5 Lifehacks dalam Merawat Sneakers Berbahan Suede, Tetap Seperti Baru Meski Sudah Betahun-Tahun Digunakan

Rabu, 18 Mei 2022 20:37 Penulis: Jeffrey Winanda
5 Lifehacks dalam Merawat Sneakers Berbahan Suede, Tetap Seperti Baru Meski Sudah Betahun-Tahun Digunakan
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Bagi pecinta sneakers, menambah koleksi alas kaki ini tentunya sudah menjadi hobi. Salah satu jenis sneakers yang sering memkikat hati adalah yang berbahan dasar suede.

Suede sendiri membuat sneakers terkesan lebih elegan sekaligus selalu nyambung dengan outfit apapun. Meski begitu, merawat suede juga tergolong tricky.

Berbeda dengan sneakers bebahan lain, suede yang teksturnya seperti kain berbulu ini terbuat dari bahan yang lembut namun mudah rapuh. Maka nggak heran jika sneakers ini memerlukan perawatan khusus.

Namun nggak perlu khawatir, KLovers. Tetap ada lifehacks untuk membuat sneakers berbahan suede kesayanganmu tetap seperti baru kok. Seperti apa sih?

1. Simpan di Tempat Kering dan Sirkulasi Udara Baik

Sama seperti sepatu lainnya, sneakers berbahan suede juga memerlukan penyimpanan di tempat kering dan sirkulasi udara yang baik. Hal ini untuk mencegah sneakers beraroma tak sedap. Selain itu, suede akan cepat rapuh bahkan rusak jika disimpan di tempat minim sirkulasi udara.

2. Hindari Kontak dengan Air Sesering Mungkin

Faktanya, air bisa mengubah warna dan tekstur dari suede. Hal inilah yang membuat sneakers suede sangat disarankan buat nggak dipakai saat hujan dan becek.

Jika sneakers berbahan suede favoritmu sudah terlanjur basah terkena air, kamu bisa mengangin-anginkan hingga kering atau dengan bantuan hairdryer bersuhu sedang. Hindari mengelap sepatu ini dengan air karena bisa berpotensi merusak permukaan suede.

3. Gunakan Sikat yang Lembut untuk Membersihkan

Meski cukup tricky, membersihkan sneakers berbahan suede juga bisa dilakukan di rumah. Pastikan gunakan sikat dengan bulu lembut. Kamu bisa jua menggunakan sikat gigi dengan bahan lembut. Gunakan gerakan maju mundur atau memutar saat menyikat permukaan sneakers kesayanganmu. Pastikan menyikatnya dengan lembut dan minim tenaga ya.

4. Cara Mudah Bersihkan Noda dan Kotoran

Beberapa trik sederhana bisa diterapkan ketika sneakers berbahan suede kesayanganmu terkena noda. Salah satunya adalah menaburkan tepung atau bedak ketika permukaan suede terkena tumpahan minyak atau kuah makanan.

Setelah menaburkan tepung atau bedak, biarkan semalam hingga tepung tersebut mampu menyerap noda dari permukaan suede. Jika sudah mengering, sikatlah sisa tepung secara halus.

Jika kamu menemukan noda ringan pada permukaan sneakers suede kesayanganmu, kamu bisa mengugnakan handuk yang telah dibasahi oleh cuka. Sikatlah dengan lembut agar permukaan suede nggak rusak.

5. Gunakan Spray Pelindung Kulit Suede

Sebagai material yang rapuh, mencegah kerusakan pada suede bisa menjadi solusi paling bijak. Salah satunya adalah dengan menyemprotkan spray pelindung kulit spray yang akan melindungi dari berbagai noda. Kabar baiknya, kamu sudah bisa mendapatkan spray pelindung suede ini di marketplace kesayanganmu dengan harga khusus. Dapatkan sekarang juga ya.

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI