47 Kata-Kata Petani yang Bijak, Paling Inspiratif untuk Memaknai Arti Kehidupan dan Alam

Senin, 10 Mei 2021 16:11 Penulis: Nurul Wahida
47 Kata-Kata Petani yang Bijak, Paling Inspiratif untuk Memaknai Arti Kehidupan dan Alam
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Peran seorang petani dalam masyarakat tidak dapat dianggap sebelah mata. Sebab menjadi petani tidaklah mudah, di mana ada sebuah usaha dan perjuangan demi menjaga ketersediaan pangan masyarakat. Untuk itulah ada beragam inspirasi yang bisa kalian ambil dari seorang petani melalui sejumlah kata-kata petani.

Profesi sebagai petani biasanya merujuk pada seseorang yang bekerja di bidang pertanian. Dimana tugas seorang petani adalah memelihara dan menjaga tanaman agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Misalnya saja petani padi, petani buah ataupun petani bunga yang perannya begitu penting dan berarti bagi kelangsungan hidup masyarakat.

Sebab tanpa seorang petani, bahan makanan bisa saja tidak terpenuhi yang mana dapat menimbulkan kekacauan. Inilah yang membuat profesi sebagai petani termasuk pekerjaan mulia.

Untuk itulah melalui beberapa kata-kata petani dapat menginspirasi kalian agar lebih bijak memaknai arti kehidupan dan mencintai alam. Apalagi jika mengingat kembali kondisi alam yang semakin tidak menentu, membuat seorang petani bisa saja mengalami kegagalan panen.

Inilah pentingnya menghargai dan mengambil pelajaran bijak dari petani dengan segala usaha dan perjuangannya melalui kata-kata petani. Adapun kata-kata petani dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

 

1. Kata-Kata Petani yang Bijak

Kata-kata petani di bawah ini mengandung makna mendalam yang bisa kalian jadikan pelajaran berharga. Misalnya saja kalian dapat mengambil pembelajaran untuk lebih menghargai arti kehidupan, kesabaran, proses membuahkan hasil, dan seterusnya. Adapun kata-kata petani yang bijak sebagai berikut.

1. "Bertani dengan bijak agar tetap mewariskan tanah subur pada generasi berikutnya."

2. "Kebanggaanku adalah terlahir dari seorang petani."

3. "Pertanian adalah sumber fundamental dari kemakmuran nasional."

4. "Petani hanya khawatir selama musim tanam, tetapi orang-orang kota khawatir sepanjang waktu."

5. "Petani itu adalah seseorang yang berkeyakinan baik, orang yang bermoral tinggi, dan memiliki cinta kepada kebebasan yang kukuh."

6. "Petani gagal bukan disebabkan oleh hama, tetapi oleh tata niaga yang tidak adil."

7. "Melihat sawah, aku teringat akan perjuangan para petani dalam menanam dan memanennya. Kemudian hasilnya akan dinikmati orang oleh banyak orang."

8. "Tak terbayangkan bagaimana jadinya jika petani enggan menanam padi."

9. "Pernahkah kita berterima kasih kepada para petani penanam benih? Keramahan yang putih, ketulusan yang tak pernah menagih." - Habiburrahman El Shirazy

10. "Pekerjaan petani adalah yang paling menyenangkan dan penuh harapan."

11. "Butir-butir padi itu bukan sepenuhnya milik kita

Luasan tanah di samping rumah adalah milik mereka yang berkuasa

Memang kita yang bekerja, tapi tak mereguk hasilnya

Memang kita yang mengeluarkan tenaga, tapi mereka yang merampok nikmatnya."

Pembangunan infrastruktur memang jelas patut kita syukuri. Namun, menyaksikan petani kehilangan lahan garapan yang menjadi tempat ia bergantung hidup juga tak bisa kita banggakan.

Agenda pembaruan dan penyelesaian sengketa agraria bukan saja bertujuan untuk mengatasi ketimpangan struktur penguasaan, kepemilikan dan konflik tanah. Tetapi sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan dan menghapus akar penyebab kemiskinan struktural.

 

 

2. Kata-Kata Petani Paling Inspiratif

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya, dari perjuangan dan usaha seorang petani bisa dijadikan inspirasi yang membangun. Misalnya saja tentang keteguhan, kesabaran dan keuletannya menjaga tanaman hingga mampu menghasilkan bahan makanan yang bisa dinikmati banyak orang. Berikut ini kata-akta petani paling inspiratif.

12. "Siapa yang menabur benih, dia yang akan memanen."

13. "Seorang petani yang bekerja keras haruslah yang pertama menikmati hasil usahanya."

14. "Tujuan akhir dari bertani bukanlah menumbuhkan tanaman, tetapi menjaga kehidupan."

15. "Bahkan jika seorang petani berniat untuk bermalas-malasan, ia bangun tepat waktu untuk memulai lebih awal."

16. "Petani sangat tahu mereka tak bisa memanen jika tak bercocok tanam."

17. "Kerja seorang guru tidak ubah seperti kerja seorang petani yang senantiasa membuang duri serta mencabut rumput yang tumbuh di celah-celah tanamannya."

18. "Dalam hidup kita perlu bersikap layaknya petani, yang menanam kembali di tanah segala apa yang sudah dia ambil."

19. "Hanya petani yang setia menanam benih di musim semi, yang menuai panen di musim gugur."

20. "Pertanian adalah pekerjaan manusia yang paling sehat, paling bermanfaat, dan paling mulia."

21. "Menanamlah maka engkau akan menyelamatkan kehidupan."

22. "Berkat kerja keras petani aku bisa menikmati indahnya persawahan ini."

23. "Bung Karno pernah berkata "Hidup matinya sebuah negara, ada di tangan sektor pertanian negeri tersebut. Selamat Hari Tani Nasional."

24. "Bukannya teknik bertanam yang merupakan faktor yang paling penting, melainkan lebih kepada pikiran petaninya." - Masanobu Fukuoka

25. "Masa Depan Indonesia ada di tangan Petani Kita . Lindungi mereka dari serbuan import "SWASEMBADA PANGAN??" Semoga petani kita lebih sejahtera."

26. "Bangsa yang hebat adalah bangsa yang dapat memenuhi kebutuhan pangannya sendiri, tapi jangan biarkan petani kita berjuang seorang diri."

 

 

3. Kata-Kata Petani dan Alam

Kehidupan seorang petani juga bergantung pada kondisi alam. Inilah yang membuat alam seolah jadi sahabat petani sebab membantu keberhasilan hasil panen. Nah melalui kata-kata petani dan alam berikut ini bisa memotivasi kalian untuk lebih bijak menjaga dan memanfaatkan alam.

27. "Seorang petani di ujung desa, mengabaikan senyum sang surya karena dia merindukan hujan."

28. "Hubungan petani dengan lahannya melebihi bahasa kata-kata dan kesunyian alam, kadang-kadang penglihatan manusia tidak dapat menguraikannya."

29. "Alam tidak terburu-buru, namun semuanya bisa tercapai." - Lao Tzu

30. "Duduk di tempat teduh di hari yang cerah, dan memandangi pemandangan, adalah penyegaran yang paling sempurna." - Jane Austen, Mansfield Park.

31. "Mereka yang menemukan keindahan di seluruh alam akan menemukan diri mereka menyatu dengan rahasia kehidupan itu sendiri." - L. Wolfe Gilbert.

32. "Petani memberikan berkah yang luar biasa, tak hanya dinikmati bagi keberlangsungan hidup manusia, namun juga jiwa manusia menjadi sejuk melihat keindahan sawah."

33. "Dalam setiap perjalanan dengan alam, seseorang menerima jauh lebih banyak daripada yang ia cari." - John Muir.

34. "Pelajari alam, cintai alam, tetap dekat dengan alam. Itu tidak akan pernah mengecewakanmu." - Frank Lloyd Wright.

35. "Alam bukanlah tempat untuk dikunjungi. Itu rumah." - Gary Snyder

36. "Jika kamu benar-benar mencintai alam, kamu akan menemukan keindahan di mana-mana." - Vincent Van Gogh.

37. "Bumi dan langit, hutan dan ladang, danau dan sungai, gunung dan laut, adalah sekolah yang sangat baik, dan mengajari beberapa dari kita lebih dari yang dapat kita pelajari dari buku." - John Lubbock.

38. "Pertanian memang sangat diandalkan dalam hidup dan penghidupan, sebagai mahasiswa yang peduli lingkungan, kita jagalah dari pencemaran, demi kebaikan lahan kita juga."

 

 

4. Kata-Kata Petani Sukses

Menjadi petani tidaklah mudah, dibutuhkan perjuangan dan usaha agar mampu menghasilkan hasil panen yang berkualitas. Untuk itulah menjadi seorang petani sukses diperlukan usaha lebih maksimal yang bisa menginspirasi kalian agar tetap semangat dan pantang menyerah mencapai hasil yang baik. Berikut ini kata-kata petani sukses dapat dijadikan referensi.

39. "Bertani adalah pilihan, maka menjadi petani yang sukses harus penuh perjuangan."

40. "Petani yang baik tidak akan membiarkan tanamannya mati termakan hama dan semak belukar."

41. "Tersenyumlah wahai para petani, Tuhan takkan mengkhianati upaya dan kerja keras akan berbuah manis mulai hari ini, besok dan nanti."

42. "Value seorang petani tidak ditentukan dari apa yang dia panen, tapi dari apa yang dia tanam."

43. "Petani mungkin benci pada hama, tapi mereka tak pernah lelah terus menanam dan memupuk padinya."

44. "Kesuksesan bagi petani tidak diukur berdasarkan hasil panen yang melimpah, melainkan berapapun hasil kerjanya, tetapi tetap dihargai."

45. "Sawah menjadi saksi bagaimana petani bekerja dengan keras untuk hasil yang luar biasa."

46. "Petani harus optimis atau dia tidak akan tetap menjadi petani." - Will Rogers

47. "Selamat Hari Tani Nasional untuk seluruh petani Indonesia! Terima kasih atas dedikasinya dalam memberikan hasil tani berkualitas terbaik."

Itulah 47 kata-kata petani yang bijak, paling inspiratif untuk memaknai arti kehidupan dan alam. Kata-kata tersebut bisa kalian jadikan referensi dan memotivasi agar lebih menghargai usaha dan jasa seorang petani.

Sumber: bola.com, brilio.net, juproni.com

 

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI