51 Kata-Kata Bercermin yang Bijak Tentang Kehidupan, Penuh Makna Mendalam

Penulis: Nurul Wahida

Diperbarui: Diterbitkan:

51 Kata-Kata Bercermin yang Bijak Tentang Kehidupan, Penuh Makna Mendalam
Kata-kata bercermin (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Setiap orang dapat mengambil pelajaran dan makna berharga dari lingkungan sekitar termasuk benda-benda seperti cermin. Ya, ada beragam kata-kata bercermin yang bijak tentang kehidupan sehingga dapat memotivasi kalian. Baik cerminan diri ataupun berusaha agar memperbaiki diri, kata tentang cermin setidaknya dapat mewakili perasaan hati kalian.

Seperti diketahui cermin digunakan untuk melihat diri sendiri melalui pantulan bayangan kaca. Saat bercermin, setiap orang dapat melihat diri mereka dari ujung kepala hingga ujung kaki. Namun tak sekedar itu saja, bercermin juga dapat dikaitkan dengan persoalan hidup setiap orang.

Baik persoalan hidup tentang jodoh, tentang perilaku, tentang pertemanan dan seterusnya dapat diambil pelajaran baiknya dengan bercermin. Sehingga kalian bisa melakukan intropeksi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya.

Sebab, fungsi cermin sendiri sudah kalian ketahui untuk melihat beragam kekurangan dan kelebihan diri sendiri melalui kaca. Dengan begitu kalian bisa mengamati apa saja kekurangan dan kelebihan kalian terlepas dari bentuk fisik, yakni perilaku dan sifat.

Adapun kata-kata bercermin dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut kata-kata bercermin yang bisa mewakili hati dan perasaan kalian untuk diambil pelajaran baiknya. Kata-kata bercermin berikut ini telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Kata-Kata Bercermin yang Bijak

Seperti ulasan sebelumnya saat bercermin kalian dapat mengambil sebuah pelajaran dan makna yang bisa dikaitkan dengan kehidupan. Sebab saat bercermin kalian bisa melihat apa saja kekurangan dan kelebihan fisik, namun lain halnya ketika kalian melihatnya dari sudut pandang lain yakni sifat dan sikap. Adapun kata-kata bercermin yang bijak dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

1. Hidup adalah cermin dan akan mencerminkan kembali apa yang anda pikirkan terhadap diri sendiri.

2. Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta. Masa yang lampau sangat berguna sebagai kaca benggala daripada masa yang akan datang.

3. Dunia ini laksana cermin. Orang yang baik akan mendapatkan yang baik. Orang yang jahat akan mendapatkan kehidupan yang jahat.

4. Sering-seringlah bercermin sebelum kamu berkata-kata, jangan-jangan kamu sedang menghakimi dirimu sendiri.

5. Suatu keluarga yang saling menasihati satu sama lain, bagaikan cermin yang bisa digunakan orang lain untuk memperbaiki penampilannya lebih baik lagi.

6. Bercerminlah dahulu sebelum kamu membuat cermin orang lain.

7. Terkadang arti kebahagiaan dapat terjadi karena kita melihat masa lalu dan membawanya ke masa depan untuk bercermin tentang kehidupan kita saat ini.

8. Lisan kita adalah cerminan dari hidup kita.

9. Kita seperti bercermin, terlihat nyata, tapi tidak benar-benar ada.

10. Terkadang bercermin membuat kita sadar bahwa hidup pun tidak selalu benar.

11. Tak apa jika orang menertawakan mimpimu. Mereka hanya mampu tertawa tanpa bisa bercermin dengan dirinya sendiri.

12. Jangan melihat masa depan di dalam cermin, karena semua yang akan Anda lihat adalah apa yang ada di belakang mu. - Bambang Pamungkas

13. Cermin tidak pernah berbohong. Dia merefleksikan apa yang tersaji di hadapannya, di dunia ini, di kehidupan ini. - Silvarani

14. Dunia ternyata sederhana. Orang-orang sering merupakan cermin dari diri sendiri. Hanya saja kadang seseorang terlalu buta untuk menatap. - Aditia Yudis

15. Bahkan langit yang tinggi pun sudi bercermin pada genangan air yang rendah.

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Kata-Kata Bercermin Penuh Makna

Kata-kata bercermin penuh makna juga bisa mewakili perasaan kalian yang mungkin sesuai dengan kondisi saat ini. Berikut ini kata-kata bercermin penuh makna yang bisa kalian ambil hal-hal baik sebagai bahan perenungan diri sendiri.

16. Dunia seperti cermin yang memantulkan segala kesempurnaan cinta Tuhan.

17. Kebenaran bagaikan cermin yang retak dan masing-masing melihat kebenaran berdasarkan serpihan cermin yang mereka pandangi.

18. Sangat penting untuk berbicara dengan diri sendiri, dengan melihat diri di cermin dan mencintai dirimu sendiri.

19. Perbuatan adalah cerminan isi hati.

20. Kadang, patah hati itu bagaikan cermin yang pecah. Mudah melukai saat kamu mencoba untuk memperbaikinya.

21. Cermin dan bola kaca. Tanpa dipoles, tidaklah berharga. Begitu pula dengan pikiran kita.

22. Kejujuran itu seperti cermin. Sekali dia retak, pecah, maka jangan harap dia akan pulih seperti sedia kala. Jangan coba-coba bermain dengan cermin. - Tere Liye

23. Dunia hanyalah seperti cermin yang memantulkan kesempurnaan Cinta Tuhan. - Jalaluddin Rumi

24. Mulut kita adalah cermin rohani kita. - Putu Wijaya

25. Buku berguna untuk orang bodoh seperti cermin berguna bagi seorang buta. - Chanakya

26. Akan sulit untuk melihat wajah Anda sendiri tanpa sebuah cermin. - Phil mcgraw

27. Anda tidak bisa menipu cermin - apa yang Anda lihat adalah apa adanya. - Malcolm Forbes

 

 

 

3. Kata-Kata Bercermin Tentang Kehidupan

Adapun kata-kata bercermin tentang kehidupan dapat berkaitan dengan apapun yang tengah dihadapi. Misalnya saja tentang jodoh, tentang pertemanan, ataupun tentang pekerjaan. Ya, kata-kata bercermin di bawah ini mungkin bisa menjadi referensi buat kalian untuk meluapkan isi hati.

28. Lingkungan kita, tempat hidup kita, dan di mana kita bekerja, menjadi cermin dari sikap dan harapan kita di masa depan.

29. Hidup itu seperti cermin. Tidak memiliki warna, namun bisa memantulkan semua warna.

30. Perbedaan pendapat itu bagai sebuah cermin. Kita membutuhkan orang-orang yang tidak sependapat dengan kita agar dapat mengoreksi diri.

31. Hidup itu seperti cermin. Kamu akan selalu merasa sempurna jika kamu menilai dirimu sendiri.

32. Ketika cermin sudah tak dapat menampakkan jati diri asli manusia, lalu kepada apa lagi manusia harus berkaca?

33. Hidup orang-orang lain adalah cermin terbaik di mana kita dapat mawas diri dalam kehidupan kita. - Johann Wolfgang von Goethe

34. Hidup bersahaja, selalu saja mempesona karena cermin dari pribadi yang tak diperbudak, bermegah-megah, tak ditipu oleh hawa nafsu. - Abdullah Gymnastiar

35. Hidup untuk setiap manusia adalah sel isolasi yang berdinding cermin. - Eugene O'Neill

36. Cermin yang selalu memantulkan kejujuran pun tidak bisa memantulkan dirimu yang sebenarnya.

37. Karena cermin tidak bisa di pakai untuk bercermin wajah orang lain selain diri kita sendiri. Maka nilailah diri kita sendiri sebelum menilai orang lain.

38. Kita hidup di zaman sebagian orang lebih suka memperbaiki hidup orang lain, tapi lupa bercermin pada hidupnya sendiri.

 

 

 

4. Kata-Kata Bercermin yang Menginspirasi

Kata-kata bercermin juga dapat menginspirasi kalian untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dalam hal ini kata-kata bercermin bisa menjadi bahan intropeksi diri atas kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Berikut ini kata-kata bercermin yang menginspirasi.

39. Berikan semangat dan motivasi dirimu di depan cermin. Maka, mentalmu akan jauh lebih kuat dari sebelumnya.

40. Seluruh tujuan pendidikan adalah untuk mengubah cermin menjadi jendela.

41. Buku itu seperti cermin, kalau yang berkaca padanya adalah seorang yang bodoh, engkau tak bisa berharap yang terpantul adalah seorang yang jenius.

42. Tersenyumlah di depan cermin. Lakukanlah itu setiap pagi, dan kamu akan mulai melihat perubahan besar dalam hidupmu.

43. Jangan lupa bercermin sesekali, agar kamu tidak lupa seperti apa wujudmu sendiri.

44. Belajar seperti cermin, bisa melihat keadaan yang sesungguhnya.

45. Merenung adalah sesuatu yang baik untuk kita bercermin, melihat apa yang baik dan apa yang harus kita perbaiki di esok hari.

46. Jika kita membalas kemarahan dengan kemarahan bukankah kita tidak lebih dari sebuah cermin keburukan saja? - Merry Riana

47. Permohonan di cermin ini memang tak mengubah keadaanku. Yang bisa mengubah keadaanku hanyalah diriku sendiri!

48. Jika Anda mencari kesempurnaan, tataplah cermin. Jika Anda menemukannya di sana, harapkan di tempat lain. - Macolm Forbes

49. Mulailah dengan cermin. Mulailah dengan diri Anda sendiri. Jangan melihat semua hal lainnya. Mulailah dengan Anda. - Michael Jackson

50. Gunakanlah dua cermin. Satu cermin untuk melihat kekuranganmu. Satu lagi untuk melihat kelebihan orang lain.

51. Ketika aku bercermin, aku tidak hanya melihat diriku. Aku melihat hari ini, besok, dan masa depan, semua ada di tanganku untuk diwujudkan.

Nah itulah 51 kata-kata bercermin yang bijak tentang kehidupan, penuh makna mendalam. Sejumlah kata-kata bercermin tersebut dapat mewakili perasaan kalian dan memotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Sumber: jagokata.com, brilio.net, sepositif.com

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending