42 Ucapan Selamat Pagi Bahasa Jawa Lucu dan Menyentuh, Jadi Penyemangat Memulai Hari

Rabu, 24 Februari 2021 14:11 Penulis: Nurul Wahida
42 Ucapan Selamat Pagi Bahasa Jawa Lucu dan Menyentuh, Jadi Penyemangat Memulai Hari
Selamat pagi bahasa Jawa (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Mendapat ucapan selamat pagi dari orang spesial tentunya membuat kalian lebih bersemangat mengawali hari. Ucapan selamat pagi bahasa Jawa bisa menjadi pilihan untuk memberi perhatian khusus pada orang tersayang. Sebab ucapan dalam bahasa Jawa terkadang terasa lebih berkesan.

Bahasa Jawa menjadi salah satu ragam bahasa yang cukup populer di tanah air. Bahasa Jawa memiliki tingkatan tertentu diantaranya bahasa Jawa krama, bahasa Jawa inggil, ataupun bahasa Jawa ngoko. Diantara ragam bahasa Jawa tersebut dapat diucapkan berdasarkan tingkatan usia dari yang paling muda hingga usia senja.

Terlepas dari ragam bahasa Jawa, memberikan ucapan selamat pagi dalam bahasa Jawa dapat menjadi bentuk perhatian dan sayang pada orang terdekat kalian. Selain itu ucapan selamat pagi bahasa Jawa juga bisa meninggalkan kesan tersendiri yang membuat semangat pagi makin meningkat.

Tak perlu bingung merangkai kata ucapan selamat pagi bahasa Jawa, sebab beberapa referensi selamat pagi bahasa Jawa di bawah ini bisa menjadi pilihan buat kalian. Adapun ucapan selamat pagi bahasa Jawa dapat kalian simak melalui ulasan berikut. Sejumlah referensi ucapan selamat pagi bahasa Jawa telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Ucapan Selamat Pagi Bahasa Jawa Penuh Makna

Seperti diketahui pagi hari menjadi waktu yang tepat untuk mengawali aktivitas harian. Pagi yang indah akan makin bersemangat dan memberi kalian energi jika mendengar dan mendapat ucapan selamat pagi dari orang terdekat. Ucapan selamat pagi bahasa Jawa di bawah ini bisa menjadi referensi buat kalian untuk seseorang yang spesial.

1. Syukur marang opo kang uwes oleh neng esuk iki, niscaya kowe bakal ngeroso cukup karo rezekimu.

Artinya: Bersyukurlah atas apa yang kamu dapat hari ini, niscaya kamu bakal merasa cukup atas rezekimu.

2. Sugeng enjing. Ojo dadi wong apik seng apik mung seko klambine. Tapi, dadio wong apik seko ati lan lakune.

Artinya: Selamat pagi. Jangan jadi orang baik hanya dari apa yang dipakai. Tapi, jadilah orang baik dari hati dan tindakannya.

3. Ngajari sukses kanggo awake dewe niku sinau sabar lan sinau gagal.

Artinya: Mengajari kesuksesan pada diri sendiri itu belajar sabar dan belajar gagal.

4. Sugeng enjing sedulur. Wong sabar iku rezekine jembar. Nek wong ngalah, uripe bakalan berkah.

Artinya: Selamat pagi kerabat. Orang sabar itu rezekinya lebar. Sementara orang yang mengalah, hidupnya penuh berkah.

5. Wis isuk sedulurku kabeh. Nek wis ono rezeki, yo, ndang disyukuri. Nek durung ono yang entenono. Nek wis lungo ya lalekno. Nek ilang ikhlasno.

Artinya: Sudah pagi kerabatku semuanya. Kalau ada rezeki segera disyukuri. Bila belum dapat, tunggulah. Jika sudah pergi, lupakanlah. Kalau hilang, ya, ikhlaskanlah.

6. Sugeng enjing. Ojo dadi wong apik seng apik mung seko klambine. Tapi, dadio wong apik seko ati lan tingkah lakune.

Artinya: Selamat pagi. Jangan jadi orang baik hanya dari apa yang dipakai. Tapi, jadilah orang baik dari hati dan tindakannya.

2. Selamat Pagi Bahasa Jawa Jadi Penyemangat

Ucapan selamat pagi bahasa Jawa bisa menjadi penyemangat serta mampu membangkitkan energi untuk memulai hari. Adapun ucapan selamat pagi bahasa Jawa dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

7. Sugeng enjing, monggo mugi-mugi dinten niki kersana makaryo tansah enteng.

Artinya: Selamat pagi, tertawalah hari ini agar pekerjaan terasa ringan.

8. Sugeng enjing wahai tresnaku, moga-moga isuk iki bakal ngeterke kowe luweh bersinar.

Artinya: Selamat pagi duhai sayangku, semoga pagi yang cerah ini akan mengantarkan hari-harimu menjadi lebih bersinar.

9. Sugeng enjing. Kerjo semangat dilarang sambat.

Artinya: Selamat pagi. Kerja yang semangat tidak boleh mengeluh.

10. Sugeng enjing sedulurku, sak gagah-gagahe wong lanang, nek ora nyekel duit tetep wae ketok ingah-ingih.

Artinya: Selamat pagi saudaraku, Gagahnya seorang laki-laki, kalau tidak punya uang sama saja terlihat payah.

11. Tangi! Dino iki hawane cerah, ojo mung tura-turu, tok! Eman nek gak delok apikke pemandangan neng jobo.

Artinya: Bangun! Pagi ini cuacanya cerah, jangan cuma tidur saja! Sayang kalau tidak melihat indahnya pemandangan di luar.

12. Sugeng enjing. Dipikir karo mlaku wae mas. Kuat dilakoni, ora kuat ayo disonggo bareng-bareng.

Artinya: Selamat pagi. Dipikir sambil jalan saja mas. Kuat dijalani, ora kuat diangkat bersama.

13. Sugeng enjang dulur, monggo podo semangat pados rejeki. Semangat nyambot damel tansah pinaringan rezeki ingkang awon lan berkah.

Artinya: Selamat pagi saudaraku, mari semua semangat mencari rezeki. Semangat bekerja untuk mendapatkan rezeki yang banyak dan berkah.

14. Monggo sedoyo podo tangi, golek rejeki engkang barokah, rejeki ora teko dewe neng omahe dewe.

Artinya: Mari semuanya pada bangun, mencari rejeki yang barokah, rezeki tidak datang sendiri ke rumah kita.

15. Sugeng enjing kanggeh tiang sedoyo, monggo sami-sami kuat ngadepi kenyataan lan terus berjuang mboten gampang menyerah.

Artinya: Selamat pagi untuk semuanya, mari kita semua sama-sama kuat menghadapi kenyataan dan terus berjuang tanpa kenal menyerah.

16. Mulai isuk luweh semangat. Nek pancen tresno iku kudu dijogo, ora malah keno godo marang wong liyo.

Artinya: Mulai pagi dengan semangat. Kalau memang cinta harus dijaga, bukan malah termakan godaan orang lain.

17. Sukses kanggo awake dewe niku sinau sabar lan sinau gagal. Kanggo nambah semangat, buktikno gagal dadi kesuksesan. Wilujeng enjing.

Artinya: Sukses untuk diri sendiri itu belajar sabar dan belajar gagal. Untuk menambah semangat, buktikan bahwa gagal bisa jadi kesuksesan. Selamat pagi.

18. Sugeng enjing wong sing gaweane sambat. Sambato koyo ngopo, jenenge wong urip kabeh mesti nompo pacobo. Ojo nggersulo, nglakoni pacoban kuwi ditompo kanthi legowo. Mergo uwong pengin mulyo kui kudu wani perih lan rekoso.

Artinya: Selamat pagi orang-orang yang sukanya mengeluh. Mengeluh seperti apa pun yang namanya hidup pasti ada cobaannya. Jangan mengeluh, hadapi cobaan dengan ikhlas. Sebab, orang yang pengin hidup mulia itu harus berani perih dan sengsara.

3. Selamat Pagi Bahasa Jawa Lucu

Mendengar ucapan selamat pagi bahasa Jawa lucu dapat memperbaiki mood kalian jadi lebih baik dan bersemangat. Ya, ucapan selamat pagi bahasa Jawa lucu tak sekedar meningkatkan energi melainkan juga membuat kalian dapat melewati hari dengan kebahagiaan dan keceriaan. Berikut ini ucapan selamat pagi bahasa Jawa lucu.

19. Nek wektu orang ngenteni kowe. Ojo bingung, copot wae bateraine.

Artinya: Kalau waktu tidak menunggumu. Jangan khawatir, lepas saja baterainya.

20. Sugeng enjing sedoyo. Luwih angel nggugah wong melek tinimbang nggugah wong turu.

Artinya: Selamat pagi semua. Lebih sulit membangunkan orang bangun daripada orang tidur.

21. Enjing, ora penting mikir malam mingguan, seng penting malam lamaran.

 Artinya: Pagi, nggak penting mikir malam minggu, yang penting malam lamaran.

22. Tangi turu weruh mejikom ae nek lagi ngliwet selalu terhubung karo listrik, mosok koe sing lagi pacaran lost connecting karo de'e.

Artinya: Bangun tidur lihat penanak nasi saja kalau lagi masak selalu terhubung dengan listrik, masak kamu yang lagi pacaran lost connecting sama dia.

23. Wong seng urung tangi jam yah mene, kui termasuk uwong sek tangi jam yahmunu.

Artinya: Orang yang belum bangun jam segini, itu termasuk orang yang bangun jam segitu.

24. Sugeng enjing. Esuk-esuk aja galau ndak cepet tuo.

Artinya: Selamat pagi. Pagi-pagi jangan galau nanti cepat tua.

25. Sugeng enjing sedoyo. Luwih angel nggugah wong melek tinimbang nggugah wong turu.

Artinya: Selamat pagi semua. Lebih sulit membangunkan orang yang melek daripada membangunkan orang tidur.

26. Kabeh tugas kuwi gampang, nek ora usah digarap. Sugeng enjing.

Artinya: Semua pekerjaan itu mudah, jika tidak usah dikerjakan. Selamat pagi.

27. Dosa sing paling menyedihkan iku dosambat ora duwe duit. Sugeng enjing.

Artinya: Dosa yang paling menyedihkan adalah mengeluh tidak punya duit. Selamat pagi.

4. Selamat Pagi Bahasa Jawa Menyentuh Hati

Mendapat ucapan selamat pagi bahasa Jawa yang menyentuh hati terkadang juga bisa membuat kalian merasa lebih baik. Berikut ini ucapan selamat pagi bahasa Jawa yang menyentuh hati dan bikin baper.

28. Sugeng enjing kanggo kowe sek paling ayu dewe.

Artinya: Selamat pagi buat kamu yang paling cantik.

29. Sugeng enjing sayang, ayo mulai isuk karo nyruput kopi bareng.

Artinya: Selamat pagi sayangku, mari kita awali pagi ini dengan meminum secangkir kopi secara bersama-sama.

30. Seng paling tak wedeni orep neng dunio udu kelangan koe, tapi wedi nek koe kelangan kebahagiaan ne sampean.

Artinya: Yang paling kau takutkan dalam dunia ini bukanlah kehilanganmu, tapi aku takut kamu kehilangan kebahagiaanmu.

31. Sugeng enjing, mugo Tuhan maafke khilafku, nek mbiyen tiap moco doa ndisikke jenengmu.

Artinya: Selamat pagi, semoga Tuhan memaafkanku karena dulu membaca doa selalu menyebutmu namamu dahulu.

32. Isuk iki tresnamu nangekke aku, supoyo ati iki luweh setia marang awakmu.

Artinya: Di pagi yang ini cintamu membangunkanku, supaya hati ini setia hanya untuk kamu seorang.

33. Isuk iki, pengenku, aku iso muter wektu. Supoyo aku iso nemokne kowe lewih gasik. Ben Lewih dowo wektuku kanggo urip bareng sliramu.

Artinya: Pagi ini, aku berharap, aku bisa memutar waktu kembali. Di mana aku bisa lebih awal menemukan dan mencintaimu lebih lama.

34. Sugeng enjing para pencari cinta sejati.

Artinya: Selamat pagi untuk pencari cinta sejati.

35. Sugeng enjing, kowe gelem teh, kopi, utowo aku?

Artinya: Selamat pagi, kamu mau teh, kopi, atau aku?

36. Isuk iki, pengenku, aku iso muter wektu. Supoyo aku iso nemokne kowe lewih gasik. Ben Lewih dowo wektuku kanggo urip bareng sliramu. Wilujeng enjing.

Artinya: Pagi ini, aku berharap, aku bisa memutar waktu kembali. Di mana aku bisa lebih awal menemukan dan mencintaimu lebih lama. Selamat pagi.

37. Sugeng enjing wahai tresnaku, moga-moga isuk iki bakal ngeterke kowe luweh bersinar.

Artinya: Selamat pagi duhai cintaku, semoga pagi ini akan menghantarkanmu menjadi lebih bersinar.

5. Ucapan Selamat Pagi Bahasa Jawa Berkesan

Meski bukan orang Jawa namun ingin mengucapkan selamat pagi dalam bahasa Jawa juga bisa kalian lakukan. Apalagi dengan ucapan selamat pagi bahasa Jawa dapat membuat seseorang merasa terkesan memperoleh ucapan selamat pagi dari kalian. Berikut ini ucapan selamat pagi bahasa Jawa yang bisa menjadi referensi.

38. Wis isuk, wayahe tangi. Jagone wis kluruk. Nek ora tangi mengko rejekimu dicucuk pithik.

Artinya: Sudah pagi, saatnya bangun tidur. Ayam sudah berkokok. Kalau nggak bangun, nanti rezekimu dipatok ayam.

39. Sugeng enjing. Akeh mesem, akeh kancane.

Artinya: Selamat pagi. Banyak senyum, banyak teman.

40. Sugeng enjing, mugi-mugi dinten niki lancar makaryo.

Artinya: Selamat pagi, semoga hari ini lancar bekerja.

41. Gunung Sumbing, Gunung Sindoro. Neng tengah-tengah ono sawah. Sugeng enjing, sugeng makaryo. Mugi Gusti tansah paringi berkah.

Artinya: Gunung Sumbing, Gunung Sindoro. Di tengah-tengah ada sawah. Selamat pagi, selamat bekerja. Semoga Allah SWT. Selalu memberi berkah.

42. Wilujeng enjing sedulur. Percoyo karo opo sing kok lakokne saiki mesti ono hasile. Asal ijeh gelem ikhitiar lan pandongan marang Gusti Allah SWT. Sing Maha Kuoso bakal ngrungokke opo wae kepengenmu. Intine tetep sabar.

Artinya: Selamat pagi kerabat. Parcayalah usahamu akan membuahkan hasil. Asal kamu terus berusaha dan berdoa kepada Allah SWT. Yang Maha Kuasa akan senantiasa mendengar keinginanmu. Pada intinya, tetaplah bersabar.

Nah 42 itulah ucapan selamat pagi bahasa Jawa, jadi penyemangat memulai hari. Sejumlah ucapan selamat pagi bahasa Jawa di tas dapat menjadi referensi buat kalian untuk orang spesial.

Sumber: bola.com

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI