54 Kata-Kata Curhat Tentang Kehidupan, Penuh Kesedihan dan Menyentuh Hati

Rabu, 05 Mei 2021 14:11 Penulis: Anik Setiyaningrum
54 Kata-Kata Curhat Tentang Kehidupan, Penuh Kesedihan dan Menyentuh Hati
Ilustrasi (Credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Mengungkapkan kata-kata curhat bisa membantu meringankan masalah. Sayangnya, tak semua orang bisa melakukannya. Jika mendapat masalah, biasanya kalian akan meladeni rasa sedih yang mendalam.

Apalagi, jika masalah itu bersumber dari segala arah. Bisa jadi bersumber dari asmara, pekerjaan, bahkan diri sendiri. Ketika kepala sudah sibuk memikirkan solusi, kalian lupa jika mengungkapkan kata-kata curhat kepada teman juga bisa melahirkan solusi lainnya.

Kalian memang boleh menuruti rasa sedih dan menangis meratapinya, tapi jangan berlarut-larut. Gunakan kesempatan yang ada untuk mengeluarkan kata-kata curhat, entah kepada seseorang atau di media sosial.

Jika kalian termasuk tipe orang yang sudah membuka obrolan, sekalipun untuk menceritakan diri sendiri, tak usah khawatir. Kalian tetap bisa belajar cara bercerita melalui kata-kata curhat yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

 

 

 

1. Kata-Kata Curhat Tentang Kehidupan

Kehidupan memang seolah tak bisa dipisahkan dengan masalah. Ketika hidup masih berjalan, kalian akan selalu dipaksa mengeluarkan kata-kata curhat untuk mengungkapkan keresahan.

Nah, berikut ini terdapat sejumlah kata-kata curhat yang bisa kalian ambil untuk mewakili keresahan atas kerasnya kehidupan.

1. "Kehidupan itu laksana lautan. Orang yang tiada berhati-hati dalam mengayuh perahu, memegang kemudi dan menjaga layar, maka karamlah ia digulung oleh ombak dan gelombang. Hilang di tengah samudera yang luas. Tiada akan tercapai olehnya tanah tepi." -Buya Hamka.

2. "Bukankah kehidupan sendiri adalah bahagia dan sedih? Bahagia karena napas mengalir dan jantung berdetak, sedih karena pikiran diliputi bayang-bayang." - WS. Rendra.

3. "Bukan hal yang mudah melepaskan atau mempertahankan apa yang semula baik tiba-tiba berubah drastis menjadi amat buruk."

4. "Sakit sekali rasanya ketika Anda sudah melakukan yang terbaik, tapi ternyata masih tidak cukup."

5. "Setiap kali orang bertanya padaku apakah aku baik-baik saja, hal ini semakin mengingatkan bahwa aku tidak baik-baik saja."

6. "Jangan khawatir akan hari esok kesusahan hari ini cukuplah hari ini."

7. "Orang menangis bukan karena mereka lemah. Tapi, mereka menangis karena telah berusaha kuat dalam waktu yang lama." - Johnny Depp

8. "Proses pendewasaan dalam hidup ini adalah melalui ujian-ujian yang terjadi dalam hidupmu."

9. "Bagiku, tidur bukanlah sekadar melepas lelah, melainkan sebuah pelarian."

10. "Aku tidak tahu apakah tempatku benar-benar di sini. Aku tidak punya seorangpun untuk diajak bicara."

11. "Kamu peduli padaku, tapi mencintai orang lain." - La Belle Personne

12. "Kamu seperti hujan, turun dan reda tak beraturan, sedangkan aku adalah tanaman yang setia menunggumu turun."

13. "Setidaknya, ketika kita terpisah jarak, ingatlah bahwa ada sosok yang menunggumu untuk lekas pulang."

14. "Mungkin, aku hanya ingin bercermin dan melihat seseorang yang berharga. Tapi aku salah karena tidak dapat melihat apa-apa." - Mulan

15. "Jangan terlalu sering memikirkanku. Aku tidak mau membuatmu sedih. Hiduplah dengan baik. Aku akan terus mengiringi tiap langkahmu."

 

 

 

2. Kata-Kata Curhat Penuh Kesedihan

Seperti halnya bahagia, rasa sedih kerap datang tanpa diduga. Mengungkapkan kata-kata curhat merupakan salah satu cara yang sering dipilih untuk sedikit meringankan beban di hati. Rasa sedih tak akan terungkap tanpa kalian ucapkan kata-kata curhat agar orang lain yang mendengar punya inisiatif untuk membantu.

16. "Hati saya begitu kecil, hampir tak terlihat. Bagaimana Anda bisa menempatkan kesedihan besar di dalamnya?" - Jalaluddin Rumi.

17. "Waktu berlalu seperti tangan yang melambai dari kereta yang ingin saya naiki. Saya harap kamu tidak perlu memikirkan apa pun sebanyak yang saya pikirkan tentangmu."- Jonathan Safran Foer

18. "Kesedihan hanyalah sebuah tembok di antara dua taman."- Khalil Gibran

19. "Menangis. Memaafkan. Belajar. Move on. Biarkan air matamu menyirami benih-benih kebahagiaan masa depanmu."

20. "Terkadang diam bukan berarti tidak tegas."

21. "Jangan terlalu terpuruk dalam kesedihan hanya karena mimpimu tak jadi kenyataan. Tapi, bersyukurlah karena mimpi terburukmu tak menjadi realita."

22. "Seandainya tidak ada badai, pelangi tidak akan muncul. Untuk itu, belajarlah dari badai yang menimpamu."

23. "Apa pun yang membuat Anda tersenyum, pertahankan. Apa pun yang membuat Anda sedih, tinggalkan."

24. "Kadang seseorang yang menyakitimu malah menjadi satu-satunya penyembuh lukamu."

25. "Kehidupan yang baik bukanlah yang kebal terhadap kesedihan, tetapi kehidupan di mana penderitaan berkontribusi pada perkembangan kita." - Alain de Botton

26. "Kesedihanmu adalah hadiah. Jangan tolak. Jangan terburu-buru. Jalani sepenuhnya dan gunakan sebagai bahan bakar untuk berubah dan tumbuh." -Maxime Lagace

27. "Jangan bersedih hati. Apa pun yang hilang darimu akan datang dalam bentuk lain." - Rumi

28. "Mungkin saya yang paling tahu mengapa hanya manusia yang tertawa; dia sendiri yang sangat menderita sehingga dia harus menciptakan tawa." - Friedrich Nietzsche

29. "Terkadang dibutuhkan kesedihan untuk mengetahui kebahagiaan, kebisingan untuk menghargai keheningan dan ketidakhadiran untuk menghargai kehadiran."

30. "Kehidupan adalah perubahan yang alami dan spontan. Jangan menolaknya karena akan menimbulkan kesedihan. Biarlah sesuai dengan kenyataan. Biarkan mengalir secara natural, berjalan seperti apa adanya." - Lao-Zu

31. "Persahabatan meningkatkan kebahagiaan, dan meredakan kesengsaraan, dengan cara menggandakan kegembiraan kita dan membagi kesedihan kita." - Marcus Tulius

32. "Kebahagiaan khayalan sering kali lebih bernilai dari pada kesedihan yang nyata." - Rene Descartes

33. "Kesedihan membuat akal terpana dan tidak berdaya. Jika kamu tertimpa kesedihan, terimalah dia dengan keteguhan hati dan berdayakanlah akal untuk mencari jalan keluar." - Socrates

34. "Aku mencoba untuk meluapkan amarahku. Tapi, jika hanya ada aku di sini, apa gunanya? Ketika pagi tiba, aku takut untuk membuka mataku. Bahkan, aku sangat takut hanya untuk sekadar bernafas."

35. "Aku pernah berharap untuk menghilang saja dari dunia ini. Dunia ini terlihat begitu gelap dan aku menangis sepanjang malam. Apakah aku akan merasa lebih baik jika aku menghilang?"

 

 

 

3. Kata-Kata Curhat Menyentuh Hati

Jika ada perasaan sesak di hati, pasti kalian merasa tak tahan untuk segera mengucapkan kata-kata curhat agar bisa sedikit bernapas lega. Namun, mengucapkan kata-kata curhat bagi beberapa orang tak semudah yang dibayangkan.

Nah, berikut ini terdapat kata-kata curhat menyentuh hati yang bis kalian contoh atau jadikan inspirasi saat ingin mengungkapkan kesedihan.

36. "Ketika tiba di sebuah persimpangan dan harus memilih jalan yang dilalui. Terkadang, rasanya seperti berjalan di atas treadmill, berlarian di tempat yang sama."

37. "Masalah adalah hujan pendewasaan. tidak ada alasan menyalahkan orang lain, benahi diri sendiri dan jadilah pribadi yang dewasa."

38. "Kebahagiaan bukan karena tak ada masalah. Ia adalah kelihaian untuk mengurusnya." (Steve Maraboli)

39. "Memaafkan tapi jangan melupakan, atau kau akan tersakiti lagi. Memaafkan mengubah pandangan, melupakan menghapus pelajaran." (Paulo Coelho)

40. "Standar hidup yang ditetapkan oleh dunia kini semakin tinggi layaknya Gunung Everest. Semakin tinggi mendekati puncak, semakin membuatku merasa tertekan."

41. "Semuanya telah berubah dan teman pun pergi. Tapi hidup tidak berhenti untuk siapapun."

42. "Apabila bisa bertemu dengan Tuhan, aku akan berkata kepada-Nya bahwa hidup ini adalah secangkir kopi yang tak pernah aku minta." (RM, Always)

43. 

44. "Rasa sakit berkeras saat dirawat. Tuhan berbisik kepada kita dalam kesenangan kita, berbicara dalam hati nurani kita, tetapi berteriak dalam kesakitan kita. Itu megafon-Nya untuk membangkitkan dunia yang tuli."- CS Lewis

45. "Banyak hal berubah. Dan teman-teman pergi. Hidup tidak berhenti untuk siapa pun."- Stephen Chbosky

46. "Waktu berlalu seperti tangan yang melambai dari kereta yang ingin saya naiki. Saya harap kamu tidak perlu memikirkan apa pun sebanyak yang saya pikirkan tentangmu."- Jonathan Safran Foer

47. "Kesedihan hanyalah sebuah tembok di antara dua taman."- Khalil Gibran

48. "Kopi sempurna karena rasa pahitnya, demikian pula cinta."

49. "Biarkan saja berjuta kata terangkai dalam benakku yang masih tak berani menampakkannya di depanmu. Namun tanpa kusadari ternyata pikiranku telah jauh menguasai hingga berharap bisa bersanding denganmu."

50. "Mungkin kebahagiaan bersamamu hanya seperti mimpi, tapi biarlah mimpi itu terus menemani di setiap tidurku."

51. "Jangan tempatkan aku bersama wajah-wajah sendu pada hari bahagiamu."

52. "Aku hanyalah setitik cahaya yang tak ada artinya dengan gemerlap di luar sana. Namun jika malam gelap mendekapmu, aku kan jadi mentarimu."

54. "Terkadang diam bukan berarti tidak tegas."

54. "Jangan terlalu terpuruk dalam kesedihan hanya karena mimpimu tak jadi kenyataan. Tapi, bersyukurlah karena mimpi terburukmu tak menjadi realita."

KLovers, itulah beberapa kata-kata curhat yang bisa kalian jadi inspirasi untuk mengungkapkan kesedihan di hati.

 

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI