Virus Corona Covid-19 Ditetapkan Sebagai Pandemi, Lalu Apa Bedanya dengan Epidemi dan Wabah?

Kamis, 02 April 2020 18:44 Penulis: Dita Tamara
Virus Corona Covid-19 Ditetapkan Sebagai Pandemi, Lalu Apa Bedanya dengan Epidemi dan Wabah?
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Bermula virus corona ini menjangkiti kota Wuhan, China pada akhir Desember lalu. Hingga saat ini, virus corona masih terus menghantui di beberapa negara-negara di dunia. Tepatnya pada 11 Maret 2020, WHO telah menetapkan secara resmi jika virus corona atau covid-19 ini mencapai tingkat pandemi.

Namun, banyak dari beberapa orang yang masih belum mengetahui perbedaan dari pandemi, epidemi, dan juga wabah.  Secara singkat, wabah dapat diartikan kecil berdampak besar, epidemi lebih besar dan menyebar, serta pandemi yaitu internasional dan di luar kendali.

Berikut ini Kapanlagi.com mengutip dari beberapa sumber untuk mengulas  lebih lengkap dari ketiga pengertian pandemi, epidemi, dan wabah.

 

1. Wabah

Wabah merupakan istilah umum yang digunakan untuk menyebut kejadian tersebarnya penyakit pada daerah yang luas dan pada banyak orang. Wabah bersifat kecil, namun dampak yang diberikan sangat luar biasa. Wabah dalam kasusnya, masih tergolong kecil jika dibandingkan dengan jumlah normal yang bisa diantisipasi.

Pada awalnya, virus corona dikategorikan sebagai wabah. Hal ini bisa terjadi karena virus ini menyerang hanya beberapa orang saja di suatu daerah, kemudian virus ini telah menjangkit beberapa orang sekaligus. Maka covid-19 ini menjadi wabah pada suatu daerah tersebut.

Contoh kasus wabah yang pernah terjadi diantaranya wabah cacar, disentri, dan kolera. Penyakit dikatakan sebagai wabah jika sudah lama tidak pernah menjangkiti masyarakat, datang penyakit baru yang sebelumnya tidak pernah diketahui, dan penyakit yang baru pertama kali menjangkiti masyarakat di suatu daerah.

2. Epidemi

Epidemi merupakan penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban. Dalam arti lain yaitu sebuah penyakit yang tidak secara tetap menjangkiti suatu daerah tersebut. Epidemi ini menyebar di area geografis yang lebih luas.

Sementara mengutip dari laman Verywell, epidemi berarti peningkatan jumlah penyakit di atas normal yang tidak diharapkan. Epidemi juga digunakan untuk menggambarkan setiap permasalahan yang telah tumbuh di luar kendali.

3. Pandemi

Istilah pandemi menurut KBBI dimaknai sebagai wabah yang berjangkit serempak di mana-mana dan pada geografis yang luas. Penyakit yang masuk dalam kategori pandemi merupakan penyakit menular dan memiliki garis infeksi berkelanjutan.

Who memiliki fase yang mungkin dapat menjadi gambaran bagi pandemi covid-19. Beberapa fase atau tahapan di mana suatu penyakit dapat dinyatakan sebagai pandemi antara lain sebagai berikut:

-Fase 1

Pada fase ini, tak ada virus yang beredar di antara hewan dapat menyebabkan infeksi pada manusia.

-Fase 2

Fase 2 ditandai dengan adanya virus yang beredar di antara hewan yang diketahui dapat menyebabkan infeksi pada manusia sehingga dianggap sebagai potensi ancaman pandemi.

-Fase 3

Dalam fase 3, virus yang disebabkan dari hewan atau hewan-manusia menyebabkan beberapa kasus menjangkiti sekelompok kecil orang. Namun, belum cukup untuk menetapkannya sebagai wabah di masyarakat. Penularan dari manusia ke manusia pun masih terbatas.

-Fase 4

Pada fase ini, penularan virus dari manusia ke manusia atau dari hewan ke manusia semakin banyak sehingga menyebabkan terjadinya wabah. Ini juga menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap risiko pandemi.

-Fase 5

Pada fase ini, penyebaran virus dari manusia ke manusia telah terjadi setidaknya pada dua negara di satu wilayah WHO. Sebagian besar negara tak akan terpengaruh pada tahap ini, namun ini menjadi sinyal yang kuat bahwa pandemi sudah dekat dan implementasi dari langkah-langkah mitigasi yang direncanakan semakin singkat.

-Fase 6

Fase 6 merupakan fase yang ditandai dengan wabah semakin meluas ke berbagai negara di wilayah. Fase ini juga menunjukkan bahwa pandemi global sedang berlangsung.

Dalam hal ini, lamanya dari sebuah fase berbeda-beda. Ada yang berbulan bulan, hingga fase yang terjadi bertahun-tahun. Pada sebuah kasus lainnya tidak semuanya mencapai ke 6 fase tersebut, hal ini terjadi karena bisa saja berkurang sebelum mencapai ke fase 6.

4. Hal Penting yang Dilakukan Saat Terjadi Wabah, Epidemi, dan Pandemi

Mengantisipasi merupakan langkah maupun tindakan penting yang harus dilakukan pada saat terjadi wabah, epidemi, maupun pandemi. Sebagai kasus penyebaran virus corona, berbagai negara sudah menerapkan social distancing yaitu jaga jarak dengan orang minimal 1 meter. Dalam social distancing juga tidak disarankan orang beraktifitas di luar rumah diharuskan untuk melakukan karantina diri.

Manfaat lain dari social distancing yaitu untuk menekan jumlah pasien yang terinfeksi Virus corona atau  covid 19, sehingga bisa dikontrol dengan baik dan memutus mata rantai agar tidak memperbanyak korban yang terinfeksi.

Tidak menutup kemungkinan, beberapa daerah telah menerapkan sistem lockdown untuk menekan angka penyebaran virus corona.

(kpl/dtm/gen)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI