Jika Ada Keluarga Pulang dari Perantauan di Saat Wabah Virus Corona Covid-19, Lakukan 7 Hal Ini

Kamis, 02 April 2020 18:22 Penulis: Puput Saputro
Jika Ada Keluarga Pulang dari Perantauan di Saat Wabah Virus Corona Covid-19, Lakukan 7 Hal Ini
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Pandemi virus corona yang masih belum bisa dihentikan menimbulkan rasa cemas di benak beberapa orang. Akhirnya, meskipun sudah dianjurkan untuk berdiam diri di tempat tinggal masing-masing, beberapa orang justru memilih melakukan mudik, pulang ke kampung halaman. Jika ada keluarga pulang dari perantauan saat wabah virus corona, apa yang akan kalian lakukan?

Jika ada keluarga pulang dari perantauan saat wabah virus corona, anggota keluarga tersebut wajib melakukan karantina mandiri. Karantina mandiri dilakukan dengan berdiam diri selama 14 hari. Nah, sebagai anggota keluarga ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan selama anggota keluargamu itu menjalani karantina mandiri.

Berikut tips yang bisa dilakukan jika ada keluarga pulang dari perantauan saat wabah virus corona covid-19:

 

 

 

1. Tetap Menjaga Jarak

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan tetap jaga jarak. Walaupun, orang tersebut adalah anggota keluarga sendiri, seperti orang tua, kakak, adik, bahkan anak sekalipun. Pasalnya kalian tidak pernah tahu apakah anggota keluarga kalian tersebut sudah terinfeksi virus corona atau belum.

Terlebih, banyak informasi yang mengatakan bahwa pada berbagai kasus terbaru, ada orang-orang yang sudah terinfeksi virus corona covid-19 tapi tidak menunjukkan gejala.

Dengan begitu, bisa saja orang yang terlihat sehat berperan sebagai carrier atau pembawa virus. Sehingga memungkinkan untuk menularkannya ke anggota keluarga lainnya.

Jadi, jika ada keluarga yang pulang dari zona merah virus corona, sebaiknya kalian tetap melakukan jaga jarak atau social distancing. Hal ini perlu dilakukan setidaknya selama 14 hari sampai masa karantina mandiri berakhir.

2. Mencuci Pakaian Kotor yang Dibawa

Hal selanjutnya yang harus kalian lakukan jika ada keluarga pulang dari perantauan saat wabah virus corona covid-19 adalah mencuci semua pakaian kotor yang dia bawa.

Seperti yang kalian tahu, virus corona covid-19 bisa bertahan hidup di berbagai benda dalam kurun waktu tertentu, termasuk pada pakaian. Oleh karena itu, sebaiknya kalian segera mencuci semua pakaian kotor yang dibawa selama berada di kota atau daerah perantauan.

Untuk mencuci pakaiannya pun sebaiknya tidak dilakukan dengan cara asal-asalan. Kalian bisa mengikuti cara-cara dalam artikel berjudul "Cara Mencuci Pakaian yang Benar, agar Kuman dan Virus Mati".

3. Beri Ruangan Khusus

Tips selanjutnya adalah dengan memberikan satu ruangan khusus untuk anggota keluarga yang baru kembali dari kota atau daerah zona merah tersebut. Berikan ruangan yang paling nyaman di rumah kalian. Tujuannya agar anggota keluarga tersebut merasa nyaman dan betah selama 14 hari menjalani karantina mandiri.

Selain itu, ruangan yang digunakan sebaiknya juga ruangan tertutup, dan jarang digunakan untuk berlalu-lalang. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kontak fisik dengan anggota keluarga lain selama masa karantina mandiri.

4. Memberi Makanan Bergizi

Selama karantina mandiri, pastikan anggota keluarga kalian mendapatkan asupan makanan yang bergizi. Perbanyak makanan berupa buah-buahan dan sayur-sayuran.

Asupan makanan yang bergizi ini akan sangat berpengaruh untuk membangkitkan daya tahan tubuh, serta stamina dan mood selama menjalani masa karantina mandiri. Sebab seperti yang kalian tahu, berdiam diri menjalani isolasi diri di dalam kamar sendirian tentu bukan hal yang mudah.

5. Sediakan Suplemen

Jika ada keluarga pulang dari perantauan saat wabah virus corona, selain makanan bergizi, ada baiknya kalian juga memberikan anggota keluarga kalian yang pulang dari perantauan berbagai suplemen gizi seperti vitamin.

Selain vitamin, kalian juga bisa memberikan berbagai jenis makanan atau minuman yang berkhasiat untuk kesehatan, seperti madu atau jamu-jamuan seperti jahe, kunyit, temulawak, dan sebagainya.

6. Membedakan Alat Makan dan Alat Mandi

Hal yang tidak kalah penting jika ada keluarga pulang dari perantauan saat wabah virus corona namun sepertinya masih banyak diabaikan adalah memisahkan alat makan dan alat mandi. Berikan anggota keluarga kalian tersebut, alat makan dan alat mandi tersendiri.

Bahkan jika kamar mandi di rumah kalian lebih dari satu, Kalian bisa menyediakan salah satunya agar digunakan oleh anggota keluargamu tersebut secara khusus. Hal ini lagi-lagi berfungsi untuk mengurangi kontak fisik antaranggota keluarga.

7. Pantau Kondisi Kesehatannya

Hal ketujuh merupakan hal yang terpenting yang harus dilakukan
jika ada keluarga pulang dari perantauan saat wabah virus corona. Pantau terus kondisi kesehatan dari keluarga kalian.

Terlebih, kondisi kesehatan anggota keluarga yang baru pulang dari kota atau wilayah zona merah virus corona covid-19. Terutama terkait suhu tubuh yang menjadi salah satu gejala tertular virus corona covid-19.

Ketahui juga gejala-gejala medis yang menandakan seseorang terinfeksi virus corona covid-19 lainnya. Jika anggota keluargamu mengalami tanda-tanda gejala tertular virus corona covid-19, segera hubungi petugas medis yang berwenang di daerah tempat tinggalmu.

Nah, itulah 7 tips yang bisa kalian lakukan jika ada keluarga pulang dari perantauan saat wabah virus corona covid-19. Lakukan demi kebaikan bersama keluarga kalian.

(kpl/psp/gen)

Reporter:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI