40 Kata-Kata Bijak Remaja yang Inspiratif, Penuh Makna Kehidupan - Petuah Masa Depan

Kamis, 25 Maret 2021 18:33 Penulis: Anik Setiyaningrum
40 Kata-Kata Bijak Remaja yang Inspiratif, Penuh Makna Kehidupan - Petuah Masa Depan
Ilustrasi (Credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Remaja merupakan manusia yang telah tumbuh sampai fase sebelum remaja. Tak hanya ditandai dengan perubahan fisik, pada masa ini manusia juga mengalami perubahan cara berpikir secara sosial. Oleh karena itu, menjadi tidak aneh jika seorang remaja mencari-cari kata-kata bijak remaja untuk menemukan jati dirinya.

Lagi pula, remaja tak bisa disebut sebagai anak-anak lagi. Mereka sudah mulai memperhatikan asupan pengetahuan bagi kepalanya. Kata-kata bijak remaja bisa jadi tanda eksistensi mereka setelah mengalami peningkatan kemampuan berpikir secara lebih efektif.

Berikut ini kata-kata bijak remaja yang cocok dibaca anak seusia mereka. Petuah-petuah baik di dalamnya pun berguna bagi masa depannya.

 

1. Kata-Kata Bijak Remaja untuk Menikmati Masa Muda

Remaja sering kali menjadi masa yang menggebu-gebu. Oleh karena itu sering dikaitkan dengan tingkah-tingkah yang disebut kenakalan. Energinya yang banyak, rawan membuat mereka menyia-nyiakan masa muda dengan hal negatif.

Berikut ini kata-kata bijak remaja yang bisa menjadi pengingat tentang masa mudanya.

1. "Hidup ini pilihan, apapun yang membuatmu sedih tinggalkan dan apapun yang membuatmu tersenyum pertahankan"

2. "Nikmati saja duka yang kini kau rasa, sebab kelak mungkin ia akan menjelma menjadi sesuatu yang begitu bermakna"

3."Jangan menertawakan anak muda karena kepura-puraannya, dia hanya mencoba satu demi satu wajah untuk menemukan wajahnya sendiri.

4. "Terkadang kita terlalu sering melihat ke atas dan lupa melihat ke bawah untuk bisa bersyukur atas semua yang telah kita miliki"

5. "Nikmati masa mudamu. Kamu tidak akan pernah lebih muda dari ini keesokan hari."

6. "Kamu semuda imanmu, setua keraguanmu,semuda kepercayaan dirimu, setua ketakutanmu, semuda harapanmu, setua keputusasaanmu."

7. "Masa depan adalah milik mereka yang percaya pada keindahan impian mereka." - Eleanor Roosevelt

8. "Cara terbaik untuk memprediksi masa depan adalah dengan menciptakannya." - Abraham Lincoln

9. "Setiap generasi melangkah lebih jauh dari generasi sebelumnya karena ia berdiri di atas bahu generasi itu. Kamu akan memiliki peluang di luar apa pun yang pernah kita ketahui." - Ronald Reagan

10. "Kita harus ingat bahwa satu orang yang gigih dapat membuat perbedaan yang signifikan, dan bahwa sekelompok kecil orang yang gigih dapat mengubah arah sejarah."

 

2. Kata-Kata Bijak Remaja Tentang Pendidikan

Anak remaja kebanyakan menghabiskan waktunya di sekolah. Akan tetapi, sering kali mereka tak tahu mengapa harus pergi ke seolah?

Kata-kata bijak remaja tentang pendidikan ini bisa membantu remaja berpikir mengenai peran dan kebutuhan mereka di sekolah. Selain itu, dengan petuah berupa kata-kata bijak remaja ini, mereka lebih mudah untuk memahami.

11. "Rahasia pendidikan adalah menghormati sang murid." - Ralph Waldo Emerson

12. "Tidak selamanya latar belakang pendidikan menentukan karir kita ke depan, terkecuali untuk karir di bidang pendidikan." - Bob Sadino

13. "Bolehlah, negeri Belanda merasa berbahagia, memiliki tenaga-tenaga ahli, yang amat bersungguh mencurahkan seluruh akal dan pikiran dalam bidang pendidikan dan pengajaran remaja-remaja Belanda. Dalam hal ini anak-anak Belanda lebih beruntung dari pada anak-anak Jawa, yang telah memilki buku selain buku pelajaran sekolah." - Raden Adjeng Kartini

14. "Dengan adanya budi pekerti, tiap-tiap manusia berdiri sebagai manusia merdeka (berpribadi), yang dapat memerintah atau menguasai diri sendiri. Inilah manusia beradab dan itulah maksud dan tujuan pendidikan dalam garis besarnya." - Ki Hadjar Dewantara

15. "Pendidikan bisa memberi Anda keahlian, tetapi pendidikan budaya mampu memberi Anda martabat." - Ellen Key

16. "Pendidikan adalah hal yang mengagumkan, tapi patut diingat bahwa dari waktu ke waktu tak ada sesuatu yang layak diketahui yang bisa diajarkan." - Oscar Wilde

17. "Saya prihatin mendengar anak-anak muda mengatakan bahwa mereka tidak mau kuliah karena saya sendiri tidak lulus. Satu, saya mendapatkan pendidikan yang sangat baik walaupun saya tidak menunggu cukup lama untuk mendapatkan gelar saya. Kedua, dunia ini menjadi semakin kompetitif, terspesialisasi, dan kompleks setiap tahunnya, menjadikan pendidikan tinggi penting di zaman sekarang, seperti pentingnya pendidikan sekolah menengah di zaman dulu." - Bill Gates

18. "Pendidikan adalah teman yang baik. Seseorang yang terdidik akan dihormati dimanapun. Pendidikan mengalahkan kecantikan dan jiwa muda." - Chanakya

19. "Tugas dan pendidikan ialah mengusahakan agar anak tidak mempunyai anggapan keliru bahwa kebaikan sama dengan bersikap loyo dan kejahatan sama dengan bersikap giat." - Maria Montessori

20. "Internet bisa menjadi langkah yang sangat positif untuk memajukan pendidikan, organisasi, dan partisipasi dalam masyarakat yang berarti." - Noam Chomsky.

 

3. Kata-Kata Bijak Remaja Tentang Petuah Masa Depan

Pada masa ini, anak remaja mulai memikirkan bahkan mengkhawatirkan soal masa depan. Beragam profesi atau nuansa kehidupan yang bahagia mereka masukkan ke dalam daftar cita-cita.

Cita-cita mereka memang masing sangat mungkin untuk berubah-ubah, tapi apa salahnya memberi mereka semangat melalui kata-kata bijak remaja tentang masa depan berikut ini?

21."Tawa itu abadi. Imajinasi tidak memiliki usia. Dan mimpi itu selamanya. "- Walt Disney

22. "Berusahalah untuk tidak menjadi orang yang sukses tetapi cobalah untuk menjadi orang yang bernilai." - Albert Einstein

23. "Pekerjaan penting untuk memajukan dunia tidak menunggu untuk dilakukan oleh orang-orang yang sempurna."

24. "Jika tindakanmu menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih banyak, belajar lebih banyak, berbuat lebih banyak, dan menjadi lebih banyak, kamu adalah seorang pemimpin."

25. "Genius adalah satu persen inspirasi dan sembilan puluh sembilan persen keringat." -Thomas Edison

26. "Selalu ingat bahwa tekadmu untuk sukses lebih penting daripada yang lain." - Abraham Lincoln

27. "Seiring bertambahnya usia, kamu akan menemukan bahwa kamu memiliki dua tangan, satu untuk membantu diri sendiri, yang lain untuk membantu orang lain." - Audrey Hepburn

28. "Kekuatan dan keindahan adalah berkah kaum muda; kesederhanaan adalah bunga dari usia tua." - Democritus

29. "Pengembangan diri adalah tugas yang lebih tinggi daripada pengorbanan diri."

30. "Lakukanlah yang kita bisa lakukan di masa kini dengan sebaik-baiknya, karena mungkin kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya. Jangan sampai menyesal."

 

4. Kata-Kata Bijak Remaja untuk Motivasi Diri Sendiri

Memberi tahu mengenai kata-kata bijak remaja untuk memotivasi diri juga hal yang cukup dibutuhkan oleh mereka. Walau belum bisa dikatakan remaja, namun mereka sudah mulai egois atas dirinya sendiri.

Akan bahaya jika mereka memiliki motivasi-motivasi yang buruk. Oleh karena itu, berikut terdapat kata-kata bijak remaja yang cocok untuk menanamkan motivasi baik pada mereka.

31. "Saya belum gagal. Saya baru saja menemukan 10.000 cara yang tidak berhasil. "- Thomas A. Edison

32. "Kegagalan sangat penting. Kita berbicara tentang kesuksesan sepanjang waktu. Adalah sebuah bakat untuk menolak kegagalan atau menggunakan kegagalan yang sering mengarah pada kesuksesan yang lebih besar. " - JK Rowling

33. "Ketika segala sesuatu tampaknya bertentangan denganmu, ingat ... pesawat lepas landas melawan angin, bukan dengan angin." - Henry Ford

34. "Kita masing-masing harus menghadapi ketakutan kita sendiri, harus berhadapan muka dengan mereka. Bagaimana kita menangani ketakutan kita akan menentukan ke mana kita akan pergi dengan sisa hidup kita: untuk mengalami petualangan atau dibatasi oleh ketakutan akan hal itu."

35. "Menjadi ada berarti berubah, berubah adalah menjadi dewasa, menjadi dewasa adalah terus menciptakan diri sendiri tanpa akhir."

36. "Antusiasme adalah ibu dari upaya, dan tanpanya tidak ada hal besar yang pernah dicapai." - Ralph Waldo Emerson

37. "Jika saya tidak dapat melakukan hal-hal besar. Saya dapat melakukan hal-hal kecil dengan cara yang luar biasa." - Martin Luther King Jr.

38. "Kamu punya banyak keberanian, aku yakin. Yang kamu butuhkan adalah kepercayaan diri. Tidak ada makhluk hidup yang tidak takut ketika menghadapi bahaya. Keberanian sejati adalah dalam menghadapi bahaya ketika kamu takut, dan keberanian semacam itu kamu miliki dalam banyak hal." - L. Frank Baum, The Wonderful Wizard of Oz.

39. "Jangan khawatir ketika kamu tidak dikenali, tetapi berusahalah untuk layak diakui." - Abraham Lincoln

40. "Butuh keberanian untuk tumbuh dan menjadi dirimu yang sebenarnya."

KLovers, itu tadi sejumlah kata-kata bijak remaja yang bisa kalian kenalkan secara berkala pada anak atau saudara remaja sebagai asupan berpikir untuk mereka.

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI