35 Kata-Kata Pendosa Islami Penuh Makna, Ingatkan untuk Memohon Ampun dan Bertaubat

Kamis, 18 Februari 2021 09:22
35 Kata-Kata Pendosa Islami Penuh Makna, Ingatkan untuk Memohon Ampun dan Bertaubat
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Setiap manusia tak pernah luput dari khilaf dan dosa. Bahkan, beberapa orang menyebut bahwa manusia sebagai tempatnya dosa. Pada satu momen, ada kalanya kita meratapi kesalahan yang pernah dilakukan di masa lalu. Merasa diri sebagai pendosa, pada momen seperti yang ingin dilakukan hanyalah memohon ampun. Kata-kata pendosa akan membuat seseorang semakin terus teringat akan dosa yang sudah dilakukan.

Dengan membaca kata-kata pendosa, hidup seseorang akan berada dalam bayang-bayang dosa. Secara tak langsung, hal ini akan semakin menguatkan keinginan seseorang untuk bertaubat. Itulah mengapa penting untuk sesekali mengingat kesalahan dan kekhilafan di masa lalu. Bukan saja agar tidak mengulang kesalahan yang sama, melainkan juga agar kita yang pendosa ini bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa kata-kata pendosa.

1. Kata-Kata Pendosa Islami

Dalam ajaran agama Islam, dosa memang merupakan suatu hal yang dilarang. Namun, dosa dapat diampuni melalui jalan bertaubat. Taubat juga sering kali disertai dengan janji untuk tidak mengulangi kesalahan dan dosa yang telah dilakukan. Berikut beberapa kata-kata pendosa Islami.

1. "Kamu begitu banyak berbuat dosa dan Allah masih tetap baik kepadamu. Bayangkan jika kamu baik, rahmat dan kebaikan seperti apa yang akan Allah berikan kepadamu." (Ali bin Abi Thalib)

2. "Jauhilah perbuatan dosa karena itu menghancurkan hati, lakukanlah perbuatan baik karena itu mengundang ketenangan."

3. "Salah satu dosa terburuk adalah seseorang yang menganggap remeh dosanya." (Abu Bakar As-Siddiq)

4. "Sesungguhnya seorang mukmin itu memandang dosa-dosanya seakan-akan ia sedang duduk di bawah gunung dan ia khawatir gunung tersebut akan jatuh menimpanya. Sementara seorang pendosa memandang dosa-dosanya seperti seekor lalat yang lewat di depan hidung lalu ia mengusir lalat tersebut begitu saja." (Hadis)

5. "Jangan menganggap remeh dosa kecil, karena sesungguhnya gunung itu adalah tumpukan pasir." (Ali bin Abi Thalib)

6. "Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya." (Q.S Az-Zumar: 53)

7. "Untuk bisa mendapatkan bunga paling indah, kamu harus berhati-hati menghindari duri. Begitu juga untuk sampai ke surga, kamu juga harus berhati-hati menghindari dosa." (Sheikh Ahmad Musa Jibril)

8. "Jangan meremehkan dosa kecil, karena kebakaran yang dahsyat bahkan bisa disebabkan oleh percikan api terkecil." (Ibnu Qayyim)

9. "Sangat ditekankan untuk senantiasa mengingat Allah karena pada umumnya dosa itu dilakukan saat Allah dilupakan. "

10. "Surga dan neraka, keduanya diciptakan untuk orang-orang yang berbuat dosa. Surga diciptakan untuk para pendosa yang bertaubat, sementara Neraka diciptakan untuk para pendosa yang enggan bertaubat dari maksiat." (Syaikh Taufique Chaudry)

11. "Jangan memandang kecilnya sebuah dosa, tapi lihatlah keagungan yang kamu durhakai."

12. "Ketika kamu berbuat berdosa, itu adalah pertanda kelemahan. Tapi, ketika kamu mendorong orang lain untuk berbuat dosa, berarti telah terjadi banyak kerusakan, terutama pada spiritualitasmu."

13. "Dosa-dosamu sendiri seharusnya sudah cukup untuk mengalihkan perhatianmu dari menilai kesalahan orang lain."

14. "Kebajikan adalah akhlak yang baik, sedangkan dosa adalah apa saja yang membuat jiwamu ragu dan kamu tidak suka memperlihatkannya pada orang lain."

15. "Dosa-dosa kecil akan memakan iman kita seperti semut memakan kue. Kamu tidak akan menyadari dampaknya untuk jangka waktu yang lama, pada saat kamu mulai menyadarinya, ternyata semuanya sudah terlambat."

 

2. Kata-Kata Pendosa Menyesal

Setiap kali teringat pada kesalahan dan dosa di masa lalu, perasaan yang muncul adalah kesedihan. Selain itu penyesalan juga akan muncul berkecamuk dalam hati. Tak sekadar penyesalan biasa, menyesali dosa dan kesalahan bisa menjadi awal mula dari pertaubatan. Berikut beberapa kata-kata pendosa yang menyesal.

1. Saat kita tergoda untuk berbuat dosa, ingatlah beberapa hal berikut: 1. Kematian 2. Allah sedang melihat 3. Malaikat akan mencatat."

2. Perbuatan dosa yang membuatmu sedih dan menyesal lebih disukai oleh Allah daripada amalan baik yang membuatmu menyombongkan diri."

3. "Tangisan taubat seorang pendosa lebih Allah cintai daripada tasbihnya seorang yang sombong." -Ibnu Qayyim

4. "Sangat normal jika kita penuh dosa dan penuh dengan kekurangan, yang menjadi masalah adalah saat kita berhenti menyesali dosa-dosa yang kita lakukan dan tidak bertaubat kepada Allah."

5. "Perbuatan dosa yang membuatmu sedih dan menyesal lebih disukai oleh Allah daripada amalan baik yang membuatmu menyombongkan diri." – Ali bin Abi Thalib

6. "Aku malu saat dianggap baik padahal aku adalah pendosa yang hebat hanya saja Allah sedang menutup aibku."

7. "Dosa itu perlu dibakar, entah itu dengan sakitnya rasa penyesalan di dunia ini ataukah dengan api neraka di akhirat kelak."

8. "Jika suatu malam kamu melihat seseorang berbuat dosa, keesokan harinya jangan memandangnya sebagai orang yang berdosa, mungkin saja pada malam harinya dia telah bertobat sementara kamu tidak mengetahuinya."

9. "Malulah ketika kamu berbuat dosa di depan umum. Tapi, jangan malu untuk menunjukkan keimananmu."

10. "Menjauhi dosa itu lebih ringan daripada menahan sakitnya rasa penyesalan."

 

3. Kata-Kata Pendosa Memohon Ampun

Penyesalan saja rasanya tidak akan cukup untuk membuat hati merasa lega. Sebab, dosa tak akan terhapus hanya dengan rasa menyesal. Lebih dari itu, setelah menyesali dosa dan perbuatan, pendosa sebaiknya juga segera memohon ampun Tuhan. Berikut beberapa kata-kata pendosa yang memohon ampun.

1. "Kamu berbuat dosa? Allah akan mengampuni. Kamu khawatir? Allah yang memegang kendali. Kamu merasa sendirian? Allah selalu bersamamu." (Dr. Bilal Philips)

2. Kulihat dosa-dosaku seakan begitu besar. Tapi, saat kusandingkan dengan ampunan-Mu, ternyata ampunan-Mu jauh lebih besar."

3. "Setan tidak menang ketika kamu berbuat dosa, tapi setan meraih kemenangan ketika kamu berpikir bahwa Allah tidak akan mengampunimu."

4. "Dosa-dosamu boleh jadi sebesar kapal, tapi jangan pernah lupa bahwa rahmat Allah lebih besar daripada lautan."

5. "Kulihat dosa-dosaku seakan begitu besar. Tapi saat kusandingkan dengan ampunan-Mu, ternyata ampunan-Mu jauh lebih besar." (Imam Syafi’i)

6. "Jika suatu malam kamu melihat seseorang berbuat dosa, keesokan harinya jangan memandangnya sebagai orang yang berdosa, mungkin saja pada malam harinya dia telah bertaubat sementara kamu tidak mengetahuinya." (Ali bin Abi Thalib)

7. "Dosa yang telah menjadi kebiasaan harus sangat ditakuti karena dosa yang dilakukan terus-menerus tanpa tobat akan menjadi sifat seseorang."

8. "Sangat normal jika kita penuh dosa dan penuh dengan kekurangan. Yang menjadi masalah adalah saat kita berhenti menyesali dosa-dosa yang kita lakukan dan tidak bertobat kepada Allah."

9. "Semakin kuat dorongan keinginan untuk berbuat dosa, semakin besar pula pahala untuk meninggalkannya karena Allah."

10. "Jangan pernah berpikir buruk tentang saudara sesama muslim, laki-laki maupun perempuan. Tak peduli dosa apa yang mereka lakukan. Bencilah dengan perbuatan dosanya, bukan dengan orangnya. Berikan nasihat dan berdoalah untuk mereka."

Itulah di antaranya 35 kata-kata pendosa Islami yang penuh makna. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi untuk bertaubat serta menyesali kesalahan.

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI