4 Manfaat Tes Our MBTI Chemistry, Tak Sekadar Cek Kecocokan dengan Pasangan

Diterbitkan:

4 Manfaat Tes Our MBTI Chemistry, Tak Sekadar Cek Kecocokan dengan Pasangan
Manfaat Tes Our MBTI Chemistry (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Banyak anak muda melakukan tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) untuk mengecek kepribadiannya. Dalam tes MBTI, tipe kepribadian manusia terbagi menjadi 16 jenis menurut preferensi Ekstroversi (E) atau Introversi (I), Penginderaan (S) atau Intuisi (N), Pemikiran (T) atau Perasaan (F), dan Penilaian (J) atau Persepsi (P). Tak hanya digunakan untuk keperluan individu, kini banyak orang menggunakan tes Our MBTI Chemistry untuk mengecek kecocokan dengan pasangan.

Sama seperti tes MBTI untuk kepribadian, tes Our MBTI Chemistry juga bisa diakses secara online. Maka tak heran, jika saat ini tes Our MBTI Chemistry jadi tren karena banyak orang yang mencoba tes tersebut, entah untuk sekadar iseng atau memang bertujuan melihat tingkat kecocokan dengan pasangan.

Terlepas dari apa tujuan tes Our MBTI Chemistry dilakukan, yang jelas tes ini menawarkan beberapa manfaat atau kegunaan. Berikut beberapa manfaat atau kegunaan tes Our MBTI Chemistry.

1. Memahami Diri Sendiri

Salah satu manfaat tes Our MBTI Chemistry dapat dimanfaatkan untuk mengetahui tipe kepribadian diri sendiri. Hal ini sebagai mana tes MBTI personality yang dilakukan individu pada umumnya. Selain membantu mengenali diri, hal ini juga bisa membantu dalam memberikan gambaran perilaku saat berinteraksi dengan orang lain.

Dalam konteks hubungan, tes Our MBTI Chemistry juga dapat membantu dalam memahami pola komunikasi dan gaya dalam mengatasi konflik. Hal ini jelas akan sangat berguna dalam membangun komunikasi yang lebih efektif dengan pasangan, sehingga bisa lebih mudah untuk mengatasi perbedaan yang mungkin timbul.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Mengukur Kecocokan

Tes Our MBTI Chemistry juga memungkinkan seseorang untuk mengetahui seberapa cocok dengan seseorang atau grup berdasarkan tipe kepribadian. Dalam tes ini, hasil yang ditampilkan dalam diagram warna, seperti Biru untuk "Cocok" dan Merah untuk "Tidak Cocok", dan sebagainya.

Terkait hal ini, tes Our MBTI Chemistry dapat membantu memprediksi tingkat kecocokan dengan pasangan berdasarkan kecocokan tipe kepribadian MBTI. Dengan mengetahui tingkat kemiripan atau perbedaan dengan pasangan, seseorang dapat mengidentifikasi potensi potensi konflik dan bekerja bersama untuk memperkuat hubungan.

Tapi tak hanya untuk pasangan, tes ini juga dapat digunakan untuk mengecek kecocokan dalam pertemanan. Hasilnya dapat membantu dalam memahami kecenderungan dan preferensi kalian dalam berinteraksi dengan teman, sehingga kalian dapat lebih efektif dalam membangun dan memelihara hubungan yang sehat.

Dalam hal lebih kompleks, tes Our MBTI Chemistry juga dapat digunakan untuk mengecek kecocokan seorang individu dengan grup atau kelompok. Hasilnya dapat membantu dalam memahami kecenderungan dan preferensi berinteraksi dengan anggota grup, sehingga seseorang dapat lebih efektif dalam membangun dan memelihara hubungan yang sehat.

3. Membantu Membangun Hubungan

Pada tahap lanjutan, tes Our MBTI Chemistry bisa berguna untuk dijadikan sebagai pondasi atau langkah awal dalam membangun hubungan yang kuat dan harmonis, baik dalam konteks persahabatan, romantis, maupun profesional.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang diri sendiri dan kecocokan dengan pasangan yang diukur, tes Our MBTI Chemistry dapat membantu dalam membangun hubungan yang lebih baik dan harmonis.

Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan masing-masing tipe kepribadian, seseorang dapat bekerja sama dengan pasangan untuk mengatasi tantangan yang mungkin timbul dan menciptakan hubungan yang kuat.

4. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Dengan memahami tipe kepribadian sendiri dan orang lain, seseorang dapat lebih efektif dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Hal ini dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan dalam membangun dan memelihara hubungan yang sehat.

Artinya, melalui tes Our MBTI Chemistry, seseorang dapat mengidentifikasi preferensi dan kecenderungan gaya komunikasi diri sendiri, serta memahami gaya komunikasi orang lain. Hal ini akan membantu seseorang dalam menghindari konflik yang mungkin terjadi dan meningkatkan kemampuan komunikasi secara keseluruhan.

Itulah di antaranya beberapa penjelasan ulasan terkait manfaat atau kegunaan tes Our MBTI Chemistry. Bagaimana, tertarik mencoba?

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending