5 Kebiasaan yang Harus Dihindari agar Imun Tubuh Tidak Menurun - Cegah Virus Corona Covid-19

Jum'at, 03 April 2020 14:22 Penulis: Nurul Wahida
5 Kebiasaan yang Harus Dihindari agar Imun Tubuh Tidak Menurun - Cegah Virus Corona Covid-19
Ilustrasi agar Imun Tubuh Tidak Menurun (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Menjaga sistem imun tubuh penting untuk dilakukan agar terhindar dari penyakit dan infeksi. Salah satunya adalah virus corona covid-19 yang saat ini merebak. Untuk cegah virus corona covid-19, sebaiknya hindari 5 kebiasaan berikut, agar imun tubuh tidak menurun dan bisa cegah virus corona covid-19.

Imun tubuh atau kekebalan tubuh merupakan bagian struktur dalam tubuh yang bisa pertahankan tubuh dari virus dan penyakit, termasuk virus corona covid-19. Sehingga menjaga sistem imun agar tetap kuat penting dilakukan. Jika sistem imun tubuh menurun, maka akan rentan terhadap penyakit seperti Virus corona covid-19.

Menurunnya imun tubuh dapat berasal dari kebiasaan sederhana yang dialami. Salah satunya adalah perasaan dan emosi. Meskipun terlihat sepele, namun jangan remehkan kebiasaan tersebut, yang justru memiliki andil besar dalam melemahkan imun tubuh. Apa saja ya kebiasaan yang perlu dihindari agar imun tubuh tidak menurun?

Untuk terhindar dari imun tubuh yang lemah, 5 kebiasaan ini harus dihindari agar imun tubuh tidak menurun dan bisa cegah Virus Corona Covid-19. Berikut 5 kebiasaan yang harus dihindari agar imun tubuh tidak menurun dilansir dari hellosehat.com.

 

1. Stres

Stres memiliki andil besar sebagai penyebab menurunnya imun tubuh manusia. Kebiasaan ini sebaiknya kalian hindari untuk cegah virus corona covid-19. Stress erat kaitannya dengan kondisi psikologis, seperti marah, takut, panik.

Stres yang berlebihan bisa menimbulkan perasaan tegang, sehingga memicu ketegangan otot ada tubuh yang bisa menyebabkan sakit kepala dan rasa sakit di dada. Jika perasaan tegang tersebut muncul, menyebabkan imun tubuh bekerja lebih keras untuk pertahankan dari ancaman virus.

Sehingga kalian yang sering mengalami rasa marah, takut, panik, dan emosional berlebihan, sebaiknya dihindari agar imun tubuh tidak menurun. Ini akan berguna agar cegah virus corona covid-19 yang menyerang tubuh.

2. Jarang Berolahraga

Kebiasaan jarang berolahraga bisa menjadi penyebab menurunnya imun tubuh. jika tubuh jarang melakukan olahraga, imun tubuh menjadi kurang aktif. Rutin berolahraga sebaiknya harus kalian lakukan agar imun tubuh tetap kuat.

Olahraga rutin diyakini bisa meningkatkan sistem imun tubuh dalam cegah virus dan penyakit seperti virus corona covid-19. Berolahraga secara teratur bisa membuat fungsi neutrophil, yaitu jenis sel darah putih yang membunuh mikroorganisme jahat pada tubuh. sehingga lakukanlah olahraga secara rutin meskipun tetap di rumah aja.

3. Bergadang

Kebiasaan bergadang bisa menjadi penyebab imun tubuh juga menurun. Sebab, tubuh membutuhkan waktu tidur selama 6-8 jam sehari. Jika tubuh mengalami kurang tidur bisa menjadi penyebab turunnya imun.

Jadi, tidur menjadi aspek penting untuk menjaga imun tubuh, kinerja tubuh, menghindari stress agar metabolisme tetap terjaga. Sebaiknya kalian menghindari waktu begadang untuk menurunnya imun dan cegah virus corona covid-19.

4. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi di mana kebutuhan cairan pada tubuh tidak terpenuhi dengan baik. Tubuh manusia lebih banyak bergantung pada air untuk membantu membawa nutrisi ke seluruh tubuh. Kondisi dehidrasi terbagi menjadi 2 yakni dehidrasi ringan dan dehidrasi berat.

Gejala dehidrasi ringan akan ditandai dengan rasa nyeri, kelelahan, sakit kepala, dan sembelit. Sedangkan dehidrasi berat dapat ditandai dengan tekanan darah rendah, detak jantung cepat, kebingungan, merasa Lelah, sakit kepala, mata cekung. Serta yang paling berbahaya adalah mengancam jiwa. Untuk itu penuhi asupan air pada tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

5. Merokok

Kebiasaan merokok memiliki banyak dampak buruk untuk tubuh. salah satunya adalah bisa membuat imun tubuh menurun. Kandungan nikotin yang terdapat pada rokok bisa meningkatkan kadar koritsol yang membuat tubuh rentan terhadap virus penyakit.

Bagi perokok kategori berat mungkin akan sulit untuk menghindari kebiasaan ini. Namun kalian bisa melakukannya secara bertahap. Meskipun akan berat bagi perokok, namun sebaiknya hindari kebiasaan ini agar cegah virus corona covid-19.

6. Cegah Virus Corona Covid-19

Agar imun pada tubuh tetap kuat, sebaiknya lakukan pola hidup sehat dengan menghindari kebiasaan yang bisa turunkan imun tubuh. makanan yang tinggi vitamin bisa kalian pilih agar imun tubuh tetap kuat. Terutama untuk cegah virus corona covid-19 yang saat ini mewabah.

Asupan makanan sehat seperti brokoli, buah strawberry, buah citrus, bawang putih, almond, dipercaya bisa tingkatkan imun tubuh. kalian dapat membuat berbagai resep sehat dengan makanan tersebut agar jaga imun tubuh.

Selain itu cegah virus corona covid-19 melalui self healing juga bisa menjadi pilihan. Dilansir dari postingan Instagram @kampoonghening, pencegahannya virus corona covid-19 cukup dengan 4 tahap yakni, rileks, kontemplasi, menguatkan ibadah, dan menurunkan ketegangan. Tentu ini akan bermanfaat untuk mengaktifkan bakteri baik, regenerasi sel meningkat, dan antibodi pada tubuh juga meningkat.

5 kebiasaan seperti di atas, bisa kalian hindari agar imun tubuh turun dan bisa cegah virus corona covid-19. Sekali lagi tetapkan pola hidup sehat agar terjaga dari serangan penyakit dan virus.

(kpl/nlw/gen)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI