5 Kuliner Legendaris Bali yang Kelezatannya Selalu Bikin Kangen

Kamis, 18 Juni 2020 07:00 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
5 Kuliner Legendaris Bali yang Kelezatannya Selalu Bikin Kangen
(c) shutterstock

Kapanlagi Plus - Dari yang awalnya seminggu, berlanjut sebulan, hingga kini sudah lebih dari tiga bulan lamanya, menjalani kegiatan di rumah aja. Bukan hanya bosan yang mendera, tetapi selama menjalani masa physical distancing ini rasanya hasrat untuk liburan makin menggelora. Apalagi jika tempatnya seindah Bali. Birunya laut, putihnya pasir pantai, hingga hijaunya panorama pegunungan maupun pedesaan yang asri, bikin rindu untuk liburan lagi.

Padahal, kalau nggak ada apa-apa, mungkin sudah dikit-dikit berburu tiket pesawat ke Bali. Terlebih lagi, Bali bukan hanya menyuguhkan aneka wisata yang bisa dipilih, melainkan juga beragam kuliner legendaris yang rasanya bikin kangen usai menjalani hari-hari di rumah selama beberapa bulan ini.

Makanya, jika waktu sudah kembali normal, jangan sampai lewatkan lima kuliner legendaris Bali yang kelezatannya selalu membuat kangen berikut ini.

Nasi Campur Khas Bali di Warung Made

©Shutterstock©Shutterstock

Kuliner pertama yang ingin dicoba saat datang ke Bali setelah lama nggak ke sana bisa jadi sajian komplit seperti nasi campur khas Bali. Nggak perlu bingung mencarinya, karena kamu bisa menemukannya dengan mudah dan lezat tentunya, di Warung Made yang legendaris. Bayangin aja, seporsi nasi campur khas Bali di Warung Made berisi ayam atau bebek to-too, nasi lilit, serta beragam sayuran. Dijamin hidangan tersebut dapat menjadi obat rindu pertamamu saat menginjakkan kaki pertama kali di Bali. Nah, Warung Made ini dapat kamu kunjungi di Jalan Raya Seminyak, Kuta, Badung, Bali.

Ayam Betutu Gilimanuk

©Shutterstock©Shutterstock

Bali sangat terkenal dengan sajian ayam betutunya. Bicara yang autentik, kamu bisa datang ke Ayam Betutu Gilimanuk yang berlokasi di Jalan Raya Tuban, Bali. Daging yang lembut ditambah rasa rempah yang kuat, mampu meningkatkan nafsu makan, hingga tahu-tahu tambah nasi lho. Kuliner ayam betutu Gilimanuk ini disajikan dengan tumis kacang panjang berbumbu santan dan kacang goreng. Tambahan bermacam-macam sambal membuat sajian satu ini kian nggak sabar untuk dilahap.

Bebek Timbungan

©Shutterstock©Shutterstock

Selain ayam betutu, Bali juga memiliki kuliner legendaris yang boleh dilewatkan, yaitu bebek timbungan. Boleh dibilang kuliner satu ini kini mulai langka, tetapi bukan artinya kamu nggak bisa menemukannya. Datang saja ke Restoran Bebek Timbungan, Bedugul, Bali. Di sana ada menu bebek timbungan yang amat lezat. Berbeda dengan olahan bebek pada umumnya, bebek timbungan ini dimasak secara tradisional selama 12 jam. Awalnya, bebek dengan citarasa rempah yang menggoyang lidah ini hanya disajikan untuk ritual adat, tetapi kini siapapun bisa menikmati kelezatannya.

Sate Plecing Arjuna

©Shutterstock©Shutterstock

Sementara jika ingin melahap lezatnya sate plecing di Bali, mampir saja ke Sate Plecing Arjuna yang beralamat di Jalan Raya Seminyak, Kuta, Bali. Ada banyak pilihan daging yang bisa dicoba, dari ayam, sapi, maupun babi buat kamu yang nggak masalah menikmatinya. Uniknya, selain tetap menggunakan arang sebagai bahan utama pembakaran, sate plecing Arjuna ini menggunakan bumbu terasi yang menggugah selera.

Ikan Goreng di Warung Mak Beng

©Shutterstock©Shutterstock

Nggak lengkap rasanya liburan ke Bali tanpa mampi ke Warung Mak Beng. Tempak makan yang berlokasi di Jalan Hang Tuah No 45, Sanur, Denpasar ini memang terkenal dengan ikan goring dan sambal pedasnya yang menggugah selera banget. Kuliner legendaris ini pun juga menyajikan sup ikan kuah segar yang begitu menggugah selera. Mampirlah jika plesiran ke Sanur!

Gimana, dari kelima kuliner legendaris tersebut, mana yang ingin kamu coba duluan? Kapanpun berangkatnya, jangan lupa dapatkan beragam voucher makan di Bali hanya di Tokopedia. Selain itu, jangan lupa pesan hotel di Bali jauh-jauh hari pula, ya, agar liburan memuaskan tetapi tetap hemat di pengeluaran.

(kpl/zki)



MORE STORIES




REKOMENDASI