5 Kopi Indonesia yang Populer di Dunia, Jadi Favorit Para Coffee Lovers

Selasa, 29 November 2022 13:17 Penulis: Wuri Anggarini
5 Kopi Indonesia yang Populer di Dunia, Jadi Favorit Para Coffee Lovers
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Sering menikmati kopi favorit di kafe, tahu nggak sih kalau Indonesia menjadi salah satu negara yang punya beragam kopi berkualitas? Yup, cita rasa kopi khas Indonesia yang dihasilkan dari berbagai daerah ternyata nggak hanya disukai oleh para penikmat kopi di nusantara saja, lho. Kopi asal Indonesia juga sudah diakui kenikmatannya di dunia!

Biar makin sah jadi pencinta kopi, wajib tahu dong apa saja jenis kopi khas tanah air yang paling populer hingga mendunia. Intip lebih jauh di sini, KLovers!

1. Kopi Aceh Gayo

Aceh menjadi salah satu daerah penghasil kopi terbaik di tanah air. Sesuai dengan namanya, kopi ini ditanam di daerah dataran tinggi Gayo yang memiliki ketinggian sekitar 1200-1700 mdpl. Jenis kopi yang satu ini punya karakteristik rasa yang lebih pahit dengan tingkat keasaman rendah. Aromanya juga tajam yang menjadi ciri khasnya.

Untuk penyajiannya sendiri biasanya penikmat Kopi Gayo menggunakan cara tradisional yang menarik. Kopinya direbus dalam panci hingga mendidih kemudian disajikan ke dalam gelas yang sudah berisi gula dan susu.

2. Kopi Toraja

Daerah penghasil kopi terkenal lainnya di Indonesia adalah Toraja. Kabarnya, kenikmatan Kopi Toraja sudah diakui oleh pencinta kopi di berbagai negara. Jepang dan Amerika menjadi dua negara yang dikenal langganan ekspor Kopi Toraja, lho.

Jenis Kopi Toraja memiliki ciri khas kadar asam yang tinggi dan rasa yang kuat mirip dengan kopi Sumatera pada umumnya. Hanya saja aroma yang keluar lebih khas. Biarpun rasanya lebih pahit, tapi kopi ini tidak meninggalkan after taste tertentu.

3. Kopi Kintamani

Selain dikenal dengan alam dan pariwisatanya yang indah, Bali juga menjadi salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Nusantara. Yup, Kopi Kintamani memiliki kelezatan yang sudah diakui oleh para pencinta kopi. Bahkan, namanya sudah mendunia.

Kopi ini memiliki cita rasa buah-buahan yang asam dan segar. Kehadiran cita rasa unik ini karena biji kopi di Bali ditanam bersamaan dengan tanaman lain, mulai dari aneka sayuran hingga jeruk. Inilah yang membuat kopi Kintamani memiliki aroma lebih segar dan lembut.

4. Kopi Flores Bajawa

Sebagai kopi khas asal Indonesia, Kopi Flores adalah salah satu yang memiliki kualitas tinggi. Nggak heran jika Kopi Flores sudah berhasil mendapatkan predikat kopi premium oleh para penikmat kopi di dunia.

Minuman yang satu ini punya ciri khas rasa yang sangat spesifik. Kekentalannya cukup pekat dengan tingkat keasaman yang rendah. Menariknya, kopi tersebut punya rasa dominan cokelat dan vanilla dengan menghadirkan after taste effect.

5. Kopi Luwak

Khusus jenis kopi yang satu ini memiliki teknik pemrosesan yang unik, yaitu dikonsumsi oleh luwak terlebih dulu. Hewan ini kemudian meninggalkan sisa biji kopi yang belum dicerna dalam kotorannya yang kemudian diolah menjadi minuman kopi.

Biji kopi yang tersisa di kotoran luwak dibersihkan lalu dipanggang. Setelahnya baru digiling untuk menjadi minuman favorit. Ketenaran kopi luwak ini nggak hanya dinikmati oleh para pencinta kopi di tanah air saja, tapi juga sudah mendunia dan menjadi salah satu kopi termahal, lho.

Itu tadi beberapa kopi Indonesia yang cita rasanya populer dan jadi primadona para pencinta kopi di dunia. Favoritmu yang mana?

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI