48 Kata-Kata Sabar Islami yang Jadi Penenang Hati Dalam Kehidupan

Kamis, 11 Februari 2021 12:55 Penulis: Dhia Amira
48 Kata-Kata Sabar Islami yang Jadi Penenang Hati Dalam Kehidupan
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Sabar merupakan salah satu sikap yang sangat terpuji dilakukan oleh manusia. Namun sabar bukan merupakan salah satu hal yang mudah untuk dilakukan loh, karena nyatanya amarah menjadi salah satu hal mudah dan musuh terbesar kesabaran. Namun dalam ajaran agama Islam, ada banyak sekali kata-kata sabar yang bisa menjadi sebuah nasihat untuk kita sebagai sebuah penenang hati saat sedang menjalani masalah.

Ragam cobaan tentunya datang silih berganti ke kehidupan seseorang. Tak jarang seseorang membutuhkan motivasi agar tetap sabar menghadapi cobaan yang menghampiri mereka. Tentu saja kata-kata sabar islami ini bisa dijadikan motivasi agar tetap semangat walaupun cobaan kerap menghampiri. Walaupun hanya sekedar kalimat biasa, namun kata-kata bijak islami tentang kesabaran ini bisa kembali memberikan semangat dan kekuatan.

Nah bagi kalian yang sedang mencari sebuah penenang hati untuk mengatasi sebuah permasalahan berat, maka mungkin kata-kata sabar islami yang jadi penenang hati ini bisa menjadi solusinya. Dan berikut ini 48 kata-kata sabar islami yang bijak dari hadist hingga tokoh muslim terkenal. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Kata-Kata Sabar Islami yang Bijak

Inilah kata-kata sabar islami yang bisa menenangkan hati kalian dalam menghadapi berbagai macam masalah. Dan berikut ini kata-kata sabar islami tersebut:

  1. "Kebahagiaan itu hanyalah pantas didapatkan bagi orang-orang yang mampu menunggu kebahagiaan itu datang dengan sabar dan lapang dada."
  2. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau inginkan dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau inginkan." - Ali bin Abi Thalib
  3. "Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan pasti akan datang kemudahan." (HR. Tirmidzi)
  4. "Ketika kamu terpancing untuk kehilangan kesabaran terhadap seseorang, coba pikirkanlah betapa Allah telah bersabar terhadapmu sejauh ini."
  5. "Sabar bukanlah bersikap pasif dan menunggu datangnya sebuah keajaiban, Akan tetapi sabar adalah melakukan segala kemungkinan untuk merubah situasi yang sedang menimpamu, kemudian serahkan sisanya kepada Allah."
  6. "Bersabarlah, karena kesabaran adalah sebuah pilar keimanan." - Umar bin Khattab
  7. "Sesungguhnya kesabaran yang sebenarnya adalah pada saat goncangan yang pertama." (HR. Bukhari)
  8. "Ketika anda sabar dalam menahan amarah, maka anda telah menyelamatkan ribuan penyesalan."
  9. "Jika kamu mempunyai masalah, cobalah untuk bersyukur kepada Allah terlebih dahulu, lalu bersabarlah. Kunci kesabaran adalah bersyukur kepada Allah." - Nouman Ali Khan
  10. "Teguklah kesabaran. Jika kesabaran membunuhmu maka dia membunuhmu dalam keadaan dirimu mati syahid. Dan jika kesabaran itu membuatmu tetap hidup maka dia membuatmu tetap hidup dalam keadaan mulia." - Ibnu Qayyim
  11. "Mayoritas fitnah yang terjadi, di antara sebab terbesar munculnya adalah berkurangnya sifat sabar." - Ibnu Taimiyah
  12. "Sabar memiliki dua sisi; sisi yang satu adalah sabar dan sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah." Ibnu Mas'ud

2. Kata-Kata Sabar Islami yang Bijak

Inilah kata-kata sabar islami yang bisa menenangkan hati kalian dalam menghadapi berbagai macam masalah. Dan berikut ini kata-kata sabar islami tersebut:

  1. "Kala musibah datang menimpa, maka segera kenakan pakaian sabar. Dengan sabar, musibah yang terjadi akan membuka jalan bagi datangnya nikmat."
  2. "Kesabaran adalah akhlak mulia, yang dengannya setiap orang dapat menghalau segala rintangan." - Imam Syafi'i
  3. "Berdoalah, Allah mendengarmu. Bersabarlah, karena Allah akan menjawab doamu pada waktu yang tepat."
  4. "Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas." (Q.S al-Kahfi : 28)
  5. "Sabar itu ilmu tingkat tinggi. Belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat, ujiannya sering mendadak, sekolahnya seumur hidup."
  6. "Musibah bagaikan air keruh, semakin kau aduk semakin keruh. Bersabarlah, karena sebentar lagi dia akan menjadi jernih."
  7. "Kemampuan merasakan nikmat sabar tergantung sejauh mana keimanan kita terhadap takdir yang Allah tetapkan." - Aa Gym
  8. "Petunjuk tidak bisa dicapai kecuali dengan pengetahuan, dan arah tujuan yang benar tidak bisa dituju kecuali dengan kesabaran." - Ibnu Taimiyah
  9. "Bersabarlah setiap saat dan dalam setiap kesempatan, karena kesabaran akan mengantarkan kepada kebenaran, dan kebenaran akan mengantarkan kepada surga. Jangan marah dan murka, karena kedua emosi ini akan mengantarkan kepada kejahatan, dan kejahatan akan mengantarkan ke neraka."
  10. "Kesabaran adalah ketika hati tidak merasa marah terhadap apa yang sudah ditakdirkan, dan mulut tidak mengeluh." - Ibnu Qayyim
  11. "Cobalah bersabar dari masalah sekecil apapun, maka kita akan bisa bersabar untuk masalah yang lebih besar."
  12. "Sabar dalam iman bagaikan kepala untuk badan. Badan tak akan hidup tanpa kepala, demikian pula iman tak akan hidup tanpa kesabaran." - Ali bin Abi Thalib

3. Kata-Kata Sabar Islami yang Bijak

Inilah kata-kata sabar islami yang bisa menenangkan hati kalian dalam menghadapi berbagai macam masalah. Dan berikut ini kata-kata sabar islami tersebut:

  1. "Orang yang kuat dan sabar adalah orang yang berjaya menyembunyikan perasaan sedihnya kepada orang lain dan senantiasa mengukir senyuman dengan ikhlas."
  2. "Untuk mendapatkan apa yang kau inginkan, kau harus rela bersabar pada apa yang kau benci." - Imam Ghazali
  3. "Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu; sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar." (Q.S Al-Baqarah: 153)
  4. "Jika kamu mampu bersabar sebentar pada saat dirimu marah, maka hal itu dapat menghindarkanmu dari ribuan penyesalan di masa yang akan datang." - Ali bin Abu thalib
  5. "Rahasia dari kesabaran adalah melakukan sesuatu dalam ketidakpastian namun penuh dengan harapan."
  6. "Sejak kita menginginkan kebahagiaan dan kesuksesan, sejak itu pula kesabaran menjadi kewajiban kita."
  7. "Kesabaran bukan berarti diam tak bergerak saat ditimpa musibah. Tapi sabar adalah aktif bergerak mencari kebaikan saat musibah datang."
  8. "Dan bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar." (Q.S Ar-Ruum: 60)
  9. "Dua hal yang dapat menggambarkan kamu, yakni kesabaranmu saat kamu tidak memiliki apa-apa dan sikap kamu saat memiliki segalanya."
  10. "Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas, dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."
  11. "Barangkali saja sesuatu yang kamu tunggu-tunggu itu ditunda karena Allah sedang menyempurnakannya. Bersabarlah."
  12. "Aku akan terus bersabar, bahkan sampai kesabaran itu sendiri merasa lelah dengan kesabaranku." - Ali bin Abi Thalib

4. Kata-Kata Sabar Islami yang Bijak

Inilah kata-kata sabar islami yang bisa menenangkan hati kalian dalam menghadapi berbagai macam masalah. Dan berikut ini kata-kata sabar islami tersebut:

  1. "Masalah bukan untuk dihadapi dengan kasar, tetapi disikapi dengan sabar."
  2. "Yakinlah, ada sesuatu yang menantimu selepas banyak kesabaran yang kau jalani yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit." - Ali bin Abi Thalib
  3. "Dan bersabarlah, karena sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat kebaikan." (Q.S Huud: 115)
  4. "Memang sangat sulit untuk bersabar, tetapi menyia-nyiakan pahala dari kesabaran itulah yang lebih buruk." - Abu Bakar
  5. "Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu)." (Q.S al - 'raf: 126)
  6. "Setiap orang yang bersabar adalah orang-orang yang lulus dari ujian kehidupan. Ujian pasti datang, dan kesabaran kita menentukan kualitas nilai kita saat ujian itu datang."
  7. "Sabar adalah sikap yang bisa kita gunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah. Seberat apapun, akan lebih mudah diselesaikan dengan kesabaran."
  8. "Bersabarlah, tak peduli seberapa sulit dan gelap jalan yang akan kau lalui."
  9. "Bersabarlah saat menghadapi rintangan, sebab tiada kesuksesan yang diraih tanpa kesabaran."
  10. "Memang sangat sulit untuk bersabar, tetapi menyia-nyiakan pahala dari kesabaran itulah yang lebih buruk." - Abu Bakar
  11. "Sabar itu bertahan. Bertahan untuk tidak menceritakan kesusahan kita pada siapapun kecuali Allah."
  12. "Barangsiapa tidak memiliki kesabaran, maka tidak ada pertolongan baginya." - Ibnu Qayyim
Itulah 48 kata-kata sabar islami yang dapat menjadi penenang hati dalam menghadapi masalah. Semoga kata-kata sabar islami tersebut bisa membuat kalian semakin kuat dalam menjalani hidup dan bersabar untuk menemukan sebuah keinginan serta kebahagiaan.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI