Kini Jadi Fashion Item Favorit, Ini Fakta tentang Sneakes yang Jarang Diketahui

Sabtu, 11 September 2021 15:16 Penulis: Jeffrey Winanda
Kini Jadi Fashion Item Favorit, Ini Fakta tentang Sneakes yang Jarang Diketahui
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Untuk menyempurnakan OOTD, pemilihan sepatu menjadi salah satu aspek yang nggak boleh terlupakan. Dengan sifatnya yang versatile, sneakers pun menjadi pilihan banyak orang untuk segala agenda.

Sepatu sneakers nggak hanya menjadi item fashion pilihan banyak orang, tapi juga kebutuhan sandang dalam kehidupan. Nggak heran kalau para cowok dan cewek pun lebih banyak yang menggemari sepatu sneakers dibanding sepatu formal lainnya.

Lewat popularitasnya inilah banyak bermunculan subkultur baru tentang sneakers ini. Termasuk yang teranyar, kerja sama antara rapper Travis Scott dengan brand sportswear asal Amerika Serikat yang menjadi sensasi lantaran laris manisnya penjualan dari sneakers kolaborasi mereka.

Tapi, tahu nggak sih kamu beberapa fakta menarik tentang sneakers? Yuk disimak!

1. Sebutan untuk Sneakers Kesayangan

Hingga saat ini, masih ada beberapa orang yang menyebut sepatu sneakers ini dengan sebutan sepatu keds. Sepatu keds atau sneaker ini dirancang untuk olahraga atau kegiatan latihan fisik lainnya. Tapi sekarang sudah menjadi style dan fashion sehari-hari. Nggak salah memang, karena material dari sneakers cenderung nyaman di kaki sehingga cocok untuk beragam aktivitas yang nggak cuma sekadar olahraga.

2. Sneakers dan Sejarahnya

Faktanya, sepatu sneakers ini sudah ada sejak tahun 1800-an loh! Di akhir abad ke-18, sneakers lebih dikenal dengan nama plimsolis, artinya sepatu dengan sol yang terbuat dari karet. Pada saat itu, sneakers ini nggak senyaman sekarang. Hal ini dikarenakan bagian kanan dan kirinya diciptakan sama. Jadi nggak heran jika sneakers di era itu digunakan untuk kalangan kelas pekerja untuk menambah kenyamanan dalam beraktivitas sehari-hari.

3. Perkembangan Sneakers dari Masa ke Masa

Setelah ditemukan pada abad 18, perjalanan sepatu sneakers ini berlanjut. Memasuki periode di sekitar tahun 1892, perusahaan karet di Amerika Serikat sudah bisa mengembangkan sepatu dengan menggunakan material sol karet ini dengan mengombinasikan kanvas sebagai penutup punggung kakinya. Hal ini membuat sneakers menjadi nyaman dipakai sekaligus menjadi cikal bakal sneakers modern yang hingga kini masih banyak di pasaran penggunaan kanvas sebagai upper sepatu.

4. Asal Kata Sneakers

Mulanya, kata sneak digunakan yang dalam bahasa Inggris artinya mengendap-endap. Penyebutan sneak ini karena sepatu sneakers berbeda dengan high heels atau boots yang menciptakan bunyi saat berjalan. Sol sepatu sneakers yang terbuat dari karet membuat langkah penggunanya tidak terdengar saat berjalan. Hal inilah yang membuat orang menyebutnya sebagai sneakers karena  nggak menimbulkan suara dengan pemahaman saat itu adalah digunakan sebagai menyelinap atau mengendap-endap.

5. Sepatu Keds

Tadi sempat dibahas jika sneakers ini juga disebut sepatu keds. Nah, sepatu keds adalah salah satu brand tertua di dunia atau bisa dibilang brand sepatu pertama yang memproduksi sneakers secara massal. Makanya orang-orang juga banyak yang menyebut sneakers dengan keds. Tahun 1917 sneakers mulai ramai diproduksi untuk masyarakat umum. Pabrik ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1912.

6. Perjalanan Sneakers Sebagai Fashion Item Andalan

Awalnya sepatu sneakers memang dibuat untuk aktivitas fisik dan olahraga, tapi tahun 70-an, sneakers mulai populer di kalangan hip hop dan rock 'n roll. Para musisi juga pernah bekerjasama dengan brand sneakers ternama. Mulai saat itulah strategi pemasaran sneakers kepada selebriti dan jadi item fashion masyarakat.

7. Jenis-Jenis Sneakers

Dengan tingginya permintaan pasar dari berbagai kalangan, akhirnya sneakers mulai diproduksi dengan berbagai jenis dan model. Adapun beberapa jenis sneakers paling populer, seperti the coolest, dad sneakers, classic sneakers, retro runners, knit sneakers dan sock sneakers. Kalau favoritmu sepatu sneakers yang model apa nih KLovers? 

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI