirsak juga memiliki manfaat yang baik dalam memberikan nutrisi pada kesehatan, bahkan pada penyakit yang serius sekalipun.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI