80 Kata-Kata Romantis Bahasa Jawa yang Lucu dan Kekinian, Jadi Ungkapan Indah untuk Pasangan

Selasa, 12 Oktober 2021 11:22 Penulis: Dhia Amira
80 Kata-Kata Romantis Bahasa Jawa yang Lucu dan Kekinian, Jadi Ungkapan Indah untuk Pasangan
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Jatuh cinta memang dapat membuat seseorang merasakan sebuah kebahagiaan yang sangat mendalam. Tidak heran bila saat seorang sedang jatuh cinta, maka mereka akan mengungkapkannya dengan sebuah kata-kata romantis. Ada banyak sekali kata romantis yang dapat diberikan oleh pasangan, salah satunya yaitu kata-kata romantis bahasa Jawa.

Ya, bagi kalian yang ingin menunjukkan rasa sayang dan cinta pada pasangan, kalian bisa kok mengungkapkannya dengan kata-kata romantis bahasa Jawa yang kekinian ini. Tak hanya bisa membuat pasangan merasa baper, kata-kata romantis berikut ini bisa menghibur pasangan. Bahkan kalian bisa mengungkapkan kata-kata romantis bahasa Jawa di media sosial kalian.

Untuk itu dilansir dari bola.com dan brilio.net, berikut ada 80 kata-kata romantis bahasa Jawa yang lucu dan kekinian. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Kata-Kata Romantis Bahasa Jawa yang Keren

Kata-kata romantis bahasa Jawa yang pertama yaitu ada kata-kata yang keren. Bagi kalian yang ingin terlihat keren di depan gebetan atau pacar, maka kalian bisa merayu mereka dengan kata-kata ini. Berikut ini beberapa kata-kata romantis bahasa Jawa yang keren tersebut:

1. "Arek lanang kuoso milih, arek wedok kuoso nolak." (Anak laki laki bebas memilih, anak perempuan bebas menolak.)

2. "Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, mantan wes neng penghulu aku iseh kesepian." (Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, mantan sudah di penghulu aku masih kesepian.)

3. "Nek koe tenanan tresno, ojo koe nggawe eluh banyu motone, ojo nyakiti atine, ojo nggawe atine loro." (Jika kamu benar-benar cinta padanya, jangan hiasi matanya dengan air mata, telinganya dengan dusta, hatinya dengan luka.)

4. "Akeh manungsa ngrasakake tresna, tapi lali lan ora kenal opo iku hakikate tresno." (Banyak orang merakan cinta, tapi lupa dan tidak kenal apa itu hakikat cinta.)

5. "Tresna kanggo manungsa mung amerga katresnane marang Gusti Allah sing nyiptaaken manungsa." (Cinta kepada seorang manusia hanya dikarenakan kecintaan kepada Allah Tuhan Semesta Alam yang telah menciptakan manusia.)

6. "Mbangun kromo ingkang satuhu, boten cekap bilih ngagem sepisan roso katresnan. Hananging butuh pirang pirang katresnan lumeber ning pasangan uripmu siji kui." (Pernikahan yang sukses tidak membutuhkan sekali jatuh cinta, tetapi berkali kali jatuh cinta pada orang yang sama.)

7. "Koe kuwi koyo bintang, sing indah didelok tapi susah untuk digapai." (Kamu itu seperti bintang, yang indah dilihat, tapi susah untuk digapai.)

8. "Tresno iku mergo ati, ora bakal owah tekane mati." (Cinta ini datang dari hati, tak bakal berubah sampai mati.)

9. "Cinta dudu perkoro sepiro kerepe kowe ngucapke, tapi sepiro akehe seng mbok buktike." (Cinta bukan perkara seberapa sering kamu mengucapkannya, tapi seberapa banyak kamu membuktikannya.)

10. "Akeh manungsa ngrasakake tresna, tapi lali lan ora kenal opo iku hakikate tresno." (Banyak orang merasakan cinta, tapi lupa dan tidak kenal apa itu hakikat cinta.)

11. "Move on kuwi dudu berusaha nglalekke ya, tapi ngikhlaske lan berusaha ngentukke sing luwih apik luwih seko sing mbiyen-mbiyen." (Move on itu bukan berusaha melupakan ya, tapi mengikhlaskan dan berusaha mendapatkan yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya.)

12. "Mbangun kromo ingkang satuhu, boten cekap bilih ngagem sepisan roso katresnan. Hananging butuh pirang pirang katresnan lumeber ning pasangan uripmu siji kui." (Pernikahan yang sukses tidak membutuhkan sekali jatuh cinta, tetapi berkali-kali jatuh cinta pada orang yang sama.)

13. "Saat dewe podo–podo adoh, siji sing kudu koe ngerti, bakal tak jogo tresno iki sampe matek." (Saat jarak memisahkan kita, satu hal yang harus kamu tahu, aku akan menjaga cinta ini sampai mati.)

14. "Sak umpamane koe iso ngrasakke kepriye rasane dadi awakku pasti koe ora bakal ngerti opo rasane, sakit lan kecewa." (Misalkan kamu bisa merasakan bagaimana rasanya jadi diriku pasti kamu nggak bakal ngerti apa rasanya, sakit dan kecewa.)

15. "Mergo seng gaene ngekek’i cokelat bakal kalah karo seng ngewehi seperangkat alat sholat karo nyanyi lagu akad." (Karena yang sering memberi cokelat akan kalah dengan yang memberi seperangkat alat solat dan nyanyi lagu akad.)

 

 

2. Kata-Kata Romantis Bahasa Jawa Kekinian

Kemudian ada pula kata-kata romantis bahasa Jawa yang kekinian. Kata-kata romantis bahasa Jawa yang kekinian ini bisa kalian jadikan sebagai status di media sosial loh KLovers. Berikut ini beberapa kata-kata romantis bahasa Jawa yang kekinian tersebut:

16. "Aku ora pernah ngerti opo kui tresno, kajaba sak bare ketemu karo sliramu." (Aku tidak pernah tau cinta itu apa, kecuali setelah bertemu denganmu)

17. "Koe kuwi koyo bintang, sing indah didelok tapi susah untuk digapai." (Kamu itu seperti bintang, yang indah dilihat, tapi susah untuk digapai)

18. "Pengenku, aku iso muter wektu. Supoyo aku iso nemokne kowe luwih gasik. Ben luwih dowo wektuku kanggo urip bareng sliramu." (Aku berharap, aku bisa memutar waktu kembali. Di mana aku bisa lebih awal menemukan dan mencintaimu lebih lama)

19. "Tresno iku mergo ati, ora bakal owah tekane mati." (Cinta ini datang dari hati, tak bakal berubah sampai mati)

20. "Cinta dudu perkoro sepiro kerepe kowe ngucapke, tapi sepiro akehe seng mbok buktike." (Cinta bukan perkara seberapa sering kamu mengucapkannya, tapi seberapa banyak kamu membuktikannya)

21. "Padahal de'e mek konco, tapi angger de'e cedak karo wong liyo. Rasane cemburu." (Padahal dia hanya berteman, tapi setiap kali dekat dengan orang lain. Rasanya cemburu)

22. "Kowe lungo nggowo kenangan, kowe teko maneh nggowo undangan." (Kamu pergi membawa kenangan, kamu dating lagi membawa sebuah undangan)

23. "Iso nembang gak iso nyuling, iso nyawang gak iso nyanding." (bisa bersyair tidak bisa bermain seruling, bisa melihat tidak bisa mendampingi)

24. "Janji tresnomu gede, nyatane saiki mbok tinggalne." (Janji cintamu besar, kenyataannya sekarang kamu tinggalkan)

25. "Angger aku nyawang sliramu, rasane kabeh macem roso bungah ning alam dunyo mandeg ono ing ngarep netraku." (Ketika aku melihatmu, aku melihat semuanya ujung kebahagiaan dunia ini telah berhenti sekejap di mataku)

26. "Gusti yen arek iku jodohku tulung dicidakaken, yen mboten joduhku tulung dijodohaken." (Tuhan jika dia adalah jodohku tolong didekatkan, dan jika bukan tolong dijodohkan)

27. "Jenenge urip kui mesti akeh cobaan, yen akeh saweran kui jenenge dangdutan." (Namanya hidup itu pasti banyak cobaan, kalau banyak saweran namanya dangdutan)

28. "Ra kepetuk sak wetoro rasane pengen weruh sliramu." (Tidak bertemu sebentar saja rasanya ingin melihat kamu)

29. "Aku ora malam mingguan, sandalku pedot." (Aku nggak malam mingguan, sandalku putus)

30. "Rino wengi aku tansah kelingan sliramu." (Siang malam aku selalu teringat dirimu)

 

 

3. Kata-Kata Romantis Bahasa Jawa yang Bikin Baper

Dan yang terakhir yaitu ada kata-kata romantis bahasa Jawa yang bikin baper. Kata-kata romantis bahasa Jawa berikut ini bisa bikin gebetan dan pacar kalian baper abis. berikut beberapa kata-kata romantis bahasa Jawa yang bikin beper tersebut:

31. "Ben akhire ora kecewa, dewe kudu ngerti kapan wektune berharap lan kapan wektune kudu mandeg." (Agar akhirnya tidak kecewa, kita harus mengerti kapan waktunya berharap dan kapan waktunya harus berhenti)

33. "Arek lanang kuoso milih, arek wedok kuoso nolak." (Anak laki laki bebas memilih, anak perempuan bebas menolak)

34. "Aku tanpamu bagaikan sego kucing ilang karete. Ambyar." (Aku tanpamu bagai nasi kucing hilang karetnya, hancur)

35. "Akeh cara dienggo bahagia, salah sijine ngeculke uwong sing nyia-nyiake kowe." (Banyak cara untuk bahagia, salah satunya melepaskan orang yang menyia-nyiakan kamu)

36. "Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, mantan wes neng penghulu aku iseh kesepian." (Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, mantan sudah di penghulu aku masih kesepian)

37. "Sak umpamane koe iso ngrasakke kepriye rasane dadi awakku pasti koe ora bakal ngerti opo rasane, sakit lan kecewa." (Misalkan kamu bisa merasakan bagaimana rasanya jadi diriku pasti kamu nggak bakal ngerti apa rasanya, sakit dan kecewa.)

38. "Mergo seng gaene ngekeki cokelat bakal kalah karo seng ngewehi seperangkat alat sholat karo nyanyi lagu akad." (Karena yang sering memberi cokelat akan kalah dengan yang memberi seperangkat alat solat dan nyanyi lagu akad.)

39. "Pengenku, aku iso muter wektu. Supoyo aku iso nemokne kowe lewih gasik. Ben Lewih dowo wektuku kanggo urip bareng sliramu." (Aku berharap, aku bisa memutar waktu kembali. Di mana aku bisa lebih awal menemukan dan mencintaimu lebih lama.)

40. "Koe kuwi koyo bintang, sing indah didelok tapi susah untuk digapai." (Kamu itu seperti bintang, yang indah dilihat tapi susah untuk digapai.)

41. "Tresno iku kadang koyo criping telo. Iso ajur nek ora ngati-ati le nggowo." (Cinta terkadang seperti keripik singkong, bisa hancur jika tidak hati-hati dibawa)

42. "Wes kadung ngomong sayang jebule wes nduwe gandengan, wes kadung tak sawang malah ninggal kenangan." (Sudah terlanjur menyatakan sayang, ternyata sudah punya gandengan, sudah terlanjur dipandang malah meninnggalkan kenangan)

43. "Uwong duwe pacar iku kudu sabar ambek pasangane. Opo maneh seng gak duwe." (Orang yang punya pacar itu haruslah sabar dengan pasangan yang dimiikinya. Apa lagi yang nggak punya)

44. "Cintaku nang awakmu iku koyok kamera, fokus nang awakmu tok liyane ngeblur." (Cintaku padamu seperti kamera, fokus di kamu saja, yang lain blur)

45. "Obat pahit ae marakke mari, mosok koe sing manis marakke loro." (Obat yang pahit saja bisa bikin sembuh, masak kamu yang manis bikin sakit)

4. Kata-Kata Romantis Bahasa Jawa yang Lucu

Kemudian ada pula kata-kata romantis bahasa Jawa yang lucu serta menghibur. Kata-kata ini bisa menjadi sebuah gombalan yang keren dan kekinian. Berikut beberapa kata-kata romantis bahasa Jawa yang lucu tersebut:

46. "Ben akhire ora kecewa, dewe kudu ngerti kapan wektune berharap lan kapan wektune kudu mandeg." (Agar akhirnya tidak kecewa, kita harus mengerti kapan waktunya berharap dan kapan waktunya harus berhenti)

47. "Arek lanang kuoso milih, arek wedok kuoso nolak." (Anak laki laki bebas memilih, anak perempuan bebas menolak)

48. "Aku tanpamu bagaikan sego kucing ilang karete. Ambyar." (Aku tanpamu bagai nasi kucing hilang karetnya, hancur)

49. "Akeh cara dienggo bahagia, salah sijine ngeculke uwong sing nyia-nyiake kowe." (Banyak cara untuk bahagia, salah satunya melepaskan orang yang menyia-nyiakan kamu)

50. "Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, mantan wes neng penghulu aku iseh kesepian." (Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, mantan sudah di penghulu aku masih kesepian)

51. "Nek koe tenanan tresno, ojo koe nggawe eluh banyu motone, ojo nyakiti atine, ojo nggawe atine loro." (Jika kamu benar-benar cinta padanya, jangan hiasi matanya dengan air mata, telinganya dengan dusta, hatinya dengan luka)

52. "Akeh manungsa ngrasakake tresna, tapi lali lan ora kenal opo iku hakikate tresno." (Banyak orang merakan cinta, tapi lupa dan tidak kenal apa itu hakikat cinta)

53. "Mbangun kromo ingkang satuhu, boten cekap bilih ngagem sepisan roso katresnan. Hananging butuh pirang pirang katresnan lumeber ning pasangan uripmu siji kui." (Pernikahan yang sukses tidak membutuhkan sekali jatuh cinta, tetapi berkali kali jatuh cinta pada orang yang sama)

54. "Aku ra njaluk luweh, aku nggur njalok ojo lungo nek ati." (Aku nggak minta banyak, aku hanya minta jangan pergi dari hati)

55. "Tresna kanggo manungsa mung amerga katresnane marang Gusti Allah sing nyiptaaken manungsa." (Cinta kepada seorang manusia hanya dikarenakan kecintaan kepada Allah Tuhan Semesta Alam yang telah menciptakan manusia)

56. "Aku ora pernah ngerti opo kui tresno, kajaba sak bare ketemu karo sliramu." (Aku tidak pernah tau cinta itu apa, kecuali setelah bertemu denganmu)

57. "Koe kuwi koyo bintang, sing indah didelok tapi susah untuk digapai." (Kamu itu seperti bintang, yang indah dilihat, tapi susah untuk digapai)

58. "Pengenku, aku iso muter wektu. Supoyo aku iso nemokne kowe luwih gasik. Ben luwih dowo wektuku kanggo urip bareng sliramu." (Aku berharap, aku bisa memutar waktu kembali. Di mana aku bisa lebih awal menemukan dan mencintaimu lebih lama)

59. "Tresno iku mergo ati, ora bakal owah tekane mati." (Cinta ini datang dari hati, tak bakal berubah sampai mati)

60. "Cinta dudu perkoro sepiro kerepe kowe ngucapke, tapi sepiro akehe seng mbok buktike." (Cinta bukan perkara seberapa sering kamu mengucapkannya, tapi seberapa banyak kamu membuktikannya)

5. Kata-Kata Romantis Bahasa Jawa yang Menyentuh Hati

Dan yang terakhir yaitu ada kata-kata romantis bahasa Jawa yang menyentuh hati. Kata-kata ini bisa menjadi sebuah ungkapan hati kalian pada pasangan dan bisa bikin baper. Berikut beberapa kata-kata romantis bahasa Jawa yang menyentuh hati tersebut:

61. "Nek cinta ora iso mbalekne koe meng aku orep neng Ndunio iki, Pesti lah cinta akan nyatuk ke dewe neng kehidupan mengarepe engko." (Jika cinta tidak dapat menyatukan cinta kita di kehidupan ini, pastilah cinta akan menyatukan kita di kehidupan selanjutnya)

62. "Saat dewe podo–podo adoh, siji sing kudu koe ngerti, bakal tak jogo tresno iki sampe matek." (Saat jarak memisahkan kita, satu hal yang harus kamu tahu, aku akan menjaga cinta ini sampai mati)

63. "Sak umpamane koe iso ngrasakke kepriye rasane dadi awakku pasti koe ora bakal ngerti opo rasane, sakit lan kecewa." (Misalkan kamu bisa merasakan bagaimana rasanya jadi diriku pasti kamu nggak bakal ngerti apa rasanya, sakit dan kecewa)

64. "Aku ra njaluk luweh, aku nggur njalok ojo lungo nek ati." (Aku nggak minta banyak, aku hanya minta jangan pergi dari hati)

65. "Mergo seng gaene ngekek'i cokelat bakal kalah karo seng ngewehi seperangkat alat sholat karo nyanyi lagu akad." (Karena yang sering memberi cokelat akan kalah dengan yang memberi seperangkat alat solat dan nyanyi lagu akad)

66. "Wajahmu jan koyo wong susah. Iyo, susah dilalekne." (Wajahmu seperti orang susah. Iya, susah untuk dilupakan)

67. "Nek jenenge sayang kuwi kudune ra nuntut pasangane dinggo" dadi wongliyo" mung mergo kekurangane." (Kalau namanya sayang itu harusnya nggak menuntut pasangannya dipakai 'milik orang lain' hanya karena kekurangannya)

68. "Move on kuwi dudu berusaha nglalekke ya, tapi ngikhlaske lan berusaha ngentukke sing luwih apik luwih seko sing mbiyen-mbiyen." (Move on itu bukan berusaha melupakan ya, tapi mengikhlaskan dan berusaha mendapatkan yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya)

69. "Rasa nyaman sing sempurna yo iku lek kowe gelem meluk aku." (Rasa nyaman yang sempurna ya itu kalau kamu mau meluk aku)

70. "Tuku lilin, entuk bonus fanta. Meskipun kowe nyebelin, nanging aku tetap cinta." (Beli lilin, dapat bonus fanta. Msekipun kamu nyebelin, aku tetap cinta)

71. "Aku ora butuh GPS, nek karo kowe aku wis yakin kudu ning ngendi." (Aku tidak butuh GPS, kalau sama kamu, aku sudah yakin mau ke mana)

72. "Kowe gelem ngajari aku ora? Ngajari ben pantes nggo kowe." (Kamu mau tidak mengajari aku? Ajari aku agar pantas untukmu)

73. "Nyenderlah neng pundak ku, Sampek koe ngrasak ke nyaman, Mergo wes kudune koyo ngunu aku nggawe nyaman ati mu." (Bersandarlah di pundakku sampai kau merasakan nyaman, karena sudah seharusnnya aku memang aku membuatmu nyaman)

74. "Aku duduk cah romantis sing iso berkata kata manis, nanging aku mung bocah humoris sing iso berkata manis." (Aku bukan orang romantis yang bisa berkata-kata manis, tetapi aku hanya orang humoris yang bisa berkata manis)

75. "Enek e gudo mergo ben adewe ngerasakne legi ne tresno." (Adanya godaan karena agar kita merasakan manisnya cinta)

76. "Rino wengi aku tansah kelingan sliramu." (Siang malam aku selalu teringat dirimu)

77. "Cintaku nang awakmu iku koyok kamera, fokus nang awakmu tok liyane ngeblur." (Cintaku padamu seperti kamera, fokus pada dirimu, yang lain ngeblur)

78. "Konco dadi cinta. Sampek kegowo turu, ngimpi ngusap pipimu. Tansah nyoto keroso konco dadi tresno." (Teman jadi cinta sampai terbawa tidur, mimpi mengusap pipimu. Seperti kenyataan terasa seperti teman jadi cinta)

79. "Iso ae aku ngelalikne koe tapi kenangane kui seng susah dilaleke." (Bisa saja aku melupakan kamu tapi kenangannya itu yang susah dilupakan)

80. "Seng paling tak wedeni orep neng dunio udu kelangan koe, tapi wedi nek koe kelangan kebahagiaan ne sampean." (Yang paling ku takutkan dalam dunia ini bukanlah kehilanganmu, tapi aku takut kamu kehilangan kebahagiaanmu)

Itulah 80 kata-kata romantis bahasa Jawa yang lucu dan kekinian. Kata-kata romantis bahasa Jawa ini bisa menjadi sebuah ungkapan indah yang menyentuh hati pasangan.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI