100 Kata-Kata Bersyukur Islami yang Penuh Makna dan Menyentuh Hati

Selasa, 21 September 2021 14:10 Penulis: Dhia Amira
100 Kata-Kata Bersyukur Islami yang Penuh Makna dan Menyentuh Hati
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Sebagai seorang manusia sudah pantasnya kita untuk selalu bersyukur. Karena dengan bersyukur maka hidup yang kita jalani terasa lebih bahagia dan lebih berarti. Ada banyak sekali cara kita menyampaikan rasa syukur, salah satunya yaitu dengan kata-kata bersyukur Islami yang menyentuh hati dan penuh akan makna.

Kebahagiaan ataupun kesedihan pasti memiliki arti di dalam hidup kita, itulah mengapa kita perlu untuk selalu bersyukur dalam setiap keadaan yang terjadi. Sebab ketika kalian sudah mampu bersyukur atas semua yang didapatkan, maka di setiap detik kehidupanmu akan selalu diliputi oleh ketenangan jiwa.

Nah, untuk para KLovers yang sedang mencari kata-kata bersyukur Islami, berikut ini 100 kata-kata mutiara Islami yang telah dilansir dari bola.com dan brilio.net, yuk langsung dicek KLovers.

1. Kata-Kata Bersyukur Islami yang Bijak

Kata-kata bersyukur Islami yang pertama yaitu ada kata-kata bijak. Berikut ini beberapa kata-kata bersyukur Islami yang bijak tersebut:

1. "Ada hari di mana kita harus berhenti sejenak dan menoleh ke belakang dan mensyukuri apa yang didapat di hari ini."

2. "Percayalah bahwa Allah tidak akan memberikan ujian di luar batas hambanya."

3. "Bukanlah harta yang membuatmu bahagia, tapi rasa bersyukurlah yang membuatmu menjadi orang yang merasakan kebahagian."

4. "Hidup di dunia ini tak selalu tentang kebahagian dan ucapkanlah selalu Alhamdullah karena Allah masih ada di sisimu."

5. "Kita akan banyak mendapatkan kebahagiaan jika kita bisa mensyukuri segala yang kita dapatkan."

6. "Alhamdullah, aku selalu mencoba untuk mensyukuri segala nikmat yang Engkau berikan kepadaku."

7. "Cobalah untuk selalu mensyukuri segala nikmat dan karunia yang telah Allah berikan kepadamu hari ini."

8. "Bersyukur, karena itu lebih baik daripada kamu terus saja mengeluh karena apa yang kamu ingin belum kau dapatkan."

9. "Aku tidak berharap untuk menjadi yang sempurna karena aku ingin melengkapinya dengan kekurangaku."

10. "Jangan pernah melihat nilai dari apa yang telah kamu berikan, tapi hitunglah apa yang telah kamu dapatkan."

11. "Jika kita kaya, diberi kesehatan, diberikan musibah dan masih diselamatkan, sakit tapi masih mampu makan, maka kita harus bersyukur karena Allah masih memberikan nikmat yang luar biasa untuk kita."

12. "Allah tidak menjanjikan langit itu selalu biru, bunga selalu mekar, dan mentari selalu bersinar. Tapi, ketahuilah Dia selalu memberi pelangi setelah badai, tawa di setiap air mata, berkah di setiap cobaan, dan jawaban dari setiap masalah."

13. "Bersyukurlah atas semua yang diberikan Allah kepada kita karena semua orang ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jangan merasa paling kurang segalanya karena mungkin di luar sana ada banyak orang yang lebih parah dari kita."

14. "Apa pun yang kamu dapatkan di dalam dunia ini tidak akan sempurna apabila kamu tidak bisa mensyukurinya."

15. "Bahagia itu sangat sederhana, kita hanya perlu mensyukuri dengan nikmat yang telah Allah berikan."

16. "Tidak semua orang bisa berterima kasih kepada Allah atas nikmat-Nya. Jika kamu bisa berterima kasih kepada-Nya kamu pasti merasa sangat beruntung karena bisa mengungkapkan rasa syukur kepada Allah atas berkah itu sendiri."

17. "Kadang-kadang kita mengisi pikiran kita dengan hal-hal negatif bahwa Allah kita tidak mendengarkan doa kita. Tetapi, yang tidak kita pahami adalah bahwa Dia selalu mendengarkan dan menjawab kita. Kita hanya perlu bersabar dan menjaga diri untuk selalu tetap positif. Kita harus memiliki keyakinan bahwa jika kita bersyukur, Allah akan membalas kita dengan hal-hal yang lebih baik."

18. "Kita harus memahami, melayani Allah kita sesuai keinginan-Nya, Dia pasti akan memberi kita pahala lebih dari apa yang kita inginkan. Dia adalah Yang Abadi, Yang Mahatinggi dan hanya Dia yang memiliki kekuatan untuk memberi kita apa yang kita inginkan."

19. "Alhamdulillah karena selalu memberikan apa yang aku butuhkan, bukan yang aku inginkan."

20. "Aku punya banyak hal untuk disyukuri. Aku sehat, bahagia, dan dicintai. Alhamdulillah."

2. Kata-Kata Bersyukur Islami yang Penuh Kebahagiaan

Selanjutnya yaitu, ada beberapa kata-kata bersyukur Islami yang penuh dengan kebahagiaan. Rasa bahagia memang menjadi sebuah rasa yang harus selalu kita syukuri dengan baik. Untuk itu, berikut ini beberapa kata-kata bersyukur Islami yang penuh dengan kebahagiaan:

21. "Tidak ada penderitaan yang abadi, tidak ada kebahagiaan yang abadi. Kecuali bagi yang pandai bersyukur, selamanya ia akan merasakan kebahagiaan."

22. "Bukan kebahagiaan yang menjadikan kita bersyukur, tapi bersyukurlah yang membuat kita bahagia."

23. "Bersyukurlah untuk kesalahan yang kamu buat. Itu akan mengajarkan pelajaran yang berharga."

24. "Orang yang bersyukur selalu menghiasi wajah mereka dengan senyuman."

25. "Jangan berhenti berupaya ketika menemui kegagalan. Bersyukurlah karena kegagalan adalah cara Tuhan mengajari kita arti kesungguhan."

26. "Bersyukurlah apabila kamu tidak tahu sesuatu. Karena itu memberimu kesempatan untuk belajar."

27. "Kebahagiaan tidak akan pernah sampai kepada mereka yang gagal menghargai apa yang sudah mereka miliki."

28. "Rahasia kebahagiaan itu ada dalam 3 hal: bersabar, bersyukur, dan ikhlas."

29. "Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak." - HR. Ahmad

30. "Kesabaran itu pasti mengalahkan hari yang terberat sekalipun. Hanya yang kurang bersyukur yang kalah, hanya yang kurang mengerti yang putus asa."

31. "Saat masalahmu jadi terlalu berat untuk ditangani, beristirahatlah dan hitung berkah yang sudah kau dapatkan."

32. "Kalau selama ini hidupmu kurang menyenangkan, itu bukan berarti kamu nggak bahagia. Mungkin kamu hanya lupa untuk merasa cukup dan bersyukur."

33. "Ketahuilah bahwa rasa syukur merupakan tingkatan tertinggi, dan ini lebih tinggi daripada kesabaran, ketakutan (khauf), dan keterpisahan dari dunia (zuhud)." – Imam Al-Ghazali

34. "Bersyukur bukan hanya sebatas ucapan Alhamdulillah. Bersyukur adalah sikap. Itu adalah gaya hidup. Itu adalah cara berpikir. Teruslah bersyukur." – Nouman Ali Khan

35. "Bahagia bukan milik dia yang hebat dalam segalanya, namun dia yang mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur."

36. "Alhamdulillah untuk semuanya. Kita tidak pernah bisa cukup berterima kasih kepada Allah atas karunia yang tak terhitung jumlahnya yang Dia berikan kepada kita."

37. "Ingatlah selalu dan jangan pernah lupa mengucapkan Alhamdulillah atas segala sesuatu yang telah diberkahi Allah kepada kita."

38. "Alhamdulillah untuk semua yang aku miliki, Alhamdulillah untuk semua yang aku miliki dan Alhamdulillah untuk semua yang akan aku miliki."

39. "Ucapkan Alhamdulillah sekarang dan selalu karena Allah telah memberi kita kesempatan untuk berterima kasih pada-Nya."

40. "Apa pun kesulitan yang kamu hadapi, jangan pernah lepas iman kepada Allah, ucapkan Alhamdulillah. Allah ada di sisi orang beriman."

3. Kata-Kata Bersyukur Islami yang Penuh Makan

Dan yang terakhir yaitu ada kata-kata beryukur yang penuh akan makna mendalam. Berikut beberapa kata-kata bersyukur Islami yang penuh makna tersebut:

41. "Bersyukur adalah cara terbaik agar merasa cukup, bahkan ketika berkekurangan. Jangan berharap lebih sebelum berusaha lebih."

42. "Jangan sepelekan hal yang kecil, karena sesuatu yang besar itu berasal dari hal-hal yang kecil."

43. "Ketika kamu mampu tuk selalu bersyukur atas apa yang telah kamu miliki, Tuhan akan memberikanmu lebih."

44. "Bersyukur itu jauh lebih mulia daripada mengeluh tanpa rasa senang sedikitpun. Bersyukur membebaskan diri dari belenggu kecemasan atas kesalahan."

45. "Bersyukur atas segala nikmat Tuhan. Nikmat yang tampak pun nikmat yang tidak tampak. Nikmat lahir pun nikmat batin."

46. "Bersyukur adalah cara terbaik agar merasa cukup, bahkan ketika berkekurangan. Jangan berharap lebih sebelum berusaha lebih."

47. "Seringkali kita hanya melihat satu waktu saat kita sakit dan melupakan 99 kali saat kita sehat. Kapan saja kita kehilangan rasa syukur, maka kita akan kehilangan sifat iman kita." - Sheikh Kamaluddin Ahmed

48. "Jangan pernah lupa untuk selalu bersyukur dan berbagi adalah salah satu cara untuk bersyukur atas nikmat-Nya."

49. "Jangan hanya berterima kasih kepada Allah ketika semuanya berjalan baik, terima kasih kepada-Nya bahkan ketika segala sesuatunya terasa sulit."

50. "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, namun jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih." - QS. Ibrahim: 7

51. "Jika kita saja tidak merasa bersyukur atas apa yang sudah kita miliki, lalu apa yang membuat kita berpikir bahwa kita akan bahagia dengan memiliki yang lebih banyak?"

52. "Jika Allah memberi kamu nikmat sepotong roti saja, syukurilah itu, karena Allah tidak membuat kamu meminta-minta kepada orang lain untuk mendapatkan itu."

53. "Tak peduli seberapa baik atau buruknya hidupmu, bangunlah setiap pagi dan bersyukurlah bahwa kamu masih memilikinya."

54. "Selalu ada lebih banyak hal yang patut untuk disyukuri daripada mengeluh."

50. "Jalan terindah dari kehidupan adalah mensyukuri apa yang telah kita jalani setiap hari, tanpa ada penyesalan diri."

56. "Mimpi membuat hidup bergairah, bersyukur membuat hidup bahagia."

57. "Bersyukur itu jauh lebih mulia daripada mengeluh tanpa rasa senang sedikitpun. Bersyukur membebaskan diri dari belenggu kecemasan atas kesalahan."

58. "Terkadang hidup yang kau keluhkan adalah hidup yang sangat didambakan oleh orang banyak."

59. "Kehidupan itu indah, tapi ada jalannya masing-masing, carilah jalan terindah untukmu. Dengan selalu mensyukuri apa yang dijalani setiap hari, tanpa ada rasa penyesalan di dalam hati, itulah jalan kehidupan terindah."

60. "Kebanyakan dari kita tidak mensyukuri apa yang sudah kita miliki, tetapi kita menyesali apa yang belum kita capai."

4. Kata-Kata Bersyukur Islami di Pagi Hari

Kata-kata bersyukur Islami yang selanjutnya yaitu ada kata-kata bersyukur di pagi hari. Berikut ini kata-kata bersyukur Islami di pagi hari tersebut:

61. "Jika Allah ingin berbuat baik kepada seseorang, dia memberikan dengan cobaan. Selamat pagi!"

62. "Takut kepada Allah di manapun Anda berada. Selamat pagi!"

63. "Pikiran yang baik mendahului perbuatan besar. Perbuatan besar mendahului kesuksesan. Semoga harimu menyenangkan."

64. "Jangan menyalahkan Allah karena tidak menghujanimu dengan hadiah. Dia memberimu hadiah hari baru setiap pagi. Selamat pagi."

65. "Sesungguhnya, Allah tidak melihat ke arah tubuhmu atau ke arah penampilanmu. Tapi, dia melihat ke arah hatimu. Selamat pagi!"

66. "Allah meningkatkan martabatnya yang bertoleransi dan meninggikan orang yang rendah hati. Semoga harimu diberkati!"

67. "Berada di dunia ini seolah-olah kamu adalah orang asing atau seorang musafir. Selamat pagi!"

68. "Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh sahabatku, selamat pagi, semoga Allah SWT selalu memberikan kelapangan rezeki atas apa yang engkau lakukan pada hari ini."

69. "Selamat pagi wahai saudaraku, sesama penyembah Allah Ta'ala, semoga cahaya-Nya memberikan kita perlindungan untuk terus beribadah dan beraktivitas pada hari ini."

70. "Azan subuh sudah berkumandang, selamat pagi ukhti! Awali hari ini dengan salat dan mengaji agar lebih berkah."

71. "Assalamualaikum teman, selamat pagi dan semangat pagi, semoga cahaya Allah selalu bersama dengan kita di sepanjang hari ini."

72. "Awali setiap pagimu dengan senyuman dan ketenangan hati, istikamahlah bagai matahari yang selalu terbit di pagi hari dan terbenam di sore hari, aku ucapkan Assalamualaikum dan selamat pagi untukmu."

73. "Selamat pagi wahai umat nabi yang budiman. Cerialah hari kalian dengan tetap menjaga hati."

74. "Assalamualaikum sahabat, selamat dan semangat pagi. Sudahkah kamu salat Dhuha hari ini?"

75. "Mentari selalu terbit dari timur, teman sejati selalu menghibur, ayo kawan bergegas bangun dari tidur sebelum didahului salat zuhur."

76. "Pagi hari tanpa kopi bagaikan pagi tanpa sinar matahari, jagalah lisan dari menyakiti hati serta jaga hati dari rasa benci dan dengki."

77. "Ya Allah, aku bersyukur atas badai cobaan yang singgah pada diriku sehingga jiwa ini kuat. Sekuat karang yang dihantam ombak silih berganti."

78. "Jangan mengeluh dan hapuslah air matamu. Yakinlah bahwa Allah akan memberikan apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan. Selamat beraktivitas ya! Semoga hari ini menjadi hari keberuntunganmu. Aamiin."

79. "Selamat pagi, sahabat baikku. Ketahuilah, kadang Allah memberi permusuhan hanya untuk memberitahumu betapa berartinya kedamaian."

80. "Ya Allah, aku ingin mencintaimu seperti pagi yang tak pernah ingkar memberikan kesejukan dan semangat."

5. Kata-Kata Bersyukur Islami Dengan Doa

Dan yang terakhir yaitu ada kata-kata bersyukur Islami dengan doa. Kata-kata ini bukan hanya menjadi sebuah ungkapan indah kata-kata saja, namun juga bisa menjadi sebuah doa. Berikut kata-kata bersyukur Islami dengan doa tersebut:

81. "Ya Allah, terima kasih atas segala berkah yang telah Engkau berikan kepadaku. Lindungilah aku dari segala perilaku buruk orang lain. Amin."

82. "Ya Allah, jadikanlah hamba seseorang yang ikhlas dan selalu bersyukur atas semua yang telah Engkau berikan dan jauhkanlah hati hamba dari rasa iri dan dengki."

83. "Ya Allah, terima kasih atas segala nikmat yang masih Engkau berikan hingga saat ini. Semoga aku tak pernah lupa untuk senantiasa mensyukurinya."

84. "Berdoalah agar dijadikan orang yang pandai bersyukur. Karena syukur mampu menjadikanmu bahagia di setiap saat dan keadaan."

85. "Aku tidak berharap untuk menjadi yang sempurna karena aku ingin melengkapinya dengan kekurangaku."

86. "Terima kasih Tuhan atas segala anugerah-Mu. Semoga kami selalu menjadi hamba-Mu yang pandai bersyukur."

87. "Aku selalu bersyukur pada Allah karena masih dapat menikmati udara dan hangatnya mentari pagi. Terima kasih, Ya Rabb, semoga aku menjadi hamba yang selalu bersujud kepada-Mu."

88. "Ya Rabb, rasa syukur yang tak terhingga kuucapkan atas setiap kesempatan baik yang telah Engkau berikan."

89. "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, namun jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih." - QS. Ibrahim: 7

90. "Harta dan ilmu tidak akan berarti jika hanya dinikmati sendiri. Mari berbagi, itu adalah cara bersyukur yang paling tinggi."

91. "Jika Allah memberi kamu nikmat sepotong roti saja, syukurilah itu, karena Allah tidak membuat kamu meminta-minta kepada orang lain untuk mendapatkan itu."

92. "Ya Allah, terima Kasih atas semua pemberianmu, kemarin, hari ini, esok, sampai kapanpun, selamanya."

93. "Hamba ucapkan rasa syukur yang tak terhingga kepada-Mu, Ya Allah. Jadikanlah hamba orang yang bukan hanya berdoa ketika terluka, tetapi juga orang yang akan selalu bersama-Mu saat sedang bahagia."

94. "Ya Rabbi, terima kasih atas nikmat-Mu hari ini. Jadikanlah hamba selalu berada di antara orang-orang yang bersyukur kepada-Mu dalam situasi apa pun dan di mana pun."

95. "Alhamdulillah rasa syukurku kepada Allah karena diberi kenikmatan hidup dan kesehatan untuk menjalankan aktivitas."

96. "Ya Allah, terima kasih atas kesempatan yang Engkau berikan sehingga aku bisa melihat dunia ini lebih lama."

97. "Apapun yang terjadi tetaplah bersyukur, jangan sampai penderitaan membuatmu lupa bagaimana cara untuk bersyukur."

98. "Aku bersyukur karena Allah telah memberiku begitu banyak anugerah. Semuanya terbukti dari banyaknya kesempatan berbuat baik yang datang berkali-kali kepadaku."

99. "Mengucaplah selalu Alhamdulillah sebagai rasa syukurmu kepada Allah karena Dia penentu segala sesuatunya."

100. "Ya Allah! Maafkan saya, orang tua saya, dan semua orang beriman pada hari dimana perhitungan akan ditetapkan! Selamat pagi!"

Itulah 100 kata-kata bersyukur Islami yang penuh makna dan menyentuh hati. Semoga dengan kata-kata bersyukur Islami ini kalian bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan lebih banyak bersyukur lagi.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI