48 Kata-Kata Bijak Lucu Sunda Menghibur tapi Penuh Makna, Bikin Ketawa Sekaligus Jadi Lebih Bijaksana

Senin, 12 Juli 2021 16:55
48 Kata-Kata Bijak Lucu Sunda Menghibur tapi Penuh Makna, Bikin Ketawa Sekaligus Jadi Lebih Bijaksana
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Membaca kata-kata bijak lucu Sunda bisa jadi satu hiburan sederhana di saat lelah dan penat. Meski sederhana, kata-kata ini terbukti bisa bikin happy saat kalian merasa sedih. Tak hanya bagi orang sunda, kelucuan dalam kata-kata ini juga bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Pasalnya di era media sosial sekarang ini, bahasa Sunda terekspos dan jadi lebih populer.

Sesuai dengan namanya, kata-kata bijak lucu Sunda tidak saja mengandung kelucuan yang menghibur. Lebih dari itu, kata-kata ini juga mengandung pesan bijak yang berguna untuk hidup. Sehingga selain terhibur dan membuat hati bahagia, seseorang juga akan jadi orang yang lebih bijaksana.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kata-kata bijak lucu Sunda yang bisa jadi hiburan dan cocok untuk status media sosial.

 

1. Kata-Kata Bijak Lucu Sunda Menghibur

Seperti yang disinggung sebelumnya, kata-kata bijak lucu bahasa Sunda bisa jadi hiburan sederhana untuk kalian saat lelah dan sedih. Pasalnya, dalam kata-kata ini terdapat kelucuan yang bisa bikin tertawa terpingkal-pingkal. Berikut kata-kata bijak lucu Sunda yang Menghibur.

1. "Wanita lebih memilih laki-laki goreng patut daripada laki-laki goreng milik."

(Wanita lebih memilih laki-laki dengan wajah jelek daripada laki-laki dengan rezeki yang jelek.)

2. "Abdi mah jalmina cicingeun, upami nyalira da jarang ngobrol."

(Aku mah orangnya pendiem, kalau lagi sendiri juga jarang ngobrol.)

3. "Ari maneh jelema atawa kalkulator? Meni henteu menang salah."

(Kamu itu orang atau kalkulator? Sampe nggak boleh salah.)

4. "Nginjem kabogoh lah sapoe we atuh, hayang malam mingguan."

(Pinjem pacar satu hari, pengen malam mingguan.)

5. "Ngahaja teu mandi, biar terlihat cantik alami."

(Sengaja nggak mandi, biar kelihatan cantik alami.)

6. "Ceuk Umi kudu loba sabar, ulah loba salto."

(Kata Umi harus banyak sabar, jangan banyak salto.)

7. "Sabar bro, rezeki mah nuturkeun, ngan kadang kasusah sok nyalip dina kenca."

(Sabar bro, rezeki itu selalu ngikutin. Cuma kadang kesusahan suka nyalip dari sebelah kiri.)

8. "Sakumaha berat na pagawean, bakal lewih hampang lamun teu di gawean."

(Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan kalau tidak dikerjakan.)

9. "Ngopi heula atuh lur ngameh ngaburicak matana"

(Ngopi dulu, biar matanya melek)

10. "Teu kengking diganggu, nuju teu damang. Nyuhunkeun doanya saja sing enggal damang sareng hoyong di tenggok sabari dicecepan artos."

(Jangan diganggu, lagi sakit. Minta doanya aja biar cepet sembuh sama pengen dijenguk sambil diamplopin duit.)

11. "Hampura pulsa maneh teu mahi keur ningali foto uing."

(Maaf pulsa kamu tidak cukup untuk melihat foto saya.)

2. Kata-Kata Bijak Lucu Sunda tentang Hidup

Tak sekadar mengandung kelucuan, kata-kata lucu Sunda juga banyak menyimpan pesan tersirat tentang kehidupan. Pesan tersirat inilah yang bisa mengantarkan seseorang jadi lebih bijaksana dalam menjalani hidup. Berikut kata-kata bijak lucu Sunda tentang hidup.

12. "Sakabeh perjalanan nu teu dihareupkeun pasti bakal sae dina palebahtung-tungna kitu oge lamunmah keur alus milikna."

(Semua perjalanan yang tidak diharapkan pasti bakal indah pada waktunya. Itu juga kalau lagi beruntung.)

13. "Aya kahayang bari jeung dibarengan ku usaha mah sarua jeungg ngabodor."

(Punya keinginan tapi tidak disertai usaha sama saja dengan bercanda.)

14. "Tetep seuri sanajan hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat."

(Tetap tersenyum meskipun hatinya sedang bersedih adalah ciri-ciri dari orang yang hebat, kuat dan banyak jerawat.)

15. "Jadi pamuda ulah sok meok samemeh di pacok."

(Jadi pemuda itu jangan menyerah sebelum bertarung.)

16. "Ulah sok ngomongkeun lamun teu bisa nyieun nu leuwih alus mah."

(Jangan banyak omong kalau tidak bisa membuat yang lebih bagus.)

17. "Nu ngarana hirup mah loba cobaan. Mun loba saweran eta ngarana dangdutan."

(Yang namanya hidup mah banyak cobaannya. Kalo banyak saweran, itu namanya dangdutan.)

18. "Bisa teh karena biasa, urang moal bisa ngangeuskeun masalah lamun teu biasa keuna masalah."

(Bisa itu karena biasa, kita nggak akan bisa menyelesaikan masalah kalau tidak biasa kena masalah)

19. "Hirup mah ulah loda gaya gaya tapi kudud loba duit"

(Hidup itu jangan banyak gaya tapi banyak uang.)

20. "Hirup itu harus loba seuri, iar kalihatannya teh bagja alias senang. Meskipun mah hate keur notog titajong boleksek."

(Hidup itu harus banyak tertawa agar terlihat bagian atau senang. Meskipun hati dalam keadaan gundah.)

21. "Ek sakumaha wae beuratna pagawean, bakalan hampang lamun henteu dipigawean"

(Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan jika tidak dikerjakan.)

22. "Hirup ieu kedah dimimitian ku kalawan du'a serta ditutup ku rasa sukur."

(Hidup ini harus diawali dengan doa dan ditutup dengna rasa syukur.)

23. "Terus aing kudu kitu, terus aing kudu kieu. Hayoh we terus-terus, emang aing tukang parkir."

(Terus gue harus gitu, terus gue harus gini. Terus aja terus-terus, emang gue tukang parkir.)

24. "Lamun hirup ulah lempeng-lempeng teuing meni jiga jidar."

(Kalau hidup jangan lurus-lurus amat seperti penggaris.)

25. "Ulah patah semangat usaha teh, inget cicileun masih panyang"

(Jangan patah semangat terus berusaha, inget cicilan masih panjang.)

26. "Lur inget hirup mah teu bisa sagala instant. Mun haying instant ninyuh sarimi weh."

(Sobat ingat hidup itu tidak bisa instant. Kalau mau serba instant seduh mie saja.)

 

3. Kata-Kata Bijak Lucu Sunda tentang Cinta

Cinta selama ini mungkin identik dengan hal-hal romantis dan manis. Tapi cinta ternyata juga bisa disampaikan dalam bahasa yang lucu dan mengundang tawa. Berikut kata-kata bijak lucu Sunda tentang cinta.

27. "Pasti peurih sih lamun diputuskeun teh, komo deui lamun diputuskeunna sabab direbut babaturan sorangan."

(Pasti perih kalau diputusin cinta. Apalagi kalau putusnya karena direbut kawan sendiri.)

28. "Suatu saat akan kau sadari bahwa aing adalah permata yang kau piceun."

(Suatu saat akan kau sadari bahwa gue adalah permata yang kau buang)

29. "Kuring jomblo lain pedah teu payu, tapi keur golput. Sabab can aya piliheun nu pas"

(Aku jomblo bukan karena gak laku, tapi lagi golput. Soalnya belum ada pilihan yang pas.)

30. "Mending lila ngajomblo tuluy kawing. Daripada lila bobogahan, tapi dikawin batur"

(Lebih baik menjomblo terus nikah. Daripada lama pacaran, tapi dinikahin orang lain.)

31. "Tong sok ngaulinkeun hate aing atuh euy da lain cocooan atuh."

(Jangan suka permainin hati aku dong, hati aku kan bukan mainan.)

32. "Hatiku bukanlah sangu sesa yang bisa kau remehkan."

(Hatiku bukanlah nasi sisa yang bisa kau remehkan.)

33. "Urang sabar kusabab boga hate. Coba lamun urang boga batu. Geus dibalangkeun batuna kana beungeut sia."

(Aku sabar karena punya hati. Coba kalau aku punya batu. Udah ku tabokin batu itu ke mukamu.)

34. "Cinta nu tulus bersih liribarat kaen sutra nu anyar dikeueuman tujuh poe tujuh peuting, sanajan ceuk batur bau tapi ceuk nu resepmah nu penting bersih tur enak ka tempona."

(Cinta yang tulus itu ibarat kain sutra yang direndam 7 hari tujuh malam. Meskipun kata teman abu, tapi menurut cinta yang penting bersih dan enak dipandang)

35. "Terkadang pami cinta geus melekat, ati ucing oge karasa nikmat siga coklat"

(Terkadang kalau cinta sudah melekat, tai kucing pun terasa nikmat ibarat coklat.)

36. "Hese ari bogoh kanu teu bogoh mah. Siga meuli rokok sabatang ka Indomaret, moal di waro"

(Susah kalo suka sama orang yang gak suka kita. Ibarat beli rokok sebatang ke Indomaret, gak digubris.)

37. "Kenangan endah keur babarengan jeung anjeun ek tuluy diinget-inget nepi ka poho"

(Kenangan indah saat bersama denganmu akan terus diingat-ingat sampai lupa)

38. "Semoga kamu cepet putus sama kabogoh kamu yang mukanya ledug kaya keresek gehu yang sararoek itu."

(Semoga kamu cepet putus sama pacar kamu yang mukanya belepotan kaya kantong kresek buat tahu isi yang sobek-sobek itu.)

4. Kata-Kata Bijak Lucu Sunda Cocok untuk Status Media Sosial

Tak sekadar jadi hiburan, kata-kata lucu bahasa Sunda juga cocok dijadikan status di media sosial. Dengan begitu, kelucuan dalam kata-kata ini tidak kita nikmati sendiri. Dengan membagikannya di media sosial kita bisa membuat orang lain yang membaca ikut tertawa bahagia. Berikut kata-kata bijak lucu Sunda yang cocok untuk status media sosial.

39. "Ulah waka sombong lamun acan bisa balap motor bari dikonci satang mah."

(Jangan sombong kalau belum bisa balap motor sambil dikunci stang)

40. "Lamun indit sakola kabeurangan terus ditanya ku guru 'kunaon ai maneh kabeurangan?'

Bejakeun weh: 'lalakon mah datangna pandeuri.'"

(Kalau berangkat sekolah kesiangan terus ditanya guru: 'kenapa datang kesiangan?' Jawab saja: 'dimana-mana jagoan datangnya belakangan.')

41. "Nu acan update status hujan badag sok gera update status bisai kaburu raat."

(Yang belum update status ujan deras buruan update keburu reda.)

42. "Jaman ayeuna mah ulah percaya kitu wae kana foto profil di media sosial, loba bohongna. Ngan foto KTP nu paling jujur salila ieu."

(Zaman sekarang jangan percaya gitu sama foto profil di media sosial, banyak boongnya. Cuma foto KTP yang paling jujur selama ini.)

43. "Mulai sekaran, abdi mau nambulan semen biar strong"

(Mulai sekarang aku mau ngemil semen biar kuat.)

44. "Babaturan nyaeta manehna anu sok nginjeuman duit bari tara daek dibayar."

(Sahabat adalah dia yang suka meminjamkan uang namun tidak pernah mau dibayar.)

45. "Mun aya nanaon di Bandung, bejakeun weh minantuna Kang Bahar, kituh"

(Kalau ada apa-apa di Bandung, bilang saja kalau kamu itu menantunya Kang Bahar, gitu.)

46. "Tadinya ek mandi, pas ngaca eh manis keneh, ah tamas we"

(Tadinya mau mandi, pas ngaca eh masih manis, ya udah cuci muka saja.)

47. "Mun aya nu neangan urang, bejakeun: teangan we urang di google"

(Kalau ada yang nyariin aku, kasih tau : cari aja aku di google.)

48. "Ah ayeuna mah moal update status di Facebook teh bisi loba nu ngomen."

(Ah hari ini nggak update status di Facebook takut banyak yang komen.)

Itulah di antaranya 48 kata-kata bijak lucu Sunda yang menghibur tapi penuh makna. Semoga bermanfaat dan bisa menghibur!

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI